7 Wisata Alam Menarik Wajib Dikunjungi Di Ciamis

Bagi kamu yang akan berkunjung ke CIamis jangan lewatkan 8 tempat wisata alam menarik di sekitar wilayah Ciamis. Yuk, bersiap menjelajah ke tempat-tempat ini!
0
7 Wisata Alam Menarik Wajib Dikunjungi Di Ciamis
0 (0%) 0 votes
wisata alam ciamis

Ciamis merupakan salah satu kabutapen yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Ciamis ini kabarnya akan segera berganti nama menjadi Kabupaten Galuh karena penamaan Kabupaten Ciamis sendiri tidak memiliki latar belakang apa-apa dan menjadi bahan olokan tentang daerah yang berbau amis.

 

 

Bagi Anda yang suka dengan traveling ke alam lepas, Kabupaten Ciamis memiliki beraneka macam daya tarik tersendiri seperti air terjun, keindahan pantainya, atau juga sebuah Kampung Wisata bernama Kampung Kuta. Berikut merupakan 8 Wisata Alam Menarik Yang Wajib Dikunjungi di Ciamis versi Hello-Pet.

 

 

 

 

Indahnya Danau Situ Lengkong Panjalu Ciamis

 

Tempat wisata alam di Ciamis kali ini berupa sebuah danau yang sering disebut sebagai Situ Lengkong Panjalu. Danau ini memiliki keindahan alam serta perpaduan yang apik dengan budaya setempat yang erat kaitannya dengan peninggalan sejarah. Pada bagian tengah danau terdapat peninggalan sebuah makam dari putra Hariang Borosngora bernama Hariang Kencana yang merupakan peninggalan dari kerajaan Panjalu yang dahulu sempat berkuasa di Kabupaten Ciamis ini.

 

 

Selain alam indah dan udara sejuk, tempat wisata ini juga menawarkan sejarah tentang kekuasaan dari kerajaan Panjalu. Bagi Anda yang ingin berkunjung harap menjaga perkataan dan sikap karena tempat wisata ini juga menjadi tempat sakral untuk beberapa upacara adat yang juga masih dilakukan hingga saat ini. Contohnya seperti upacara adat Nyangku yang biasanya dilakukan pada bulan Maulid.

 

 

Lokasi : Panjalu, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia
Akses: Anda dapat melewati Jalan Raya Cipaku ataupun juga jalan raya Kawali yang ditempuh selama kurang lebih 1 jam dari arah Ciamis

 

 

 

Keindahan Wisata Tujuh Curug Cibolang Panjalu Ciamis

 

Tempat wisata ini masih berada di wilayah Panjalu yang merupakan 7 buah air terjun nan indah dan lokasinya tidak berjauhan. Ketujuh air terjun ini dialiri air dari sungai Cibolang dan juga sungai Cimantaja. Keindahan pesona alam air terjun dibarengi dengan hijaunya daerah perbukitan di wilayah Kabupaten Ciamis menjadikan tempat ini menjadi salah satu tempat favorit yang dikunjungi para pecinta alam.

 

 

Ketujuh air terjun tersebut memiliki nama antara lain air terjun satu, dua, tiga, Cibolang, Cibuluh, Cimantaja, Cileutik. Semua air terjun ini masih termasuk ke dalam kawasan dari RPH Panjalu dan wilayah perbukitan Ciparang dan Cibolang. Tempat wisata ini berada di ketinggian 900 di atas permukaan laut yang tentunya akan membuat udara di sekitar kawasan ini akan sedikit terasa dingin. Disarankan bagi kamu yang ingin berkunjung untuk membawa sweater ataupun jaket untuk menghangatkan badan dan juga kamera dengan waterproof agar dapat mengabadikan berbagai macam momen indah di tempat wisata alam yang satu ini.

 

 

Lokasi : Panjalu, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia
Akses: Anda dapat melewati jalan raya Cipaku ataupun juga jalan raya Kawali yang ditempuh selama kurang lebih 1 jam dari arah Ciamis

 

 

 

 

Wisata Alam dan Kearifan Budaya Di Kampung Adat Kuta Ciamis

 

Kampung Adat Kuta ini dahulu merupakan sebuah calon ibukota kerajaan yang ada di Ciamis yang hendak dibangun oleh Kerajaan Galuh. Penduduk di Kampung Adat Kuta ini masih memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal tentang keseimbangan alam dan juga tatanan hidup bermasyarakat. Kampung Adat Kuta ini memiliki latar pemandangan alam perbukitan yang dikelilingi dengan lembah yang memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter. Kampung Adat Kuta sendiri memiliki hutan yang masih sangat alami yang dikeramatkan yang bernama Leuwung Gede.

 

 

Bagi masyarakat setempat ataupun bagi Anda yang ingin berkunjung ke hutan ini harus mengikuti aturan-aturan dari Kampung Adat Kuta seperti, tidak boleh menggunakan ataupun merusak sumber daya hutan, meludah, atau berkata kasar di dalam hutan. Selain Anda dapat menikmati keindahan alam perbukitan ataupun kawasan hutan yang indah yang terpelihara di Kampung Adat Kuta ini, Anda juga dapat menyaksikan upacara adat pada hari-hari tertentu seperti upacara tradisi Nyuguh yang biasanya diadakan pada tanggal 25 Safar.

 

 

Lokasi : Karangpaningal, Tambaksari, Ciamis , Jawa Barat, Indonesia

 

 

 

Indahnya Panorama Alam Pantai Batu Karas Ciamis

 

Pantai Batu Karas adalah sebuah pantai di sekitar wilayah Ciamis dengan daya tarik tersendiri. Tempat ini sangatlah cocok bagi anda penikmat olahraga air berselancar. Kondisi ombak yang cukup kuat tentunya akan menjadi tantangan tersendiri untuk ditaklukkan. Karena sensasi yang akan anda rasakan bila bermain selancar di pantai ini tidak begitu jauh berbeda dengan yang akan anda rasakan di Pulau Bali.

 

 

Pantai Batu Karas memiliki pasir hitam yang mengilap ini juga memiliki keindahan pantai tersendiri dengan pemandangan sunset yang luar biasa. Selain dengan ombaknya yang kuat pantai ini masih terbilang memiliki privasi yang cukup tinggi karena banyaknya pengunjung tidak sebanyak pengunjung yang mengunjungi pantai pangandaran. Memang fasilitas yang ada di pantai ini masih cenderung sedikit tetapi cukup lengkap seperti tempat makan, penginapan ataupun toko souvenir. Berbagai aneka permainan air juga tersedia di pantai ini seperti banana boat ataupun juga jet sky.

 

Lokasi : Batu Karas, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia.
Akses: Kamu bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Pangandaran menuju Cijulang dengan biaya sebesar Rp30.000,- menggunakan minibus yang tersedia. Dari Cijulang lanjut menggunakan ojek sekitar Rp30.000,-

 

 

 

 

Keindahan Alam Wisata Pantai Pangandaran Ciamis

 

Kalau tempat wisata yang satu ini adalah ikon wisata untuk Kabupaten Ciamis yaitu Pantai Pangandaran. Di pantai ini kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah ataupun juga kuatnya ombak yang ada di pantai ini yang akan membuat adrenalinmu tertantang untuk berselancar.

 

 

Pantai Pangandaran ini memiliki karakteristik pasir hitam ataupun pasir putih. Tempat wisata ini juga akan memberikan pemandangan sunrise ataupun juga sunset yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai dewata Bali.

 

 

Bagi anda yang suka melihat biota laut anda juga bisa mencoba untuk bersnorkling ria pada beberapa bagian areal pantai yang akan menghadirkan ikan ataupun tumbuhan laut yang berwarna warni. Fasilitas sarana dan prasarana di tempat wisata ini pun terbilang lengkap dari penginapan, souvenir ataupun juga tempat makan. Oleh-oleh yang cukup khas dari pantai ini yaitu jambal roti yaitu kudapan yang berupa ikan asin dari hasil tangkapan di areal sekitar pantai Pangandaran.

 

 

Lokasi : Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

 

 

 

 

Pantai Karang Nini Ciamis Destinasi Wisata Alam Menarik

 

Pantai Karang Nini ini berada di wilayah Pangandaran Ciamis. Pantai ini diberi nama Karang Nini karena terdapat sebuah batu karang yang menyerupai bentuk dengan nenek atau nini dalam bahasa Sunda. Tempat ini juga memiliki cerita legenda tentang hadirnya batu karang yang menyerupai nenek-nenek tersebut.

 

 

Di samping itu pemandangan yang dihadirkan di tempat ini sangatlah indah. Birunya laut samudra dengan banyaknya tumbuhan yang ada di sekitar pantai membuat suasana terasa cukup sejuk. Tidak hanya itu anda juga dapat menaiki bukit yang terdapat disekitar pantai dan dapat berfoto ria menikmati indahnya pemandangan alam.

 

 

Fasilitas untuk menginap juga tersedia di Pantai Karang Nini seperti pondok wisata yang berupa bangunan sunda dengan hunian 3 kamar untuk menginap. Selain itu tempat wisata ini juga terdapat warung-warung makan, mushola, ataupun juga camping ground. Selain itu juga terdapat beberapa objek wisata lainnya yang ada di sekitar pantai seperti terowongan kereta api tua yang terpanjang di Indonesia, ataupun juga mata air tujuh yang di percaya dapat membuat awet muda dan menyembuhkan aneka macam penyakit.

 

Lokasi : Desa Emplak, Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

 

Baca Juga : Eksotisme Tempat Wisata yang Dimiliki oleh Raja Ampat

 

 

 

Nikmati Alam Green Canyon / Cukang Taneuh Ciamis

 

Masih di sekitar Pangandaran, kali ini Anda bisa ke Green Canyon yang mirip seperti Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Green Canyon sendiri dikenal juga dengan nama Cukang Taneuh oleh masyarakat sekitar. Nama Green Canyon sendiri berasal dari warna air yang agak kehijauan dan terdapat tebing yang dihiasi oleh lumut dan rumput yang mengelilinginya. Anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya di tempat ini jadi jangan lupa untuk membawa perlengkapan kamera anda.

 

 

Berbagai macam kegiatan pun dapat anda lakukan di tempat wisata alam yang satu ini, berenang santai sambil menikmati jernihnya air dimana anda akan dapat melihat ikan yang juga sedang berenang disekitar anda, memancing, atau bagi Anda yang mencintai olahraga yang berbau adrenalin di tempat ini juga terdapat batu dengan ketinggian 5 meter dan anda dapat mencoba melompat dari batu tersebut ke dalam sungai. Olahraga panjat tebing pun dapat anda lakukan di tempat ini.

 

 

Lokasi : Desa Kertayasa, Cijulang, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia
Jam Buka : Senin – Minggu : 07.00 : 17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp150.000,- – Rp250.000,-

 

 

Baca Juga : 9 Objek Wisata Anti Mainstream di Geopark Ciletuh Sukabumi

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori