Wow! Kemendagri Bakal Terbitkan ‘KTP’ untuk Anak-anak

Kemendagri akan segera menerbitkan 'KTP' khusus untuk anak-anak. Pemerintah beralasan selama ini tak ada identitas bagi anak-anak di bawah usia 17 tahun.
0
Wow! Kemendagri Bakal Terbitkan ‘KTP’ untuk Anak-anak
0 (0%) 0 votes
KTP

Sebentar lagi, tidak hanya orang dewasa saja yang akan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pasalnya, dalam waktu dekat ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang saat ini dipimpin oleh Tjahjo Kumolo akan segera menerbitkan ‘KTP’ khusus untuk anak-anak, yang bernama Kartu Identitas Anak (KIA). Kartu ini pun berfungsi seperti KTP yang sudah ada selama ini. Penerbitan KIA berdasarkan Peraturan Mendagri Nomor 2 Tahun 2016 yang disahkan pada tanggal 19 Januari 2016. Kemendagri sendiri akan menerbitkan dua jenis KIA, yakni untuk anak-anak yang berusia 0-5 tahun, serta untuk anak-anak dan remaja berusia 5-17 tahun. Untuk tahap pertama, KTP anak tersebut akan diberlakukan di wilayah Yogyakarta, Solo, Bantul, Malang dan Balikpapan.

 

Selama Ini Tak Ada Identitas Bagi Anak Di Bawah 17 Tahun

 

Source: Detik.com

Source: Detik.com

 

Bahwa pemberian identitas kependudukan kepada anak akan mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak.
Source: Detik.com

 

Penerbitan KIA itu dilakukan, karena selama ini tidak ada penanda identitas bagi warga negara Indonesia yang berusia di bawah 17 tahun. Padahal, pemerintah mempunyai kewajiban untuk melindungi hak konstitusional warga. “Bahwa pemberian identitas kependudukan kepada anak akan mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak,” demikian tertulis dalam peraturan tersebut. Untuk penerbitan KIA, berikut persyaratannya:
1. Bagi anak yang baru lahir, KIA akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan Akte Lahir.
2. Bagi anak yang berusia 0-5 tahun, syaratnya sebagai berikut:
a. fotocopy kutipan Akta Lahir dan menunjukkan kutipan Akta Lahir asli;
b. Kartu Keluarga asli; dan
c. KTP asli kedua orang tuanya/wali.
3. Bagi anak yang telah berusia 5-17 tahun, syaratnya sebagai berikut:
a. fotocopy kutipan Akta Lahir dan menunjukkan kutipan Akta Lahir asli;
b. Kartu Keluarga asli:
c. KTP asli kedua orang tuanya/wali; dan
d. pas foto anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar.

 

Sumber: Detik.com

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori