Toyota Segera Produksi Massal Mobil Hidrogen Pertama!

Mobil berbahan bakar hidrogen, bukan lagi bagian film sci-fi, tetapi sudah jadi kenyataan. Mobil nya pun sudah terpajang di showroom mobil. Yuk kita cek...
0
Toyota Segera Produksi Massal Mobil Hidrogen Pertama!
0 (0%) 0 votes
Toyota-Mirai

 

Sudah lama kita mendengar tentang berbahan bakar hydrogen untuk kendaran bermotor seperti mobil dan sepeda motor. Hingga akhirnya, raksasa produsen mobil Toyota mewujudkannya, meluncurkan Toyota Mirai.
.

Toyota Mirai, mobil berbahan bakar  hydrogen

Toyota Mirai

Toyota Mirai [source: The Independent]

Mirai, artinya “masa depan” dalam bahasa Jepang, adalah mobil bertenaga hidrogen diproduksi secara massal pertama di dunia.

 

Mirai, artinya “masa depan” dalam bahasa Jepang, adalah mobil bertenaga hidrogen diproduksi secara massal pertama di dunia. Toyota bakal masuk Inggris musim gugur ini, tepat pada waktunya pembukaan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen publik pertama bulan depan di Inggris yang  yang buka 24 jam –tak jauh dari M1 dekat Sheffield.

 

Butuh dua dekade penelitian dan pengembangan hingga akhirnya menghasilkan mobil empat pintu yang kelihatan elegan bak sebuah karya seni. Toyota Mirai dapat menempuh 300 mil –bandingkan dengan sekitar 75 mil untuk kebanyakan mobil listrik –dan tangki hidrogen 5kg nya dapat terisi penuh dalam 5 menit.
Di markas Toyota di pusat Tokyo, yang Mirai – yang bakal dibandrol dengan harga sekitar £ 56.000 (=Rp. 1.2 Milyar) dipajang di tempat parkiran di samping armada sedan salon konvensional dan mini-van. Seiji Sano, kepala penelitian dan pengembangan raksasa otomotif Toyota, mengetahui bahwa sulit bagi mobil hydrogen untuk bersaing dipasaran, terlepas dari gaya dan teknologi revolusionernya.
“Tantangannya sekarang adalah untuk membuat mobil hidrogen menjadi normal,” kata Sano, yang telah bergabung dengan Toyota sejak awal 1990-an. “Sama seperti yang kita lakukan dengan hybrid melalui Prius. Mirai sebenarnya memiliki baterai an motor yang sama seperti kendaraan hybrid, tapi sel bahan bakarnya lah yang revolusioner.”

 

Sel bahan bakar yang terletak di bawah kursi pengemudi, menghasilkan listrik dari reaksi elektrokimia antara hidrogen dan udara. Gas hidrogen dikompresi dan disimpan dalam tangki tekanan tinggi di 10,000psi. Lalu hasilnya dikirim melalui membran yang memisahkan atom hidrogen menjadi elektron dan proton. Elektron menghasilkan arus listrik untuk menggerakkan motor dengan cara yang sama seperti baterai menjalankan mobil listrik. Proton yang dibebaskan kemudian digabungkan dengan oksigen di sisi lain dari membran dan keluar dari knalpot menjadi air, 2H2 + O2=2H2O

 

Mesin Toyota Mirai

Sistim sumber tenaga padaToyota Mirai

Sistim sumber tenaga padaToyota Mirai [source: The Independent]

“Hal ini memerlukan kerjasama dengan insinyur kimia dan perusahaan kimia dengan cara yang belum pernah pembuat mobil manapun lakukan sebelumnya,” kata Sano.

 

Mobil Mirai ini belum benar-benar “ramah lingkungan” karena pengunaan hidrogen yang masih didapat dari hasil penyulingan minyak bumi seperti umumnya bahan bakar minyak berasal dari fosil. Karena itu kredensial lingkungan Mirai adalah tentang sama dengan mobil hibrid tradisional, yaitu tidak menghasilkan asap dan gas karbondioksida yang bisa menjadi beban bagi bumi.

 

Namun semua itu akan berubah, pemerintah Jepang memiliki rencana untuk membuat pasokan hidrogen pada 2030 menggunakan energi terbarukan. Perdana Menteri, Shinzo Abe, yang adalah penerima pertama Mirai, menyebutnya sebagai “fajar masyarakat hidrogen yang nyata”. Sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi ketergantungan Jepang pada tenaga nuklir setelah bencana Fukushima, ia mengumumkan subsidi £16.000 per kendaraan dan rencana untuk lebih dari 100 stasiun pengisian bahan bakar.

 

Situasi ini agak berbeda di Inggris, di mana Pemerintah telah berkomitmen dengan hanya £11m subsidi dan bersumpah untuk membangun hanya 15 stasiun pengisian bahan bakar hydrogen pada akhir tahun ini –suatu pendekatan yang membuat Mr. Sano memperingatkan bahwa Inggris akan tertinggal jauh kecuali “berinvestasi di infrastruktur ” ini.

 

Dennis Hayter, ketua Asosiasi Hidrogen dan Bahan Bakar Inggris, mengatakan pemerintah Inggris perlu “jaminan” tersedinya mobil hidrogen yang layak sebelum mendorong investasi.
“Saat ini, siapa saja yang membangun pabrik pengisian bahan bakar hidrogen akan merugi dan pemerintah telah mundur dari investasi yang diperlukan setelah mereka merasa dirugikan oleh pengeluaran untuk infrastruktur kendaraan listrik,” katanya.

 

Mr Sano, yang telah menghabiskan lebih dari 15 tahun bekerja pada sel bahan bakar hidrogen di Mirai, memahami skala tantangan. Dia melihat pilihan pemerintah dan pengemudi hadapi antara mobil hybrid, listrik atau mobil hidrogen sebagai “sama pentingnya” seperti penemuan mesin pembakaran internal pada akhir abad ke-19. “Kita menghadapi pergeseran paradigma dalam otomotif. Kita tidak tahu apa jawaban untuk transportasi dimasa depan, tapi kami pikir kami akan memulai karena lebih baik untuk bergerak maju, walaupun sedikit, daripada menunggu.”
Aspek yang paling mencolok dari tampilan futuristic Mirai adalah ventilasi udara besar di bagian depan mobil. Mereka memberikan tampilan yang berbeda, tetapi itu juga memiliki tujuan, menjaga sel bahan bakar tetap dingin.
Toyota, yang baru-baru telah menjual delapan juta unit mobil hibrida, mengambil pendekatan yang lebih hati-hati dengan Mirai. Menurut beberapa sumber, Toyota hanya menerima sekitar 1.500 pesanan awal tahun ini dan pengiriman  mungkin bisa mencapai waktu tiga tahun (pabrik membuat hanya 700 mobil per tahun).
Tapi karena mobil hidrogen ini masih tergolong masih sangat baru, tentu masih berpotensi untuk dikembangkan.

 

FYI aja nih, hydrogen bukan hanya sebagai bahan bakar mobil, bahkan produsen baterai handphone maupun notebook sedang menjajaki jenis sumber energi yang ramah lingkungan ini.

 

Seperti ramalan dalam film sci-fi ‘aja, suatu saat, bahan bakar fosil bakal ditinggalkan. Kapankah semua itu bakal terwujud? Sepertinya lebih cepat dari yang kita bayangkan ya…
Menurutmu, apakah perlu mengembangkan bahan bakar ramah lingkungan seperti penggunaan hydrogen ini? Atau kita tak perlu repot-repot memikirkan masalah lingkungan, toh kita tidak hidup selamanya?

 

Berikan komentarmu dan SHARE yuk!

.
source: The Independent

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori