Tjahjo Kumolo Tegaskan Bahwa Perppu Bukan Serang Suatu Golongan

Mendagri Bantah Penerbitan Peraturan Pemerinta Pengganti Undang-Undang nomor 2 tahun 2017 dituduh untuk mematikan suatu ormas atau golongan
0
Tjahjo Kumolo Tegaskan Bahwa Perppu Bukan Serang Suatu Golongan
0 (0%) 0 votes
tjahjo kumolo

Protes  mengenai revisi UU mengenai ormas terus berdengung.  Menanggapi hal tersebut Mentri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo kembali memberikan penjelasan bahwa penerbitan Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang) 2/2017 tentang Ormas tidak menyasar suatu golongan atau oragansasi manapun. Menurut Tjahjo Perrpu diterbitkan karena adanya kekurangan pada UU nomor 17 tahun 2013 tentang ormas, sehingga perlu dilakukan evaluasi dan disempurnakan kembali.

 

Perppu tersebut diterbitkan karena ada suatu masalah yang tak bisa diselesaikan oleh undang-undang, sehingga dibutuhkan suatu aturan baru yang lebih mendetil agar masalah bisa segera diselesaikan.

 

Pada kasus ini UU 17/2013 tak bisa digunakan sebagai landasan hukum untuk mengadili lantara tak mencantumkan bab tentang larangan kepada ormas yang bertentangan dengan Pancasila. Selain itu Perppu tersebut menyempurnakan 2 hal tambahan yaitu mengenai tahapan sanksi administrasi dan penambahan ketentan sanksi pidana bagi pelanggar.

 

Selain itu revisi undang-undang tersebut didasari oleh desakan dari elemen-elemen masyarakat yang mendapati adanya pelanggaran keorganisasian masyarakat, seperti adanya bukti akurat mengenai ormas yang punya keinginan untuk menggati Pancasila dan UUD 1945.

 

Dia juga memastikan bahwa pembetukan revisi dari Undang-Undang tersebut sudah melalui proses yang panjang dengan melibatkan banyak pihak seperti pemerintah, ahli hukum, akademisi, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat. Sehingga dalam perumusannya dipastikan tidak ada unsur subjektif yang menyasar suatu golongan.

 

Lebih lanjut, dia menepis tudingan bahwa Perppu Ormas disusun sebagai bentuk otoriter pemerintah untuk mempersempit ruang gerak dari kebebasan berpendapat masyarakat. Menurutnya ini adalah suatu bentuk nyata pemerintah dalam menyikapi suatu keadaan yang dikhawatirkan akan memberkan impact negatif terhadap Indonesia.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori