Menyambangi 11 Destinasi Wisata Di Ambon

Banyak orang yang belum tau jika di Ambon ternyata mempunyai beberapa tempat wisata menarik & indah. Untuk menutupi rasa penasaran anda, yukk simak berikut ini.
0
Menyambangi 11 Destinasi Wisata Di Ambon
5 (100%) 1 votes
Tempat wisata ambon

Ambon memang merupakan sebuah suku bangsa yang telah mendiami Maluku. Kemasyhuran namanya tersebut, sudah sangat terkenal sejak ribuan tahun yang lalu. Jadi tidak heran lagi apabila orang-orang Eropa sampai tidak dapat move on dari Maluku dikarenakan sudah tergoda dengan hasil alamnya.

 

Rempah-rempah merupakan yang sangat menarik perhatian para penjajah. Tapi itu dulu, dan untuk saat ini ada hal lain yang tidak kalah menariknya dari Maluku terutama Kota Ambon. Apalagi jika bukan destinasi wisatanya. Biar anda tidak semakin penasaran, maka berikut ini Hello-Pet akan membagikan beberapa wisata Ambon yang sangat indah.

 

Kepulauan Kei

 

 

Terdapat wisata pantai yang memang menyuguhkan sebuah sudut pandang indah layaknya surga di sekitar Kota Ambon. Atau lebih tepatnya berada di kawasan Kepulauan Kei. Mungkin secara administratif, gugusan pulau yang indah ini masih termasuk dalam wilayah Provinsi Maluku. Dikarenakan tempat ini merupakan sebuah kepulauan, maka sudah pasti anda bukan hanya bisa menikmati satu ataupun dua pantai saja.

 

Namun terdapat banyak sekali destinasi yang dapat anda kunjungi selama ke Kei. Terdapat juga sebuah gua serta desa adat di daerah Tanimbar Kei yang mungkin akan menambah wawasan anda tentang kekayaan tradisi di Indonesia. Beberapa pantainya juga dapat menjadi daya tarik sebab anda dapat menyaksikan momen matahari terbenam yang menakjubkan.

 

Benteng Ferangi

 

 

Maluku, atau lebih tepatnya di Ambon merupakan sebuah pusat pemerintahan bangsa Portugis di zaman penjajahan dulu. Oleh sebab itu, terdapat berbagai bangunan bersejarah yang sampai saat ini masih tetap terjaga. Dan salah satunya ialah Benteng Ferangi yang memang dulunya dibangun oleh Portugis pada tahun 1575.

 

Ada sebuah sebutan lain untuk benteng tersebut yakni Benteng Kota Laha ataupun Benteng Victoria. Selain sebagai pusat pertahanan, bangunan Benteng Ferangi ini juga telah dijadikan sebagai gudang rempah-rempah yang memang dikumpulkan oleh penduduk pribumi. Para wisatawan dapat banyak belajar mengenai sepak terjang dan juga perkembangan Kota Ambon. Untuk bisa sampai di benteng, maka anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh sebab lokasinya terdapat di pusat Kota Ambon.

 

Pantai Hukurila

 

Hukurila merupakan nama dari sebuah pantai dengan desa wisata yang sangat menakjubkan. Anda dapat merasakan bagaimana caranya menikmati pantai. Termasuk juga dengan keindahan bawah lautnya. Untuk bisa sampai di tempat ini anda harus melakukan perjalanan kurang lebih sekitar 15 km dari arah pusat Kota Ambon. Atau lebih tepatnya menuju arah Selatan.

 

Anda dapat mengandalkan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Hamparan pasir putih yang ada di Pantai Hukurila ini merupakan sebuah pesona yang sangat menakjubkan. Tapi tunggu sampai anda melakukan penyelaman serta menyingkap keindahan gua-gua bawah laut Hukurila ini. Sungguh akan menjadi sebuah pengalaman menyelam yang paling mengesankan.

 

Benteng Amsterdam

 

 

Apabila sebelumnya terdapat Benteng Ferangi, maka kali ini ada juga bangunan yang memang sama-sama berfungsi sebagai basis pertahanan milik para penjajah. Untuk saat ini sebutan tenarnya ialah Benteng Amsterdam, mengingatkan kita pada ibu kota Belanda. Benteng ini memang dulunya pernah menjadi milik para penjajah Belanda setelah berhasil mengalahkan Portugis di Maluku.

 

Dan Benteng Amsterdam ini pertama kali dibangun pada tahun 1512 dan juga dipakai sebagai loji ataupun gudang untuk menyimpan rempah-rempah yang berupa pala serta cengkih. Letak Benteng Amsterdam ini dapat anda temukan di perbatasan antara Negeri Hila dan juga Negeri Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah ataupun sekitar kurang lebih 42 km dari Kota Ambon.

 

Desa Waai

 

 

Desa Waai ini juga merupakan sebuah destinasi wisata yang wajib sekali anda kunjungi apabila memang sedang di Ambon. Letaknya terdapat di antara Negeri Tulehu dan juga Negeri Liang, Kabupaten Maluku Tengah. Dan daya tarik utama para wisatawan dari tempat ini ialah kolam belut raksasa yang memang berukuran sangat besar.

Selain daripada itu, Desa Waai ini juga mempunyai suguhan wisata alam lainnya seperti air terjun. Penduduk setempat bahu-membahu untuk bisa menjadikan air terjun tersebut sebagai sebuah potensi wisata yang akan menarik para pengunjung. Dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan potensi wisata tersebut ialah seperti memperbaiki jalan dan juga lain sebagainya.

 

Masjid Wapauwe

 

 

Islam juga telah sampai ke negeri Maluku. Terbukti dengan banyaknya masjid. Anda mungkin penasaran dengan masjid tertua yang sampai saat ini pun masih ada dan juga dipakai di Maluku. Penduduk setempat menyebutnya dengan Masjid Wapauwe serta telah diperkirakan sudah berumur kurang lebih sekitar 7 abad. Dan dibangun pertama kali pada tahun 1414 dan hingga saat ini juga masih berdiri kokoh walaupun sempat beberapa kali direnovasi. Tapi bentuk asli masjid ini tidak pernah berubah sama sekali.

 

Museum Siwa Lima

 

 

Museum Siwa Lima ini merupakan salah satu fasilitas pendidikan paling penting yang telah menyimpan berbagai benda bersejarah maupun informasi tentang budaya masyarakat Maluku. Museum ini pertama kali dibangun pada 8 November tahun 1973 dan juga resmi dibuka sebagai Museum di tahun 1977. Anda dapat belajar banyak sekali hal mengenai sejarah Maluku dan juga mengenang kejayaan masyarakatnya di lautan ataupun daratan. Untuk bisa masuk ke museum tersebut bisa dibilang cukup murah. Karena anda hanya perlu mengeluarkan uang kurang lebih sekitar Rp. 5.000.

 

Nusa Pombo

 

Nusa Pombo ini merupakan sebuah pulau yang sangat indah dengan memiliki ombak menenangkan. Birunya air laut tersebut begitu serasi dengan putihnya pasir pantainya. Untuk bisa sampai ke tempat ini, anda harus menempuh perjalanan laut kurang lebih selama 20 menit. Anda dapat menyewa perahu ataupun speedboat dari pelabuhan di Pulau Ambon. Selain dengan menikmati pantai di pulau tidak berpenghuni itu, anda juga dapat menyelam ataupun hanya sekedar snorkeling di perairan lautnya.

 

Pantai Santai

 

 

Sesuai dengan namanya, pantai ini memang sangat cocok dipakai sebagai lokasi bersantai. Lelah dan juga bosan dengan rutinitas harian akan langsung terbayar lunas di tempat wisata Ambon ini. Sambil anda menikmati pemandangan pantainya, maka jangan lupa juga untuk memesan pisang goreng serta teh manis yang memang menjadi kuliner andalan di tempat ini.
Anda yang ingin sekali menyelam dan juga snorkeling tetapi malas membawa perlengkapannya? Tenang saja, karena terdapat banyak tempat penyewaan alat selam dan juga snorkeling di sini. Anda dapat menikmati keindahan alam bawah laut Pantai Santai dengan tidak harus repot membawa alat selam dari rumah. Tempat wisata ini terletak di Desa Latulahat ataupun sekitar 16 km dari arah pusat kota Ambon. Pada sekitar pantai tersebut telah banyak tersedia penginapan untuk para pengunjung yang merasa waktu sehari tidak akan cukup untuk menikmati keindahan Pantai Santai ini.

 

Pantai Liang

 

 

Pantai yang memang disebut juga sebagai Pantai Hunimua ini pernah dinobatkan oleh PBB sebagai pantai terindah yang ada di Indonesia pada tahun 1991. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, melainkan tempat wisata di Ambon ini memang mempunyai hamparan pasir putih dipadukan juga dengan air jernih kebiruannya yang membuat anda tidak akan pernah bosan menikmati keindahannya.
Ombak di Pantai Liang ini tidak terlalu besar, maka dari itu cocok sekali untuk bermain air. Apabila tidak ingin basah, maka anda dapat berjemur di pasirnya yang landai. Selan daripada itu, deretan pohon rindang yang berjajar di tepi pantai ini juga dapat anda pakai untuk berteduh sambil menikmati kuliner setempat. Tempat wisata ini berada di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, ataupun kurang lebih sekitar 40 km dari arah pusat Kota Ambon. Untuk dapat masuk ke Pantai Liang ini, anda harus membayar sekitar Rp. 15.000.

 

Pantai Pintu Kota

 

 

Pantai Pintu Kota ini berada di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon. Pantai yang memang termasuk pantai terindah di Kota Ambon ini mempunyai ciri khas adanya sebuah tebing yang menjorok ke laut dan tebing itu juga mempunyai lubang di tengahnya. Bentuknya mirip sekali dengan sebuah pintu gerbang.

 

Pantai itu sendiri memang tidak cukup luas dengan memiliki pasir berwarna putih kecoklatan sekaligus juga dipenuhi batu karang serta bebatuan. Pada kawasan perairannya juga ada berbagai spot snorkeling serta diving. Di pantai ini juga terdapat beberapa pondokan untuk anda beristirahat ataupun menginap. Lokasi wisata ini memang sering sekali dijadikan sebagai lokasi pemotretan untuk sampul majalah maupun hanya sekedar mengabadikan momen indah berada di pantai tersebut.

 

Sumber : http://tempatwisataunik.com/ https://www.tripadvisor.co.id/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori