Wisata Alam Kali Bertebing Di Jogjakarta, Kali Kuning

Wisata Jogjakarta ada yang bernama Kali Kuning. Tempat ini berada di kawasan Gunung Merapi. Tempat ini cocok untuk pemanjat tebing dan yang hobi kemping.
0
Wisata Alam Kali Bertebing Di Jogjakarta, Kali Kuning
0 (0%) 0 votes
Gapura Kalikuning

Wisata ke Lereng Merapi, jangan melupakan tempat yang bernama Kali Kuning. Mengapa? Ini dikarenakan tempat ini memberikan panorama yang indah dan juga membuat anda bisa melakukan pelbagai aktivitas alam. Seperti apa tempatnya? Yuk simak ulasannya!

 

 

Selayang Pandang

 

Kali Kuning ialah salah satu wilayah wisata alam yang pantas dikunjungi di wilayah lereng Merapi. Lokasi tempat wisata ini berfungsi untuk rekreasi keluarga, juga sebagai lokasi berkemah dan outbond training.

 

 

 

Keistimewaan

 

Tempat wisata alam yang satu ini punya keunikan berupa tebing-tebing batuan andesit. Tebing-tebing ini masih sangat terjaga dan sangat bagus panjat tebing. Tempat ini dapat menjadi salah satu tempat favorit para pemanjat tebing.

 

 

Tebing andesit ini bisa dicapai dengan berjalan kaki. Pengunjung harus melalui jalan setapak sejauh satu kilometer dari jalan desa beraspal. Di kawasan wisata ini setidaknya terdapat Sarangan yang hijau, Bunga Kantung Semar yang mekar, Pohon Kina, Ayam Hutan, Hutan pohon pinus, puspa, rasamala, Elang Hitam, serta Elang Jawa. Kali Kuning airnya bersumber dari mata air Umbul Wadon.

 

 

Lokasi

 

Wisata Jogjakarta Kali Kuning berlokasi di lereng selatan dari Gunung Merapi. Lokasi tepatnya berada di wilayah Kecamatan Cangkringan, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

 

Akses

 

Bagi yang ingin travelling ke Kali Kuning, tempat yang satu ini dapat diakses dengan cukup mudah karena letaknya dekat dengan jalan raya yang menuju pos pendakian yang ke arah Gunung Merapi jika anda berasal dari Yogyakarta, atau dari lokasi wisata Lava Tour yang bernama Kali Adem, dan atau dari rumah Mbah Maridjan sang juru kunci Gunung Merapi yang meninggal secara heroik.

 

 

Jika Anda menggunakan kendaraan umum atau pun pribadi, lokasi kawasan wisata ini bisa dicapai dengan dua cara, yaitu dari arah kota Yogyakarta, bisa melalui Jalan Kaliurang, sesampainya di Pasar Pakem beloklah ke kanan ke arah timur yang menuju arah ke tempat wisata Kali Kuning, dan turunlah di pinggiran jalan desa beraspal. Anda harus menuruni tangga yang bermaterialkan bebatuan untuk dapat menuju Kali Kuning yang berjarak sejauh lebih kurang satu kilometer. Jika dari terminal Prambanan, maka anda bisas menaiki minibus, naiklah jurusan Kaliurang dan turunlah di Desa yang bernama Doyo. Dari sana, Anda harus naik angkutan desa yang memiliki warna kuning untuk dapat menuju Kali Kuning dan turunlah di jalan desa yang sudah diaspal. Setelahnya berjalan menuruni tangga bebatuan yang menuju ke lokasi Kali Kuning.

 

 

 

Tiket

 

Jika anda berkeinginan berkunjung untuk sekedar hanya melihat dan berjalan-jalan di lokasi wisata Kali Kuning, maka anda hanya terkena tiket masuk sebesar Rp. 3.000,00. Jika anda ingin berkemah, maka tarifnya tergantung banyaknya jumlah peserta. Namun, jika banyaknya jumlah peserta tidak lebih dari 5 orang, maka pada umumnya tarif akan berkisar diantara harga Rp. 15.000,00 hingga harga Rp. 20.000,00.

 

 

 

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

 

 

Objek wisata alam Kali Kuning menyediakan pelbagai akomodasi dan juga fasilitas yang bisa anda manfaatkan, seperti penginapan penduduk dengan harga sewa terjangkau, toilet, pusat informasi, warung-warung jajanan, dan parkir yang luas serta aman.

 

 

Sumber : jogjatrip.com

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori