Orang-orang Yang Selfie Ketika Nyepi Ini Pada Dihujat

Di hari Nyepi semua umat hindu dilarang beraktivitas, menyalakan api, atau berpergian. Tapi ada juga yang bandel. Bukannya nyepi malah asyik selfie!!
0
Orang-orang Yang Selfie Ketika Nyepi Ini Pada Dihujat
0 (0%) 0 votes
thumb-selfnyepi

Baru-baru ini tradisi Nyepi yang biasa dirayakan dengan khidmat dan senyap di Pulau Dewata, tapi kemarin ada yang berbeda loh. Bermula dari update status Facebook salah seorang warga yang juga merayakan hari raya Nyepi. Postingan itu dengan cepat menjadi viral karena mencibir kelakuan beberapa warga yang malah keluar ke jalan buat bernarsis ria.

 

 

“Saya benar-benar tunggu yang seperti ini, ternyata ada juga…Giliran orang menghina agama kita, kita buas dan ngamuk…sekarang bagaimana dengan ini? Orang kita sendiri seperti ini…kije orain megedi ne??

 

 

Postingan tersebut ditulis pada status milik Manda Chisy Nattira Dewata yang gerah melihat kelalaian masyarakat Bali yang mengindahkan kesakraklan Nyepi. Pemilik akun itu pun membagikan foto-foto masyarakat yang asyik mengunggah foto selfie melalui gadget masing-masing. Pun nggak cuma di facebook, postingan masyarakat yang melanggar adat Nyepi bertebaran di media sosial lain!

 

 

Memalukan umat Hindu Bali

 

 

 

 

Ida Bagus Susena Wanasara yang merupakan Ketua Puskor Hindunesia juga mengkritik keras kelakuan tersebut. Bahkan Susena sampai menyebutnya memalukan. Terlebih Bali ialah ikon ‘Hindu’ di Indonesia, Bandar Udara Ngurah Rai pun ditutup khusus untuk memperingati hari besar pulau yang jadi tujuan wisatawan dari berbagai negara tersebut.

 

Kok ada orang pada gembiranya meng-upload foto, itu sepertimekecuh arep menek (meludah menghadap ke atas). Kalau orang lain yang melakukan itu sudah pasti dikejar dan dilakukan pengerusakan seperti contoh di Kuta, padahal belum ada bukti dan fakta yang benar. Ini orang Bali sendiri dengan bangga dan gembira mempertontonkan hal yang lebih melecehkan Bali di media sosial.”

 

 

Ia menekankan kalau sanksi adat harus diberikan dengan lebih tegas. Di tiap wilayah sih ceritanya ada krama desa dan para pecalang yang tegas, cuma ada saya yang masih memberi kelonggaran meskipun mereka tahu benar kalau tindakan itu dilarang keras.

 

Seperti di awal artikel tadi, ada beberapa pengguna Facebook yang kepergok ngeshare foto-foto warga Bali yang ke luar dari rumah buat selfie mumpung jalanan sepi dan nggak rame. Dan nggak cuma di Facebook loh guys, media sosial lain seperti Instagram atau Path juga kebanjiran foto-foto warga bali yang malah berhura-hura saat nyepi.

 

Aduh ngebacanya jadi ikut pusing sendiri ya. Nggak usah aneh-aneh deh. Ikutin aja tradisi tanah kelahiran yang udah ada dari dulu. Kalau bukan warga Bali yang melestarikan budaya Hindu mereka ya siapa lagi coba deh?

 

source: tribunbali

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori