Wisata Dieng, Keindahan Alam Para Dewa

Wisata Dieng sangat diminati oleh para wisatawan yang datang baik dari dalam maupun luar negeri karena keindahan alam para dewa yang dimilikinya
0
Wisata Dieng, Keindahan Alam Para Dewa
0 (0%) 0 votes
wisata-dieng

Wisata Dieng adalah salah satu destinasi wisata yang banyak masuk ke dalam daftar buruan Wisatawan, baik dari Dalam Negeri ataupun Luar Negeri. Panorama indah serta fenomena alam unik yang ada di kawasan wisata tersebut adalah hal yang paling menyedot minat para Pelancong.

 

Letak Geografis Dieng

 

dieng1
Pendakian dataran tinggi Dieng via wiranurmansyah.com

 

Dieng atau lebih dikenal dengan sebutan Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif, kawasan ini masuk ke dalam 2 teritori  Kabupaten, yakni Kab. Banjarnegara dan Kab. Wonosobo. Letaknya berada di sebelah Barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

 

Dieng, Pegunungan Tempat Para Dewa

 

wisatadieng
Keindahan Pegunungan Dieng via diengjavaindonesia.wordpress.com

 

Secara etimologi, nama Dieng diambil dari bahasa Kawi, yakni “Di” yang berarti “Tempat” dan “Hyang” yang memiliki arti “Dewa”.  Dengan begitu, Dieng berarti Daerah tempat para Dewa-Dewi bersemayam. Namun ada teori lain yang menyatakan bahwa nama dari salah satu lokasi wisata favorit Wisatawan itu diambil dari Bahasa Sunda, sebab diperkirakan pada masa Pra-Medang atau sekitar abad ke-7 M, Daerah tersebut berada dalam pengaruh politik Kerajaan Galuh, sebuah Kerajaan Sunda di Pulau Jawa.

 

Objek Wisata Dieng

 

Bukit-Sikunir-dieng
Bukit Sikunir Dieng via anekatempatwisata.com

 

Warisan Budaya serta Alam yang dimiliki Dieng saat ini dijadikan objek wisata, dan dikelola bersama oleh dua Kabupaten, yakni Kab. Banjarnegara dan Kab. Wonosobo Dieng memiliki banyak Kawah yang kini juga menjadi tempat wisata yang banyak diburu para pecinta traveling, di antaranya: Kawah Sibanteng, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Sinila, Kawah Timbang, dan lain sebagainya. Selain itu, Dataran Tinggi Dieng juga memiliki puncak-puncak Gunung menarik, seperti: Gunung Sumbing, Gunung SIndoro, Gunung Prahu, Gunung Pakuwaja, dan Gunung Sikunir. Nah, Traveler, berikut beberapa ulasan terkait tempat wisata yang paling favorit di Dataran Tinggi Dieng.

 

Duduk Santai di Telaga Warna

 

telaga-warna-dieng1
Telaga Warna Dieng via tekooo.com

 

Telaga Warna adalah salah satu landmark dari wisata alam Dieng Wonosobo. Telaga ini memiliki banyak warna, yakni:  Hijau, Biru Laut, dan Putih kekunging-kuningan. Hal tersebut menjadi dasar penamaan dari Telaga Warna. Secara Ilmiah, warna berbeda yang ada di Telaga itu disebabkan oleh pembiasan cahaya pada endapan Belerang di dasar Telaga. Namun secara legenda, warna tersebut muncul dikarenakan ada cincin milik Bangsawan yang jatuh ke dalam telaga pada zaman dahulu kala. Untuk menikmati keindahan Telaga dengan warna-warninya yang unik secara maksimal, Kamu bisa mendaki puncak Bukit yang mengeliling Telaga. Di daerah tepian Telaga ada balkon yang bisa dipergunakan untuk duduk santai menikmati keindahan Telaga. Alamat Telaga Warna Dieng: Telaga Warna Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

 

Menikmati Sunrise di Bukit Sikunir

 

bukit-sikunir
Bukit Sikunir Dieng via travel.kompas.com

 

Tempat wisata yang satu ini adalah merupakan salah satu destinasi wisata yang juga menjadi favorit para Wisatawan di Dataran Tinggi Dieng. Di Bukit Sikunir Kamu bisa menyaksikan aktifitas alam yang luar biasa indah, yakni Matahari terbit alias Sunrise dari angle yang sangat sempurna. Waktu paling tepat untuk menikmati sunrise di Bukit Sikunir Dieng adalah pada medioa Juli-Agustu, sebab periode itu merupakan musim kemarau, sehingga keindahannya bisa Kamu nikmati dengan langit biru nan bersih. Alamat Bukit Sikunir Dieng: Desa Sambungan, Kec. Wonosobo, Jawa Tengah.

 

Sumber: tempatwisataseru.com

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori