Inilah 3 Waktu Mustajab Untuk Berdoa Sebanyak-banyaknya di Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan, berdoa di waktu ini lebih mudah bagi banyak orang karena umumnya waktu ini adalah waktu sahur. Namun, sayangnya waktu inilah yang justru
0
Inilah 3 Waktu Mustajab Untuk Berdoa Sebanyak-banyaknya di Bulan Ramadhan
0 (0%) 0 votes
doa-mustajab

Ramadhan merupakan bulan yang spesial bagi umat Islam. Pasalnya, bulan ini memiliki keistimewaan dibanding dengan bulan-bulan lainnya dalam satu tahun. Bahkan di dalam hadits Baginda Rasulullah SAW menyebut bahwa “Jika bulan Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu”

 

Sebagai umat muslim yang beriman tentunya kita tidak mau begitu saja melewatkan kesempatan untuk medapatkan kemuliaan dan keberkahan di bulan suci Ramadhan. Terlebih-lebih urusan keinginan atau hajat yang kita panjatkan kepada Allah SWT.

 

Namun tahukan kamu jika di bulan Ramadhan terdapat waktu yang mustajab untuk berdoa? Insya Allah Jika seorang hamba berdoa pada waktu-waktu ini, maka Allah SWT akan mengabulkannya doanya. Lalu kapan waktu mustajab tersebut?

 

 

 

Sepanjang waktu puasa

 

 

 

puasaSource: Kompas

 

Yakni sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sebagaimana sabda Rasulullah:

 

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ

 

“Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak: (1) orang yang berpuasa hingga ia berbuka, (2) imam yang adil dan (3) doa orang yang dizalimi.” (HR Tirmidzi 3522)

 

Dengan demikian setiap muslim yang berpuasa hingga berbuka selama bulan Ramadhan memiliki peluang yang begitu besar doanya akan dikabulkan Allah SWT.

 

 

 

Saat berbuka

 

 

 

buka puasaSource: halolamongan

 

Menjelang adzan Maghrib tiba ada baiknya jika setiap muslim diminta untuk banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT. Hal ini karena waktu ini merupakan saat-saat paling mustajab terkabulnya doa kita.

 

إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

 

“Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah; hasan)

 

 

 

Sepertiga malam terakhir

 

 

 

shalatSource: arrahmah

 

Diantara waktu-waktu mustajab di bulan ramadhan adalah sepertiga malam yang terakhir. Di bulan Ramadhan, berdoa di waktu ini lebih mudah bagi banyak orang karena umumnya waktu ini adalah waktu sahur.

 

Namun, sayangnya waktu inilah yang justru banyak dilewatkan oleh sebagian besar kaum muslim.
Dalam sebuah hadis, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

 

Dengan melakukan shalat, berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT. Dzat yang Maha Agung itu menjanjikan terkabulnya doa serta kehidupan yang baik bagi hambanya yang meminta.

 

Source : Bersamadakwah

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori