Beberapa Wisata Paling Menarik Di Trenggalek

Mungkin sebagian orang belum tau jika di Trenggalek mempunyai tempat wisata yang sangat indah. Sudah sepantasnya apabila anda mengunjungi tempat-tempat berikut.
0
Beberapa Wisata Paling Menarik Di Trenggalek
0 (0%) 0 votes
https://trenggalek.org/detail/9-tempat-wisata-pantai-di-trenggalek.htm

Trenggalek umumnya adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Propinsi Jawa Timur dan mempunyai banyak sekali potensi wisata. Tetapi, sepertinya tidak cukup banyak yang menyadarinya. Potensi wisata utama yang ada di Trenggalek ialah pantainya, sebab kabupaten ini memang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia pada bagian selatannya. Deretan pantai tersebut menyebar ke wilayah pesisir Trenggalek yang berada di bagian selatan.
Selain daripada pantai yang memang menjadi potensi utamanya, Trenggalek juga mempunyai berbagai objek lain yang tidak kalah menarik. Apabila anda berencana untuk jalan-jalan ke Trenggalek, tapi bingung menentukan tujuannya, mungkin beberapa tempat yang kami bagikan berikut ini akan dapat membantu anda memulai perjalanan di Trenggalek tersebut. Bagi orang asli Trenggalek yang sedang merantau ke luar kota pastinya akan selalu kangen dengan kampung halamannya, sebab Trenggalek memang merupakan sebuah kabupaten dengan banyak mutiara terpendam.

 

 

 

 

 

Air Terjun Grobogan Sewu

 

 

 

 

Air Terjun Grobogan Sewu ini adalah salah satu air terjun yang bisa anda temukan di Trenggalek. Air terjun ini mempunyai bentuk yang sangat cantik apabila dilihat dari depan. Air terjun ini sebenarnya tidak terlalu tinggi, mungkin hanya sekitar 9 meter. Tetapi bentuknya lumayan lebar sehingga akan terlihat cukup unik. Air terjun ini tepat berada di kawasan pesisir dan tidak terlalu jauh dari Pantai Pelang. Lokasi air terjun ini ada di Desa Wonocowo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Kurang lebih sekitar 56 km dari arah pusat Kota Trenggalek.

 

 

 

 

 

Gua Lowo

 

 

 

 

 

Gua Lowo ini merupakan salah satu gua terindah di Jawa Timur selain daripada Gua Gong yang terdapat di Pacitan. Gua kapur ini mempunyai interior yang indah sekali. Tidak akan ada kesan mistis sama sekali dikarenakan di dalam gua tersebut sudah disediakan lampu untuk penerang. Jalan setapaknya yang terbuat dari beton dengan pembatas pagar besi yang memang juga sudah tersedia di tempat ini untuk bisa memudahkan para pengunjung.

 

 

 

Gua ini umumnya mempunyai panjang kurang lebih sekitar 2 km, tapi yang bisa dilalui para pengunjung dengan berjalan kaki biasanya hanya sekitar 800 meter. Untuk dapat menyelusuri keseluruhan gua tersebut dibutuhkan sebuah peralatan khusus karena anda akan menyelusuri sungai di bawah tanahnya. Gua ini terletak di Desa Watu Agung, Kecamatan Watulimo. Ataupun mungkin sekitar 30 km dari arah pusat Kota Trenggalek. Sebuah patung manusia dengan sayap kelelawar akan menyambut kedatangan anda di Gua Lowo.

 

 

 

 

 

Bukit Mbanyon

 

 

 

 

 

Masyarakat yang ada di Trenggalek menyebut tempat ini dengan Negri di Atas Awan. Dan nama sebenarnya ialah Bukit Mbanyon. Pada bukit ini anda akan disuguhi oleh pemandangan alam yang indah khas dari daerah pegunungan, dengan gumpalan-gumpalan embun yang memang menutupi sebagian wilayah di sekitarnya.

 

 

 

Bukit Mbanyon ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Gandusari. Tempat ini mempunyai tinggi sekitar 1.175 mdpl. Pemandangan gugusan pegunungan ini akan menyambut anda ketika berada di bukit tersebut. Pemandangan yang ada di tempat ini akan semakin terlihat menawan pada saat pagi hari. Matahari pagi akan naik secara perlahan dari gugusan pegunungan tersebut sekaligus memancarkan cahaya orange yang sangat indah.

 

 

 

 

 

Pantai Prigi

 

 

 

 

 

Sama seperti yang sudah disinggung di atas, pantai memang salah satu jenis tempat wisata yang banyak sekali terdapat di Trenggalek. Dan sebuah pantai yang paling populer di sana ialah Pantai Prigi. Pantai ini ialah pantai yang paling ramai dikunjungi para wisatawan. Baik yang berasal dari Trenggalek ataupun dari luar Trenggalek. Pantai Prigi ini terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo. Dan bisa diakses kurang lebih selama 1,5 jam berkendara dari arah pusat Kota Trenggalek.
Dikarenakan pantai ini memang sudah dikembangkan menjadi salah satu tempat wisata unggulan daerah, maka beberapa fasilitas pun sudah tersedia di Pantai Prigi ini. Termasuk penginapan untuk para wisatawan luar Trenggalek yang ingin bermalam di sekitar Pantai Prigi tersebut. Lokasi pantai ini juga satu arah dengan Gua Lowo sehingga anda bisa menjadikan dua tempat tersebut dalam satu paket perjalanan.

 

 

 

 

 

Hutan Kota

 

 

 

 

Masyarakat Trenggalek sudah sangat beruntung karena di sekitar mereka terdapat hutan wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk bersantai kapan pun itu. Hutan Kota yang ada di Trenggalek ini diresmikan pada tahun 2011 dengan total luasnya mencapai 10 hektare. Angka itu telah menjadikan hutan kota ini sebagai yang terluas di Propinsi Jawa Timur.

 

 

 

Pemerintah kabupaten Trenggalek sudah melengkapi Hutan Kota tersebut dengan beberapa fasilitas pendukung. Gazebo-gazebo yang terdapat di area hutan menjadikan tempat ini sangat ideal untuk duduk bersantai sambil menikmati suasana rindang dan sejuk. Salah satu spot menarik lainnya yang berada di kawasan Hutan Kota Trenggalek ini ialah puncaknya yang sering sekali disebut dengan Gunung Jaas. Di puncak gunung tersebut anda dapat menikmati pemandangan Kota Trenggalek dari angle yang berbeda. Lokasi Hutan Kota Trenggalek ini bisa ditempuh kurang lebih sekitar 5 menit saja dari gedung pemda. Lebih tepatnya di Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek.

 

 

 

 

 

Pantai Karanggongso

 

 

 

 

Selain daripada Pantai Prigi, pantai lainnya yang ada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo yang tidak kalah menariknya juga untuk dikunjungi ialah Pantai Karanggongso. Dikarenakan lokasinya sangat dekat serta berada di garis pantai yang sama, suasana di Pantai Karanggongso ini tidak jauh berbeda dengan Pantai Prigi. Pantai ini mempunyai pasir putih dengan air laut yang masih sangat bersih. Beberapa permainan air juga ada di tempat ini misalnya saja banana boat.

 

 

 

 

 

Pantai Blado

 

 

 

 

 

Pantai Blado terletak di Desa Munjungan, Kecamatan Munjungan. Jaraknya kurang lebih sekitar 49 km dari pusat Kota Trenggalek. Dan salah satu ciri khas dari pantai ini ialah deretan pohon kelapanya yang tumbuh hampir di sepanjang pantai tersebut. Pantai ini mempunyai ombak yang lumayan tinggi sehingga kurang ideal untuk bermain-main karena cukup beresiko. Tetapi, anda dapat menikmati suasana pantai tersebut dengan cara lain. Area pantainya yang sangat luas dan juga panjang merupakan tempat yang asik untuk bermain bola bersama dengan teman-teman anda.

 

 

 

 

 

Pantai Damas

 

 

 

 

 

Pantai Damas ini berjarak kurang lebih sekitar 5 km ke arah barat daya dari Pantai Prigi. Pantai ini juga tidak kalah menariknya untuk anda kunjungi dikarenakan relatif masih sepi apabila dibandingkan dengan dua pantai yang sudah kami sebutkan di atas. Pantai ini mempunyai pasir kecoklatan dengan pemandangan perbukitan hijau yang ada di sekitarnya. Dengan mempunyai ombak yang tidak terlalu tinggi pantai ini juga merupakan sebuah tempat bermain yang sangat menyenangkan.

 

 

 

 

 

Pantai Ngampiran

 

 

 

 

 

Terdapat di Kecamatan Munjungan. Atau lebih tepatnya berada di Desa Tawing. Pantai lain yang juga dapat anda kunjungi ialah Pantai Ngampiran. Beberapa batu karang yang ada di bibir pantai ini akan menyambut kedatangan anda pada saat ke pantai yang mempunyai pasir keabuan tersebut. Pantai ini juga tidak terlalu ramai dikunjungi para wisatawan. Bukit-bukit hijau yang ada di sekitar pantai ini juga turut mempercantik pemandangan di Pantai Ngampiran.

 

 

 

 

 

Pantai Ngulungwetan

 

 

 

 

Pantai ini juga terletak di Kecamatan Munjungan. Tapi mungkin belum banyak yang tau akan keberadaannya. Padahal pantai ini tidak kalah menariknya dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Munjangan. Karena belum terlalu banyak yang tau keberadaannya, maka pantai ini masih terlihat sangat sepi sehingga anda akan mendapatkan sebuah pengalaman yang mengesankan ketika mengunjunginya. Beberapa pohon kelapa juga akan kelihatan di pinggir pantai tersebut untuk memperindah pemandangannya.

 

 

 

 

 

Pantai Pelang

 

 

 

 

 

Pantai Pelang terdapat di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul. Pantai ini mempunyai area yang sangat luas dan juga datar sehingga menjadi tempat yang ideal untuk bermain bola ataupun voli pantai. Ciri khas dari pantai ini ialah keberadaan sebuah muara sungainya yang membelah pantai ini menjadi dua bagian. Tidak jauh dari pantai ini terdapat sebuah air terjun yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namanya ialah Air Terjun Grobogan Sewu yang memang sudah kami bahas di atas.

 

 

 

 

 

Pantai Pasir Putih

 

 

 

 

Kembali lagi ke Kecamatan Watulimo di mana Pantai Prigi ini berada. Ada satu lagi pantai yang tidak boleh sampai anda lewatkan ialah Pantai Pasir Putih. Karena nama pantai ini memang sama dengan yang berada di Situbondo. Dan sudah pasti ini bukanlah di Situbondo melainkan di Trenggalek. Pantai ini juga lumayan ramai dikunjungan para wisatawan karena mempunyai suasana yang sangat menyenangkan. Sesuai dengan namanya, pantai ini mempunyai pantai berwarna putih kecoklatan. Dan merupakan sebuah tipe pantai yang ideal untuk bermain pasir dan juga berenang.

 

 

 

Sumber : http://www.idnusantara.com/ http://www.tripjalanjalan.com/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori