Wanita Ini Gantikan Jokowi Membuka World Culture Forum 2016

Kamis, 13 September 2016 lalu, Jokowi berhalangan hadir dalam acara World Culture Forum (WCF) 2016 di Nusa Dua, Bali. Megawati lah yang menggantikannya.
0
Wanita Ini Gantikan Jokowi Membuka World Culture Forum 2016
0 (0%) 0 votes
megawati

World Culture Form 2016 yang mengangkat tema Culture for Inclusive Sustainable Planet dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, tanpa kehadiran presiden Joko Widodo. Namun, acara tetap berlangsung karena digantikan oleh Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri.

 

Presiden Jokowi titipkan salam

 

Meski berhalangan hadir dalam acara tersebut, Presiden Jokowi sempat menitipkan salam hangat untuk para delegasi melalui Megawati. Bu Mega pun menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya saat pembukaan acara.

 

“Saya adalah wakil dari Presiden Joko Widodo yang tidak dapat hadir kali ini, dan mengucapkan salam hangat kepada seluruh hadirin dan hadirat semua,” ucap Megawati saat membuka sambutannya.

Source: nasional.kompas.com

 

 

Bali merupakan lokasi acara yang tepat

 

Dalam sambutannya, Megawati juga mengucapkan terimakasih karena telah memilih Bali sebagai lokasi acara World Culture Form 2016. Selain itu, tema yang artinya Kebudayaan untuk Pembangunan Berkelanjutan, juga sangat cocok dengan kondisi Bali saat ini yang berpegang teguh pada kebudayaan dan berakal kuat pada tradisi warisan leluhur.

 

“Di Bali ada nilai Tri Hita Karana (tiga keseimbangan di dunia), sebagai contoh yaitu keseimbangan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam raya, dan manusia dengan sesamanya,” ucap Megawati seperti dilansir Kompas.

 

“Tri Hita Karana merupakan cara pandang dan pedoman hidup dan menjadi kehidupan masyarakat Bali,” lanjutnya.

 

Pedoman hidup masyarakat Bali yang sesuai dengan Tri Hita Karana ini, menunjukkan bahwa kebudayaan hadir sebagai pendukung harmoni manusia untuk berinteraksi, bertumbuh kembang, serta bersinergi dengan semesta alam dan isinya, tanpa eksploitasi dan dominasi satu dengan yang lain.

 

Selain pedoman hidup masyarakat Bali tersebut, Megawati juga menyampaikan bahwa negara juga harus memperkuat budaya dengan cara berkontribusi aktif dalam menciptakan perdamaian dunia, melestarikan lingkungan serta menjaga ekosistem.

 

Megawati dalam sambutannya juga berharap, setiap pihak mampu menerobos ruang beku dalam relasi global yang makin ke belakang lebih diwarnai oleh kepentingan beberapa orang, serta adanya hasrat kekuasaan yang turut campur.

 

Di akhir sambutannya, megawati mengucapkan bahwa kebudayaan harus dapat menjadi jalan bersama agar bumi makin lestari dan menjadi nafas kehidupan bagi manusia. Bagaimana menurutmu?

 

Sumber: Kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori