Wisata Surabaya yang Paling Menarik

Wisata Surabaya memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para kalangan wisatawan yang datang dari dalam maupun luar negeri
0
Wisata Surabaya yang Paling Menarik
0 (0%) 0 votes
surabaya

Wisata Surabaya mempunyai nilai lebih tersendiri di kalangan para pelancong, baik yang berasal dari Dalam Negeri maupun Luar Negeri. Hal ini sangatlah wajar, mengingat Surabaya memiliki banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi.

 

Sekilas Tentang Surabaya

 

Monumen-Kapal-Selam
Monumen Kapal Selam via anekatempatwisata.com

 

Kota Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan, dan merupakan Ibu Kota dari Provinsi Jawa Timur. Surabaya juga merupakan Kota terbesar ke-2 di Indonesia, dan dikenal sebagai pusat Bisnis serta Pendidikan di Jatim. Namun di samping itu, Kota berlambang Buaya ini juga ternyata banyak menawarkan beragam destinasi wisata. Berbagai basis wisata, seperti: wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner, dan wisata moder, tersuguh lengkap di Surabaya. Nah, Traveler, berikut beberapa ulasan terkait objek-objek wisata yang ada di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi.

 

Wisata Alam di Hutan Mangrove Wonorejo

 

hutan_mangrove_wonorejo
Hutan Mangrove Wonorejo via wisatajatim.info

 

Hutan Mangrove Wonorejo adalah salah satu tempat wisata berbasis alam yang dimiliki Surabaya, dan telah banyak menarik perhatian para Wisatawan, dari domestik hingga mancanegara. Lokasi Hutan Mangrove Wonorejo terletak jauh dari keramaian Kota, sehingga sangat cocok untuk Kamu jadikan tempat refreshing. Di sana Kamu juga bisa menikmati sensasi berjalan menyusuri jembatan bambu di atas air, dan menembus hijaunya Hutan Mangrove. Untuk alternative-nya, Kamu bisa menikmati keindahan Mangrove Wonorejo dengan menggunakan perahu yang disediakan pihak Pengelola Hutan Mangrove Wonorejo.

 

Alamat Hutan Mangrove : Wonorejo: Jl. Raya Wonorejo No.1, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur.

 

Wisata Air di Ciputra Waterpark

 

ciputra-waterpark
Ciputra Waterpark via travel.detik.com

 

Travelling kamu bakal terasa lengkap dengan mendatangi Ciputra Waterpark, wahana wisata air terbesar di Surabaya, dengan luas sekitar 5 hektare. Ciputra Waterpark mengusung tema yang menyerupai dongeng kegemaran anak-anak, yakni petualangan Sinbad. Kedalaman airnya tidak dalam, sebab dibuat bukan untuk berenang, tetapi untuk bermain air. Kolam terdalam di wahana ini hanya sedalam 1 meter saja. Untuk bisa masuk ke wahana wisata air tersebu, Pengunjung dikenakan tarif tiket masuk Rp70.000 untuk Hari biasa, dan Rp90.000 pada akhir pekan.

 

Alamat Ciputra Waterpark: CitraLand Surabaya, Waterpark Boulevard, Surabaya, Jawa Timur.

 

House of Sampoerna

 

house-of-sampoerna
House of Sampoerna via pegipegi.com

 

House of Sampoerna adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang terkenal di Surabaya, yang dilestarikan oleh Negara. Bangunan House of Sampoerna memiliki gaya arsitektur Belanda, dengan tiang unik berbentuk rokok di bagian depan. Dari sini pun sudah terlihat bahwa tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Museum House of Sampoerna juga mempunyai koleksi alat pengolah tembakau, foto keluarga, berbagai jenis pemantik, replika kios, alat-alat musik, dan lain sebagainya. Selain dapat bisa berjalan-jalan dan menikmati fasilitas yang disebutkan di atas, di House of Samporna Kamu juga bisa membeli aneka souvenir, serta melihat proses pembuatan rokok yang berlangsung di lantai 2 Gedung.

 

Alamat House of Sampoerna: Taman Sampoerna No. 6, Surabaya, Jawa Timur.

 

Wisata Sejarah di Tugu Pahlawan

 

tugu-pahlawan-2
Tugu Pahlawan via triptrus.com

 

Tugu Pahlawan adalah monument dan salah satu objek wisata sejarah paling terkenal di Tanah Surabaya. Monumen tersebut terletak di Jl. Pahlawan, dengan tinggi lebih dari 40 meter dan berbentuk seperti Paku terbalik. Di bawah Tugu terdapat meseum berisi foto-foto dokumentasi. Tugu ini dibuat untuk memperingati dan menghormati para Prajurit Surabaya yang gugur dalam perang ketika melawan Penjajah.

 

Alamat Tugu Pahlawan:  Jl. Pahlawan, Kel. Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Jawa Timur.

 

Kebun Binatang Surabaya

 

Ini merupakan tempat rekreasi favorite di Jawa Timur terutama untuk warga Surabaya, tempat ini bernama Kebun Binatang Surabaya.

 

Tempat wisata ini ialah tempat rekreasi yang amat menarik, oleh karena letaknya ada pas di tengah kota. tidak sering kita temukan tempat yang seperti ini di antara aktivitas kota. Hal ini patutnya menjadi anugerah Tuhan  yang perlu kita syukuri serta kita pelihara.

 

KBS Surabaya ini amat penting untuk segi pendidikan, secara tidak langsung bermanfaat untuk mengetahui beberapa macam satwa. Pada waktu musim berlibur atau pada hari minggu, KBSsenantiasa dikunjungi oleh para pelancong lokal  juga pelancong mancanegara.

 

Harga Tiket: Rp. 15.000,-.

Jam Operasi: 08.00 WIB – 17.00 WIB,

Alamat: Jl. Setail No.1 Surabaya.

 

Taman Hiburan Rakyat Surabaya

 

Taman Hiburan Rakyat Surabaya berada di belakang Hi-Tech Mall. Tempat ini sediakan sarana gedung serta panggung yang terbuka beserta kelengkapannya, diluar itu di sini juga ada standyang jual masakan serta product kesenian. Tempat ini juga adalah satu diantara object rekreasi yang dipunyai  Kota Surabaya. Tempat wisata yang satu ini bernaung di bawah Dinas Kebudayaan serta Pariwisata dari  Kota Surabaya.

 

Tiket Masuk : Rp. 8.000,00 (untuk dewasa) dan Rp. 5.000,00 |(untuk anak – anak)

Tiket Terusan : Rp.50.000,00

Harga Tiket Per Wahana : Alfa Zone : (Rp. 10.000,00), Super Train : (Rp. 3.000,00), Kiddy Ride : (Rp. 3.000,00), Tele Combat : (Rp. 5.000,00), Power Boat : (Rp. 7.000,00), Flying Fox : (Rp. 10.000,00), Family Swinger : (Rp. 7.000,00), Mini Coaster : (Rp. 7.000,00), Merry Go Round : (Rp. 7.000,00), UFO Car : (Rp. 7.000,00), Monorail : (Rp. 7.000,00), Twist Aladin : (Rp. 7.000,00), Boom Boom Car : (Rp. 7.000,00), Twin Dragon : (Rp. 7.000,00), Super Rally : (Rp. 7.000,00), Kiddy Boat : (Rp. 7.000,00), Typoon Coaster : (Rp. 7.000,00), Outbound Arena : (Rp. 0,00), Ghost House : (Rp. 7.000,00),Ball Pool : (Rp. 10.000,00)

Jam operasional khusus, yaitu : 1. Hari Senin – Selasa : 15.30 – 22.00

Hari Rabu – Jum’at : 15.00 – 22.00

Hari Sabtu : 15.00 – 22.30

Hari Minggu : 09.00 – 22.30

 

Klenteng Sanggar Agung

 

Klenteng Sanggar Agung adalah untuk umat  Tao, Buddha, serta Kong Hu Cu. Layaknya klenteng lain yang umum kita lihat, Klenteng ini mempunyai design serta atmosfir khas. Tempat ini mempunyai bentuk bangunanyang unik serta memukau.

 

Sisi dalam klenteng adalah sisi yang indah, di mana ada patung Dewi Kwan Im serta empat pelindungnya. Hadir juga  patung naga berjumlah 2 di tiap-tiap sisi patung Dewi Kwan Im, masing-masing 6 M. Patung Kwan Im mempunyai tinggi kira-kira 20 m serta terlihat indah seperti satu karya seni. Patung Kwan Im di bangun  kurang dari 2 th. setelah  kuil di bangun.

 

Beberapa pelancong yang datang ke klenteng ini bukan sekedar datang dari  jemaat saja, namun juga mereka yang ingin berwisata.Mereka sekedar memandang klenteng ini atau ada juga yang menginginkan menggambil gambar. Tempa wisata religi ini, saat ini jadi satu object wisata yang ada di lokasi Pantai Kenjeran yang ada di Surabaya.

 

Klenteng ini jadi lebih ramai kala Th. Baru Imlek sudah datang, saat di mana orang-orang etnis Tionghoa rayakan acara th. baru mereka. Kehadiran Sanggar Agung jadi lebih menarik oleh karena posisi klenteng ini berada diatas laut.

 

Alamat : Jl. Sukolilo, Kenjeran, Surabaya

No  Telpon : (031)3816133 – 34

Tiket Masuk : 8.000/orang dah termasuk masuk Pantai Kenjeran dan Lihat Patung Buddha Empat Wajah

 

Gereja Katolik Kelahiran Santa Maria

 

Gereja Kelahiran Santa Maria  didirikan untuk menukar gedung gereja yang awalnya rusak serta saat ini  tak hadir lagi sisanya.

 

Histori dibangunnya  gereja berawal dari Pastor bernama  Moonen Pr. yang merupakan seseorang dari tiga imam yang di ajak Mgr. Vrancken, terus pergi ke Surabaya sesudah retret sepanjang 8 hari di Ibukota negara indonesia. Pastor Moonen tiba di Ibukota negara indonesia  tanggal 13 bulan Agustus  tahun 1847.

 

Perhatian dalam membina anak-anak, terutama mereka yang ditinggal oleh orang tuanya amat tinggi. Oleh karena itu  th. 1856 didirikan SSV.  Lebih di kenal selaku ”Dana Pertolongan Santo Vincentius”. Perhatian ke-2 adalah memugar gereja, memberikan sumbangan umat serta subsidi yang berasal dari pemerintahan. Tidak cuman pemugaran, beliau juga beli organ serta altar yang di impor dari Bosch, namun sayang sekali  ukiran serta gambar reliefnya rusak  waktu  perjalanan.

 

Zaman selalu berkembang serta jumlah umat makin bertambah. Hal semacam ini bikin Mgr. Vrancken terasa gundah oleh karena kesusahan memperoleh imam-imam projo. Pada akhirnya berkat Pastor Provinsial Yesuit, 2 orang pastor mendarat. Namanya Pastor Van de Elzen SJ serta Pastor Pallinckx SJ. Mereka  ditugaskan di Surabaya. Mulai sejak itu service rohani umat Katolik diakukan oleh ke-2 Pastor Yesuit itu.

 

Dibawah dua imam Yesuit,  misi di Surabaya jadi tambah mekar. Mereka buka sekolah katolik  pertama. Saat itu, seseorang donatur menyumbanguntuk beli sebidang tanah. Setelah itu berturut-turut , empat Broeder dan lima Suster Ursulin datang. Suster ini bergerak di area sosial serta pendidikan. Suster Ursulin yang tiba beli tempat tinggal di Jalan Kepanjen.

 

Oleh karena hadir kompleks Marinir serta  pelabuhan Tanjung Perak semakin besar daripada Tanjung Priok, karenanya Gubernur Jenderal minta kesediaan pada imam militer untuk berikan service rohani. Peristiwa berikut  adalah awal dari adanya gereja tua di daerah Ujung, Surabaya.

 

Pastor Pallinckx setelah itu ditugaskan membangun stasi baru di Kota Yogyakarta. Beliau ditukar dengan seorang Pastor  bernama Van de Hagen SY sebagai Pastor serta Superior di th. 1866. Pastor Hagen adalah orangyang beli tanah pastoran yang berada di Jalan Kepanjen.  Van de Hagen SY meninggal dunia tanggal 27 bulan November tahun 1868. Ia digantikan Pastor Terwindt SY. hingga th. 1886.

 

Paroki selalu berkembang cepat serta  pasti tempat ibadat  lebih luas amat didambakan. Oleh karena gempa bumi th. 1867 gereja jadi retak. Hal semacam ini mendorong kepada pemikiran akan pentingnya untuk bangun gedung gereja yang baru. Jadilah gedung gereja baru dibuat.

 

Alamat : Jl. Kepanjen No. 4-6, Surabaya 60175

Telp. (031) 3551077

Misa Harian: 05.15, 06.00, 18.00

Jumat Pertama: 06.00, 18.00

Sabtu Sore: 18.00

Minggu: 05.15, 06.30, 08.00, 09.45, 18.00

Pengakuan Dosa: Sabtu: 17.00

 

Rumah Batik Surabaya

 

Batik Indonesia memanglah layak mendunia oleh karena kekhasan goresan serta corak yang dipunyainya. Semasing corak serta goresan melukiskan seni serta budaya  area asal batik itu. Serta atas banyak area di Indo sementara masing-masing mempunyai corak batik sendiri, dapat dibayangkan begitu ramai motif batik yang dipunyai Indonesia.

 

Di Jawa Timur, kabupatennya mempunyai batik motif  sendiri.  untuk melindungi motif batik itu supaya tetaplah lestari serta memperkenalkan motif batik yang mereka punyai, beberapa area membangun rumah batik yang berisi bermacam motif batik. Tempat wisata budaya ini bukan sekedar didapati di Cirebon, Yogyakarta, serta Surakarta yang memanglah populer selaku pembuat batik, tetapi juga ada di area yang lain. Satu diantaranya di Jawa Timur yang dinamakan Rumah Batik Jawa Timur atau yang juga dimaksud atas Rumah Batik Surabaya.

 

Dirumah batik ini ada beragam motif batik yang asalnya dari beberapa daerah di Jawa Timur. Contohnya seperti Bangkalan, Surabaya,Sumenep, Ponorogo, Sidoarjo,  Tuban, Mojokerto, Bojonegoro,serta Jombang. Diluar itu ada batik dari Pemangkasan, Sampang, Tulungangung,  Banyuwangi,Pacitan, Malang, Lamongan,  Jember,Batu, serta Kediri.

 

Tidak cuma memandang bermacam motif batik yang berasal dari masing-masing area di Jawa Timur, pelancong dapat juga beli batik-batik itu dengan cara ritel maupun grosir. Serta andaikan kamu menginginkan pesan dengan pesanan berupaberagam bentuk batik, untuk instansi kamu juga bisa pesan. Asyiknya lagi telah komplit atas logo instansinya juga. Kamu dapat juga memandang serta belajar sistem pembuatan batik di pelatihan pembuatan batik yang  di selenggarakan oleh Rumah Batik Jawa Timur.

 

Kehadiran Rumah Batik Jawa Timur adalah prakarsa dari Faiqah Ismail. Mulai sejak th. 2004 ia merelakan tempat tinggalnya untuk dikunjungi siapapunyang menginginkan belanja atau cuma melihat-lihat koleksi  yang datang dari beberapa daerah di Jawa Timur. Hadir kira-kira 2. 000 lembar batik atas bermacam corak yang ia pajang. Batik itu juga di buat dari beragam materi seperti Prima, Primis, atau Santio, Sarimpit, Sutra, serta Prishmina. Tidak cuman kain batik hadir juga selendang batik, sarung batik, serta pakaian batik yang telah jadi.

 

Alamat : Jalan Margorejo No. 143 Surabaya

Waktu Buka : Setiap Hari

Jam Buka : 08.00-20.00 WIB untuk weekday dan pukul 08.00-19.00 WIB pada weekend

Jam Kursus Batik : 10.00-19.00

Jam Istirahat Kursus Batik : 12.00-13.00

 

Patung Buddha Empat Wajah

 

Di Kota Surabaya kamu dapat temukan beragam tempat rekreasi religi yang unik. Satu diantaranya ialah Patung Budha Empat Muka.

 

Patung ini di ketahui paling tinggi yang ada di Indonesia. Patung ini dicatat muri. Kamu dapat jumpai Patung Buddha Empat Muka di salah satusudut Pantai Ria Kenjeran, satu pantai yang ada di kota Surabaya yang popular akan product perikanan serta tempat nongkrong remaja Surabaya.

 

Patung Buddha Empat Muka dikelilingi 4 pilar, yaitu pilar hijau emas. Terdiri dari 3 sisi, adalah  patung Buddha, stupa,dan singgasana Buddha. Patung representasi Buddha dan takhtanya memiliki tinggi 9 mtr.  Patung ini memiliki kemiripan atas patung Buddha yang hadir di object darmawisata Bangkok.

 

Alamat : Jl. Sukolilo, Kenjeran, Surabaya

No  Telpon : (031)3816133 – 34

Harga Tiket Masuk : 8.000/orang dah termasuk masuk Pantai Kenjeran dan Lihat Patung Buddha Empat Wajah

 

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori