Wisata di Jakarta, Explore Kota Tua!

Wisata di Jakarta rasanya kurang lengkap kalau belum menjelajah kawasan Kota Tua yang terkenal dengan museum-museum dan bangunannya yang indah. Yuk ke sana!
0
Wisata di Jakarta, Explore Kota Tua!
0 (0%) 0 votes
Kawasan Kota Tua Jakarta

Wisata di Jakarta dan mau buat liburan kamu makin berkesan? Ayo kita pergi ke komplek Kota Tua yang jadi paket wisata komplit nan murah di ibukota. Mulai dari wisata kuliner, wisata museum, spot fotografi, sampai wisata budaya ada semua di sini. Kamu nggak usah repot-repot pindah tempat seharian. Berangkaaat!

 

 

Mengeksplorasi Kota Tua

 

 

 

Kawasan wisata bersejarah ini nggak bakal ngebosenin buat kamu. Contohnya masalah kuliner, kamu bisa ke Café Batavia yang ada di Taman Fatahillah. Di kafe ini kamu bisa mencicipi berbagai hidangan mulai dari yang memiliki cita rasa Barat, Asia, mapun Nusantara dengan diiiringan musik tempo dulu yang khas dan memanjakan telinga. Pula kalau kamu ingin menikmati makanan bercita rasa tradisional mampir saja ke Kafe Gazebo karena banyak jajanan tradisional ala kaki lima yang dijajakan. Dijamin puas.

 

Habis perut kenyang mari lanjut menjelajah ke berbagai tempat unik dan beriwayat panjang yang masih terawat di kawasan Kota Tua Jakarta. Travel goers bisa mulai menyusuri dari Museum Fatahillah, kemudian ke Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik hingga ke Menara Syahbandar di mana para turis bisa mengamati Kota Tua dengan bird view dari ketinggian 18 meter sampai bosan. Dan tentu mumpung di Kota Tua, sayang kan kalau nggak ke salah satu museumnya sama sekali?

 

 

Museum Fatahillah

 

 

 

Kepo sama sejarah kota Jakarta dan minat buat wisata sejarah kamu tinggi? Nah, Museum Fatahillah bisa memberikan informasi lengkap untuk kamu yang pengen mengenal sejarah kota Jakarta dari masalampau hingga berdirinya kota Jayakarta di tahun 1527 sampai masa kemerdekaan Indonesia. Museum ini tergolong yang terbesar di Jakarta dengan 3 lantai dan sekitar 25.000 koleksi benda bersejarah seperti prasasti, meriam, patung dewa-dewi, koleksi mebel antik, gerabah, keramikm dan koleksi buku yang sebagian besar ialah warisan jaman kolonial Belanda.

 

Museum ini buka pada hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 9.00 – 15.00 WIB, dengan tiket masuk Rp 2.000,- untuk dewasa dan Rp 1.000,- untuk anak-anak.

 

 

Museum Wayang

 

 

 

Begitu melangkah masuk pintu museum, kalian akan disambut oleh sepasang ondel-ondel yang merupakan kesenian tradisional khas tanah Betawi. Sesuai namanya, museum ini mengoleksi lebih dari 5000 wayang serta perlengkapan seputar perwayangan. Dari alat penerang untuk wayang hingga gamelan dan layar kain.

 

Catat juga nih, setiap bulan di hari minggu kedua dan terakhir ada pula pertunjukan wayang golek dan wayang kulit yang bisa ditonton para turis yang bertandang ke objek wisata museum tersebut. Sama dengan Museum Fatahillah, museum yang dulunya merupakan bangunan gereja ini buka dari hari Selasa – Minggu, pukul 9.00 – 15.00 WIB.

 

 

Museum Seni Rupa dan Keramik

 

 

 

Di museum ini dipamerkan berbagai jenis karya seni dan koleksi keramik dari berbagai belahan dunia. Seenggaknya kalian bisa mengamati 350 lukisan dan 1350 jenis keramik, baik dari Nusantara, Asia maupun kawasan Eropa. Asyiknya sih selain bisa melihat macam-macam koleksi lukisan, keramik, batik lukis hingga totem kayu, para pengunjung juga dapat secara langsung belajar membuat keramik di museum itu

 

Museum buka Selasa – Kamis, pukul 09.00-15.00 wib, Jumat & Minggu,pukul 09.00-14.00 wib, dan Sabtu, pukul 09.00-12.30 wib. Hari senin museum tidak beroperasi.

 

 

Museum Bank Indonesia

 

 

 

Lokasi Museum Bank Indonesia ini agak jauh dari Museum Fatahillah. Tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara No. 3 dan buka setiap hari kecuali ahri senin. Dan meski agak jauh pengunjung masih tetap bisa menjangkau museum ini dengan berjalan kaki. Di museum ini kamu bisa mempelajari peran Bank Indonesia sebagai bank yang memiliki otoritas tertinggi di Indonesia. Di sini juga mempunyai koleksi mata uang Indonesia yang berbeda dari jaman ke jaman.

 

 

Jelas kan kenapa kawasan Kota Tua Jakarta sayang buat tidak dinikmati baik-baik. Terang saja, soalnya kawasan itu sudah dikenal sebagai tempat wisata di Jakarta yang menarik turis lokal maupun asing. Di komplek yang sama pun kamu bisa berfoto-foto ria dengan manusia patung atau bangunan-bangunan cantiknya. Tunggu apa lagi!

 

 

source: pegipegi

 

 

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori