12 Tempat Wisata Alam Eksotis Sumatra Utara

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi tempa wisata alam eksotis yang berada di Medan sumatra Utara. Semoga rekomendasi ini bermanfaat buat anda.
0
12 Tempat Wisata Alam Eksotis Sumatra Utara
0 (0%) 0 votes
danau lau kawar

Berikut ini tempat wisata alam yang berada di sumatra utara yang wajib kamu kunjungi saat berkunjungi ke  sumatra utara

 

 

 

 

Danau Toba Sumatra Utara

 

 

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Sumatra Utara. Danau Toba ini diperkirakan oleh para ahli terbentuk setelah adanya letusan gunung api yang luar biasa sekitar 75 ribu tahun lalu. Dan pada saat itu juga diperkirakan sekitar 2,8 juta m3 bahan vulkanik dimuntahkan ke gunung toba yang meletus,dan menyebabkan debu vulkanik yang ditiup angin menyebar ke separuh wilayah di bumi. Ketika letusannya terjadi selama 1 minggu dan juga lontaran debunya mencapai sekitar 10 kilometer di atas permukaan laut.
 

Penduduk sekitar danau toba juga percaya toba merupakan tempat tinggal namborru atau tujuh dewi nenek moyang suku batak. Ketika suku batak akan melakukan upacara di sekitaran danau, maka mereka wajib berdoa dan meminta izin namborru terlebih dahulu sebelum melakukan upacara nya.
 

Danau Toba merupakan danau yang paling luas di asia tenggara, dan terbesar kedua setelah Danau Victoria yang ada di Afrika. Terbentuk dari letusan gunung toba, sehingga menghasilkan kawah seluas 1.145 km2, dengan kedalaman hingga 450 m. Dan di sana suasana udaranya sejuk menyegarkan, hamparan air yang sangat jernih membiru, pemandangan mempesona dari pegunungan hijau adalah danau raksasa yang berada 900 meter di atas permukaan laut itu.
 

 

 

 

Pulau Samosir

 

 

 

 

 

Pulau Samosir berada di tengah danau toba. Pulau Samosir adalah pulau vulkanik dengan ketinggiannya 1.000 m di atas permukaan laut,dan juga memiliki luas yang hampir sama dengan negara singapura. Meskipun demikian telah menjadi tempat tujuan wisata sejak sangat lama, bahkan juga bisa dibilang sebagai icon tempat wisata yang berada di Sumatera Utara, dan juga pulau samosir ini juga bisa dikatakan masih mempunyai keindahan alam luar biasa.
 

 

Pulau Samosir ini tengahnya juga masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama danau Sidihoni dan danau Aek Natonang. Daerah tersebut berada di sekitar danau toba yang memiliki hutan-hutan pinus tertata asri. Di pinggiran danau toba terdapat beberapa air terjun yang sangat memesona. Di sekitar danau toba juga akan anda dapati tempat pemandian air belarang. Pulau yang juga dikenal dengan julukan danau debata ini menawarkan keindahan alam berupa perbukitan yang menghijau, air danau yang jernih, dan udara yang segar.
 

 

 

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

 

 

 

Tempat wisata salju panas dolok tinggi raja berlokasi di desa dolok tinggi raja, sumatera utara. Salju panas dolok tinggi raja adalah sebuah kawasan bukit kapur, menyerupai sebuah danau, dan memiliki warna tanah yang unik, yakni bewarna putih menyerupai salju.

 

 
Di tengah-tengah salju panas dolok tinggi raja, terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Salju panas dolok tinggi raja adalah salah satu tempat wisata di sumatera utara yang belum terkenal namun sangat menarik untuk dikunjungi. Berita miringnya, berdasarkan info dari blog-walking, kondisi jalan menuju salju panas dolok tinggi raja kualitasnya kurang mendukung, bahkan banyak warga setempat yang meminta uang.

 

 

 

 

Danau Linting

 

 

Danau linting berlokasi di desa sibunga-bunga hilir, kecamatan stm hulu, kabupaten deli serdang, berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari kota medan. Danau linting adalah salah satu danau unik yang bisa dikunjungi di sekitar kota medan. Unik sebab airnya berwarna hijau dan biru, yang di sekelilingnya terdapat batu cadas.

 

 
Danau linting ialah danau yang terbentuk akibat adanya gempa vulkanik ukuran danau ini sekitar 1 hektare dan mengandung sangat banyak belerang yang membuat airnya menjadi kehijauan. Apabila anda ingin berenang berhati-hatilah karena danau linting memiliki air cukup dalam, diperkirakan kedalaman lebih dari 100 meter. Danau mungil yang memiliki nuansa menyejukkan ini di sekelilingnya terdapat pepohonan dengan akar yang panjang, bernuansa mistis sekaligus memesona.

 

 

 

 

 

Air Terjun Aek Sijornih

 

Air terjun aek sijornih dalam bahasa batak yang mempunyai arti air jernih dan terletak di desa aek libung, dan air terjun aek sijornih, tapanuli selatan. Air terjun ini merupakan sebuah tempat wisata di sumatera utara. Aek sijornih terdiri dari dua air terjun kecil yang melewati tebing sangat curam dengan kandungan kapur. Tempat ini belum begitu populer, maka dari itu jadilah yang pemula yang datang ke sini. Sumber kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari kecamatan batang angkola dan sayur matinggi. Katanya, pada musim hujan, sumber air yang mengandung kapur di perbukitan itu tidak pernah keruh. Sedang pada musim kering, curah air justru semakin meningkat.

 

 

 

 

 

Air terjun ini memiliki ketinggian sektar 10 m dan dikelilingi pohon-pohon kelapa di sekitarnya bahkan ada yang tumbuh di tengah air terjun. Pada aliran air terjun pertama dibiarkan mengalir dalam bentuk parit-parit kecil, sedangkan yang aliran yang lebih besar ditampung dalam kolam-kolam buatan untuk pemandian. Kolam-kolam tersebut terbagi dua, besar dan kecil. Yang kecil dibuat dengan kedalaman setengah meter untuk anak-anak, sedangkan yang besar dengan kedalaman lebih dari satu meter untuk orang dewasa. Dari kolam dewasa, pengunjung dapat naik ke atas menelusuri aliran sungai dan dapat memilih tempat yang sangat nyaman.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Taman Nasional Gunung Leuser

 

 

Taman nasional gunung leuser merupakan sebuah area pelestarian alam yang terletak di 2 provinsi yaitu sumatera utara dan nangroe aceh darusalam. Selain berfungsi sebagai area pelestarian alam, taman nasional gunung leuser merupakan salah satu tempat wisata alam di sumatra utara yang harus kamu kunjungi karena di tempat ini kita bisa menambah wawasan kita dan juga tentu nya kita bisa dimanjakan dengan keindahan alam dan fauna dan flora yang ada di tempat tersebut. Di taman nasional gunung leuser anda bisa sejenak menenangkan diri dari aktivitas sehari-hari.

 

 

 

Tangkahan

 

 

 

Tangkahan ialah salah satu kawasan yang termasuk dalam taman nasional gunung leuser, sumatera utara. Di wisata tangkahan ini berupa jelajah hutan liar, gua kalong, cubbing, trekking gajah dan air terjun atau hanya sekedar mandi di sungai dengan pemandangan yang sangat indah. Tangkahan juga salah satu eko wisata yang ada di indonesia. Dengan bentuk tanah berbukit, dan juga hutan tropis yang rindang, dan suasana yang sejuk, sehingga tangkahan sangatlah cocok untuk pecinta wisata alam.

 

 

 

 

Air Terjun Telaga Dua Warna Sibolangit

 

 

 

 

Air terjun telaga dwi warna terletak di dalam hutan sibolangit.dan dan juga air terjun ini setinggi sekitar 100 meter ini, sesuai dengan namanya air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda; yang satu air terjunnya berwarna biru bersuhu dingin. Satunya lagi tak jauh dari air terjun pertama terdapat air terjun yang sangat hangat yang berwarna putih. Air terjun telaga dwi warna sibolangit ini mempunyai warna putih ke abuan dan biru muda karena di dalamnya kandungan fosfor dan belerang yang dimilikinya.

 

 

 

 

Supaya sampai ke telaga dua warna butuh 3 jam perjalanan dengan kaki menjelajah hutan dari taman wisata sibolangit. Lelahnya perjalanan selama 3 jam dengan kaki melewati pegunungan dan bukit, dan juga jalanan nya menurun curam, serta melewati hutan dan akan terbayar ketika anda melihat keindahan air terjun dua warna. Jika ingin ke sana sebaiknya menyewa tour guide atau ranger hutan agar anda tidak tersesat.

 

 
Di tempat wisata ini sangat cocok untuk camping. Dan juga untuk dapat mencapai lokasi air terjun telaga dwi warna sibolangit, anda nantinya akan melintasi hutan dan sebaiknya siap fisik anda sebelum berangkat. Kalau anda takut salah jalan, anda juga bisa mengikut sertakan tour guide dalam perjalanan anda.

 

 

 

 

Danau Lau Kawar

 

 

 

Danau lau kawar merupakan danau dengan airnya yang berwarna biru, dan berlokasi di kaki gunung sinabung, sumatera utara. Danau lau kawar ini juga memiliki luas sekitar 200 hektar. Walau lebih kecil daripada danau toba, danau lau kawar ini memiliki suasana yang sangat asri dengan banyak pepohonan hijau di kaki gunung sehingga membuat tidak kalah indah dari danau toba. Di sekitar danau lau kawar ini sering digunakan oleh orang untuk bermalam atau berkemah untuk istirahat para pendaki gunung sinabung. Di sini anda juga bisa melihat beberapa orang memancing di tengah danau dengan menggunakan perahu kecil.

 

 

 

 

 

 

Gunung Sibayak

 

 

Gunung sibayak atau gunung raja, merupakan gunung berapi aktif setinggi 2.095 m, yang terletak di kecamatan berastagi, kabupaten karo. Untuk mencapai tempat ini, diperlukan waktu tempuh dengan kendaraan, sekitar 2 jam dari kota medan. Di dalam kawah gunung sibayak yang memiliki diameter 200 m, terdapat bebatuan yang mengeluarkan asap.

 

 
Gunung sibayak jalur terdekat dari desa raja berneh (semangat gunung) kecamatan simpang empat, kabupaten tanah karo (60 km dari kota medan) . Desa ini pemandangannya amat indah dengan pamandangan alam dan juga luas nyapemandangan perkebunan sayur-sayuran, dan juga tanaman hias dan buah-buahan. Penduduk sini bercorak penduduk agraris, yang sampai kini masih mempercayai  tradisi leluhur mereka pada zaman dahulu dengan hidup secara multikultural.

 

 

Di perjalanan ke gunung sibayak, di sekitar jalan akan terlihat pemandangan yang sangat unik dan indah , karena terdapat rumah-rumah tardisional adat batak karo yang telah berusia sekitar 250 tahun. Di kaki gunung sibayak terdapat sumber air panas yang sering didatangi para pengunjung. Uap airnya banyak mengandung belerang, dan bau nya sangat menyengat. Keadaan alamnya masih belum terjamah sehingga sangat indah, dan ditumbuhi pepohonan bambu dan juga rotan. Supaya bisa mencapai arah puncak, para pendaki dapat melewati jalan setapak sebagai jalur resmi pendakian.

 

 
Jalur lainnya yang dapat anda tempuh untuk kesini ialah dari kota berastagi, yang berjarak lebih kurang 77 km dari kota medan , dapat juga dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih dua jam dengan mengendarai kendaraan roda dua atau empat. Oleh sebab lokasi ini juga merupakan salah satu tujuan wisata utama di kabupaten karo, dan juga tidak sulit mencari penginapan kelas melati di desa semangat gunung atau pun untuk hotel berbintang. Ada juga restoran dan kedai makanan juga ada di sekitar berastagi. Di puncak gunung sibayak, sangat banyak wisatawan dihadiahi pemandangan yang sangat indah kota medan dan juga dataran tinggi berastagi.

 

 

 

 

 

 

Air Terjun Sipiso Piso

 

Air terjun sipiso-piso berlokasi di kecamatan merek, kabupaten karo, sumatra utara, indonesia. Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari kota kabanjahe, ibukota kabupaten karo. Air terjun sipiso piso hanya terpisah jarak sejauh 35 km dari kota wisata berastagi, kabupaten karo, dan hanya memerlukan sekitar 45 menit dari kota medan, ibukota provinsi sumatra utara.

 

 

Air terjun sipiso-piso kini bisa menaikan dan membuat nama kabupaten karo menjadi daerah tujuan wisatawan baik lokal ataupun internasional. Air terjun ini berada di ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.

 

 
Dengan mendatangi desa Tongging, anda bisa melihat pemandangan yang sangat menawan contohnya tempat wisata di desa tao silalahi. Sebelum menikmati air terjun dari dekat, kita akan disuguhi pemandangan indah tanah karo dari gardu pandang yang ada di puncak bukit, titik pangkal aliran air terjun sipiso-piso. Di atas puncak bukit yang mengelilingi air terjun sipiso-piso ini kita bisa melihat indahnya pemandangan danau toba, yang merupakan salah satu danau vulkanik terluas kedua di dunia.

 

 

 

Pantai Lagundri Dan Pantai Sorake

 

 

 

Pantai lagundri dan pantai sorake merupakan 2 pantai yang berada dalam satu garis pantai. Jarak kedua pantai itu hanya dua kilometer. Pantai lagundri dan pantai sorake berlokasi di desa botohilitano, kecamatan teluk dalam, kabupaten nias selatan, dan termasuk ke dalam propinsi sumatera utara. Pantai- pantai ini sangat sudah terkenal di telinga para peselancar profesional baik lokal maupun mancanegara. Penggila olahraga selancar dari mancanegara beduyun-duyun berkumpul di pantai ini pada april hingga september setiap tahunnya.

 

 
Para pecinta surfing itu tergila-gila karena lipatan gelombang yang tingginya mampu mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan. Selain itu, panjang daya dorong ombak di kawasan ini nyatanya bisa mencapai 200 meter. Akan lebih menarik dan menantang ombaknya saat tiba bulan purnama. Salah satu yang membuat ombak di lagundri ini ideal bagi peselancar karena letaknya saling menghadap ke arah samudera indonesia dan selain itu pantai langugri salah satu lokasi bertemunya teluk dan membuat ombak pantai ini mengalir besar. Pantai lagundri sudah sering sekali menjadi lokasi perlomba selancar baik dalam negeri maupun luar negeri. Nias open ialah acara kejuaraan yang rutin diselenggarakan dan ratusan peselancar mancanegara terutama dari australia begitu mendominasi lautannya.

 

sumber : https://eloratour.wordpress.com/2014/11/25/daftar-tempat-wisata-eksotis-di-sumatera-utara/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori