Wah! Ketua MPR Haramkan Rokok

0
Wah! Ketua MPR Haramkan Rokok
0 (0%) 0 votes
Ketua MPR Zulkifli Hasan

Pasal Kretek dalam RUU Kebudayaan sedang hangat dibicarakan belakangan ini. Banyak pihak yang pro kontra. Salah seorang tokoh yang dengan tegas menolak pasal tentang rokok itu, dan juga RUU Pertembakauan adalah Ketua MPR Zulkifli Hasan. Menurutnya, sudah sangat jelas rokok yang  tersebut dinilai sangat merugikan masyarakat, baik secara ekonomi maupun kesehatan.

 

Saya mengharamkan rokok, karena tidak ada manfaatnya. Bahkan urusan begitu, merokok itu tergolong sirik. Bukan hanya haram lagi,” tegas Ketua MPR Zulkifli Hasan saat bertemu dengan Komisi Nasional Pengendalian Tembakau di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2015). Menurutnya, merokok adalah pekerjaan yang sia-sia yang dapat mendatangkan penyakit. Dia juga menilai merokok adalah budaya yang tidak elok, sehingga tak pantas masuk dalam RUU Kebudayaan. Makanya, dia mengajak semua pihak untuk berjuang bersama-sama.

 

Selama ini, orang miskin jadi pihak yang paling terdampak karena rokok. Ketua MPR Zulkifli Hasan menyebut petani mampu membeli rokok seharga Rp 10 ribu – 15 ribu, namun selalu mengatakan tak punya uang saat anaknya minta dibelikan buku. Sementara orang yang terdidik sudah paham mengenai kerugian dan bahayanya, sehingga tidak merokok. Ditambahkannya, dia juga percaya Indonesia masih bisa melakukan pembangunan tanpa pajak atau cukai dari rokok. Dia mengambil contoh Singapura yang melarang ketat peredaran rokok, namun pendapatannya tetap saja besar.

 

Sumber: Republika

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori