Wisata Gratis Bernuansa Romantis Di Kyoto yang Jadi Incaran Wisatawan

Ternyata tidak semua objek wisata di Jepang mahal, buktinya masih ada wisata gratis bernuansa romantis di Kyoto
0
Wisata Gratis Bernuansa Romantis Di Kyoto yang Jadi Incaran Wisatawan
0 (0%) 0 votes
kyoto

Siapapun pasti akan senang sama yang namanya berlibur. Berlibur dengan keluarga, berlibur dengan teman atau pun berlibur dengan orang-orang yang kita cintai. Dengan berlibur, diharapkan pikiran dan hati yang tadinya jenuh dengan segala aktifitas yang membosankan bakal segera lenyap. Apalagi berliburnya pergi ke luar negeri. Iya, kan?

 

Tapi sebelum berangkat liburan ke luar negeri, pastinya diperlukan rencana yang matang dan persiapan biaya yang cukup. Kalau semuanya sudah oke, kamu tinggal pilih kira-kira kemana liburanmu kali ini.

 

Banyak tujuan wisata yang menarik di belahan dunia ini, tapi kalau kamu mau berlibur dengan anggaran yang menurut kamu hanya cukup di seputaran asia, tak ada salahnya tujuan kamu arahkan ke Jepang.

 

Banyak orang bilang Jepang adalah negara dengan tempat-tempat wisata yang serba mahal. Eit, jangan salah, coba deh kamu fokuskan wisatanya ke Kyoto, salah satu kota di Jepang yang tak kalah menarik dengan kota-kota lainnya di negeri matahari terbit itu. Di Kyoto, juga ada beberapa tempat wisata yang gratis dan romantis loh.

 

Kalau kamu orang yang tidak percaya bahwa Kyoto adalah tempat wisata yang paling indah di Jepang, sepertinya kamu harus membuktikannya. Pasalnya, suasana di kota ini memang sangat menyenangkan, selain itu masyarakatnya juga sangat ramah. Mungkin hal itu yang menjadikan kota ini banyak dikunjungi para wisatawan.

 

Ditambah lagi, di Kyoto juga ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi tanpa perlu merogoh kocek sepeser pun alias gratis! Jadi, pastinya bakal menghemat anggaran liburan kamu, kan?

 

Sebelum mengetahui lokasi-lokasi wisata gratis di Kyoto yang bisa kamu kunjungi, baiknya kamu juga mengenal sedikit banyak sejarah kota Kyoto ini.

 

Kyoto dahulu adalah ibukota Jepang lebih dari 1.000 tahun sampai Restorasi Meiji, yang kemudian berpindah ke Tokyo. Selama ribuan tahun itu kota Kyoto telah menjadi gudangnya seni, budaya, agama, dan pemikiran masyarakat Jepang yang terbaik. Kyoto dapat dicapai dalam waktu 2 jam 40 menit menggunakan Shinkansen super express dari Tokyo, dan 1 jam 15 menit dari Kansai International Airport (Bandar Udara Internasional Kansai) dekat Osaka.

 

Meskipun kini Tokyo menjadi pusat pemerintahan dan bisnis, tapi kota Kyoto tetap menjadi primadona wisata yang bersejarah dan kota favorit bagi banyak wistawan. Makanya tak heran bila kota ini tiap tahunnya dikunjungi lebih dari 30 juta wisatawan. Karena itu seiring dengan popularitas Kyoto yang meningkat, semakin meningkat juga wisatawan yang ingin berkunjung ke sana. Kyoto memang kota spesial di Jepang karena beberapa alasan.

 

Pasalnya, di kota bersejarah ini terdapat banyak bangunan bersejarah yang akan membuat kamu merasa berada di jaman itu. Pada tahun 1994, sebanyak 17 kuil Buddha dan Shinto di Kyoto, Uji, dan Ozu telah terdaftar sebagai warisan budaya dunia.

 

Di pusat kota Kyoto kamu bisa mengunjungi Istana Kekaisaran Kyoto, yang dikenal sebagai puncak arsitektur Jepang karena kesederhanaannya. Sebelum ke sini, sebaiknya kamu mengajukan permohonan ijin dengan paspor 20 menit sebelum kunjungan, bila kamu ingin datang jam10.00 dan atau jam 2 siang.

 

Sementara kalau di Kyoto Barat, tempat-tempat yang wajib dikunjungi para wisatawan yaitu ; Kuil Kinkakuji dan Ryoanji. Kinkakuji atau Paviliun Emas yang berkilau sangat bertolak belakang dengan Ryoanji yang terkenal dengan taman batunya yang sederhana serta didesain hanya dengan bebatuan dan pasir putih.

 

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Katsura Imperial Villa dan Shugakuin Imperial Villa. Kalau Katsura Imperial Villa dianggap sebagai salah satu contoh terbaik arsitektur dan penataan taman Jepang tradisional, sedangkan Shugakuin Imperial Villa yang dibangun pada abad ke-17 oleh shogun Tokugawa, adalah tempat peristirahatan bagi Kaisar Go-Mizunoo.

 

Untuk mengunjungi objek wisata ini diperlukan Ijin dari Imperial Household Agency (Badan Rumah Tangga Kekaisaran). Karena itu sebisa mungkin ajukan ijinnya jauh hari sebelum kedatangan.

 

Selanjutnya buat kalau kamu ingin ke kawasan Arashiyama, daerah wisata ini bisa ditempuh hanya 20 menit menggunakan kereta api dari pusat Kyoto. Di Arashiyama banyak terdapat kuil ternama dan toko-toko. Menikmati kawasan ini akan terasa jauh lebih menyenangkan kalau berjalan kaki atau naik sepeda.

 

Nah, buat kamu yang penasaran kepingin menikmati objek wisata gratis dengan suasana romantis di Kyoto, ini dia tempatnya :

 

 

 

Imperial Palace.

 

Tempat ini dulunya adalah tempat tinggal kaisar negara yang dibuka untuk masyarakat umum. Meskipun tempat ini terbuka untuk umum setiap harinya, para pengunjung pun diwajibkan mendaftarkan diri ke bagian informasi Imperial Palace.

 

Cara mendaftarkan diri kini sudah sangat canggih. Kamu bisa melakukan pendaftaran secara online, tepatnya sehari sebelum kamu datang berkunjung. Selain itu kamu juga bisa melakukan pendaftaran dengan datang langsung ke tempat ini, asalkan masih ada tempat yang tersisa.

 

Kalau kamu tidak fasih berbahasa Jepang, tidak perlu khawatir karena ada tur untuk Bahasa Inggrisnya, yang tentu saja ada juga tur untuk Bahasa Jepang. Jadi kamu bisa memilih hari yang sesuai dengan jadwal kamu.

 

Saat kamu memasuki Imperial Palace ini, kamu hanya bisa melihat bagian utamanya dari jauh saja. Kalau ingin melihat lebih dekat, kamu harus mendekat ke bangunan tersebut dan itu bisa dilakukan kalau pas ada event-event khusus.

 

Alamat : 3 Kyotogyoen, Kamigyo Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 602-0881, Japan

 

Telepon : +81 75-211-1215

 

Jam Buka : 09.00 AM – 15.30 PM

 

Baca Juga: Inilah Budaya Orang Jepang Yang Akan Bikin Orang Indonesia Kaget Banget

 

 

 

Philospher Path

 

Tempat yang satu ini akan terlihat sangat indah saat bunga sakura sedang bermekaran. Ketika kamu berjalan menuju tempat ini, maka kamu akan disuguhkan dengan sebuah kuil yang sangat indah. Kuil dengan struktur bangunan yang sudah tua dan dipenuhi dengan pohon maple yang semakin memperindah suasana pemandangan di sana.

 

Jadi sebaiknya kalau kamu ingin berkunjung ke tempat ini, maka sesuaikanlah dengan saat dimana bunga-bunga sakura bermekaran. Supaya kamu dapat merasakan suasana yang sangat romantis. Dan tentunya, jangan lupa abadikan semua kenangan indah itu, ya.

 

Alamat : Sakyo Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 606-0000, Japan

 

Telepon : +81 75-746-2255

 

Jam Buka : 08.30 AM – 17.00 PM

 

Baca Juga: Tempat Wisata di Kyoto Tidak Hanya Kuil Saja Lho!

 

 

 

‘Hutan Kimono’ Arashiyama

 

Ini adalah “Hutan Kimono” yang sangat mempesona. Barisan-barisan pilar berbentuk silinder dengan motif kimono yang tertata apik dan menarik. Dirancang oleh seniman Yasumichi Morita, dimana idenya terinspirasi dari barisan pohon bambu.

 

Tempat wisata ini adanya memang di dalam stasiun trem Randen (Keifuku Arashiyama Line). Ada sekitar 600 pilar yang tersebar di seluruh stasiun Randen. Bahan kimono yang digunakan di pilar-pilar itu menggunakan tehnik pewarnaan tradisional Kyo-yuzen dan dibuat oleh Kamedatomi, sebuah pabrik garmen yang berdiri sejak jaman Taisho.

 

“Hutan kimono” di stasiun Randen dengan rute Arashiyama itu, akan terlihat semakin cantik di malam hari karena cahayanya yang mempesona. Makanya tak heran bila stasiun ini banyak dikunjungi bukan hanya para wisatawan domestik, tapi juga mancanegara yang ingin menikmati romantisnya suasana stasiun dengan motif kimono bercahaya.

 

Nah, pastinya kamu sudah kepingin buru-buru menikmati liburan asik di Kyoto, dengan beberapa destinasinya yang gratis dan romantis itu. Oke, selamat menikmati liburan.

 

Alamat : Randen Arashiyama Station, Lapangan Hannari-Hokkori

 

Telepon : +81 75-801-5315

 

Jam Buka : Setiap hari (Jam pencahayaan 04.00 PM – 09.00 PM)

 

 

 

Kiyomizu-Dera

 

kunjungilah Kiyomizu-Dera yang terletak di bagian timur Kyoto. Terdapat bagian Kiyomizu-Dera yang tidak dipungut biaya masuk, sedangkan untuk menuju bagian atas setiap pengunjung dikenakan 300 JPY atau kira-kira Rp 34.000.

 

Alamat: 294 Kiyomizu 1-chome, Higashiyama Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 605-0862, Jepang

 

Akses: Naik bus no 100 dari Kyoto Station atau bus no 206 dari Shinjo Kawaramachi. Gunakan Kyoto Bus Daily Pass seharga 500 JPY

 

 

 

Kyoto Station

 

Terdapat Kyoto Sky Garden yang terletak di lantai paling atas Kyoto Station. Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan lampu kota Kyoto di malam hari, melainkan juga dapat menikmati hiburan 3D digital show

 

Alamat: Higashishiokoji Kamadonocho, Shimogyo Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture, Jepang

 

 

 

Kinkaku-ji

 

Bangunan ini sungguh sangat mengesankan. Tidak hanya eksterior yang disepuh dengan emas tetapi juga interior arsitektur yang unik di setiap lantainya. Tingkat bawah bangunan ini seperti istana di periode Heian, tingkat keduanya dibangun dengan gaya samurai, dan tingkat paling atas merupakan ruang Chinese Zen.

 

Alamat: 1 Kinkakujicho, Kita Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 603-8361, Jepang

 

Jam Buka: Senin – Minggu 09.00 – 17.00

 

 

 

To-ji

 

Pagoda tingkat lima yang merupakan menara kayu tertinggi di Jepang dan merupakan simbol kepopuleran kota Kyoto. Kuil To-ji inimerupakan salah satu kuil Buddha tertua di kota Kyoto. Kuil ini sudah ada dari tahun 826, di masa awal kekaisaran Heian. Saat itu Kyoto masih menjadi ibukota Jepang. Kuil ini dibangun untuk mengenak Kobo Daishi yang pertama kali mendirikan sekolah agama Buddha di Kyoto

 

Alamat: 1 Kujocho, Minami Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 601-8473, Jepang

 

Telp: +81 75-691-3325

 

Akses: Dari Stasiun Kyoto kita bisa berjalan kaki sekitar 15 menit (kuang lebih 1 Kilometer) atau naik bus nomor 202, 207, dan 208 lalu turun di halte bus Toji.

 

 

 

Nijo Castle

 

Kastil Nijo (二条 城, Nijojo) ini mulai dibangun pada tahun 1603 dan sempat digunakan sebagai kediaman Tokugawa Ieyasu ketika masih berkuasa dan beraada di Kota Kyoto. Bisa dibilang kastil ini adalah sebuah istana negara shogun pertama Periode Edo (1603-1867). Pun, baru 23 tahun kemudian cucunya yang bernama Iemitsu baru menyelesaikan bangunan istana ini dengan lebih diperluas. Lokasinya berada di dataran Kyoto, dengan luas total sekitar 275.000 persegi, dimana sekitar 8000 meter persegi adalah bangunan.

Setelah Keshogunan Tokugawa jatuh pada tahun 1867, Kastil Nijo ini pernah digunakan sebagai istana kekaisaran untuk sementara waktu. Sebelum pada akhirnya kastil ini disumbangkan ke kota Kyoto dan terbuka untuk umum sebagai situs warisan sejarah. Sampai sekarang, bangunan kastil ini masih terjaga dengan baik, dinding yang mengelilinginya pun masih kokoh.

 

Alamat: 541 Nijojocho, Nakagyo Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 604-8301, Jepang

 

Telepon: +81 75-841-0096

 

Jam Buka: Tiap hari 08.45 – 17.00

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori