Wisata Jogjakarta, Pesona Telaga Di Atas Awan

Wisata Jogjakarta di daerah Gunungkidul ada yang menyajikan wisata tirta sekaligus pemandangan dari ketinggian perbukitan. Namanya Embung Batara Sriten.
0
Wisata Jogjakarta, Pesona Telaga Di Atas Awan
0 (0%) 0 votes
Embung Sriten

Kabupaten Gunungkidul, sejak dahulu, identik dengan lokasi gersang dan juga tandus. Tempat ini juga identik dengan tempat yang rawan kekeringan. Ini disebabkan kontur wilayahnya tersusun dari batuan karst. Kini, pandangan tersebut harus atau mesti atau kudu diubah. Apa sebabnya. Ini disebabkan, kini, Gunungkidul menjadi kawasan dengan wahana wisata tirta paling beragam di kawasan Yogyakarta. Salah satunya yang sedang hits adalah Embung Tirta.

 

 

Sekilas Embung Batara Sriten

 

Tempat wisata Embung Batara Sriten berlokasi di Perbukitan Batur Agung. Embung Sriten merupakan telaga buatan tertinggi yang berada di Yogyakarta. Fungsi utamanya adalah sebagai sumber pengairan dari kebun buah yang ada di sana. Namun, selain itu, Embung Sriten menjadi daya tarik wisata baru yang ada di Gunungkidul.

 

Obyek wisata Argo Embung Batara Sriten atau yang lebih dikenal dengan sebutan Embung Sriten ialah satu dari banyak tempat wisata tirta yang wajib disinggahi jika anda berkunjung ke Yogyakarta. Telaga buatan ini menjadi embung paling tinggi yang berada di kawasan Yogyakarta. Di tempat ini, para pengunjung akan dimanja dengan udara sejuk dan juga panorama alam yang sangat indah.

 

 

Panorama Yang Ditawarkan

 

Berkaitan dengan panorama, di tempat ini, mata para wisatawan akan disuguhi pemandangan telaga dengan latar awan yang disertai hijaunya hutan. Dari tempat ini juga, para wisatawan akan melihat Waduk Gajah Mungkur dan Rawa Jombor dari kejauhan. Pada malam hari, para wisatawan dapat berkemah di tempat ini. Wisatawan akan disuguhi keindahan pemandangan lampu Kota Klaten dan juga Nglipar.

 

Di Embung Sriten, para wisatawan yang berkunjung dapat menyaksikan sunset dan juga sunrise tanpa adanya pepohonan yang menghalangi. Di pagi hari, panorama gumpalan kabut melingkupi area di bawah Embung Sriten. Pemandangan ini sangat menyejukkan mata. Di senja hari, kilau cahaya keemasan matahari yang terpantul di permukaan air merupakan pemandangan yang amazing dan yang sayang untuk dilewatkan.

 

 

Pelbagai Wisata Yang Ditawarkan

 

Embung Sriten, selain menawarkan wisata telaga buatan, juga menawarkan wisata kebun. Ini adalah kebun buah seperti durian, kelengkeng, manggis,dan sirsak. Nantinya, di tempat ini, akan dibuat landasan untuk kegiatan paralayang yang berskala internasional.

 

(Baca Juga : 3 Tempat Wisata Kuliner Dessert Yang Oke Di Jogja)

 

 

Lokasi

 

Kawasan wisata Embung Sriten berlokasi di Bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan, Nglipar, Gunungkidul. Cukup dekat untuk dijadikan tempat hangout setelah kerja atau kuliah.

 

 

Akses Menuju Embung Sriten

 

Wisatawan yang akan traveling ke Embun Sriten jika berasal dari Yogyakarta, maka harus ikuti jalan ke Gunungkidul. Perhatikan pertigaan Nglipar. Di sana anda harus belok ke kiri. Terus ikuti jalan hingga ada Balai Desa Pilangrejo. Setelah itu tanyalah kepada penduduk lokal lokasi wisata Jogjakarta yang satu ini.

 

Akses ke Embung Sriten dipenuhi tanjakan dan juga tikungan tajam. Jalan di sini sebagian berupa jalan makadam. Pastikan kendaraan pribadi yang Anda pakai dalam kondisi baik. Tidak disarankan untuk pakai motor matic ketika berkunjung ke tempat ini.

 

 

Sumber : njogja.co.id

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori