Typo di Prasasti Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung!

Ternyata, dalam prasasti yang di ukir diatas batu tersebut terdapat kesalahan dalam penulisan kata “Pembangunan”, dalam Prasasti tersebut tertulis “Pembagunan”,
0
Typo di Prasasti Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung!
0 (0%) 0 votes
000001prasastisalah2

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Peresmian tersebut dilakukan di perkebunan teh Mandalawangi Maswati, Kabupaten Bandung Barat, hari ini (Kamis, 21/1). Dalam peresmian tersebut Presiden Jokowi hadir untuk menandatangani batu prasasti proyek kereta cepat Jakarta Bandung, sebagai penanda diresmikannya pembangunan transformasi masal tersebut.

 

Sebelum menandatangani prasasti, Presiden Jokowi bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Gubernur DKI Basuki Tjahya Purnama, Dirut KCIC, dan dari konsirsium kereta cepat China, bersama-sama menekan tombol sirine sebagai tanda dimulainya pembangunan.

 

 

 

Jokowi resmikan pembangunan kereta cepat

 

 

 

salah penulisan peresmian kereta cepat jakarta bandung.jpg 1Source: Sindonews

 

 

Peletakan batu pertama ditandai dengan pembangunan rel pertama untuk kereta cepat tersebut oleh Presiden Jokowi.

 

 

Namun, ada hal yang aneh dalam peresmian prasasti groundbreaking kereta cepat Jakarta-Bandung yang ditandatangani oleh Jokowi. Ternyata, dalam prasasti yang di ukir diatas batu tersebut terdapat kesalahan dalam penulisan kata “Pembangunan”, dalam Prasasti tersebut tertulis “Pembagunan”, Harusnya tertulis pembangunan, bukan pembagunan

 

Walini 21 Januari 2016 PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBAGUNAN KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG ditandatangani Ir JOKO WIDODO PRESIDEN RI’.

 

 

 

Typo dalam prasati batu

 

 

 

salah penulisan peresmian kereta cepat jakarta bandung.jpg 1Source: Harianbernas
Meski terdapat kekurangan dalam kata “pembangunan”, Presiden Jokowi tetap membubuhkan tanda tangan dalam prasasti tersebut. Hingga kini belum ada penjelasan lebih lanjut terkait kesalahan penulisan tersebut.

 

Dalam acara tersebut Presiden Jokowi hadir ditemani beberapa menteri, yakni Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

 

Acara itu hadir pula Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

 

Sebagaimana diketahui, proyek kereta cepat jakarta-Bandung adalah proyek kerjasama antara pemerintah RI-China yang diperkirakan akan rampung pada 2019. Apabila rampung, maka waktu tempuh perjalanan Jakarta-Bandung akan menjadi lebih singkat, yaitu hanya 35 menit.

 

 

 

Pembangunan kereta cepat dimulai

 

 

 

-presiden-jokowi-resmikan-pembangunan-kereta-cepat-jakarta-bandung-Q09_highresSource: Sindonews

 

 

Kereta cepat Jakarta-Bandung dibangun dengan biaya 5,573 miliar dolar AS oleh PT Kereta Cepat Indonesia Cina yang merupakan konsorsium BUMN Indonesia dan Konsorsium China Railways dengan skema business to business.

 

Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung akan berjarak 140,9 km, menghubungkan empat stasiun: Halim (Jakarta, Karawang, Walini dan Tegal Luar (Bandung.) Nantinya di setiap stasiun akan dibangun Transit Oriented Development (TOD) untuk mendorong lahirnya sentra ekonomi baru di koridor Jakarta-Bandung.

 

Typo alias salah penulisan dapat berakibat fatal, apalagi sekelas lembaga negara. Ketepatan penyebutan kata dalam lembaga negara sangatlah penting.

 

Mungkinkah prasasti itu sekonyong-konyong ditulis? Jika itu yang terjadi, sungguh memalukan. Masak sekelas lembaga negara tidak ada check and recheck? Salah kok berkali-kali. Bagaimana menurutmu?

 

Mari share dan jangan lupa berikan komentarmu.

 

 

Source : Harianbernas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori