Tonton Cara Aman dan Simpel Mengusir Nyamuk Berikut Ini!

0
Tonton Cara Aman dan Simpel Mengusir Nyamuk Berikut Ini!
0 (0%) 0 votes
mosquito

Tinggal di daerah tropis seperti negri kita tercinta Indonesia memang menyenangkan! Sinar matahari dan hijaunya daun sepanjang tahun. Dengan rata-rata suhu dan kelembapan yang tidak terlalu esktrim. Pokoknya tropical paradise dah!

Tapi, dengan suhu yang cukup hangat ini, para nyamuk-nyamuk nakal juga ngerasa nyaman kayak kita nih. Nyamuk jadi berkembang biak dengan baik di daerah tropis. Biasanya sih kita langsung ke solusi mainstream: pakai obat nyamuk bakar, semprot atau bahkan yang sekali semprot tahan hingga 10 jam. Memang sih, cara-cara tersebut katanya relatif cukup aman, dan sebagian cukup terjangkau harganya.
FYI aja nih, di daerah yang terlalu dingin, nyamuk tidak bisa berkembang biak.

diluar ruangan, disarankan untuk memakai pakaian yg menutup kulit sebisa mungkin untuk menghindari gigitan nyamuk. [source: huffpost.com]

diluar ruangan, disarankan untuk memakai pakaian yg menutup kulit sebisa mungkin untuk menghindari gigitan nyamuk. [source: huffpost.com]

Aedes Aegypti, vektor pembawa penyakit dengue dan deman kuning [source: wikipedia.org]

Aedes Aegypti, vektor pembawa penyakit dengue dan deman kuning [source: wikipedia.org]

Tapi, ternyata ada cara tidak mainstream yang bisa jadi alternatif buat menghilangkan nyamuk di lingkungan tempat tinggal kita, yang juga murah, aman dan dijamin jauh dari bahan-bahan kimia aktif yang mungkin menyimpan bahaya tertentu bagi kesehatan, dan menggunakan alat/bahan yang dengan mudah kita dapatkan.

Mau tau caranya? Tonton video DIY (Do it yourself) cara pembuatan perangkap nyamuk berikut:

Seperti yang dikatakan video di atas, bahan-bahan yang dibutuhkan cuma botol bekas sofdrink ukuran 2 liter, ¼ cup gula coklat/putih(=sekitar 50 gram) dan 1 sendok teh ragi kue.
Lalu botol plastik dipotong 1/3 dari atas seperti yang ditunjukkan dalam video, masukkan air hangat 120 ml(=1/2 cangkir normal), lalu masukkan gula dan ragi, aduk sampai larut dan tercampur rata. Cairan yang dihasilkan akan jadi penarik buat nyamuk untuk menghampiri dan minum.

cut bottle

source: utube.com

Langkah terakhir, balikkan 1/3 botol tadi, letakkan terbalik hingga corongnya menghadap kebawah, pastikan tak ada celah dipinggiran atas botol. Dan juga perhatikan bahwa cairan tersebut jangan sampai menyentuh corong botol, supaya nyamuk yang masuk bisa terperangkap. Jangan lupa buka tutup botolnya.

source: utube.com

source: utube.com

Lalu, untuk alasan keamanan, letakkan perangkap nyamuk ini di sudut yang tidak bisa dijangkau anak-anak, untuk mencegah agar tidak terminum secara tak sengaja. Dan terangkan fungsi perangkap ini pada anak-anak yang sudah mengerti. Bukan karena karena cairan ini berbahaya bagi kesehatan, tapi sebaiknya tak minum cairan yang sudah dihinggapi nyamuk. Jorok dan mungkin sudah dihinggapi kuman!

Sebagi catatan, nyamuk menghisap darah hanya untuk tujuan reproduksi, dan cuma nyamuk betina yang menghisap darah, sementara makanan nyamuk jantan dan betina adalah nectar(pada bunga), sari buah, bahkan air gula, dll. Jadi inilah yang kita manfaatkan sebagai dasar pembuatan perangkap ini.

Yuk kita coba. Dan berikan komentarmu. Jangan lupa share ya…

source: huffpost.com

Hello Comment 3Sort by


user Anonim
2015/06/23 04:45

Udah pernah coba. Ga ada hasilnya, mlh ruangan jd bau....

user Anonim
2015/06/22 03:48

Kan itu udah dikasih tau cairannya campuran ragi kue dan gula dikasih air..makanya dibaca sampe tuntas dong.

user Anonim
2015/06/21 05:16

Cairan yn di gunakan caran apa??

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori