Awas, 8 Wisata Kuliner Palembang Ini Bisa Membuat Berat Badanmu Naik!

Kuliner Palembang identik dengan pempek. Namun kamu juga harus tahu, masih banyak kuliner khas Palembang lain yang luar biasa lezat. Cek daftarnya di sini!
0
Awas, 8 Wisata Kuliner Palembang Ini Bisa Membuat Berat Badanmu Naik!
0 (0%) 0 votes
wisata kuliner palembang

Wisata kuliner merupakan salah satu jenis wisata favorit banyak orang. Ada yang rela berkeliling dari satu daerah ke daerah yang lain hanya untuk memburu kuliner khas daerah tersebut. Atau ada juga yang cukup mencoba kuliner khas di daerahnya sendiri. Nah bagi kamu pecinta kuliner Indonesia, ayo kunjungi Palembang. Salah satu wilayah di Pulau Sumatera ini benar-benar punya kuliner yang tidak ada duanya. Siap-siap saja berat badanmu bertambah setelah berwisata kuliner di Palembang.

 

 

Yuk cek 8 wisata kuliner khas Palembang rekomendasi Hello-PET berikut ini :

 

 

Wisata Kuliner Palembang – Pempek

 

Pempek merupakan makanan khas dari Palembang yang paling terkenal. Di mana ada pempek sudah pasti akan dikaitkan dengan Palembang dan juga sebaliknya. Intinya pempek adalah ikon Kota Palembang, bahkan lebih populer jika dibandingkan dengan Jembatan Ampera. Pempek di Palembang lebih dikenal sebagai makanan sehari-hari. Kamu dapat dengan mudah menemukan pempek di warung-warung yang tersebar di penjuru kota. Tidak perlu dipesan karena saking terbiasanya makanan yang satu ini sudah disediakan di meja-meja sebagai kudapan. Jadi saat kamu berkunjung ke Palembang, jangan kaget jika melihat orang-orang Palembang sarapan dengan pempek di pagi hari.

 

 

Pempek sendiri terbuat dari bahan dasar olahan ikan yang dicampur dengan tepung beras. Jenis-jenis pempek pun beragam mulai dari pempek kapal selam, hingga pempek lenjer tersedia. Makanan ini disantap bersama dengan kuahnya yang legendaris. Kuah pempek sebenarnya terbuat dari campuran gula aren, cabai, bawang dan asam. Salah satu pempek favorit di Palembang adalah Pempek Beringin. Kuah cuko di Pempek Beringin benar-benar luar biasa. Kamu bisa membeli dan menyantap langsung pempek beringin di toko atau memesan via online. Berikut ini daftar harga satuan pempek di Pempek Beringin :

 

 

Pempek lenjer kecil, pempek telur kecil, pempek adaan/bulat, pempek kulit, pempek keriting (Rp. 4.500,-)

Pempek lenjer besar ( Rp45.000,-)

Pempek kapal selam (Rp35.000,-)

Paket pempek harga mulai dari Rp90.000,-

Alamat : Jalan Lingkaran 1 Dempo Luar No. 20, 001 Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111

Nomor Telepon : +62 711 315691 , Pemesanan online (SMS/Tlp ke 0812 79302020)

 

 

 

 

Wisata Kuliner Palembang – Tekwan

 

Dari pempek mari kita berpindah ke saudara dekatnya yaitu tekwan. Kuliner yang satu ini sekilas terlihat mirip dengan pempek namun bedanya tekwan tidak perlu digoreng, cukup direbus saja. Bisa dibilang tekwan adalah baksonya orang Palembang karena biasanya tekwan disajikan dengan kuah bening seperti sup. Selain itu akan ditambah dengan pelengkap berupa mie soun, jamur kuping serta irisan bengkoang. Hmm benar-benar terlihat seperti bakso bukan?

 

 

Kamu bisa menemukan tekwan dengan mudah karena biasanya setiap tempat yang menjual pempek maka akan ada menu tekwan juga disana. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Pempek Candy.

 

 

Alamat : Jalan Letjen Harun Sohar No 99, Sukarami, Sumatera Selatan 30961, Indonesia

Telepon : +62 711 417319

Jam Buka : 06.00 – 21.00

Harga : Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 per porsi

 

 

 

Wisata Kuliner Palembang – Pindang

 

Kuliner yang satu ini jika dilihat sekilas mirip dengan makanan khas Thailand yaitu tom yum. Namun di Palembang kuliner pindang ini adalah sup ikan asam, pedas, manis, dan segar yang pastinya cocok untuk menjadi menu makan siang kamu saat berlibur ke Palembang. Biasanya pindang akan menggunakan ikan patin, ikan gabus ataupun tulang iga sebagai bahan dasar utamanya. Dalam penyajiannya kuliner pindang ini akan didampingi sengan sepiring nasi hangat dan sambal kemang.

 

 

Saat berada di Palembang, kamu bisa dengan mudah menemukan warung atau restoran yang menjual kuliner khas Palembang ini. Namun sebagai rekomendasi, kamu bisa mencicipi pindang di Warung Terapung Mbok War. Warung ini cukup terkenal di kalangan wisatawan dan bisa kamu temukan di dekat jembatan Ampera. FYI, Warung Terapung Mbok War ini terletak diatas perahu lho. Seru bukan makan siang dengan pindang khas Palembang sambil merasakan sensasi naik perahu?

 

 

Alamat : Di atas Sungai Musi, Samping Jembatan Ampera (kapal berwarna merah)

Harga : Pindang patin Rp20.000,- dan pindang baung Rp30.000,-

 

 

 

 

Wisata Kuliner Palembang – Mie Celor

 

Sajian mie yang satu ini memang menjadi kuliner khas Kota Palembang. Bagi kamu yang belum pernah mencoba mie celor, kuliner yang satu ini adalah mi yang disajikan dengan kuah santan kental. Kuah santan kental ini dicampur dengan kaldu udang dan sedikit sayuran taoge. Mi yang digunakan untuk mie celor bentuknya tebal seperti udon dan kuahnya memiliki rasa gurih yang khas. Bagi warga Palembang, mie celor biasa disantap di pagi hari sebagai menu sarapan.

 

 

Jika kamu penasaran untuk mencoba lezatnya mie celor, maka kamu bisa mencobanya di Mie Celor 26 Ilir – HM. Syafe’i.

 

Alamat : Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 2 Kota Palembang

Harga : Rp. 15.000,-

 

 

 

 

Wisata Kuliner Palembang – Martabak HAR

 

Kuliner khas Palembang yang satu ini bentuknya mirip dengan martabak telur pada umumnya. Namun perbedaannya terletak pada kuah yang digunakan. Jika pada kebanyakan martabak telur, kuah yang digunakan adalah kuah cuko maka Martabak HAR menggunakan kuah kari. Kuah kari ini memiliki rasa rempah yang kuat dan memiliki campuran berupa kentang dan daging.

 

 

Baca Juga : 9 Tempat Wajib Menikmati Kuliner Enak Di Padang

 

 

Selain itu bahan telur di Martabak HAR tidak dicampur sebagai isian martabak, melainkan dibalut bersama dengan kulit martabak itu sendiri. Selain proses pembuatannya yang berbeda, cara penyajian Martabak HAR ini juga unik. Jika biasanya martabak dimakan dengan dicocol pada kuah, maka Martabak HAR akan disiram langsung dengan kuah saat masih panas. Bagi kamu yang ingin mencicipi martabak yang satu ini tidak perlu khawatir karena di Palembang sendiri ada sekitar 8 cabang Martabak HAR.

 

 

Harga ; Martabak telur ayam Rp23.000,- dan martabak telur bebek Rp25.000,-

Alamat : Jalan Jend. Sudirman No. 537, 18 Ilir Tim. Im Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30121

No. Telepon : +62 711 358432

Jam Buka : 10.00 – 21.00 WIB

 

 

 

Wisata Kuliner Palembang – Lenggang

 

Tidak jauh-jauh dari pempek, kali ini kita kembali lagi ke kuliner keluarga pempek yaitu lenggang. Kuliner yang satu ini terbuat dari pempek lenjer yang dipotong-potong dan dicelupkan ke dalam telur. Telur yang digunakan biasanya adalah telur bebek. Untuk cara memasaknya, lenggang bisa dipanggang ataupun digoreng. Kamu bisa menyantap lenggang bersama dengan kuah cuko ataupun menyantapnya secara langsung. Untuk mencicipinya, kamu bisa datang ke Pempek Saga Sudi Mampir yang terletak tepat di depan Kantor Walikota Palembang. Di tempat ini kamu juga bisa sekalian membeli pempek yang dikemas sebagai oleh-oleh.

 

Alamat : Jalan Merdeka 22 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang Sumatera Selatan 30113 (Depan Kantor Walikota Palembang)

Nomor Telepon : +62 711 314417

Harga : Rp. 20.000,- per porsi

 

 

 

 

Wisata Kuliner Palembang – Laksan

 

Hidangan khas Palembang sepertinya tidak akan jauh-jauh dari makanan berbahan dasar ikan. Kali ini ada laksan yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Palembang. Laksan sebenarnya adalah pempek lenjer. Namun berbeda dengan pempek pada umumnya, laksan tidak disajikan dengan cuko melainkan kuah bersantan. Sekilas laksan terlihat mirip dengan lontong sayur. Tapi rasanya sudah pasti berbeda, mengingat bukan lontong yang ada di dalam mangkuk saji.

 

 

Baca Juga : Lamaknyo 10 Wisata Kuliner Khas Bukittinggi Ini!

 

 

Biasanya laksan banyak dijual di pagi hari sebagai menu sarapan. Salah satu tempat rekomendasi untuk mencicipi kuliner ini adalah Laksan Kaito yang berada di sebelah Griya Agung Palembang.

 

 

Alamat : Jalan Kapten Anwar Arsyad Nomor 999, Kota Palembang Sumatera Selatan

Harga : Rp8.000,- per porsi

 

 

 

 

Wisata Kuliner Palembang – Es Kacang Merah

 

Sebagai penutup daftar kuliner ini ada es kacang merah yang wajib kamu cicipi. Minuman manis ini terbuat dari kacang merah, santan, sirup merah, susu dan es serut. Sederhana memang, namun rasanya benar-benar menyegarkan. Es yang satu ini merupakan favorit warga Palembang dan wisatawan. Untuk mencicipi es ini kamu tidak perlu bingung karena hampir di setiap warung atau rumah makan yang menjual pempek pasti menyediakan Es Kacang Merah sebagai menu penutup.

 

 

Bisa dibilang acara icip-icip pempek kamu tidak lengkap jika tidak ditemani segarnya es kacang merah. Selain lezat dan menyegarkan, minuman yang satu ini juga ramah di kantong lho. Cukup dengan siapkan dana sebesar Rp9.000,-  es kacang merah akan tersaji di depan kamu.

 

 

Ayo jelajahi Kota Palembang dan rasakan kuliner-kulinernya yang nendang maksimal!

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori