7 Lokasi Wisata Alam Favorit Beta, Hanya Ada Di Maluku

Menjelajahi kepulauan Maluku gak bisa jika cuman sehari, terlebih pemandangan alamnya yang bikin kamu takjub. Inilah surga yang jatuh di pulau Maluku!
0
7 Lokasi Wisata Alam Favorit Beta, Hanya Ada Di Maluku
0 (0%) 0 votes
Danau Laguna

Secara internasional Maluku dikenal dengan nama Moluccas. Maluku dapat dikatakan sebagai provinsi tertua di Indonesia. Hal ini didukung dengan ditemukannya bukti pada tablet tanah liat di Persia, Mesopotamia dan Mesir.  Dalam tablet tanah liat tersebut disebutkan bahwa ada negeri dari timur yang sangat kaya dan merupakan tanah surga. Tablet tanah liat tersebut juga menyebutkan Maluku memiliki hasil alam berupa cengkeh, emas dan mutiara.

 

 

Menurut sejarah kata Maluku berasal dari bahasa arab Al-Mulk yang berarti tanah atau negeri para raja. Penduduk Maluku menganut 3 agama utama yaitu agama Islam, Protestan dan Katolik. Ibukota dari Maluku adalah Ambon. Ambon memiliki julukan Ambon Manise yang berarti Ambon yang indah. Kota Ambon sebagai ibukota Maluku juga merupakan pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan.

 

 

Maluku memiliki luas 705.645 km2 dengan luas daratan mencapai 47.350,42 km2 dan luas perairan 658.294,69 km2. Berdasarkan data tersebut kita ketahui perairan Maluku lebih luas daripada daratan yang dimiliki, maka tidak heran jika Maluku memiliki sejuta pesona bahari.

 

 

Sekarang dunia tidak hanya mengenal Maluku karena cengkeh, emas dan mutiara yang dimilikinya, namun juga wisata alam yang begitu mempesona. Tidak akan cukup menyebutkan wisata yang di Maluku, selain indah juga ada banyak tempat yang menarik. Jika kalian sudah penasaran, berikut wisata-wisata  favorit di Maluku rekomendasi Hello-PET.

 

 

 

Pesona Kepulauan Kei Maluku

 

Kepulauan Kei berada di ujung timur gugus Kepulauan Maluku dan merupakan bagian dari kabupaten Maluku Tenggara. Kepulauan Kei ternyata merupakan sebutan pada zaman Hindia Belanda, karena pada masa sekarang warga setempat lebih sering menyebutnya Kepulauan Evav atau Negeri Evav. Kepulauan Kei atau Kepulauan Evav memiliki beberapa pulau dengan ukuran besar hingga kecil dan pulai berpenghuni maupun tidak berpenghuni.

 

 

Kamu bisa mencapai kepulauan ini dengan memilih penerbangan dari Bandara Pattimura di kota Ambon menuju Bandara Karel Sadsuitubun (dulunya Bandara Dumatubun) di Kota Langgur Pulau Kei Kecil. Jika kamu telah sampai di kota Langgur transportasi yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah angkutan kota, namun angkutan kota ini memiliki rute yang sangat terbatas. Moda transportasi lain yang bisa kamu gunakan adalah kendaraan pribadi atau menyewa mobil dan motor.

 

 

Beberapa spot yang bisa kamu kunjungi di Kepulauan Kei adalah Goa Hawang dan Pemandian Evu, Pantai Timbul Ngurtavur, Goa Luvat, Bukit Masbait, Pantai Ngur Sarnadan, Pantai Pasir Panjang, ke Desa Adat Tanimbar Kei dan Pulau Bair.

 

 

Di bawah ini ada ulasan mengenai masing-masing tempat ini. Goa Hawang berada di Desa Letvuan. Goa Hawang merupakan sebuah kolam air tawar yang sangat indah dengan pantualan sinar matahari. Tidak jauh dari lokasi Goa Hawang, terdapat pemandian Evu dengan air yang sangat jernih. Konon kolam di Goa Hawang terhubung dengan mata air Evu melalui sungai yang mengalir di bawah tanah.

 

 

Pantai Timbul Ngurvatur berada di Pulau Waha. Pantai ini berpasir putih dan menjorok ke tengah laut sepanjang 2 km dengan lebar 7 meter. Jika berjalan di pantai ini saat surut kamu akan merasa seolah berjalan di tengah laut. Pantai ini juga merupakan habitat burung Australian Pelikan. Kamu bisa menikmati panorama yang luar biasa di pantai ini, kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti berenang dan snorkeling.

 

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Di Maluku Indonesia Yang Tersembunyi

 

Spot selanjutnya di Kepulaun Kei adalah Goa Luvat. Di dinding goa ini kamu dapat menemukan lukisan berbentuk matahari, panah, perahu dan hewan. Lukisan ini merupakan peninggalan masa prasejarah pada zaman Megalitikum. Bukit Masbait merupakan bukit tertinggi di Pulau Kei. Berada di tempat paling tinggi tentu ada keindahan yang bisa banget kamu nikmati, yaitu matahari terbit dan terbenam.

 

 

Pantai Ngur Sarnadan memiliki pasir yang halus dan juga bersih. Pantai ini dangkal sehingga bisa membuatmu betah berlama-lama bermain di pantai ini. Pada saat sore hari kamu bisa menikmati matahari terbenam dari pantai ini.Seperti namanya Pantai Pasir Panjang memiliki garis pantai mencapai lebih dari 2 km. Pantai ini pernah dinobatkan oleh majalah National Geographic sebagai pantai dengan pasir paling halus sedunia. Sudah bisa kebayang kan gimana rasanya bermain di pantai ini?

 

 

Lokasi selanjutnya kita akan menuju Desa Adat Tanimbar Kei, desa ini masih memegang teguh bentuk bangunan, seni, adat istiadat serta kepercayaan leluhur. Berada di desa ini kamu akan banyak mempelajari kebudayaan masyarakat setempat dan bisa membayangkan bagaimana Kepulauan Kei di masa lalu.

 

 

Namanya juga kepulauan, tentu banyak pulau dan pantai yang cantik. Pulau Bair menjadi tempat memesona selanjutnya. Pulau Bair memiliki 2 teluk dengan air laut yang jernih dan tenang. Pulau ini juga memiliki vegetasi mangrove dan tebing batu yang cantik. Jika kamu ingin snorkeling selama di Kepulauan Kei kamu bisa melakukan aktivitas ini di Pulau Ngav. Pulau Ngav memiliki spot snorkeling yang cantik, bahkan jika kamu beruntung kamu bisa menemui hiu sirip hitam di pinggir pantai.

 

 

Alamat  : Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku

Rute       : Bandara Pattimura Ambon – Bandara Karel Sadsuitubun, Langgur

 

 

 

Liburan Di Pantai Ora Maluku

 

Pantai Ora sering disebut sebagai Hawaiinya Indonesia karena saking cantiknya tempat ini. Pantai Ora berada di bagian utara tengah Pulau Seram atau di area Teluk Sawai. Di pantai ini kamu bisa menikmati keindahan koral yang terlihat dari permukaan. Hal ini karena pantai Ora memiliki air yang sangat bening dan jernih. Tidak hanya coral kamu juga bisa melihat berbagai ikan yang tinggal di coral-coral ini. Di sini kamu bisa menginap di Ora Beach Resort yang telah menyediakan cottage yang nyaman.

 

 

Menuju Pantai ini cukup mudah, dari Ambon kamu menuju ke Pelabuhan Tuhelu dan menyeberang ke Pelabuhan Amahai di Pulau Seram kemudian menempuh jalur darat kurang lebih selama dua jam menuju Desa Sawai . Pantai ini bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 7 jam hingga 1 hari dari Bandara Pattimura Ambon, tergantung transportasi yang kamu gunakan.

 

Alamat  : Desa Sawai, Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku

Rute       : Ambon – Pelabuhan Tuhelu – Pelabuhan Amahai, Pulau Seram – Desa Sawai

 

 

 

Banda Neira Maluku

 

Banda Neira berada di tenggara kota Ambon. Banda Neira menjadi pulau utama dalam gugusan Kepulauan Banda. Banda Neira juga merupakan ibu kota kecamatan Banda. Dari Bandara Pattimura, Ambon perjalanan ke Bandara Banda Neira memerlukan waktu kurang lebih 50 menit.

 

 

Berada di Banda Neira kamu bisa mengunjungi Benteng Belgica yang merupakan benteng VOC. Benteng ini berdiri di sebelah barat daya Pulau Neira. Bukan hanya benteng, dulu VOC juga mendirikan Istana Mini Neira yang sampai saat ini bisa kamu kunjungi. Butuh vitamin sea? Banda Neira bisa memberikannya pada kamu. Banda Neira juga memiliki pantai yang cantik dengan pasir pantai yang lembut.

 

Alamat  : Banda Neira, Pulau Neira, Kecamatan Banda, Maluku Tengah

Rute       : Bandara Pattimura, Ambon – Bandara Banda Neira

 

 

 

Batu Angus Maluku

 

Batu Angus berasal dari lahar panas gunung Gamalama yang meletus pada taun 1673. Letusan gunung ini meninggalkan hamparan lahan yang dipenuhi bebatuan berwarna hitam. Batu Angus ini bisa kamu temukan di kelurahan Tarau, kota Ternate. Keindahan yang dapat kamu nikmati adalah perpaduan bebatuan hitam dengan hijaunya gunung Gamalama serta birunya laut yang memesona.

 

 

Lokasi ini sebenarnya sangat dekat dengan Bandara, namun kamu perlu memutari Bandara dan menempuh jarak kurang lebih 6,7 km. Transportasi yang bisa kamu gunakan adalah mobil pribadi atau menyewa di kota Ternate.

 

Alamat : Kelurahan Tarau, Kota Ternate, Maluku

Rute       : Bandara Sultan Babullah, Ternate – Tarau

 

 

 

Danau Laguna Maluku

 

Menikmati keindahan Danau Laguna tidak akan membuatmu bosan. Danau ini juga sering disebut Laguna Ngade. Lokasi danau ini berdekatan dengan laut, jadi selain bisa menikmati keindahan danau kamu juga bisa menyaksikan laut dan Pulau Tidore juga Pulau Maitara.  Dari bandara, perjalanan menuju ke Danau Laguna akan memakan waktu sekitar 40 menit menggunakan taksi bandara. Danau ini terletak kurang lebih 18 km dari pusat kota Ternate dan berada di Kelurahan Fitu.

 

Alamat  : Desa Ngade, Kelurahan Fitu, kota Ternate, Maluku Utara

Rute       : Bandara Sultan Babullah, Ternate – Kelurahan Fitu

 

Baca Juga: Gawat! 8 Macam Oleh – Oleh Ini Hanya Ada Di Papua!

 

 

 

Pantai Pintu Kota Maluku

 

Di Ambon ada Pantai Pintu Kota yang sedang eksis. Dari kota Ambon perjalanan akan menempuh 15 hingga 16 km atau kurang lebih 45 menit dengan menggunakan motor atau mobil. Kamu juga bisa naik angkutan kota jurusan Latuhalat kemudian naik ojek untuk sampai ke lokasi. Keunikan dari pantai ini adalah adanya karang yang berbentuk seperti pintu di tepian pantai. Daerah sekitar pantai ini terkenal sebagai spot diving. Jadi kalau kamu hobi banget diving,  recommended banget untuk mengunjungi pantai ini.

 

 

Alamat  : Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon

 

Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri Ini Wajib Dikunjungi Traveller

 

 

 

Pulau Nusa Pombo Maluku

 

Ada sebuah pulau tak berpenghuni dengan waktu perjalanan selama satu jam dari kota Ambon. Pulau ini adalah Pulau Nusa Pombo. Pulau ini sangat cocok buat kamu yang suka berpetualang di alam, kamu bisa menginap dan melakukan berbagai aktivitas air di pantai Pulau Nusa Pombo. Pulau Nusa Pombo terletak di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah. Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari Maluku untuk menikmati keindahan pulau ini.

 

Alamat : Pulau Nusa Pombo, Kecamatan Salahhutu, Maluku Tengah

Rute       : Ambon – Pelabuhan Tuhelu – Pulau Nusa Pombo

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori