Tunggu Lampu Indikator Mati Sebelum Menyalakan Motormu

Kalau lampu indikator itu tidak mati, dan justru terus berkedip, maka dapat dipastikan ada yang salah dari sistem injeksi.
0
Tunggu Lampu Indikator Mati Sebelum Menyalakan Motormu
0 (0%) 0 votes
thumb-injeksi

Berapa lama biasanya kamu manasin motor? 5 menit, 10 menit? Satu jam? Bhahaha, nggak usah bro, kelamaan!

 

Manasin sepeda motor sebelum cap cus itu emang udah menjadi kebiasaan banyak orang. Tapi, ada lho motor yang nggak perlu dipanasin lama-lama. Bahkan kalo dipanaskan malah jadi merusak motor. Motor apakah itu?

 

Jawabannya adalah sepeda motor injeksi. Buat kamu yang punya sepeda motor injeksi, manasi motor bukanlah agenda wajib yang musti dilakukan.

 

 

 

Lampu indikator

 

 

 

Deteksi-Awal-Kerusakan-Sistem-InjeksiSource: Oto86

 

 

Meski nyalain mesin motor injeksi bukan perkara sulit. Tapi, bukan berarti nggak ada hal yang perlu diperhatikan. Dan hal yang musti kamu perhatikan sebelum menyalakan mesin motor injeksi adalah menunggu lampu indikator mati terlebih dulu. Mengapa?

 

Dilansir Tribun, lampu indikator yang mati memiliki fungsi untuk memastikan bahwa tidak ada part injeksi yang bermasalah. Lampu indikator mati itu dilakukan agar si pengemudi memastikan komponen injeksi tidak ada yang bermasalah sebelum motor benar-benar dihidupkan.

 

Kalau lampu indikator itu tidak mati, dan justru terus berkedip, maka dapat dipastikan ada yang salah dari sistem injeksi. Kedipan motor pun ternyata punya artinya sendiri.

 

 

 

Lampu indikator

 

 

 

ilustrasi-lampu-indikator_Source: Tribun

 

 

Durasi kedipan yang berbeda menandakan adanya masalah di komponen yang berbeda pula. Sebagai contoh sepeda motor injeksi Yamaha. Menurut salah satu sumber di internet, nyala lampu indikator 1 detik dibacanya 10, sedangkan nyala dengan durasi 0,5 detik dibaca 1.

 

Lampu akan mati selama 1,5 detik sebagai penjeda dengan nyala sebelumnya. Terakhir, lampu yang mati selama 3 detik diartikan sebagai tahap awal untuk menunjukkan kerusakan lain.

 

Dari rumus ini, maka dapat disimpulkan bagian mana yang rusak. Misalnya, jika kedipan 1 detik terjadi dua kali, maka angkanya jadi 20. Lalu lampu 0,5 detik nyala sebanyak 8 kali, maka kode kerusakan adalah 28 (20+8). Di motor Yamaha, angka 28 merupakan kode kerusakan dari sensor suhu mesin.

 

Nah, bagaimana sekarang sudah tahu kan cara nyalain motor injeksi yang benar? Jangan lupa bagikan informasi ini ke teman-temanmu ya!

 

 

Source : Tribun

Hello Comment 45Sort by


user Anonim
2016/04/26 08:48

Ilmu yang bermanfaat walaupun sederhana penjelasannya,terima kasih kawan

user Anonim
2016/04/24 05:00

aku juga gak pernah manasin.. karna aq keluar malam hari .. kan gak ada matahari.

user Anonim
2016/04/23 23:59

Taiiii yg buat artikel

user Anonim
2016/04/23 08:57

Ya,.pnskan lbih bgus,,tp tk hrus wajib,,,kcuali motor ente pakek mesin ber turbo.....!???

user Anonim
2016/04/22 09:58

Pernah lampu injeksi kedip2 terus.
setelah dicek dibengkel ternyata kabel speedo meter putus & speedo meter gak jln.
Itulah kelebihan motor injeksi, kerusakan sekecil apapun bisa langsung terdeteksi bukan hanya yg berhubungan dg sistem injeksi saja.



Load more comment...
Load more all comment...

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori