Thailand Diminta Menerima Kedatangan Pengungsi Rohingya!

Pembantaian yang terjadi di Rakhine rupanya membuat sejumlah muslim Rohingya yang selamat memilih untuk mengungsi ke sejumlah negara tetangga. Salah satunya...
0
Thailand Diminta Menerima Kedatangan Pengungsi Rohingya!
0 (0%) 0 votes
pengungsi rohingya

Pembantaian Rohingya yang sampai saat ini menjadi salah satu topic pembahasan sejumlah pihak rupanya masih menyisakan cerita yang cukup memprihatinkan. Siapa yang menyangka jika para korban pembantaian yang masih selamat berbondong-bondong untuk mendatangi negara tetangga terdekat demi meyelamatkan diri. Tak hanya mendatangai Bangladesh, korban yang mayoritas merupakan muslim tersebut juga mendatangi Thailand yang memang merupakan negara tetangga dari Myanmar.

 

Sayangnya, para pengungsi yang telah menggunakan perahu untuk mencapai Thailand justru mendapat penolakan dari pemerintah setempat. Tidak heran jika aksi tersebut mendapat kecaman dari sejumlah kelompok HAM. Bahkan, kelompok HAM tersebut meminta agar pemerintah Thailand mau menerima kedatangan para pengungsi untuk menghindari gelombang manusia perahu atau pun praktik penyelundupan manusia.

 

Sebagai tambahan informasi, warga Rohingya sendiri rupanya tidak diakui sebagai warga negara Myanmar. Tidak heran jika banyak warga Rohingya yang memutuskan untuk mendatangi negara tetangga. Salah satunya adalah Thailand. Disinggung mengenai hal ini, Audrey Gaughran selaku perwakilan dari Amnesty International menyebut jika Thailand gagal melindungi para pengungsi tersebut.

 

Tak hanya itu saja, aktivis dari Fortify Rights juga sempat merilis sebuah surat terbukan untuk pemerintah Thailand. Surat tersebut berisikan agar Thailand menghentikan kebijakannya mengusir pengungsi. Aktivis tersebut juga meminta agar pemerintah dapat memberikan perlindungan bagi para pengungsi Rohingya yang mendatangi wilayah Thailand.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori