Wisata Kediri yang Kamu Bisa Nikmati

Wisata Kediri selalu menghadirkan pesona alam yang luar biasa sehingga memikat banyak pengunjung yang hadir baik dari dalam maupun luar negeri
0
Wisata Kediri yang Kamu Bisa Nikmati
0 (0%) 0 votes
kotakediri

Wisata Kediri adalah salahsatu tujuan wisata yang cukup populer di kalangan Traveller. Kendati tak setenar objek wisata di Daerah-daerah lain di Jawa Timur, Kediri terbilang sangat potensial dalam hal Pariwisata. Secara administratif, Kediri terbagi menjadi 2 bentuk, yakni: Kotamadya dan Kabupaten. Pada awal tahun 2014, Kediri sempat menjadi headline di beberapa Media Nasional akibat erupsi Gunung Kelud yang efeknya dirasakan sampai ke beberapa Daerah di bagian Timur Jawa Tengah dan Jogja. Nah, jika Kamu punya rencana main ke Kota yang satu ini, berikut ada beberapa pilihan tempat wisata di sana yang bisa Kamu kunjungi.

 

Gumul Paradise Island

 

gumulparadiseisland1
Gumul Paradise Island kediriraya.com

 

Objek wisata yang satu ini cocok untuk Kamu nikmati bersama Keluarga tercinta. Selain luas, Gumul Paradise Island adalah merupakan sebuah water park yang memiliki fasilitas lengkap. Wahana-wahana yang ada juga bisa Kamu nikmati sesuai kelompok usia.

 

Alamat Gumul Paradise Island: Jl. Simpang Lima Gumul Barat Ds. Sumberejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

 

Air Terjun Dolo

 

Air-Terjun-Dolo-1
Air Terjun Dolo pariwisata.kedirikab.go.id

 

Salahsatu Wisata alam yang Kamu bisa nikmati di Kediri adalah Air Terjun Dolo yang berlokasi di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Dari pusat Kota, Air Terjun ini berjarak tempuh sekitar 25 Km. Dengan letak posisinya yang berada pada ketinggian sekitar 1.800 mdpl, Air terjun ini memiliki hawa sejuk yang bisa Kamu rasakan saat pertama tiba di sana. Air Terjun Dolo merupakan bagian dari lereng Gunung Wilis, dan memiliki tinggi 125 meter. Selain keindahan alam, di Air Terjun Dolo Kamu juga bisa menikmati beragam fasilitas yang sudah disediakan, seperti: Track Jogging, Camping Ground, Play Ground, Area Trekking, Warung, Musholla, dan Penginapan. Volume air yang tidak terlalu tinggi, namun dingin, akan menambah kesejukan Kamu saat berada di tempat wisata yang satu ini.

 

Alamat Air Terjun Dolo: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur.

 

Monumen Simpang Lima Gumul

 

Monumen-Simpang-Lima-Gumul
Monumen Simpang Lima Gumul initempatwisata.com

 

Monumen Simpang Lima Gumul di kalangan Traveler biasa dikenal dengan singkatan MSLG. Monumen ini mirip dengan sebuah Monumen yang ada di Paris, yakni Arc de Triomphe. Monumen Simpang Lima Gumul menjadi tempat tongkrongan baru bagi anak-anak muda Kediri sejak diresmikan pada tahun 2008 silam. Bangunan itu sendiri dibangun pada tahun 2003. Selain itu, Monumen Simpang Lima Gumul juga merupakan pertemuan 5 jalan menuju 5 Daerah di Kediri, yakni: Pagu, Pesantren, Pare, Gampengrejo, dan Plosoklaten. Nah, daripada jauh-jauh ke Paris buat liat Arc de Triomphe, lebih baik ke Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri. Soal biaya, jelas jauh lebih murah. Soal kesan, jelas tidak akan kalah.

 

 Alamat Monumen Simpang Lima Gumul: Desa Tugurejo, Kec. Gampengrejo, Kab. Kediri, Jawa Timur.

 

Gunung Kelud

 

gunung-kelud
Gunung Kelud wisatanesia.co

 

Salah satu Gunung Api paling aktif di Tanah Air ini sejak lama menjadi favorit para pecinta Travelling. Sebagaimana Pegunungan pada umumnya, Gunung Kelud juga menawarkan keindahan panorama yang tiada tara. Apalagi, jalan aspal yang ada di ketinggian Gunung Kelud memudahkan para Wisatawan untuk bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar dengan menggunakan kendaraan, tanpa harus trekking. Alamat Gunung Kelud: Perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, tepatnya sekitar 27 km dari sebelah Timur pusat Kota Kediri, Jawa Timur.

 

Gunung Kelud yang merupakan satu gunung berapi yang masih aktif yang hadir di wilayah jawa timur ini  terakhir meletus di th. 2014. Lepas dari semua permasalahan yang menyangkut gunung kelud, tempat ini tetaplah menaruh banyak keindahan panoraman di dalamnya.

 

Sesudah gunung meletus, objek darmawisata ini memanglah mulai diatur kembali untuk jadi objek rekreasi andalan di Kota Kediri. Ditempat rekreasi Gunung Kelud saat sebelum meletus hadir sebagian tempat yang dapat kamu nikmati keindahannya, contohnya seperti kawah gunungnya yang saat ini mungkin saja telah tak ada lagi sesudah letusan. Diluar itu hadir sumber air panas. Tempat yang dapat kamu cobain untuk sebatas beri kesegaran badan.

 

Alamat : Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang.

 

Wisata Pagora Kediri

 

Objek darmawisata pagora ini adalah satu diantara objek darmawisata yang telah lumayan lama ada di kediri serta masihlah popular hingga saat ini. Tempat darmawisata pagora ini adalah satu tempat darmawisata family yang mana hadir banyak  wahana bermain yang ada di dalamnya. Hadir kolam renang,  sampan, taman yang amat sejuk yang ada di dalamnya.

 

Hadir juga panggung yang kerap digunakan untuk pentas musik serta atraksi seni. Tiap-tiap akhir minggu Pagora senantiasa menghadirkan pertunjukan musik genre dangdut yang kadang-kadang juga mengundang penyanyi ibu kota. Tempat darmawisata Pagora aktif sehari-hari pada jam 08. 00 s/d 14. 00 WIB. Ada pun jumlah uang yang harus dibayar  untukticket masuknya adalah sebesar Rp. 15. 000.

 

Alamat : Kediri, Indonesia.

 

Wisata Ubalan Kediri

 

Tempat darmawisata Ubalan  adalah satu diantara objek darmawisata yang murah untuk family yang ada di kediri. Sama dengan darmawisata Pagora yang ada di kota kediri. Di tempat wisata Ubalan ada kolam renang serta wahana bermain yang mengasyikkan,  berkemah, tempat memancing, yang pas sekali untuk digunakan dalam menghabiskan akhir minggu berbarengan family.

 

Alamat : kalasan, desa jarak, kecamatan ploso, klaten, kediri.

 

Goa Selomangleng

 

Goa Selomangleng ada dibawah Gunung Klotok. Lokasinya  ada di barat Kota Kediri. Kamuhanya membutuhkan waktu kira-kira 15 menit dari Kota Kediri ke tempat ini. Ditempat rekreasi ini ada satu goa kecil yang ada pas di sebuah lereng gunung.

 

Objek darmawisata ini kurang  disukai pelancong yang bertandang di kota kediri. Walau demikian untuk sebatas menghabiskan waktu kamu dapat mengunjunginya. Disamping selatan letak goa ini kamu bakal menjumpai banyak  warung kopi berjejer menyongsong kamu. Ditempat itu kamu dapat nikmati panorama Kota Kediri yang amat indah.

 

Alamat : Kota Kediri, Indonesia.

 

Petilasan Sri Aji Jayabaya

 

Ada salah satu tempat wisata di Kediri yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Kediri. Objek darmawisata yang dimaksud ialah Petilasan Sri Aji Jayabaya. Tempat wisata ini adalah satu petilasan Raja Kediri. Petilasan ini berada Didalam satu komplek. Di petilasan ini kamu bakal menjumpai sebagian tempat yang dipercaya oleh warga sekeliling sebagai  tempat akral untuk mencari barokah. Pada waktu  spesifik ,khususnya malam satu suro, di sini bakal amat ramai dikunjungi manusia.

 

Alamat : Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kota Kediri

 

Candi Tegowangi

 

Candi tegowangi ialah salah satu candi dari peninggalan Kerajaan Majapahit  yang terkenal itu. Bangunan ini dinamakan sesuai dengan nama tempat ia berdiri kokoh hingga saat ini. Tempat ini terletak di desa Tegowangi.

 

Alamat : Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kota Kediri, Indonesia.

 

Candi Surowono

 

Geser dikit ke  timur kamubakal menjumpai satu candi  bernama  Candi Surowono. Candi ini adalah  candi hindu. Candi yang satu ini di bangun di abad 14 yang mana candi yang satu ini di bangun buat menghormati Raja Wengker. Ini merupakan satu diantara  kerajaan yang masihlah satu wilayah bersama  Majapahit.

 

Alamat : Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kediri

 

Masjid Setono Gedong

 

Hadir tempat rekreasi religi di Kediri. Salah satunya adalah  Mesjid Setono Gedong. Masjid yang satu ini berada pas di dalam kota. Didalam masjid ini kamu bakal temukan satu masjid yang besar serta satu komplek pemakaman. Dipercaya oleh warga Kediri, tempat ini dulunya ialah makam guru Raja Jayabaya dari Kerajaan Kediri.

 

Alamat : Jalan Doho, Kota Kediri

 

Gereja Puhsarang

 

Tempat iniIalah gereja katholik roma. Lokasinya ada di sebuah desa bernama Puhsarang di Kediri. Gereja yang satu ini didirikan di th. 1936 oleh seseorang romo bernama jan Waolter serta arsiteknya adalah Mclaine pont. Dua manusia ini ialah manusia hebat di masanya.

 

Gereja ini punya kombinasi arsitektur dari dua budaya, yakni Jawa serta Eropa. Keduanya berpadu unik sehingga menjadikan gereja iniamat beda atas gereja yang biasanya ada di indoneia. Hadir sebagian titik posisi kunjungan wisata yang dapat kamu jelajahi disini. Beberapa diantaranya Taman Kana, Goa Maria Lourdes,serta Jalan Salib Bukit Golgota. Hadir juga tempat kemah yang berada di sekeliling tempat, serta ada gedung serbaguna bagi mereka yang menginginkan adakan acara misa.

 

Alamat : Desa Puhsarang, Kediri

 

Gunung Klotok

 

Gunung Klotok ialah satu diantara gunung yang ada di tidak jauh dari areal kaki Gunung Wilis. Tempat ini adalah gugusan dari Pegunungan Wilis. Tempat ini mempunyai ketinggian kurang lebih 536 MDPL. Namanya datang dari kata Kolo serta Tok. Kolo yang bermakna bahaya serta tok bermakna saja. Hingga Klotok bermakna gunung yang beresiko. Kekhasan gunung ini ialah memiliki bentuk mirip rupa wanita yang tengah tidur. Jadinya tempat ini pun dijuluki selaku Si Cantik Tidur.

 

Alamat : Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur

 

Gunung Maskumambang

 

Gunung Maskumambang ialah sebuah gunung yang ada di Kediri yang mana tempat ini dikelilingi oleh bukit. Tempat ini adalah terusan dari deretan perbukitan Gunung Wilis. Gunung Maskumambang ini memiliki hawa yang sejuk oleh karena di kelilingi oleh  banyak pohon. Terlebih telah hadir sarana berupa anak tangga andaikan di daki lewat jalur barat.

 

Berjibun pelancong datang ke bukit ini sekedar mendaki atau pun trekking. Ketinggian Maskumambang tak demikian tinggi kira-kira 300 mtr. di bawah permukaan laut. Tempat wisata inisangat sejuk dan dapat buat bersantai.

 

Alamat : Kediri , Indonesia

 

Air Terjun Irenggolo

 

Air terjun ini berada kira-kira 20 km, kira-kira 30 menit jika berkendara dari areal Kota Kediri. Panorama pegunungan ini jempolan. Selain itu, disini beberapa pelancong bisa temukan banyak hal menarik, seperti ; rimba teduh penuh pinus, camping ground, taman bermain, tempat hiking serta jogging, hadir banyak pohon yang memberi kehijauan serta panorama indah yang bagus untuk mata Kamu.

 

Alamat : Kediri, Indonesia

 

Candi Setono Gedong

 

Candi Astana Gedong saat ini tempatnya di kenal selaku makam Setono Gedong.  Setonogedong ialah candi Kerajaan Singosari yang dipakai untuk pemujaan Dewa Wisnu. Bangunandiberi nama candi Astana Gedong. Astana dimaksud sebagai Istana,  Gedong berarti besar. Di masanya, Astana Ge­dong memanglah di kenal selaku candi yang besar.

 

Alamat : Kediri, Indonesia

 

Kuliner Sambal Tumpang Khas Kediri

 

Mungkin saja cuma di kediri lah masakan ini dapat kamu nikmati. Masakan ini adalah satu masakan khas dari Kediri. Bahannya terbuat dari  tempe. Masakan di proses sedemikian rupa serta diberi bumbu rempah yang simpel. Cita rasa yang terwujud dari masakan ini amat luar biasa.

 

Tempat untuk nikmati masakan ini yang paling pas sembari nikmati kota kediri ada di Jalan Doho, Kediri. Di sini tiap malam sesudah toko  di Jalan Doho ditutup kira-kira jam 22. 00 wib bakal mulai digantikan beberapa penjual nasi tumpang.

 

Beberapa orang yang jual nasi tumpang ini komplit dengan beragam lauk yang beragam macam.  jumlah uang yang harus dibayar  lumayan terjangkau kira-kira Rp. 3. 500 per porsinya. Dengan jumlah uang yang harus dibayar hanya segitu kamu telah dapat nikmati satu diantara masakan khas Kediri ini.

 

Alamat : Jl Doho, Kota Kediri

Harga : 3.500/porsi

 

Kuliner Sate Bekicot 02

 

Andaikan kamu memikirkan bekicot ialah hewan  menjijikkan, di Kediri hewan ini disantap. Disini bekicot menjadi olahan masakan yang amat lezat serta harus kamu cobain. Disni kamu bakal menjumpai warung  penjual sate bekicot  yang mana berjajar di sepanjang jalan. Hadir sebagian olahan bekicot yang dapat kamu cobain.

 

Masakan bekicotnya salah satunya adalah  oseng – oseng bikicot, sate bekicot, keripik bekicot serta yang lain. Jumlah uang yang harus dibayar per porsinya juga lumayan terjangkau.

 

Alamat : Desa Jarak, Kecamatan Plosokaten, Kediri, Indonesia

 

Tahu Kuning

 

Ada masakan yang diketahui sebagai ciri khas yang berasal dari area kediri yakni tahu kuning. Dari namanya  kita  dapat menebak bahwa tahu ini  kuning. Memanglah benar tahu ini mempunyai warna kuning oleh karena di proses atas bahan dasar rempah bernama kunyit.

 

Tahu ini sesungguhnya dapat langsung disantap oleh karena memanglah di proses secara di rebus. Demi memperoleh oleh – oleh masakan khas kediri ini kamu dapat langsung menuju  Kediri. Di sini banyak  produsen tahu kuning yang jejer di sepanjang jalan. Bukan sekedar tahu saja yang dijual namun hadir juga masakan yang lain, contohnya steak tahu serta gethuk pisang.

 

Alamat : Jalan Pattimura, Kediri

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori