9 Objek Wisata Bersejarah di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Bogor memiliki banyak objek wisata budaya yang menarik. Kota ini adalah sebuah kota tua yang memiliki banyak hal selain hanya berupa beragam makanan.
0
9 Objek Wisata Bersejarah di Bogor yang Wajib Dikunjungi
0 (0%) 0 votes
bogor

Mengunjungi kota Bogor memiliki berbagai kesan yang mendalam, serasa mengunjungi kota masa lampau karena ada banyak peninggalan masa lalu seperti gedung-gedung peninggalan-peninggalan zaman penjajahan Belanda dulu.

 
Sebagai informasi, Hello-pet akan memberikan beberapa referensi objek wisata bersejarah tersebut:

 

 

Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

 

Kampung Budaya Sindangbarang berlokasi sekitar 5 KM dari Bogor, tepatnya di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari. Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua di Bogor yang dipercaya sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda pada abad ke 7. Di Kampung Budaya Sindangbarang anda dapat menikmati peninggalan kerajaan Pajajaran, menikmati dan mempelajari kesenian Sunda, menikmati suasana desa yang tenang, dan lain-lain. Suasana dan arsitektur bangunan yang ada di sini dilestarikan sedemikian rupa sehingga sesuai dengan suasana pada masa lampau.

 

Alamat : Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat, Indonesia

 

Telepon : +62 21 83787733

 

Jam Buka : Senin – Jumat jam 09.00 – 17.00

 

 

 

Wisata Sejarah Prasasti Batu Tulis Bogor

 

Bangunan tempatnya tersimpan sangat sederhana. Tertutup dari pandangan orang yang lalu lalang dan ramainya lalu lintas di Jalan Batu Tulis. Hanya dijaga dan dipelihara oleh seorang wanita tua bernama ibu Maemunah. Kemungkinan, penjagaan tempat ini akan diteruskan oleh anaknya.

 

Sebuah peninggalan dari hampir 600 tahun yang lalu tersimpan dalam bangunan tersebut. Beberapa batu, satu diantaranya terukir huruf Sunda Kuna atau Sunda Kawi merupakan jejak sebuah kerajaan yang dulu pernah jaya di abad ke 11 hingga 16. Prasasti Batu Tulis.

 

Tempat wisata budaya Kota Bogor yang satu ini memang tidaklah menarik perhatian pelancong yang datang ke kota yang dulunya terkenal dengan talas Bogor ini.

 

Alamat : Jalan Batutulis, Batutulis, Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia

 

 

 

Wisata Ziarah Makam Raden Saleh Bogor

 

Tidak ada lagi yang perlu dijelaskan tentang siapa Raden Saleh dan perannya dalam dunia seni lukis Indonesia. Sebuah karya lukisnya pernah terjual dengan harga milyaran rupiah di Balai Lelang Christie’s. Sempatkanlah sedikit waktu Anda untuk melihat tempat ini ketika berkunjung ke Bogor.

 

Makam Raden Saleh pertama kali ditemukan oleh Mas Adoeng Wiraatmadja sekitar tahun 1923. Mas Adoeng tak sengaja menemukannya saat sedang membersihkan ilalang. Datanglah ke Jl. Pahlawan, Empang, Bogor Selatan, Kota Bogor untuk berziarah dan mengenang sejenak sang maestro yang karyanya sangat dihargai oleh dunia seni lukis dunia.

 

 

 

Sembahyang di Klenteng Hok Tek Bio Bogor

 

Tempat wisata budaya yang satu ini didominasi warna merah dan berbagai ornamen yang bercirikan etnis Tionghoa atau Cina. Usianya diduga antara 250-300 tahun. Tempat ini sudah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya Kota Bogor. Tidak bisa dipungkiri karena melihat usianya, vihara atau klenteng ini merupakan ikon masyarakat Tionghoa di Bogor.

 

Tempat ini juga merupakan tonggak sejarah yang merupakan awal akulturasi budaya Cina ke dalam masyarakat Bogor. Sangat banyak yang bisa dilihat dari ornamen-ornamen bercirikan arsitektur Cina. Pahatan atau seni ukir dinding, hingga tata cara pelaksanaan ibadah masyarakat etnis Tionghoa yang bisa dilihat. Meskipun secara resmi bukan sebuah tempat wisata budaya, tetapi klenteng ini bisa dikunjungi oleh umum. Sekarang luas bangunan klenteng telah mencapai 635,5 m2. Sementara luas keseluruhan lingkungannya 1.241,25 m2.

 

Alamat : Jl. Suryakencana No.1, Bogor.

 

 

 

Wisata Sejarah Museum Peta Bogor

 

Berlokasi di bangunan yang usianya tidak berbeda jauh dengan Istana Bogor, berisikan berbagai diorama kisah tentang para Pembela Tanah Air berlatih. Di halaman depannya terdapat dua monumen tokoh utama yang sangat berperan bagi terbentuknya Tentara Nasional Indonesia dari masa lalu. Kedua nama tersebut, yaitu Jenderal Sudirman dan Suprijadi.

 

Di dalam lingkungan museum juga terdapat banyak monumen terkait dengan pembentukan sistem ketentaraan di Indonesia. Satu-satunya hal yang membatasi publik untuk mendapatkan lebih dari tempat ini adalah untuk memasuki museum harus dalam rombongan minimal 10 orang. Selain karena penghematan biaya, kompleks tempat Museum PETA berada dalam sebuah kompleks Militer.

 

Museum ini bersambungan dengan Pusat Pendidikan Zeni TNI-AD. Meskipun demikian, kalau Anda berkesempatan untuk mengunjunginya, janganlah pernah dilewatkan. Anda akan mendapatkan banyak dari destinasi wisata budaya yang satu ini.

 

Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No.35, Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia

 

Telepon : +62 818-0641-6353

 

 

 

Wisata Alam Kebun Raya Bogor

 

Anda akan mengerti bahwa di dalam destinasi wisata ini terkandung banyak sejarah, budaya, mitos, ilmu pengetahuan. Di dalamnya terdapat Rumah Anggrek, Monumen Lady Raffles, Patung Lembu Nandi, Taman Astrid, Makam Mbah Jepra dan masih banyak lainnya. Semuanya dibangun di abad dan kebudayaan yang berbeda.

 

Bahkan hingga saat ini, Kebun Raya Bogor adalah tetap sebuah pusat penelitian dan konservasi. Lihatlah dari nama resminya  Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Di dalamnya terdapat puluhan ribu spesies tanaman yang dikumpulkan dari berbagai belahan di bumi Indonesia.

 

Ingat budaya bukanlah hanya sekedar tari-tarian, pakaian, dan bangunan. Adat istiadat, kebiasaan, ilmu pengetahuan, sejarah juga merupakan bagian dari kata “budaya” itu sendiri.

 

Alamat : Jalan Ir. Haji Juanda No.13, Indonesia

 

Jam Buka : Setiap hari jam 08.00 – 17.00 WIB

 

Telepon : +62 251 8322187

 

 

 

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

 

Kaitan antara kehidupan manusia dalam bermasyarakat dan caranya mengelola alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, digambarkan dalam berbagai artefak yang terpajang dengan rapi disini.

 

Berbagai penjelasan mengenai apa dan mengapa sebuah benda diciptakan dapat ditemukan pada museum yang juga dikenal sebagai Herbarium Bogoriense yang dicetuskan oleh Prof. Sarwono Prawirohardjo kala menjabat sebagai ketua LIPI pada tahun 1962, kemudian diperkuat oleh Dr. Setijati Sastrapradja sebagai Direktur Lembaga Biologi Nasional pada tahun 1973, dan akhirnya tahun 1982 Museum Etnobotani Indonesia diresmikan ooleh Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie dengan tema Pemanfaatan Tumbuhan Indonesia.

 

Sejarah? Jangan ditanya. Museum ini masih sangat erat kaitannya dengan berbagai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari masa ke masa di Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Pada masa kini, sama halnya dengan Kebun Botani tersebut, Museum Etnobotani berada di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

 

Alamat : Jl. Ir.H.Juanda 22-24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Jawa Barat, Indonesia

 

Telepon : +62 251 322035

 

Jam Buka : Senin – Kamis, pukul 08.00 – 16.00 WIB

Jumat, pukul 08.00 – 11.00, 13.00 – 16.30 WIB

 

 

 

Wisata Sejarah Istana Bogor

 

Istana Bogor hanya diperbolehkan untuk dikunjungi umum menjelang Hari Ulang Tahun Kota Bogor, 3 Juni setiap tahun. Apalagi sejak Presiden Republik Indonesia saat ini, Pak Jokowi memutuskan untuk lebih sering berkantor di istana yang sejarahnya bermula di tahun 1745 ini. Izin untuk memasukinya yang sebelumnya bisa dilakukan dengan meminta lewat Sekretariat Negara sudah dihentikan sementara.

 

Di halamannya yang sangat luas tersebut dipelihara sekitar 591 ekor rusa tutul (Axis axis) yang awalnya hanya ada 6 ekor didatangkan dari Nepal dan terus berkembangbiak, serta terdapat sekitar 346 jenis pepohonan. Juga terdapat patung – patung yang cantik, seperti Si Denok karya Trubus, yang modelnya adalah Ara, istri seorang karyawan Istana Bogor serta The Hand of God, reproduksi dari Swedia.

 

Menurut data kepustakaan, di Istana Kepresidenan Bogor terdapat 37 bangunan. Beberapa bangunan utamanya memiliki fungsi penting. Nyaris, Istana Bogor diletakan pada posisi pertama, kalau saja bisa diakses bebas secara umum. Istana ini selain bernilai historis luar biasa tinggi juga bak sebuah museum seni rupa. Terdapat ratusan patung dan lukisan hasil karya seniman dari mancanegara.

 

Alamat : Jalan Ir. H. Juanda No. 1, Kelurahan Paledang, Kecamatan Kota Bogor Tengah, Kotamadya Bogor, Provinsi Jawa Barat

 

 

 

Menelusuri Sejarah Di Museum Perjoangan Bogor

 

Pantas untuk mewakili apa yang bisa ditemukan di tempatnya tersimpan dan terpajang sekarang. Museum Perjoangan Bogor. Itulah nama tempatnya. Di dalam bangunan dua lantai sederhana di Jalan Merdeka ini tersimpan banyak hal dari masa perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan.

 

Senapan mesin di atas hanyalah satu dari ratusan benda-benda lainnya. Terdapat uang yang dipergunakan pada masa 1945-1950. Dokumen, foto, baju yang dipergunakan para pejuang, mesin ketik dan cetak tua dan kliping koran dipamerkan dalam lemari kaca dan diorama.

 

Alamat : Jl. Merdeka, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori