5 Tempat Wisata Religi Magelang yang Tentram untuk Liburan

Wisata religi Magelang tentu saja berbeda dengan banyak tempat wisata lainnya, karena di tempat-tempat tujuan wisata ini, Anda bisa menemukan ketentraman hati!
0
5 Tempat Wisata Religi Magelang yang Tentram untuk Liburan
0 (0%) 0 votes

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika musim liburan datang. Kamu bisa beristirahat tidur-tiduran di rumah sepanjang waktu sepanjang hari, bermalas-malasan sembari menonton televisi, atau pergi untuk traveling. Tetapi, bila kamu merasa bosan mengunjungi tempat wisata yang itu-itu saja, maka sekarang adalah saatnya bagimu untuk mencoba wisata religi Magelang. Yap, sesuai dengan namanya, tempat-tempat wisata yang akan kami bagikan berikut ini tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang memukau semata, tetapi juga ketenangan secara spiritual.

 

 

Jangan membayangkan tempat-tempat yang klenik, ya! 5 tempat wisata religi Magelang yang akan Hello-PET kupas berikut ini merupakan tempat-tempat wisata yang memiliki nilai religi, entah di masa lalu atau bahkan hingga detik ini. Di tempat-tempat tersebut, tentu saja kamu masih bisa menikmati pemandangan alam yang begitu memukau dan mempesona, tetapi lebih dari itu, kamu juga bisa menemukan ketenangan yang selama ini mungkin terkubur di dalam jiwamu oleh banyaknya pekerjaan yang mesti kamu selesaikan setiap harinya. Namanya saja tempat wisata religi, tentunya kamu bisa mengasah spiritualitasmu di tempat-tempat berikut ini, bukan?

 

 

Sudah siap? Langsung saja simak lima tempat yang menentramkan jiwa yang harus kamu datangi bila berkunjung ke Kota Magelang berikut ini:

 

(Baca juga: Mengunjungi 7 Wisata Sejarah di Kalimantan Utara)

 

 

 

Wisata Pemandian Candi Umbul Magelang

 

Tempat pertama dalam wisata religi Magelang yang harus kamu kunjungi adalah Candi Umbul yang terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Magelang. Tempat wisata yang dibangun di masa kejayaan Wangsa Syailendra ini dulunya digunakan oleh para putra dan putri bangsawan untuk menyucikan tubuh mereka. Bagaimana tidak, Candi Umbul ini sebenarnya merupakan tempat pemandian yang terdiri dari dua buah kolam. Kolam pertama berisikan air panas yang mengandung belerang sementara kolam kedua berisikan air biasa.

 

 

Selain menyehatkan, dengan mandi di kolam pemandian ini kamu dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi putra dan putri bangsawan yang tengah menyucikan diri. Ditambah dengan pemandangan alamnya yang begitu menyejukkan mata, kamu akan mudah merasa rileks ketika berada di Candi Umbul ini. Menarik sekali, bukan? Tidak hanya melepaskan penat dengan bantuan air panas yang mengandung belerang dan menikmati pemandangan alam yang ada, kamu juga bisa merasa lebih rileks dan tentram sekaligus. Tak ada salahnya mencoba Candi Umbul, bukan?

Untuk menuju Candi Umbul, Anda harus bisa mengambil arah dari Semarang berkendara menuju Kartoharjo, Kabupaten Magelang, Kecamatan Grabag, Magelang, kemudian mengambil jalan kiri sebelum mencapai Kecamatan Pringsurat, Temanggung.

 

 

(Baca juga: 4 Wisata Religi di Palembang Menarik Dikunjungi)

 

 

Mencari Sunrise Di Punthuk Setumbu Magelang

 

Bila kita mengenal Punthuk Setumbu sebagai objek wisata tempat Rangga dan Cinta menghabiskan waktu mereka semalaman mengejar matahari terbit, bisa jadi orang tua kita justru mengenal Punthuk Setumbu sebagai salah satu wisata religi Magelang di mana banyak pendekar jaman dahulu bertapa untuk mendapatkan pencerahan. Bila kamu belum tahu, Punthuk Setumbu berada di jajaran Bukit Menoreh yang sempat menjadi latar belakang untuk cerita nusantara yang dulu sangat terkenal sekali di kalangan orang tua kita: Api di Bukit Menoreh.

 

 

Bila kamu ingin mengunjungi objek wisata religi Magelang kedua ini, kamu hanya perlu pergi ke Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang dan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000,- per orangnya. Selain sudut-sudut yang bisa digunakan untuk bertapa, di Punthuk Setumbu ini kamu juga bisa menikmati pemandangan mentari terbit yang sangat mengagumkan dari atas bukit setinggi sekitar 400 mdpl. Jangan menyangsikan keindahan pemandangan sunrise dari Punthuk Setumbu, karena tentu saja tak ada yang lebih memukau dibanding matahari yang terbit di balik megahnya Candi Borobudur.

 

 

Yap, benar sekali! Kamu bisa menyaksikan lansekap Candi Borobudur dari puncak Punthuk Setumbu. Namun, bila kamu memang ingin mengabadikan momen sunrise dan Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu, pastikan kamu sudah mulai berangkat dari sebelum jam setengah lima karena kamu harus mendaki sekitar lima belas menit dari tempat parkir di kaki bukit untuk sampai ke puncaknya. Tapi tenang saja, pengalaman hebat yang akan kamu dapatkan nanti pasti akan membayar lunas semua kelelahanmu untuk mencapai Punthuk Setumbu.

 

(Baca juga: 9 Tempat Wisata Kota Bogor Paling Terkenal)

 

 

 

 

Candi Mendut Magelang Jawa Tengah

 

Tempat wisata religi Magelang ketiga adalah Candi Mendut yang juga tak kalah terkenal dengan Candi Prambanan maupun Borobudur. Berdasarkan Prasasti Kayumwungan, diketahui bahwa candi yang terletak di Desa Mendut, Magelang, ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Indra dari Wangsa Syailendra. Meskipun masa hidupnya sudah cukup lama, namun hingga kini Candi Mendut masih digunakan dalam ritual-ritual keagamaan Buddha bersama dengan Candi Borobudur yang letaknya tak begitu jauh darinya, menjadikan candi ini layak dikunjungi bila kamu mencari sensasi wisata religi.

 

Satu hal yang menarik dari Candi Mendut adalah relief yang dipahatkan mengitari bagian tubuhnya. Bila kamu memperhatikan dengan baik, kamu akan menemukan cerita-cerita fabel seperti cerita Kera dan Burung Manyar, Brahmana dan Kepiting, serta Burung dan Kura-Kura. Sekalipun cerita-cerita fabel semacam ini lebih cocok disajikan untuk anak-anak kecil, namun bila ditelisik lebih jauh, sesungguhnya relief pada Candi Mendut ini mengisahkan tentang Jataka dengan cerita yang sangat sarat akan nilai-nilai yang bisa dipetik. Mengunjungi Candi Mendut jelas akan memberimu sensasi berbeda yang mungkin tidak bisa kamu temui di tempat-tempat wisata lain.

 

(Baca juga: 7 Lokasi Wisata Alam Favorit Beta, Hanya Ada di Maluku)

 

 

 

 

Mengunjungi Gereja Ayam  / Bukit Rhema Magelang

 

Bila kamu sudah pernah menonton Ada Apa dengan Cinta 2, tentunya kamu akan mengenali tempat wisata religi Magelang yang satu ini. Dalam Ada Apa dengan Cinta 2, Gereja Ayam merupakan tempat yang menjadi destinasi akhir petualangan Rangga dan Cinta di Yogyakarta sebelum Rangga mengantar Cinta pulang ke hotelnya untuk bersiap-siap kembali ke rutinitas megapolitan Jakarta. Tapi, tahukah kamu bahwa Gereja Ayam ini awalnya tidak dibangun dengan menjadikan ayam sebagai contoh modelnya, lho!

 

Adalah Daniel Alamsjah yang membangun rumah ibadah ini dengan menjadikan burung merpati sebagai modelnya. Namun, setelah bangunannya benar-benar jadi, banyak orang yang salah mengira bentuknya sebagai ayam yang sedang duduk dengan mahkota di atas kepalanya. Tak ayal, Gereja Burung Merpati ini pun kemudian lebih dikenal sebagai Gereja Ayam. Sebagai sebuah gereja, tak ada salahnya kita masukkan Gereja Ayam ini ke dalam 5 tempat wisata religi Magelang yang harus kamu datangi bila kamu sedang traveling ke Kota Magelang.

 

Meskipun tempatnya agak sedikit masuk ke dalam perbukitan, Gereja Ayam yang kini sudah mulai terkenal dan dilirik oleh turis-turis, baik lokal maupun mancanegara, ini tidak begitu susah untuk ditemukan. Kamu hanya perlu mendatangi Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang bila kamu ingin bertandang ke Gereja Ayam. Bagaimana? Apakah kamu tidak tertarik untuk memanjatkan doa di rumah ibadah yang sangat unik ini? Atau mungkin kamu ingin mereplikasi adegan ciuman Rangga dan Cinta bersama kekasihmu di tempat ini?

 

 

(Baca juga: Kamu Wajib Datang ke 5 Tempat Wisata Belanja Kota Malang!)

 

 

 

Wisata Religi Candi Borobudur Magelang

 

Bicara tentang wisata religi Magelang tentunya tak akan sempurna bila kamu meninggalkan Candi Borobudur. Siapa, sih, yang tidak pernah mendengar nama Candi Borobudur yang merupakan warisan budaya dunia dan juga terkenal sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini? Nama Candi Borobudur bahkan sudah terkenal sampai ke seluruh penjuru dunia karena kemegahannya, tentu saja sebagai orang Indonesia asli kamu juga ingin mengunjungi candi Buddha terbesar di dunia ini meskipun hanya sekali saja, bukan?

 

 

Meskipun kini menjadi tempat wisata yang terus dibanjiri ribuan turis setiap harinya, namun Candi Borobudur sama sekali tidak melupakan fungsi utamanya sebagai tempat beribadah, lho! Pada saat Waisak yang merupakan hari besar umat beragama Buddha, kamu bisa menyaksikan prosesi perayaan Waisak yang begitu khidmat dan mengagumkan.

Di malam harinya, kamu bahkan bisa menyaksikan ritual pelepasan ribuan lampion yang akan mempercantik langit malam dengan cahaya-cahaya temaramnya. Jelas, bila kamu mengunjungi Kota Magelang, jangan sampai lupa menyempatkan diri untuk mampir ke Candi Borobudur, apalagi bila kamu kebetulan datang di saat Waisak. Tapi, jangan lupa untuk bersikap sopan agar tidak mengganggu umat Buddha merayakan hari besarnya, ya!

 

 

Nah, demikianlah 5 tempat wisata religi Magelang yang bisa kamu kunjungi. Bagaimana? Objek wisata yang mana yang paling membuatmu tertarik untuk segera mengunjunginya? Apakah Candi Borobudur dengan festival lampionnya yang terkenal saat Waisak? Atau kamu justru lebih tertarik untuk bertapa ala pendekar dalam cerita Api di Bukit Menoreh di Punthuk Setumbu?

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori