8 Macam Kuliner Lombok Enak Wajib Disantap

Selain alam, wisata kuliner di Lombok merupakan salah satu pilihan yang wajib dicoba para travelers. Berikut daftar kuliner unik enak yang wajib coba di lombok.
0
8 Macam Kuliner Lombok Enak Wajib Disantap
0 (0%) 0 votes
http://www.wisatadilombok.com/2013/07/pedes-pedes-manis-sate-rembiga-lombok.html

Lombok atau Nusa Tenggara Barat memang dikenal sebagai tujuan wisata yang menarik dengan pesona alam yang menawan.

 

 

Selain alam, kuliner juga punya keunikan tersendiri ketika berbicara kuliner. Berbagai macam kuliner tradisionalnya pun dikenal pedas.

 

 

Seperti apa sih sebenarnya kuliner-kuliner khas Lombok? Tim Hello-pet kali ini akan berjalan-berjalan dan mencoba deretan kuliner Lombok yang khas.

 

 

 

 

Wisata Kuliner Lombok Sayur Kelaq Kelor

Daun kelor umumnya sering digunakan sebagai obat atau memandikan jenazah. Namun, di Lombok, daun kelor bisa menjadi sebuah sayuran dengan cita rasa yang khas.

 

 

Proses pembuatannya sederhana, hanya ditumis dan disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi khas Lombok. Sederhana memang, namun bagi kamu yang ingin mencoba sajian sayur dengan rasa yang berbeda selama berada di Lombok, maka kelaq kelor adalah pilihannya.

 

Baca juga: Wisata lebih seru di Lombok di tempat ini

 

 

Kelaq kelor bisa ditemukan di warung makan yang berada di pusat kota Mataram. Namun, pilihan terbaik untuk mencicipi kelaq kelor terbaik, kamu bisa mencobanya di daerah Lombok Timur, tepatnya di warung makan kelor yang berada di Pancor, Lombok Timur.

 

 

Warung makan kelaq kelor
Lokasi: Kecamatan Pancor, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

 

 

 

 

Wisata Kuliner Bebalung Khas Lombok

 

Sepintas jika kamu ingin melihat bebalung, makanan ini terlihat seperti soto daging. Namun, Babalung merupakan makanan yang menyediakan tulang iga sapi atau kerbau.

 

 

Hanya bumbu-bumbu yang melengkapi bebalung memang terasa seperti saat membuat gulai. Mulai dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, jahe hingga cabe rawit.

 

 

Selain itu, Bebalung juga selalu wajib dihidangkan di beberapa acara adat yang ada di kota Lombok. Namun kamu tidak perlu menunggu untuk hadir di setiap acara adat yang ada di Lombok untuk mencicipi bebalung.

 

 

Salah satu tempat yang dipenuhi para penikmat kuliner untuk mencicipi Babalung adalah Depot Kelebet. Hanya bermodalkan Rp35.000,- kamu bisa mencicipi babalung.

 

 

Langsung saja, bagi kamu yang ingin mencoba babalung khas dari Lombok, arahkan kendaraan ke Jalan Hos Cokroaminoto No.4, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

 

 

Babalung
Lokasi: Warung Kelebet
Jl. Hos Cokroaminoto No.4, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bararat. 83122

 

 

Baca juga: Ini spot sunset terbaik di kota Lombok

 

 

 

 

 

Kuliner Lombok Sate Bulayak

 

Kuliner berikutnya yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Lombok adalah sate bulayak. Nama bulayak memang terdengar aneh, namun Bulayak ternyata sama dengan ketupat atau lontong yang biasa kita temukan.

 

 

Bedanya, bulayak dibungkus dengan daun aren sebelum dihidangkan dengan tujuan untuk menjaga rasanya yang lebih lembut.

 

 

Namun, proses pembuatan bulayak sendiri yang cukup berbeda. Bulayak dibungkus dengan daun aren. Selain itu, bumbu yang digunakan pun berbeda dari sate yang biasa dikonsumsi. Bumbunya terbuat dari campuran santan yang kental dan kemiri yang sudah diolah dan berbentuk gulai.

 

 

Penasaran seperti apa? Kamu bisa langsung menikmatinya di pinggiran jalan, tepatnya di Komplek Pertokoaan Dasan Cermen Jalan Teguh Lopan, Cakranegara, Kecamatan Mataram.

 

 

Satu porsi sate bulayak pun dihargai cukup murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp15.000,- untuk mencicipi sate bulayak ini. Murah kan?

 

 

Sate Bulayak

Komplek Pertokoaan Dasan Cermen No. 31-32, JL Teguh Lopan, Cakranegara, Kecamatan Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

 

Baca juga: Ini pantai-pantai indah yang wajib kamu kunjungi di Lombok

 

 

 

 

Kuliner Khas Lombok Sayur Ares

 

Bagi kamu yang vegetarian namun tetap ingin mencicipi kuliner khas Lombok bisa menikmati sajian sayur ares.

 

 

Sayur ini cukup unik, karena tidak terbuat dari jenis sayuan secara umum, namun terbuat dari bahan dasar batang daging dan pelepah pisang.

 

 

Ditambah dengan campuran bumbu yang terbuat dari ketumbar, lengkuas, jinten, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan jahe, sayur ares memiliki rasa yang gurih bercampur pedas.

 

 

Beberapa warung makan di Lombok biasanya menyajikan sedikit daging sapi untuk menambah nikmat dari sayur ares yang yang siap dicicipi oleh para pecinta kuliner.

 

 

Untuk mencicipinya sangat mudah, karena setiap kamu singgah di warung makan yang berada di pusat kota Mataram atau daerah Cakranegara menyediakan jenis sayuran ini.

 

 

Sayur Ares
Lokasi: RM Dua Em Bersaudara
Jl. Transmigrasi no. 99 Cakranegara Mataram

 

 

 

 

Minuman Wedang Khas Lombok

 

Ketika musim hujan datang, salah kuliner yang paling dicari dan buat oleh masyarakat adalah wedang lombok.

 

 

Mendengar namanya, mungkin kamu mengira-ngira bahwa ini adalah minuman yang aneh dan rasanya pedas. Benar saja, saat mencicipinya wedang lombok ini terasa pedas, namun pas untuk menghangatkan tenggorokan.

 

 

Terbuat dari lombok (cabe) dan dipadukan dengan jahe, kayu manis dan daun serai, kuliner yang satu ini wajib kamu coba ketika berkunjung ke Lombok. Penyajiannya pun cukup unik, karena semua bahan-bahan ini tidak dihancurkan bersamaan, namun disajikan dalam satu gelas atau cangkir air minum hangat saja.

 

 

Wedang lombok sendiri bisa kamu temukan di beberapa warung makan atau warung yang berada di pinggir jalan kota Mataram.

 

 

Wedang Lombok
Lokasi: Warung Klebet
No.4, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83122.

 

 

 

Baca juga: Wisata Lombok Timur pun tidak kalah menarik!

 

 

 

Tumis Sayur Plecing Kangkung Khas Lombok

 

Kuliner berikutnya yang wajib kamu coba adalah plecing kangkung. Berbeda dengan sayuran kangkung yang biasanya berkuah, Plecing Kangkung tidak menyajikan kuah dalam sajiannya.

 

 

Sebagai gantinya, di atas sayur yang sudah ditumpuk untuk dihidangkan ditambahkan bumbu sambal yang terdiri dari cabe rawit merah, tomat, garam, penyedap, terasi khas Lombok, dan air perasan jeruk purut.

 

 

Rasa yang paling khas ketika mencicipi plecing kakung adalah sambal terasinya yang bisa membuat kamu ketagihan. Tidak percaya? Langsung saja berkunjung ke rumah makan EM bersaudara yang terletak di Jl. Transmigrasi no 99, Mataram.

 

 

Plecing Kangkung
Lokasi: RM Em Bersaudarai, Jalan Transmigrasi no 99, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

 

 

 

 

Kuliner Pedas Khas Nasi Balap Puyung Lombok

 

Kuliner berikutnya yang memiliki cita rasa pedas adalah nasi balap pyung Lombok. Penyajian wajib dari nasi balap puyung biasanya terdiri dari dari nasi putih, ayam pelecingan, ditambah dengan sambal ayam pedas khas Lombok.

 

 

Rasa pedasnya memang bisa membuat kamu berkeringat saat menyantapnya. Namun, jangan khawatir, rata-rata pemilik rumah makan biasanya menyediakan tambahan berupa kacang kedele, untuk mengurangi rasa pedas atau pengunjung yang tidak menyukai masakan yang pedas.

 

 

Tertarik mencobanya? Berikut beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mencicipi pedasnya nasi balap puyung Lombok.

Nasi Balap Puyung Lombok:

Lokasi:

1. Jl. Sriwijaya No. 80, Mataram, Nusa Tenggara Barat

2. Komplek Ruko Senggigi Plaza, Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

 

 

 

Pedas Manis Sate Rembiga Unik Khas Lombok

 

Terakhir, kuliner yang satu ini juga wajib kamu kunjungi ketika berpetualangan di Lombok. Namanya adalah sate rembiga.

 

 

Daging yang digunakan untuk membuat sate pun tidak sembarangan, karena dibuat menggunakan daging sapi khas Nusa Tenggara Barat.

 

 

Dagingnya saja sudah istimewa, proses pembuatannya pun juga berbeda. Agar lezat dan empuk, daging sapi ditumbuk agar empuk, kemudian direndam dengan bumbu-bumbu khas yang terbuat dari cabe merah, terasi, bawang putih dan gula merah, hingga meresap ke dalam daging sapi. Setelah itu, daging tersebut siap dijadikan sate.

 

Baca juga: Kata Raisa tentang Lombok

 

 

Jika kamu mengenal sate yang biasanya menggunakan bumbu tambahan, maka sate rembiga tidak menggunakan bumbu tambahan apa pun! Karena penjual sate rembiga hanya menyajikannya dengan nasi putih atau longont saja.

 

Tidak percaya? Kamu bisa langsung mencobanya di warung sate rembiga yang terletak di jalan Rembiga No.4 Mataram. Satu porsi sate rembiga yang berisi 10 tusuk sate dijual dengan harga Rp20.000,-. Murah kan?

 

Sate Rembiga
Lokasi: jalan Rembiga No.4 Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori