Wisata Jogjakarta, dari Wisata Alam Hingga Sejarah

Wisata Jogjakarta selalu menjadi incaran para pecinta travelling yang ingin menikmati wisata alam dan ingin tahu lebih banyak tentang sejarah Jogjakarta
0
Wisata Jogjakarta, dari Wisata Alam Hingga Sejarah
0 (0%) 0 votes
Tugu-Yogyakarta

Wisata Jogjakarta sudah sangat familiar di kalangan Traveler sejati, baik yang berasal dari Dalam Negeri ataupun Luar Negeri. Bahkan, banyak tempat wisata di Daerah Istimewa tersebut yang masuk ke dalam daftar wisata favorit para pelancong. Selain itu, terdapat pula beberapa destinasi wisata di Jogja yang telah dinyatakan UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia, yakni Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

 

Keanekaragaman Wisata Jogjakarta

 

wisata-pantai-di-jogja
Salah satu wisata pantai di Jogjakarta via initempatwisata.com

 

Jogjakarta tak hanya memiliki satu jenis basis wisata. Kota yang dipimpin oleh seorang Sultan itu justeru sangat kaya akan keanekaragaman Pariwisata. Dimulai dari wisata berbasis alam, sejarah, budaya, kuliner hingga wisata belanja, semua tersaji lengkap di Jogjakarta. Hal-hal inilah yang mendasari alasan mengapa tempat-tempat wisata di Jogja selalu menjadi buruan para Wisatawan. Nah, berikut beberapa ulasan terkait tempat-tempat wisata dari berbagai basis di Jogja yang bisa Kamu kunjungi:

 

Resor Kaliurang

 

Resor-Kaliurang1
Resor Kaliurang via tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

 

Resor Kaliurang adalah salah satu destinasi wisata alam yang ada di Jogja. Di sini Kamu bakal disuguhi pemandangan hijau dan udara segar yang mampu melepaskan penat. Di Resor Kaliurang Kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti: berenang, jalan-jalan atau sekedar bersantai. Bagi para pecinta Gunung, Resor ini juga merupakan tempat menginap untuk Kamu yang hendak mendaki ke Gunung Merapi. Alamat Resor Kaliurang: Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Sleman, Yogyakarta.

 

Berbelanja di Malioboro

 

belanja-malioboro
Salah satu pusat perbelanjaan di Malioboro via ayodibaca.com

 

Objek wisata yang satu ini sudah sangat tekenal di kalangan para pecinta Traveling, khususnya bagi mereka yang ingin menikmati wisata belanja sembari menghabiskan waktu di Jogja. Di Malioboro, Kamu bisa berburu berbagai barang-barang unik khas Jogja. Selain itu, Kamu bisa menyusuri toko-toko yang ada di Pasar Beringharjo sembari jalan-jalan. Alamat Malioboro: Jl. Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Wisata Kuliner Laut di Pantai Baron

 

pantai-baron1
Pantai Baron via bukuwisata.com

 

Buat Traveler yang hobi berwisata kuliner, rasanya Kamu perlu mengunjungi Pantai Baron, salah satu tempat wisata di Jogjakarta yang menyuguhkan aneka ragam sajian kuliner Laut. Di Pantai Baron, Kamu bisa menikmati hidangan lezat yang diolah dari berbagai jenis hewan Laut, seperti: Lobster, Kakap, Bawal Putih hingga Tongkol. Tentu sembari menikmati panorama indah yang ditawarkan Pantai Baron. Selain itu, di Pantai Baron juga Kamu bakal menjumpai aktivitas pelelangan Ikan, mengingat Pantai ini juga merupakan Dermaga bagi para Nelayan. Alamat Pantai Baron: Kanigoro, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Wisata Sejarah di Candi Prambanan

 

Candi-Prambanan
Candi Prambanan via kidnesia.com

 

Rasanya tak lengkap jika tidak melibatkan salah satu destinasi wisata sejarah yang satu ini ketika membahas soal Pariwisata Jogjakarta. Candi Prambanan adalah Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara, dengan ketinggian 47 meter. Dan seperti disinggung di atas, Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata Jogja yang telah dinyatakan UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia.

 

Menurut sejarah, Candi Prambanan mulai dibangun pada tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan dari Dinasti yang berkuasa di jaman itu, yakni Dinasti Syailendra. Candi ini dibangun untuk menghormati Dewa Siwa, berdasarkan Prasasti Shivagrha yang berangka tahun 856 Masehi. Dan pasalnya, semula Candi ini juga memiliki nama Shiva-grha yang artinya “Rumah Siwa”, lalu kemudian disebut pula sebagai Shiva-laya yang artinya “Kerajaan Siwa”.

 

Berwisata ke Candi Prambanan tentu tak hanya menambah pengetahuan Sejarah, tetapi juga sangat mengesankan. Di sana Kamu bisa melihat betapa indahnya pemandangan dari arsitektur dan desain Candi yang begitu mengagumkan. Selain itu, di kawasan Prambanan juga bisa melihat Kompleks besar bangunan Candi yang menunjukkan bahwa Candi Prambanan adalah pusat kegiatan dan acara keagamaan. Alamat Candi Prambanan: Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Sumber: initempatwisata.com

 

Hello Comment 2Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori