4 Cara Tepat Memilih Sepatu Olahraga

Sepatu olahraga merupakan salah satu perlengkapan yang dibutuhkan ketika berolahraga. Berikut tips memilih sepatu olahraga sesuai kebutuhan dan jenis olahraga.
0
4 Cara Tepat Memilih Sepatu Olahraga
0 (0%) 0 votes
memilih sepatu

Sepatu merupakan salah satu fashion atau barang yang sangat berpengaruh untuk kerapihan dalam berpenampilan. Ada banyak sekali model sepatu saat ini yang digunakan dalam acara acara ataupun kegiatan tertentu. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan sepatu ialah berolahraga. Nah, dalam hal tersebut, kamu juga harus berhati hati dan memperhatikan beberapa hal untuk memilih sepatu olahraga.

 

 

 

Memilih sepatu yang pas untuk berolahraga ternyata bukanlah suatu hal yang mudah atau begitu saja memilih. Kamu memerlukan beberapa waktu untuk menyesuaikan gaya pribadi dengan fungsi sepatu sebelum kamu menentukan sepatu yang akan kamu pilih. Pengetahuan yang lebih akan sangat membantu kamu untuk memilih sepatu olahraga.

 

 

Baca Juga : Foto Sepatu Nike Dengan Model Paling Tenar

 

 

 

Kesalahan memilih sepatu untuk berolahraga ternyata menyebabkan ketidaksesuaian dengan aktivitas olahraga yang juga dapat menimbulkan beberapa keluhan. Keluhan tersebut dapat beruba kaki lecet, rasa sakit dibagian betis, rasa sakit pada tendon Achilles di bagian belakang kaki, nyeri pada punggung, sakit pinggul dan juga sakit lutut. Nah, untuk itu supaya memudahkan kamu dalam hal memilih sepatu olahraga, hello-pet akan membahas mengenai beberapa cara memilih sepatu olahraga yang tepat.

 

 

 

 

Memilih Sepatu Olahraga Sesuai Kebutuhan Kamu

 

memilih sepatu
via sukagolf.com

 

Olahraga memang merupakan salah satu kegiatan yang amat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Untuk itu, kamu sangat dianjurkan untuk berolahraga dengan teratur supaya imun kekebalan tubuh kamupun bertambah. Berolahraga sebanyak tiga kali atau lebih setiap minggunya membuat kamu akan membutuhkan sepatu untuk berolahraga. Ada beberapa kategori dalam sepatu olahraga yaitu diantaranya ialah sepatu untuk berjalan, sepatu untuk lari, dan sepatu untuk olahraga lapangan. Selain itu, ada juga sepatu untuk outdoor atau sepatu khusus olahraga lainnya.

 

 

Berikut ini ada beberapa sepatu olahraga yang sangat umum digunakan :

 

 

  • Sepatu Lari

 

 

Ada beberapa jenis sepatu untuk berolahraga yang salah satunya ialah sepatu khusus untuk lari. Sepatu jenis yang satu ini sangat fleksibel sehingga dapat mendukung kamu untuk menekuk tiap kali penggunanya melangkah. Jenis sepatu yang sangat ini sangat tidak cocok kalau digunakan untuk olahraga yang lainnya. Misalnya untuk tenis yang membutuhkan gerakan ke samping. Untuk memilih sepatu lari, sebaiknya kamu memilih sepatu yang enteng atau tidak berat sehingga memudahkan kamu dalam berlari.

 

 

 

 

  • Sepatu Aerobik

 

 

Nah, kalau sepatu olahraga yang digunakan ini harus fleksibel sehingga mampu menopang dan menjadi bantalan yang menyerap sekaligus dapat menimalkan benturan pada kaki.

 

 

 

 

  • Sepatu Untuk Olahraga Lain

 

 

Untuk olahraga lainnya, sebaiknya kamu memilih sepatu yang tepat, guys. Ada sepatu khusus untuk olahraga lain seperti sepak bola, basket, voli, tenis dan sebagainya. Untuk itu, kalau kamu ingin berolahraga seperti itu, maka kamu harus memperhatikan sepatu yang kamu gunakan sehingga dapat membantu kamu untuk lebih handal dalam melakukan olahraga khusus tersebut.

 

 

Baca Juga : Anak Kecil Ini Berhasil Pukau Jutaan Orang!

 

 

 

Memilih Sepatu Olahraga Dari Ukuran Panjang Sepatu

 

memilih sepatu
via halomoney.co.id

 

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan untuk menentukan sepatu olahraga yang akan kamu pakai untuk berolahraga ialah panjang sepatu tersebut. Panjang sepatu merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk memilih sepatu olahraga yang akan kamu gunakan. Kamu harus mengetahui berapa panjang sepatu yang akan sangat cocok untuk kaki kamu. Bersahabatlah dengan pikiran kamu untuk tidak memilih sepatu yang terlalu besar atau terlalu kecil. Memilih panjang sepatu juga harus memperhatikan olahraga apa yang akan kamu lakukan.

 

 

Jika kamu ingin melakukan olahraga berlari, maka sebaiknya kamu memilih sepatu yang menyisakan sedikit ruang untuk digunakan pada bagian ujung kaki saat kamu berjalan ataupun berlari sehingga tidak membuat kaki kamu sakit. Selain itu, kalau kamu ingin berolahraga khusus seperti bermain sepak bola, maka rekomendasi untuk memilih sepatu tersebut ialah tidak ngepas. Kalau kamu memakai sepatu yang terlalu pas dengan ukuran kaki kamu dan kamu gunakan untuk olahraga sepak bola atau futsal misalnya, lama kelamaan kamu pakai sepatu tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri dibagian depan dan belakang kaki.

 

 

Untuk itu, sebaiknya kamu juga menyisakan ruang gerak untuk kaki kamu kalau kamu ingin melukan olahraga sepak bola atau futsal. Pilihkan ukuran panjang sepatu sesuai dengan kenyamanan kamu. Namun, lebih baik kamu memilih sepatu dengan panjang yang dapat menyisakan ruang untuk kaki kamu sehingga tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

 

 

Baca Juga : Kisah Inspiratif Atlit Panahan Indonesia Yang Mengalahkan Juara Dunia di Olimpiade Rio

 

 

 

Memilih Sepatu Olahraga Dari Lebar dan Berat Sepatu

 

memilih sepatu
via astrisulaika.blogspot.co.id

 

Selain panjang ukuran sepatu, lebar dan berat juga merupakan hal yang harus kamu perhatikan untuk memilih sepatu berolahraga. Kalau kamu tidak memperhatikan hal ini, akan menyebabkan beberapa hal yang sangat tidak diingankan yang dapat membuat kaki kamu cedera.

 

 

Pertama, kita akan membahas lebar sepatu. Memperhatikan lebar sepatu untuk berolahraga sebenarnya sama dengan memperhatikan panjang sepatu yang sudah kita bahas tadi. Setiap manusia pastinya memiliki lebar kaki yang berbeda beda, ada yang memiliki kaki yang sangat lebar dan juga ada yang memiliki lebar kaki yang sangat kecil, namun juga ada yang memiliki lebar kaki yang normal pada umumnya. Untuk itu, kamu harus mengetahui lebar kaki sendiri sebelum memilih sepatu yang akan kamu gunakan untuk kegiatan berolahraga.

 

 

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan berat sepatu yang akan kamu gunakan untuk berolahraga. Berat di sini mengacu pada dua hal, yaitu berat penggunanya dan juga berat sepatu. Kalau kamu memiliki berat badan yang lebih atau berat badan kamu tinggi, maka kamu harus memilih sepatu dengan kelenturan yang sesuai.

 

 

Sementara itu, berat sepatu harus kamu perhatikan karena mengingat sepatu tersebut akan kamu bawa ke mana-mana. Berat sepatu yang ringan tentunya akan membuat kamu lebih mudah untuk berolahraga. Memilih sepatu yang tepat untuk berolahraga diperlukan sepatu yang ringan karena hal tersebut tentunya akan membantu kamu untuk menempuh jarak lari yang panjang atau jauh, karena sepatu ringan tentu lebih baik.

 

 

Baca Juga : Ayo Berolahraga Bersama Tokoh Kartun Gendut Yang Imut Ini!

 

 

 

 

Memilih Sepatu Olahraga Dengan Memperhatikan Tipe Pronantion

 

memilih sepatu
via parentoday.com

 

Nah, untuk hal yang terakhir yang harus kamu perhatikan untuk memilih sepatu berolahraga ialah perhatikan tipe pronantion kaki kamu sendiri. Pronantion merupakan posisi kelenturan kaki saat menggunakan sepatu untuk berjalan ataupun berlari. Pronantion sendiri di sini berhubungan dengan sendi bawah pergelangan kaki dan sendi sublatar. Kenyamanan pronantion menjadi salah satu faktor yang sangat penting yang harus kamu perhatikan sebelum memilih sepatu olahraga.

 

 

Sebagai saran atau rekomendasi, pilihlah sepatu berolahraga dengan tingkat kelenturan yang tinggi dan tidak mudah rusak. Hal tersebut dapat mempermudah langkah kamu ketika melakukan olahraga apapun. Dengan begitu, kaki kamu juga tidak akan mudah pegal atau lelah karena tingkat kelenturan sepatu yang kamu pakai itu tinggi.

 

Baca Juga : Foto BMX Keren dari Instagram @BdgBMX

 

 

Itulah beberapa hal yang sangat harus kamu perhatikan untuk memilih sepatu. Ingat untuk selalu memperhatikan hal tersebut agar terhindar dari segala hal hal yang sangat tidak diinginkan. Salah memilih sepatu dapat membuat kamu tidak nyaman saat melakukan kegiatan berolahraga.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori