Wisata Pacitan : Pesona Memukau Pantai Banyu Tibo

Berwisata ke Pacitan menuju ke tempat wisata yang unik bernama Pantai Banyu Tibo. Mau tau keunikan dari pantai yang berlokasi di Pacitan ini? Simak yuk!
0 (0%) 0 votes
Wisata Pacitan Pantai Banyu Tibo

Pacitan punya beraneka macam tempat wisata alam seperti, pantai, gunung dan goa. Kota ini paling banyak wisata alamnya berupa pantai. Di kota yang satu ini ada salah satu pantai yang terbilang unik. Biasanya pantai memiliki pemandangan berupa hamparan pasir yang membentang, garis pantai, deburan ombak dan juga batu-batu karang. Namun, tempat wisata pantai yang satu ini tidak hanya berupa pemandangan itu saja. Ada yang membuatnya spesial, yaitu air terjun. Namanya adalah Pantai Banyu Tibo. Mau tahu obyek wisata Pacitan yang satu ini? Ini dia pembahasannya.

Air Terjun Dan Pantai Bersatu

Pantai Banyu Tibo merupakan tempat wisata unik di kota Pacitan yang sangat memukau. Di pantai, ada fenomena alam yang cukup unik. Terdapat sebuah air terjun yang airnya jatuh ke pantai. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Banyu Tibo. Banyu Tibo Sendiri merupakan bahasa setempat untuk memanggil sebutan air terjun.

Air terjun di pantai ini aliran airnya berasal dari sungai kecil yang jernih. Air yang berasal dari sungai ini tak akan pernah kering walau pun musim kemarau datang. Aliran air dari sungai kecil ini berakhir di Pantai Banyu Tibo dengan cara terjun dari batu karang dan kemudian menyatu dengan air laut selatan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Di Pantai Banyu Tibo

Ada hal yang perlu diperhatikan ketika anda para wisatawan memutuskan untuk berkunjung ke wisata alam yang unik di Pacitan ini. Anda perlu tahu bahwa ombak di Pantai Banyu Tibo ini cukup besar terutama jika sedang pasang. Pengunjung yang ingin turun ke pinggir pantai dengan maksud untuk menikmati air terjun disarankan meminta bantuan pengawas pantai yang sedang berjaga. Ini disarankan karena untuk turun ke pinggiran pantai dibutuhkan keahlian dan juga keberanian yang lebih. Tebing karang perlu anda lewati untuk mencapai pantai.

Aktivitas Di Pantai Banyu Tibo

Aktivitas yang sering dilakukan penduduk setempat dan memang paling dianjurkan di tempat wisata ini adalah memancing. Tempat ini sangat seru untuk para pengunjung yang memiliki kegemaran memancing. Karena tebing-tebing karang menjadi tembok pantai ini, maka disarankan untuk menggunakan teknik rock fishing ketika memancing di wilayah ini.

Cara Ke Pantai Banyu Tibo

Obyek wisata Pantai Banyu Tibo berlokasi di wilayah Desa Widoro Kecamatan Donorojo. Lokasi paling tepatnya berada di bagian Barat dari kota Pacitan. Rute yang direkomendasikan untuk travelling ke tempat ini yaitu melalui jalur yang menuju ke Goa Gong. Dari jalan utama Pacitan – Solo ketika ada pertigaan dekat masjid besar Punung, maka belok kiri. Ketika ada pertigaan lagi anda harus ambil kanan. Kemudian anda tinggal ikuti terus jalur Goa Gong. Ketika sudah berada di kompleks Goa Gong, anda harus ambil jalan jurusan Kalak. Sesampainya di perempatan Balai Desa Kalak, anda harus belok ke kiri. Anda akan melewati Pasar Kalak dan bertemu dengan pertigaan lagi. Anda diharuskan belok ke kanan ke arah desa Widoro. Jalan terus sampai ketemu petunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Banyu Tibo.

Sumber : pacitantrip.com

Hello Comment 0Sort by

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini