Yuk, Menikmati 9 Lokasi Wisata Alam di Solo dan Sekitarnya

Bagi anda yang sedang berwisata ke kota Solo, jangan lupakan ke 9 tempat wisata alam menarik di sekitar kota Solo. Yuk, kunjungi tempat-tempat berikut!
0
Yuk, Menikmati 9 Lokasi Wisata Alam di Solo dan Sekitarnya
0 (0%) 0 votes
wisata alam solo

Kota Solo atau yang memiliki nama lain kota Surakarta merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini merupakan sebuah kota dengan sejarah panjang sejak Kerajaan Mataram masih berdiri kokoh di Pulau Jawa ini. Selain itu kota ini juga merupakan kota asal dari Presiden saat ini Bapak Jokowi. Bagi anda yang berkunjung untuk berwisata ke kota ini, Hello-Pet memiliki 9 tempat wisata alam menarik yang berada di sekitar kota Solo. Berikut ke 9 tempat wisata tersebut.

 

 

 

Uniknya Koleksi Museum Manusia Purba Sangiran Surakarta

 

Tempat wisata alam kali ini berupa sebuah museum yang di kelilingi dengan keindahan alam berupa perbukitan serta riuhnya pepohonan. Museum Manusia Purba Sangiran ini pertama kali beroperasi sejak tahun 1980. Kenapa museum ini termasuk ke dalam wisata alam, di samping areal museum yang mencapai 1.000 meter persegi tempat ini juga dikelilingi pemandangan alam serta waduk buatan yang memukau.

 

 

Di museum ini anda juga dapat belajar sejarah tentang sejarah manusia purba dapat anda gali di tempat ini. Banyak sekali terdapat fosil serta peninggalan-peninggalan dari manusia purba di daerah Sangiran yang bahkan mencapai umur 2 juta tahun silam.

 

 

Di museum ini anda seperti ditarik ke waktu yang lampau bangunan serta fosil dari aneka macam hewan purba. Badak, Gajah, Harimau serta fosil dari hewan laut pun dapat anda temukan di tempat ini seperti kepiting, ikan hiu, buaya ataupun juga hewan moluska.

 

 

Tempat ini juga menjadi warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. Fasilitas di museum ini juga terbilang cukup lengkap dengan terdapatnya mushola, areal parkir yang luas serta juga terdapat ruang audio visual yang akan memperlihatkan sebuah film dokumenter tentang kehidupan dari manusia purba.

 

Lokasi : Kalijambe, Sragen, Kec. Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia
No Telpon: +62 815 4347 5225
Jam Buka : Selasa – Minggu : 08.00 : 16.00 WIB, Senin Libur
Tiket Masuk: Rp 5.000 per orang

 

 

 

Indahnya Pesona Alam Tawangmangu Solo

 

Siapa yang tidak kenal akan keindahan alam dari Tawangmangu yang berada di daerah Solo. Tempat wisata ini memiliki banyak sekali objek wisata alam yang sangat indah. Objek wisata alam yang dapat anda kunjungi di tempat ini seperti air terjun, pemandian air hangat, areal camping, situs purbakala ataupun juga aneka macam permainan outbond serta flying fox.

 

 

Tidak hanya pemandangan alamnya saja yang indah di tempat ini anda juga dapat merasakan memetik buah strawberry di kebun buah yang berada di areal tempat wisata ini. Bila anda ingin mencoba memetik buah strawberry sebaiknya anda mengunjungi tempat ini pada bulan Juni-Agustus.

 

 

Biaya yang di keluarkan juga cukup terjangkau anda hanya perlu membayar sekitar Rp 50.000,- saja untuk menikmati serta memetik buah strawberry langsung pada pohonnya. Bagi anda yang pecinta kuliner di Tawangmangu sendiri anda juga bisa menikmati sate kelinci yang lezat yang menjadi ikon makanan di tempat wisata yang satu ini.

 

Lokasi : Tawangmangu, Kec. Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

 

Indahnya Pemandangan Alam Air Terjun Grojogan Sewu Solo

 

Air terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung di daerah Solo. Tempat ini berada pada areal wisata Tawangmangu. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 81 meter. Air terjun ini dinamakan Grojogan Sewu karena terdapat banyak air terjun yang berada di sekitar kawasan wisata ini walaupun jumlahnya tidak mencapai seribu buah.

 

 

Di kawasan wisata ini terdapat hutan yang mencapai luas areal sekitar 20 hektar yang tentunya makin memperindah pesona alam di tempat ini dengan ditambah hijaunya pepohonan. Fasilitas penginapan ditempat ini cukup banyak sehingga jangan kawatir bagi anda yang ingin menginap untuk menikmati lebih lama lagi kondisi alam di tempat ini.

 

 

Selain tempat penginapan di tempat ini juga terdapat toko cinderamata, mushola, warung-warung makanan, kolam renang maupun taman binatang. Bila anda berwisata ke kota Solo jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini.

 

Lokasi : Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia
No Telpon: +62 271 697051
Tiket Masuk: Rp 20.000,- per orangnya

 

 

 

Sensasi Petualangan Bawah Air di Umbul Ponggok Solo

 

Tempat wisata ini akan menjadi favorit bagi anda pecinta olahraga snorkling karena pemandangan bawah lautnya yang mempesona. Tempat wisata ini berada di desa Ponggok yang memiliki sebuah mata air oleh sebab itulah namanya menjadi Umbul Ponggok.

 

 

Tempat ini berupa sebuah mata air yang besar yang terlihat seperti kolam yang terdapat ikan aneka warna yang indah yang hidup di dalamnya serta aneka tumbuhan air yang makin mempercantik pemandangan bawah airnya. Mata air ini tidak cukup dalam yang memiliki kedalaman 2,5 meter saja.

 

 

Dengan kondisi air yang jernih anda dapat berfoto-foto di bawah air dengan menggunakan kamera underwater yang dapat anda sewa di tempat ini. Selain itu aneka peralatan snorkling pun tersedia juga di tempat ini dari kaki katak, masker, ataupun juga pelampung bagi anda yang kurang mahir dalam berenang. Tentunya tempat ini akan sangat mengasyikkan bila anda kunjungi bersama dengan teman sambil berfoto ria menikmati keindahan alam di Umbul Ponggok ini.

 

Lokasi : Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia
No Telpon: +62 272 3359007
Jam Buka : Senin – Minggu : 07.00 : 17.00 WIB

 

 

 

Asiknya Bermain Air di Wisata Air Cokro Tulung Surakarta

 

Wisata air di Solo kali ini adalah Umbul Cokro Tulung. Sesuai namanya tempat wisata ini juga merupakan sebuah mata air sebuah sungai yang berada di desa Cokro. Tempat wisata ini merupakan sebuah pemandian atau tempat permainan air yang mengusung konsep alami serta dipadukan dengan aneka permainan air yang dapat anda jumpai di tempat wisata ini.

 

 

Kedalaman air di pemandian ini hanya sekitar 80 cm. Aliran airnya yang tenang serta hawa yang sejuk menjadikan daya tarik tersendiri bagi tempat wisata ini. Tempat ini juga dikenal dengan nama Water Boom Cokro yang dilengkapi dengan berbagai macam permainan air seperti, kolam bermain, pancuran air, ataupun juga flying fox. Berbagai macam fasilitas pun tersedia di tempat ini dari lapangan parkir yang luas sampai gazebo-gazebo yang dapat anda gunakan untuk bersantai bila anda tidak ingin berenang.

 

Lokasi : Cokro, Tulung, Klaten Regency, Central Java 57474, Indonesia
Tiket Masuk: Rp 12.000,- per orangnya

 

 

 

Indahnya Pemandangan di Waduk Cengklik Solo

 

Tempat wisata ini berlokasi berdekatan dengan bandara kota Solo Adi Soemarmo. Waduk ini dibangun sejak masa pendudukan Belanda yang berfungsi sebagai sumber air dari lahan persawahan yang berada di areal sekitar waduk. Lain halnya dengan kondisi sekarang waduk ini menjadi sebuah destinasi wisata bagi para wisatawan.

 

 

Tempat wisata ini dikenal memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat indah yang wajib untuk anda abadikan pada sebuah foto. Tak heran banyak fotografer yang berburu foto sunset di Waduk  Cengklik ini. Sebagai fungsinya yang terdahulu waduk ini kini sudah tidak lagi menjadi sumber air bagi lahan persawahan karena kurangnya perawatan yang mengakibatkan waduk ini mengalami kondisi pendangkalan.

 

 

Selain sebagai tempat berfoto yang indah waduk ini juga dapat anda gunakan sebagai lokasi pemancingan. Bagi anda yang hobi memancing tempat ini dapat anda jadikan suatu tantangan tersendiri dengan aneka ikan air tawar yang terdapat di dalamnya.

 

Lokasi : Jl. Raya Sayan, Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia
No Telpon: +62 361 973606
Jam Buka : Senin – Minggu : 11.00 : 22.00 WIB
Tiket Masuk: Rp 446.000,- – RP 554.000,- per setnya

 

 

 

Keindahan Sungai Bengawan Solo yang Tersohor

 

Tempat wisata yang satu ini telah menjadi sebuah judul lagu yang dinyanyikan oleh Gesang ya apalagi kalau bukan sungai Bengawan Solo. Sungai ini merupakan sungai terpanjang yang berada di Pulau Jawa. Di sungai ini anda dapat menikmati pemandangan sambil menaikki perahu yang dapat anda sewa di Kampung Sewu atau Bekonang.

 

 

Di atas perahu anda dapat menikmati pemandangan sekitar sungai yang cukup indah walaupun telah tergerus oleh waktu. Dahulu sungai ini memang menjadi tempat tinggal aneka ikan air tawar ataupun juga pemandangan dengan aneka pepohonan hijau yang menghiasi sungai ini. Anda juga dapat menikmati pemandangan aktifitas warga yang juga dilakukan di sungai ini yang berlalu lalang dengan perahu penyebrangan.

 

Lokasi : Bengawan Solo, Jawa Tengah, Indonesia

 

(Baca Juga : Inilah 10 Tips dan Cara Memilih Tenda Gunung Untuk Berkemah)

 

 

 

Serunya berwisata ke Waduk Gajah Mungkur Solo

 

Waduk Gajah Mungkur ini merupakan waduk yang terbesar di Indonesia yang memiliki fungsi utama sebagai pengatur debit air dari Sungai Bengawan Solo. Waduk yang juga merupakan tempat wisata ini memiliki fungsi yang serbaguna seperti sebagai penyedia air untuk irigasi persawahan, penyedia listrik, budidaya ikan air tawar ataupun sebagai tempat rekreasi.

 

 

Aneka fasilitas rekreasi yang dapat anda nikmati di waduk ini berada pada Sendang Asri Wonogiri yang memiliki aneka fasilitas seperti kolam renang, taman satwa, jet sky, perahu, sepeda air dan lainnya. Bagi anda yang ingin mencoba untuk memancing tempat ini juga cocok menjadi tempat memancing dimana terdapat aneka ikan air tawar yang berada di dalamnya.

 

Lokasi : Sendang, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia
No Telpon: +62 816-612-110

 

 

 

Keindahan Taman Tirtonadi Kebanggaan Kota Solo

 

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok menjadi tempat wisata untuk merileksasikan diri anda. Suasana yang tenang, udara yang sejuk serta suara gemericik air dari Sungai Bengawan Solo menjadi daya tarik utamanya. Taman ini juga merupakan salah satu taman kebanggaan dari kota Solo.

 

 

Lokasinya yang berdekatan dengan Terminal Tirtonadi membuat tempat wisata ini tidak sulit untuk ditemukan. Tempat ini juga sering menjadi tempat berolahraga warga Solo pada pagi maupun sore harinya. Bagi anda yang ingin melakukan wisata keluarga dengan tema alam tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi.

 

 

Anda juga dapat melakukan piknik keluarga dengan menggelar tikar sambil bersantai atau menyantap hidangan yang sudah anda persiapkan dapat menjadi alternatif pilihan lainnya yang dapat anda lakukan di Taman Tirtonadi ini.

 

Lokasi : Solo, Jawa Tengah, Indonesia

 

(Baca Juga : 9 Kuliner Khas Banjarmasin Wajib Anda Coba)

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori