Uang Hasil Razia Ilegal Ini Akan Membuatmu Takjub! Uedan!

Budi Haryanto menambahkan, para oknum polisi itu ditangkap saat mereka tengah asyik menghitung uang hasil pungli kepada pengendara motor.
0
Uang Hasil Razia Ilegal Ini Akan Membuatmu Takjub! Uedan!
5 (100%) 1 votes
Razia-Polisi

Entah setan apa yang merasuki pikiran polisi-polisi ini. Bukannya mengayomi dan melindungi masyarakat, tujuh oknum berseragam cokelat ini malah memalak pengendara motor dengan menggelar razia ilegal.

 

Kasus memalukan bagi lembaga penegak hukum terjadi di Kota Semarang, tepatnya di ruas jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik yang merupakan jalur utama menuju Kota Solo dan Jogjakarta. Seperti biasa, para oknum polisi bejat ini mengincar kendaraan-kendaraan selain plat H alias plat luar kota.

 

 

Beruntung, sebelum makin banyak pengendara yang menjadi korban, Petugas Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Tengah berhasil membubarkan razia ilegal yang tanpa disertai Surat Perintah (Sepei)itu.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Propam Polda Jawa Tengah Kombes Pol Budi Haryanto, membenarkan adanya penaagkapan terhadap tujuh anggota polisi yang melakukan razia ilegal dan pungli.

 

“Mereka melanggar disiplin, melakukan pungli (pungutan liar),” ungkap Budi saat dihubungi via telepon seluler (ponsel), Minggu (28/8/2016).

Source: daerah.sindonews.com

 

Budi Haryanto menambahkan, para oknum polisi itu ditangkap saat mereka tengah asyik menghitung uang hasil pungli kepada pengendara motor. Hasilnya pun cukup banyak, hanya dalam waktu dua jam melakukan razia ilegal ketujuh polisi itu berhasil meraup uang sebanyak Rp5 juta.

 

Lebih lanjut Budi menegaskan bahwa penindakan terhadap oknum polisi tersebut dilakukan sesuai dengan perintah Kapolri Jendral Tito Karnavian yang menginginkan pembersihan terhadap sesuatu yang tidak benar, salah satunya pungli. Dan uang ahsil pungli tersebut nantinya akan digunakan sebagai barang bukti ke Polda Jawa Tengah.

 

“Selanjutnya kami serahkan ke Polrestabes Semarang untuk proses disiplinnya,” katanya. (ant

Source: jogja.tribunnews.com

 

Diketahui, ketujuh polisi nakal itu terdiri dari anggota polisi lalu lintas di lingkungan Polrestabes Semarang, anggota Polsek Banyumanik dan anggota Propam Polrestabes Semarang.

 

Gilanya, dari ketujuh tersangka itu ada satu perwira berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) dan anggota Unit Provos Seksi Propam Polrestabes Semarang.

 

“Penindakan ini kan sesuai perintah Kapolri untuk menertibkan yang enggak-enggak bener itu. Salah satunya soal pungli. Sekarang dalam proses pemberkasan untuk sidang disiplin (di Polrestabes Semarang), sesuai ankumnya (atas hukumnya),” lanjutnya.

Source: daerah.sindonews.com

 

Menurut sumber di kepolisian, pelanggaran disiplin yang dilakuakn para tersangka termasuk dalam pelanggaran berat. Meski begitu, sanksi yang diberikan tidak akan sampai pada pemecatan, karena menurutnya palanggaran semacam ini bukan termasuk kode etik.

 

 

“Jadi razia itu ilegal karena tidak ada surat perintah pimpinan. Itu razia inisiatif sendiri (cari-cari uang). Itu pelanggaran disiplin berat, karena bukan kode etik profesi,” tambah sumber yang enggan disebut identitasnya.

Source: daerah.sindonews.com

 

Sumber : Okezone

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori