Berwisata 9 Kuliner Mantap Di Osaka

Kamu baru tiba di bandara Kansai serta menginap di Osaka? Setelah terbang lebih dari 5 jam perut terasa keroncongan? Osaka ini dapurnya kuliner enak!
0
Berwisata 9 Kuliner Mantap Di Osaka
0 (0%) 0 votes
Tonpeiyaki

Jika menjelajahi negara Jepang pasti selalu menyenangkan dan tak akan pernah habis menemukan hal – hal baru. Untuk kamu yang suka sekali wisata kuliner cobalah berkunjung ke Jepang barat tepatnya kota Osaka. Kota Osaka ini kaya akan kulinernya yang mendunia bahkan punya julukan Tenka no Daidokoro atau dapat diartikan sebagai dapur negeri. Julukan ini tidak sembarangan disematkan sebab Osaka memang terkenal akan beragam kulinernya mulai dari yang murah hingga yang mahal. Kuliner Osaka bahkan ada yang berbahan dasar  tak biasa seperti ikan fugu yang sangat beracun sehingga banyak yang tak mengkonsumsi jenis ikan ini.

 

Bagi kamu yang beragama Islam tak perlu cemas sebab Osaka gudangnya restauran bahkan untuk kamu yang ingin menikmati makanan halal. Dotonbori atau dekat stasiun Umeda dan Osaka kerap ditemukan berjejer restauran halal yang diperuntukkan untuk muslim traveller. Nah, bagi kamu yang sudah memasukan kota Osaka sebagai salah satu daftar kota yang akan dikunjungi jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Berikut kuliner-kuliner khas Osaka yang patut kamu coba bila berada di kota tersebut.

 

 

 

Mencicipi Kuliner Khas Osaka Okonomiyaki

 

Makanan satu ini tak kalah pamornya dengan sushi dan kerap dijual di seluruh daerah Jepang namun Okonomiyaki Osaka tak ada yang mampu menandingi kehebatan rasanya. Saking terkenalnya makanan ini tak heran bila Okonomiyaki sering banget muncul di dalam komik maupun film Jepang. Sebut saja salah satunya anime Detective Conan karya Gosho Aoyama. Para wisatawan asing pun tidak sedikit pula yang merekomendasikannya sebagai kuliner yang patut di coba jika sedang jalan-jalan ke Osaka.

 

Okonomiyaki sendiri merupakan camilan yang terbuat dari tepung dan kubis serta bahan tambahan lainnya yang dimasak di atas wajan besi pipih. Camilan ini sebenarnya juga bisa dibuat di rumah dengan beragam varian isi. Kamu juga bisa menambahkan mayonaise, saus atau katsuobushi, dan aonori agar rasanya lebih mantap. Jika kamu berniat mencobanya bisa datang ke jalan Dotonbori  yang terkenal dengan sajian okonomiyakinya yang terlezat se-Jepang.

 

 

 

 

Sashimi Fugu

 

Kamu tahu ikan fugu? Ikan fugu atau pufher fish ini telah banyak mengundang pencinta kuliner datang ke Osaka. Ikan yang juga sering dikenal dengan ikan buntal bila di Indonesia ini sebenarnya tidak bisa dikonsumsi karena racun yang dimilikinya. Ajaibnya  para koki Jepang khususnya yang berada di Osaka mampu mengolah ikan buntal menjadi kuliner yang aman dan nikmat. Ikan fugu tersebut diolah menjadi sashimi yang dijual dengan harga yang lumayan tinggi.

 

Baca Juga : Yuk, Cari Tahu Cara Wisata Murah Ke Jepang!

 

Harganya yang melambung ini dikarenakan yang mampu mengolah ikan fugu hanya koki – koki tertentu saja dan telah memiliki sertifikat khusus.  Bagi kamu yang ingin mencobanya bisa datang ke jalan Dotonbori dan temukan restoran dengan lentera berbentuk ikan fugu raksasa. Kamu bisa memesan sashimi platter yang porsinya tidak terlalu besar bila hanya ingin sekedar mencoba.

 

 

 

Menikmati Kushikatsu Di osaka

 

Jika okonomiyaki dan sashimi dari ikan fugu menurut kamu belum terlalu menarik maka ada baiknya jika kmau mencoba kushikatsu.  Camilan satu ini sangat difavoritkan oleh masyarakat Jepang karena rasanya yang mantap. Kushikatsu merupakan gorengan yang terbuat dari berbagai bahan seperti ikan, seafood, daging hingga sayuran. Bisa dibilang kushikatsu  seperti gorengannya masyarakat Jepang yang juga tak kalah popular dengan jajanan gorengan di Indonesia.  Gorengan satu ini biasa ditusuk dengan bambu seperti halnya sate yang ada di Indonesia. Kushikatsu paling enak jika dilumuri saus tiram yang membasahi seluruh bagian camilan ini.

 

Bagi kamu yang ingin merasakan kushikatsu bisa datang ke daerah Shinsekai yang buka 24 jam setiap harinya.  Satu hal yang perlu kamu ingat bila mencoba kushikatsu di Jepang adalah dilarang untuk mencelupkan gorengan satu ini ke saosnya beberapa kali. Kamu hanya boleh mencelupkan kushikatsu sekali saja ke dalam saos untu menjaga kebersihan saos yang diperuntukkan untuk banyak orang.

 

 

 

Kuliner Khas Osaka Kitsune Udon

 

Jika berkunjung ke Osaka tak lengkap bila tidak mencoba kitsune udon yang merupakan olahan udon pertama yang pernah di buat di Jepang. Tahukah kamu bahwa Osaka terkenal dengan penghasil udon terbaik yang pernah ada di Jepang. Bagi yang tertarik dengan olahan udon satu ini, jangan lewatkan kitsune udon yang berada di restauran Usamitei Matsubaya di Minamisenba. Kitsune Udon yang ada di Osaka sangat berbeda dengan makanan sejenis yang dijual di luar kawasan ini. Perbedaannya terletak pada udonnya yang lebih tipis dan ringan ketimbang kitsune udon dari Tokyo. Selain itu tahu goreng kering yang manis merupakan ciri khas dari kitsune udon dari Osaka.  Mau coba?

 

Baca Juga : Tempat Wisata Osaka Yang Menarik Untuk Dikunjungi

 

 

 

 

Mencicipi Kuliner Osaka Negiyaki

 

Ada satu lagi camilan enak dari Osaka selain makanan yang telah disebutkan di atas yakni negiyaki. Negiyaki sendiri merupakan olahan yang mirip dengan okonomiyaki namun lebih tipis. Teksturnya sangat lembut dengan harum bawang putih yang sangat menyengat. Camilan satu ini juga sering dibuat oleh keluarga Jepang  serta mudah ditemukan terlebih bila berada di jalan Dotonbori. Anak-anakpun sangat menyukainya dan memiliki kandungan serat yang tinggi dari sayuran yang dipakai dalam camilan ini.

 

 

 

 

Mencoba Kuliner Khas Osaka Kasu Udon

 

Olahan udon tidak hanya kitsune udon saja yang bisa kamu coba di Osaka namun juga kasu udon. Kasu udon sendiri merupakan olahan udon yang diberi jeroan sapi. Jeroan sapi ini diolah dengan cara digoreng dalam waktu yang cukup lama agar rasa gurihnya tetap terjaga. Tekstur dari kasu ini jauh lebih lembut dan kenyal sehingga nikmat untuk dikunyah. Kandungan kolagen dan  protein dalam kasu sangat disukai para wanita sehingga tidak heran bila makanan ini sering difavoritkan.  Kasu ini seperti dikatakan sebelumnya dijadikan sebagai topping untuk udon yang sangat pas dinikmati selagi panas. Kamu bisa mencoba berkunjung ke Kasu Udon Shakariki yang berada di daerah Yoshino.

 

 

 

 

Nasi Kari Jiyuken / Jiyu Ken Curry Rice Osaka

 

Bosan dengan hidangan berbahan dasar daging dan rindu sekali menikmati nasi seperti makanan-makanan di Indonesia pada umumnya? Tak perlu khawatir Jepang juga punya kuliner khas berbahan nasi putih bernama nasi kari. Nasi kari Jiyuken sendiri berbeda dengan nasi kari yang dijual pada umumnya. Olahan nasi ala restoran Jiyuken adalah dicampur langsung dengan kare dan biasanya ditambahkan telur serta saos agar rasanya lebih nikmat. Restauran ini bahkan telah berdiri sejak tahun 1910. Nasi kari jiyuken ini umumnya diisi dengan daging sapi dan juga bawang putih yang sangat populer di kalangan wisatawan jika berkunjung ke Osaka. Kamu bisa mengunjungi restaurannya yang berada di Tenjinbashi, Kita-ku atau sekitar 1 menit dari stasiun  JR Tenma.

 

Baca Juga : Wisata Religi Osaka Berupa Kuil-Kuil Nan Menawan

 

 

 

Kuliner Khas Tonpeiyaki Osaka

 

Olahan dari daging babi memang sangat terkenal di Jepang begitu juga di kota Osaka. Salah satunya adalah tonpeiyaki yakni daging babi yang dipanggang bersama dengan kubis. Daging babi panggang ini lalu dibungkus dengan telur dadar. Tidak lupa  tonpeiyaki  dicelupkan ke sausnya serta ditambah aonori sebagai pelengkap. Tonpeiyaki tak seperti okonomiyaki yang menggunakan tepung sehingga kamu tidak akan  merasa penuh bila mencoba kuliner satu ini.  Warga Jepang biasa mencicipi tonpeiyaki ditemani dengan sake yang merupakan minuman alkohol khas negeri sakura.

 

 

 

Takoyaki Osaka

 

Bentuknya bundar dengan garis tengah 3-5 cm yang bisa kamu jumpai hampir di seluruh tempat di Jepang. Yup takoyaki namanya yang merupakan olahan bakso dari daging gurita yang dimasak pada wajan yang memiliki cetakan setengah lingkaran. Kamu bisa mengoles takoyakimu dengan saos atau aonori yang menambah cita rasanya. Osaka sendiri banyak berjamur kedai yang menjual takoyaki dengan harga yang lumayan terjangkau. Ada beberapa restauran terkenal di Osaka yang menjual kuliner ini diantaranya adalah Yamachan Hotel yang berada dekat stasiun Tennoji. Kamu juga bisa membeli takoyaki di Naniwaya yang menjual takoyaki seharga 300 yen untuk 8 potongnya. Ada juga restauran Wanaka yang berada di Tenjinbashi, Kita-ku yang terkenal dengan saos asam manis uniknya.

 

Beberapa makanan di atas memang ada yang dijual di Indonesia namun mencoba langsung di negeri asalnya tentu akan memberikan kamu banyak pengalaman soal kuliner Jepang. Selain itu kamu juga bisa membandingkan rasa makanan-makanan tersebut dan bisa menentukan serta merekomendasikan kuliner di atas kepada kerabat atau teman yang memiliki tujuan wisata yang sama. So, tunggu apalagi segeralah hunting makanan di kota Osaka!

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori