Info Wisata Pulau Tidung Dan Sekitar Yang Kamu Perlu Tahu

Banyak agen travel yang menawarkan paket wisata pulau Tidung. Tetapi, beberapa orang lebih senang mengunjungi tempat wisata ini ala backpacker.
0
Info Wisata Pulau Tidung Dan Sekitar Yang Kamu Perlu Tahu
0 (0%) 0 votes
wisata pulau tidung

Objek wisata Pulau Tidung cukup terkenal di kalangan traveller, terutama mereka yang tinggal di daerah jakarta dan sekitarnya. Dengan hanya menempuh kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kapal laut atau pun speed boat dari kota Jakarta, Pulau Tidung kerap dijadikan tempat pelepas kepenatan rutinitas sehari-hari warga Jakarta dan sekitarnya. Ada banyak agen perjalanan yang menawarkan paket Wisata Pulau Tidung yang cukup murah. Jika anda ingin lebih menghemat biaya atau pun ingin melakukan perjalanan mandiri tanpa terikat jadwal dan aturan agen, hal itu tidaklah begitu sulit.

 

Persiapan Sebelum Memulai Perjalanan

 

Apa saja sih yang harus dilakukan sebelum kita memulai wisata Pulau Tidung ala backpacker ini? Backpacker identik dengan low-cost budget, sehingga sebelum melakukan perjalanan ada baiknya kita mengumpulkan berbagai informasi terutama mengenai penginapan disana. Selain itu, anda juga harus mengetahui jadwal dan harga kapal yang akan berangkat ke Pulau Tidung, jangan sampai anda terlambat datang ke pelabuhan, dan perjalan anda harus batal karenanya.

 

Harga Penginapan Murah Di Pulau Tidung

 

Pulau Tidung adalah salah satu tempat tujuan wisata, sehingga terdapat banyak penginapan di sini yang dikelola kebanyakan oleh penduduk setempat. Penginapan yang terdapat di tempat ini mayoritas adalah rumah-rumah penduduk yang disulap menjadi homestay. Penginapan di Pulau Tidung yang murah di pulau tidung untuk 2 orang dimulai dengan harga 200.000 rupiah (weekday) dan 250.000 rupiah (weekend). Fasitas yang diberikan rata-rata berupa kamar, TV, AC, dispenser/air minum, kamar mandi, dan lain-lain.

 

 

Transportasi Ke Pulau Tidung

 

Untuk menuju ke tempat wisata alam Pulau Tidung, anda harus menggunakan transportasi air. Salah satu pilihan kapal penyeberangan dengan harga murah adalah dari pelabuhan Muara Angke dengan menggunakan kapal tradisional yang cukup besar. Jangan berharap anda bisa mendapatkan tempat duduk dan AC di kapal ini. Anda harus duduk berselonjoran di dalam kapal bahkan sering kali harus berjejalan dengan para penumpang yang dipaksa masuk hingga melebihi kuota. Harga tiket untuk satu kali jalan adalah 40.000 rupiah/ orang. Dengan menempuh waktu kurang lebih 2 jam, anda pun akan tiba di tempat tujuan. Pastikan anda tiba di pelabuhan paling lambat pukul 06.00 agar anda tidak ketinggalan, karena kapal tradisional ini hanya berangkat satu kali dari Muara Angke. Sedangkan, jadwal Kapal dari Pulau Tidung ke Muara Angke berangkat pukul 07.00 untuk hari senin-sabtu, dan khusus hari minggu ada juga kapal yang berangkat pada pukul 11.00.

 

 

Pengeluaran Lainnya Selama Di Pulau

 

Selain 2 hal paling penting di atas, kita juga harus memperhitungkan biaya lainnya, seperti biaya konsumsi dan sebagainya. Masalah makanan, jangan terlalu khawatir karena banyak terdapat tempat makan. Untuk satu kali makan, anda bisa mengeluarkan uang sekitar 15.000. Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa anda lakukan selama berkunjung ke Pulau Tidung, seperti bersepeda, snorkling, banana boat, dan berbagai aktifitas air lainnya. Biasanya, setiap homestay menawarkan penyewaan sepeda, dengan harga 15.000/hari dan peralatan snorkling seharga 25.000/hari. Jika anda berminat untuk mencari spot yang bagus untuk snorkling, anda bisa menyewa perahu dengan harga sekitar 300.000 rupiah. Tentu saja semua aktitifitas yang ingin anda lakukan di Tidung ini tergantung anda dan budget yang anda miliki. Jika anda punya budget lebih, anda bisa mencoba banana boat dengan mengeluarkan uang 35.000 per satu kali main.

 

Total Biaya

 

Sekarang mari kita kalkulasikan berapa total biaya yang harus dikeluarkan jika anda ingin melakukan wisata Pulau Tidung ala backpacker ini. Kita asumsikan anda melakukan perjalanan wisata ini berdua dengan teman atau pasangan.

Transportasi: Muara Angke – Tidung @Rp.40.000. PP per orang = Rp. 80.000

Penginapan: untuk 2 hari 1 malam Rp. 250.000 dibagi 2 = Rp. 125.000

Sewa sepeda: Rp. 15.000 untuk 1 hari

Sewa alat snorkling: Rp.25.000

3x makan : 3x Rp. 15.000 = Rp. 45. 000

Sehingga total biaya minimum yang harus dikeluarkan adalah Rp. 290.000. Cukup murah, bukan?

 

(Baca juga: 5 Wisata Pulau Tidung yang Wajib Dikunjungi )

 

Nah itu referensi Informasi biayanya, Sekarang tempat apa saja yang bisa kamu datangi dalam waktu 2 hari 1 malam. Ini dia !

 

Objek Wisata Pulau Tidung Besar

 

Andaikan bertandang ke Pulau Tidung, automatis kamu bakal masuk lokasi Pulau Tidung Besar. Pulau ini mempunyai kegiatan yang lumayan tinggi oleh karena ditempati oleh masyarakat setempat. Tetapi keindahan alamnya tetaplah dapat kamu nikmati untuk isi saat libur bersama family. Pasir pantai nan indah serta jernihnya air laut akan selalu menempel dipikiran kamu serta jadi suatu hal yang dirindukan dari berlibur di Pulau Tidung yang mengasyikan itu. Penginapan serta sarana yang hadir di sini juga termasuk komplit hingga kamu dapat melakukan liburan sepanjang beberapa waktu tanpa ada kebingungan nyari  tempat untuk bermalam.

 

Alamat: Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta

 

Objek Wisata Pulau Tidung Kecil

 

Tidak hanya Pulau Tidung Besar, hadir juga yang namanya Pulau Tidung Kecil. Pulau yang satu ini adalah tempat dari budidaya tanaman Mangrove. Budidaya yang ditujukan untuk menyeimbangkan aktivitas yang hadir di areal Pulau Tidung. Tidak cuman berwisata, Traveler juga bisa turut dan menanam Mangrove yang ada di areal Pulau Tidung Kecil. Kegiatan yang kayak begini ini yang namanya sama-sama nguntungin. Tidak cuma nikmati panorama saja, namun Anda juga turut melindungi kelestariannya.

 

Alamat Pulau Tidung Kecil: Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

 

Objek Wisata Pulau Tidung Jembatan Cinta

 

Jembatan Cinta ialah sebuah bangunan berupa Jembatan untuk menghubungkan Pulau Tidung Besar atas Pulau Tidung Kecil. Bangunan berupa jembatan ini amat fenomenal, terlebih di kalangankelompok penggemar travelling.

 

Hamparan Laut nan indah dapat anda nikmati dari Jembatan Cinta yang fenomenal. Tidak cuma itu, Anda juga diijinkan melompat dari Jembatan hanya untuk sekedar berenang dalam rangkanikmati bebasnya alam disana. Hal paling simpel yang dapat Anda kerjakan di Jembatan Cinta ialah berfoto. Anda dapat selfie diatas Jembatan yang punya sejuta pesona ini. Menangkap momen liburan anda di sini melalui fotorasa-rasanya amat sayang untuk terlewat begitu saja.

 

Alamat: Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta

 

Objek Wisata Pulau Tidung Pantai Saung Perawan

 

Sesudah capek berlama-lama dalam kegiatan menyusuri keindahan dari Pulau Tidung dengan cara jalan kaki dan atau memakai sarana berupa sepeda yang pastinya ada dan disewakan disana, kamu butuh beristirahat di suatu areal. Yang direkomendasikan adalah di Pantai Saung Perawan.

 

Suasananya di sini menentramkan dan bikin beberapa pelancong terasa kerasan untuk beristirahat disana. Banyak pohon rindang di tempat ini yang menghambat sinar matahari untuk langsung terkena kita. Hal inibikin situasi sekitarnyamakin sejuk.

 

Diluar itu, hadir juga warung di sini. Warung-warung yang hadir ini yang sediakan beragam jenis masakan serta barang yang diminum yang pastinyasimpel yang pas untuk disantap kala temani waktu istirahat kamu setelah kamu menyusuri indahnya panorama Pulau Tidung itu.

 

Panorama yang indah serta situasi di pantai ini yang mensupport untuk beristirahat bikin beberapa pelancong kerasan menghabiskan waktunya ditempat ini.

 

Alamat: Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta

 

Pulau Payung

 

Pulau Payung yang cantik ini letaknya tidak jauh dari destinasi utama anda, yaitu Pulau Tidung. Di Pulau yang bernama Payung ini Anda dapat nikmati keindahan panorama langit malam serta seluruh keindahan alam yang hadir dengan cara berkemah di pinggir Pantainya. Tidak cuma itu, anda dapatsebatas melakukan kegiatan snorkeling di sekitaran Pulau itu juga. Aktivitas ini memberi kesan asik sendiri terhadap tempat rekreasi ini.

 

Alamat Pulau Payung: Pulau Payung, Kec. Kepulauan Seribu, Kelurahan Tidung, Kepulauan Seribu.

 

Objek Wisata Pulau Tidung Pantai Cemara Kasih

 

Tidak jauh berlainan dari yang namanya Pantai Saung Perawan di Pulau Tidung, Pantai yang bernama Cemara Kasih ini ada fasilitas berupa warung-warung jajanan. Warung jajanan iniyang dapat andajadikan tempat untuk beristirahat. Di sini Hadir juga sebagian ayunan yang bersifat tradisional yang sekedar diikat di dahan pohon sekitar yang rindang.

 

Alamat: Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta

 

Penangkaran Penyu Sisik

 

Penangkaran penyu sisik ada di areal Pulau Pramuka. Suatu pulau yang letaknya berdakatan atas Pulau Tidung. Penangkaran Penyu Sisik ini jadi destinasi liburan yg tidak bisa ditinggalkan demikian saja. Terlebih andaikan kamu mengajak anak-anak. Ini amat bagus karena selain Mereka liburan, mereka juga akan semakin lebih mengetahui serta tahu bakal utamanya budidaya hewan hingga mempunyai kesadaran untuk turut serta melestarikannya.

 

Di areal yang namanya Penangkaran Penyu Sisik ini, kamu dapat melihat langsung perubahan biologis penyu sampai hewan ini siap dilepaskan ke tepi pantai apabila masanya tiba.

 

Alamat : Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta

 

Pulau Semak Daun

 

Dekat dari Pulau Tidung, kamu dapat juga menentukan untuk berwisata menyusuri ke suatu Pulau yang bernama Semak Daun. Sesuai sama namanya, pulau yang satu ini dipenuhi atas semak serta pohon-pohon hijau hingga bikin kamu rasakan ketenangan dan kesejukan yang memikat apabila ada disana. Diluar itu, kamu dapat juga camping serta nikmati malam di pantai berbarengan family serta kerabat.

 

Alamat : Pulau Semak Daun, Kepulauan Seribu, Jakarta

 

Objek Wisata Pulau Tidung Taman Nasional Bawah Laut

 

Snorkeling serta diving memanglah jadi kegiatan yang perlu kamu cobainapabila bertandang ke areal Kepulauan Seribu. Kalau kamu habis dari Pulau Tidung, kamu dapat nikmati keindahan areal bawah laut yang hadir di sekeliling pulau yang paling dekat yang hadir disana.

 

Potensi area bawah laut yang dipunyai oleh Kepulauan Seribu memanglah dapat dibuktikan sanggup memanjakan mata siapa saja yang bertandang serta menggunakan waktu disana untuk liburan. Kekayaan berupa biota laut yang hadir serta air laut yang jernih bikin kegiatan diving dan juga snorkeling kamu disana berasa memuaskan.

 

Alamat: Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta

 

Penangkaran Hiu

 

Seperti halnya area Penangkaran Penyu Sisik, area Penangkaran Hiu juga berada di Pulau yang bernama Pramuka. Menggunakan angkutan yang hadir di Pulau Tidung, kamu cuma memerlukan waktu beberapa menit sajahingga bisa tiba di sana.

 

Tempat wisata Penangkaran Hiu yang hadir di area Pulau Pramuka memanglah amat mensupport gerakan dari pelestarian hewan langka yang bernama hiu ini. Maksudnya untuk membuat mereka terlepas dari ancaman kepunahan yang berasal dari kegiatan merusak pihak-pihak yg tidak bertanggungjawab serta memakainya jadi materi demi  keuntungan sendiri. Padahal, hiu merupakan  hewan yang langka yang harus benar-benar dilindungi serta dilestarikan eksistensinya.

 

Dengan kamu mengajak family untuk bertandang ke tempat ini, maka pengetahuan mengapa harus melindungi populasi hiu akanmakin luas serta kesedaran untuk  melestarikannya pun akanmakin besar.

 

Alamat : Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia

 

Itulah sebagian tempat-tempat liburan yang perlu kamu datangi kala liburan di areal Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta. Dengan cara berkunjung ke sebagian tempat yang memukau serta melihat keindahan pantai, juga laut dan serta kekayaan alam yang lain tentu bikin kamu terasa bahagia serta penat pun jadi hilang. Tak lantas hanya datang begitu saja toh kalau lagi liburan. Ada beberapa kegiatan yang kamu bisa lakukan di Pulau Tidung dan sekitarnya. Seperti yang akan dibahas di bawah ini.

 

Kegiatan Wisata Pulau Tidung Snorkeling

 

Snorkeling senantiasa jadi destinasi paling utama pelancong yang datang ke Pulau Tidung. Ini karena pulau yang satu ini mempunyai perairan yang jernih atas terumbu karang yang luar biasa indah. Diluar itu, letak dari Pulau Tidung juga tidak jauh dari Pulau Payung. Suatu pulau yang perairannya menjadi satu diantara tempat snorkeling favorite di areal Kepulauan Seribu.

 

Untuk menuju ke tempat wisata Pulau Payung, pelancong dapat menyewa sebuah kapal kayu yang berasal dari Pulau Tidung. Areal Pulau Tidungnya sendiri, tempat jempolan untuk kegiatan snorkeling ialah di areal perairan Pulau Tidung Kecil serta dibawah Jembatan Cinta.

 

Kegiatan Wisata Pulau Tidung Menyusuri Jembatan Cinta

 

Jembatan Cinta ialah nama sebuah jembatan dari material kayu yang fungsinya menghubungkan Pulau yang bernama Tidung Besar serta Pulau yang bernama Tidung Kecil. Pelancong kerap menyusurinya andaikan mereka menginginkan nikmati pemandangan ke-2 pulau itu dari atas perairan. ‘

 

Oleh karena tempatnya yang melintang di atas air, jembatan cinta kerap dipakai menjadi tempat untuk meloncat ke dalam laut andaikan pelancong menginginkan berenang. Sesudah capek berenang, janganlah buru- buru kamu pulang, jkarena embatan cinta juga jadi tempat favorite andaikan kamu menginginkan untuk nikmati matahari yang terbenam kala waktu senja tiba.

 

Kegiatan Wisata Pulau Tidung Berjetski

 

wisata pulau tidungAndaikan tengah tidak menginginkan berenang dan atau bersnorkeling ria, mengapa tidak coba untuk menaiki Jetski. Di area Pulau Tidung ada banyak layanan penyewaan di mana pelancong dapat memperoleh jetski. Pastinya seru meningkatkan kecepatan jetski di atas permukaan air yang tidak demikian kencang ombaknya. Menaiki kendaraan jetski dapat sendiri atau berdua.

 

Tidak hanya jetski, pelancong dapat juga menaiki yang namanya wahana banana boat, kendaraan kano atau juga flying fish dalam rangka untuk nikmati lokasi perairan yang di Pulau Tidung.

 

Kegiatan Wisata Pulau Tidung Bersepeda

 

Jalan di pasir pantai pasti mesti dilaksanakan andaikan kamu sedang ada di satu pulau. Tetapi pelancong Pulau Tidung dapat juga menjelajah lokasi liburan ini dengan cara memakai sepeda.

 

Di area Pulau Tidung ada banyak sekalilayanan penyewaan kendaraan sepeda yang sediakan bermacam type sepeda untuk pelancong yang menginginkan bersepeda dalam rangka berkeliling pulau atau hanya sekedar menyusuri pasir pantainya. Sebagian besar dapat diketemukan di lokasi pelabuhan. Type sepedanya juga bermacam, dari sepeda anak hingga sepeda untuk  dewasa.

 

Kegiatan Wisata Pulau Tidung Barbeque

 

Waktu matahari akan tenggelam masihlah hadir satu lagi aktivitas yang seru yang dapat dikerjakan di Pulau Tidung. Aktivitas itu ialah barbeque dengan kata lain bakar –bakar ikan. Hewan yang bernama ikannya sendiri dapat anda beli di pasar ikan daerah Muara Angke saat sebelum andalakukan perjalanan ke arah Pulau Tidung.

 

Jika anda pakai jasa travel, maka anda bisa minta tolong sama mereka. Sebagian biro travel  umumnya sediakan paket barbeque atas menu pilihan berupa ikan tongkol, baronang, tuna, udang dan juga cumi – cumi. Sambalpastinya sambal khas hasil racikan warga pesisir yang  populer akan kenikmatannya andaikan disantap berbarengan dengan daging ikan yang masihlah hangat.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori