Benarkah 7 Wisata Alam Di Jawa Timur Ini Angker?

Jawa Timur juga punya banyak wisata angker, bahkan sudah sangat terkenal di kalangan warga lokal dan wisatawannya. Mau tahu? Siapkan nyali dan agenda!
0
Benarkah 7 Wisata Alam Di Jawa Timur Ini Angker?
0 (0%) 0 votes
Nusa Barong

Di era globalisasi seperti saat ini sulit mempercayai hal – hal gaib ataupun berbau mistis terlebih dengan perkembangan teknologi dan keilmuan membuat segala hal bisa dijelaskan secara masuk akal. Tak heran bila beberaa orang meremehkan perkara gaib dan menganggapnya sebagai rumor semata yang dibuat dari khayalan manusia maupun mitos atau legenda rakyat. Biarpun begitu tak sedikit pula yang mempercayainya sebagai suatu kejadian langka di luar kendali manusia.

 

 

 

Salah satunya juga terdapat pada beberapa tempat di propinsi Jawa Timur. Masyarakat Indonesia pasti mengetahui bahwa segala yang berbau klenik umumnya ditemukan di pulau Jawa. Salah satu kota di Jawa Timur bahkan memiliki julukan kota teluh atau santet. Biarpun kemajuan teknologi dirasakan hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia namun hal – hal mistis seperti masih adanya perayaan maupun tradisi yang dilakukan setiap tahun.

 

 

 

Begitu pula dengan tempat – tempat angker yang ada di Jawa Timur ini dipercaya memiliki penghuni yang tak kasat mata. Banyak kejadian aneh yang pernah dialami beberapa orang di tempat tersebut dan menyebar menjadi rumor mistis yang dipercaya sebagian pendengarnya. Kamu penasaran tentang tempat – tempat angker di Jawa Timur ini? Ayo simak uraiannya berikut:

 

 

 

Misteri Alas Purwo Banyuwangi

 

Bila membicarakan hal gaib nampaknya tempat wisata khususnya wisata alam kerap menjadi pilihan nomor satu untuk urusan tempat angker. Wisata alam cenderung sepi terlebih ketika malam tiba dan juga kerap dijadikan tempat semedi dan berlatih ilmu gaib oleh beberapa orang. Salah satu tempat wisata alam yang angker di Jawa Timur adalah kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang terletak di Banyuwangi. Kawasan hutan yang terletak di daratan rendah ini kerap membuat pengunjungnya tersesat dan tak bisa keluar dari hutan tropis tersebut .

 

Baca Juga : Tempat Wisata di Jawa Timur yang Paling Memikat Pengunjung

 

Kabarnya bagi pengunjung yang tersesat di dalamnya tidak akan pernah bisa keluar. Tetapi bila saja ada yang bisa keluar maka ia akan terkena sial selama hidupnya. Alas Purwo sendiri diyakini merupakan kerajaan jin dan tempat berkumpulnya makhluk halus. Tidak heran bila konon katanya presiden RI pertama yakni Ir Soekarno pernah bersemedi di salah satu goa yang berada di kawasan hutan ini. Jikalau suatu hari kamu tersesat di hutan ini akan cukup berjalan lurus tanpa menengok ke belakang maka kamu akan menemukan jalan keluar yang kamu cari.

Alamat : Jl. Brawijaya No. 20, Banyuwangi

Rute: Kota Banyuwangi – Rogojampi –  Srono – Muncar – Tegaldino – Alas Purwo

 

 

 

Misteri Alas Lali Jiwo

 

Satu lagi hutan angker yang ada di Jawa Timur terletak di kawasan Gunung Arjuno Kota Malang. Alas Lali Jiwo namanya yang bila diartikan kedalam bahasa Indonesia bemakna hutan lupa jiwa. Di kalangan para pendaki  rumor seram tentang hutan ini sudah santer terdengar. Banyak kejadian ganjil yang pernah dialami pengunjung hutan tersebut. Konon bagi pendaki yang memiliki niatan tidak baik ia akan tersesat dan tak pernah berhasil turun dari gunung yang berlokasi di Malang ini. Ada baiknya bagi kamu yang akan mendaki gunung Arjuno jangan sampai bertindak tak sopan dan berpikiran macam – macam agar selamat hingga tujuan dan kembali pulang.

 

Alamat : Kawasan pendakian Gunung Arjuna

Rute: Terminal Surabaya – Pasar Buha Pandaan – Tretes – Pos Pendakian Gunung Arjuna

Jalur Pendakian : Pos I Pet Bocor – Pos II Kokopan – Pos III Pondokan  – Lembah Kidang – Lali Jiwo (8 – 10 jam)

 

 

 

 

Misteri Nusa Barong Jember

 

Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki tidak hanya ratusan atau ribuan pulau namun ratusan ribu pulau yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Siapa sangka salah satu pulau tersebut ternyata membawa cerita seram. Pulau Nusa Barong yang terletak di daerah Jember dikenal sebagai pulau tak berpenghuni yang sarat dengan cerita angker yang menghantui pengunjungnya. Bila di siang hari keindahan bibir pantainya sangat menggoda mata untuk disinggahi namun jika malam tiba tak ada yang berani memasuki kawasan pulau tersebut. Pulau yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia ini juga banyak menelan korban yang kebanyakan adalah para nelayan yang kebutulan mencari ikan di dekat perairan Nusa Barong.

 

 

 

Di dekat perairan pulau Nusa Barong juga sering terjadi badai  besar dan menenggelamkan banyak kapal yang tak sengaja melintas. Para penduduk yang mendiami pulau terdekat juga mengakui adanya makhluk gaib di pulau ini. Dahulunya pada tahun 1700an pulau Nusa Barong pernah menjadi tempat singgah namun tak mampu bertahan lama karena berbagai alasan yang ada. Kamu berani datang ke pulau terpencil ini?

 

Alamat : Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember

Rute: Jember – Puger – Nusa Barong (1 – 2 Jam menyeberang)

 

 

 

Kisah Angker Klampis Ireng Ponorogo

 

Klampis Ireng yang berada di Ngawi ini membawa aroma misterius bagi pengunjung tempat tersebut.  Berlokasi di Desa Sragi, pamor Klampis Ireng sudah ditakuti oleh warga Ponorogo sejak dulu. Klampis Ireng sendiri merupakan sebuah nama untuk bangunan yang bentuknya melingkar dengan lubang di tengahnya. Katanya bangunan ini merupakan pintu masuk ke dimensi lain yang dibangun oleh tokoh punakawan yakni Semar. Ada sebuah kerajaan yang dipenuhi emas dan Semar sebagai rajanya. Tak heran bila kawasan ini sering digunakan sebagai tempat bersemedi beberapa orang.  Kamu berani menyendiri di sini?

 

Alamat : Desa Sragi, Ponorogo

 

Baca Juga : 15 Deretan Pantai Eksotis Di Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

 

 

 

 

 

Misteri Rumah Sakit Darmo Surabaya

 

Setelah menyusuri wisata alam angker di Jawa Timur terdapat pula tempat – tempat yang diyakini sebagai  tempat berkumpulnya makhluk tak kasat mata. Salah satunya adalah rumah sakit peninggalan sejarah seperti Rumah Sakit Darmo yang ada di Surabaya. Rumah sakit ini ternyata telah dibangun lebih dari satu abad yang lalu yakni pada tahun 1898. Biarpun tergolong rumah sakit tua namun rumah sakit Darmo masih digunakan sebagaimana fungsinya. Hal inilah yang membuat banyak penampakan berseliweran dengan bebas di tempat ini. beberapa perawat dan dokter di rumah sakit tersebut banyak yang mengatakan pernah mendengar suara tangisan dan jerit kesakitan di malam hari. Bukan itu saja terkadang muncul pula penampakan para suster yang melayang di udara kemudian menghilang menembus tembok di kegelapan malam. Hiiih bikin merinding!

 

Alamat : Jalan Raya Darmo No. 90, Darmo, Wonokromo, Surabaya

Telp : (031) 5676253

 

 

 

 

 

Misteri Rumah Sakit Lavalette Malang

 

Bukan hanya rumah sakit Darmo saja yang terkenal angker dan seram. Kota Malang juga punya rumah sakit bekas peninggalan Belanda. Rumah Sakit Lavalette berada di pinggir jalan tak jauh dari SMP 5. Bila dilihat dari luar rumah sakit ini terlihat seram bahkan di siang hari sekalipun. Bangunan yang dibangun pada zaman Belanda ini masih digunakan hingga saat ini. Banyak pula yang menjadi korban keisengan makhluk halus baik karyawan rumah sakit maupun para pasien di rumah sakit tersebut. Tempat yang paling angker di rumah sakit Lavalette adalah area parkir yang memiliki pohon besar di pelatarannya. Banyak orang mendengar suara – suara tanpa diketahui pemiliknya di lokasi tersebut. Tak heran bila banyak orang malas untuk melewat rumah sakit ini jika malam sudah tiba.

 

Alamat : Jl. W.R. Supratman No.10, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang

Rute: Terminal Arjosari – naik angkot Al/ ADL – Jl. W.R. Supratman

Telp : (0341) 470805

Website : www.lavalettehospital.com

 

 

 

 

Misteri Alas Ketonggo Ngawi

 

Tempat wisata alam yang terakhir disebut dengan nama Alas Ketonggo. Alas Ketonggo juga sering disebut dengan Srigati yang berada di Ngawi. Nama dari tempat ini bila diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna makhluk halus yang terlihat. Kabarnya hutan Ketonggo digunakan oleh Prabu Brawijaya untuk bersembunyi ketika kerajaan Majapahit sedang diserang oleh Demak. Di dalam hutan terdapat pula sebuah makam tua yang merupakan makam raja – raja  terdahulu. Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai area bersemedi dan berziarah pada waktu tertentu.

 

Baca Juga : Traveling Yuk Ke 7 Wisata Alam Jawa Timur Paling Populer Ini!

 

Hutan seluas  4.846 meter persegi ini hanya berjarak 12 km dari kota Ngawi dan memiliki 10 pertapaan di antaranya adalah Sendang-Mintowiji, Umbul Jambe,  Sendang-Derajad, Punden Siti Hinggil, Pertapaan-Dewi-Tunjung-Sekar, Pesanggrahan Soekarno dan lain sebagainya. Tempat pertapaannya juga terawat dan bersih sebab ada juru kunci yang bertugas menjaga dan merawat pertapaan ini.

 

Alamat : Desa Babadan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi

Rute: Pertigaan Babadan-Srigati Alas Ketonggo, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi,

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori