Ternyata Soeharto Dulu Juga Suka Blusukan Diam-diam Lho

Tak hanya Presiden Joko Widodo, Presiden Soeharto juga hobi blusukan namun dengan secara rahasia dan tertutup.
0
Ternyata Soeharto Dulu Juga Suka Blusukan Diam-diam Lho
0 (0%) 0 votes
soeharto

Rakyat Indonesia pasti tau bahwa Presiden Joko Widodo gemar melakukan ‘blusukan’ yakni mengunjungi tempat-tempat tak tertentu. Tapi rupanya, tak hanya Presiden Jokowi yang gemar melakukannya, dulu Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto juga memiliki hobi yang sama, namun cara mereka berbeda.

 

Pada masa kepemimpinan Soeharto, tidak ada istilah khusus untuk menyebut inspeksi mendadak yang kini dikenal dengan nama ‘blusukan’. Soeharto melakukannya tanpa ada penyambutan keramaian karena semua dilakukan serba rahasia.

 

Pengalaman unik pun dirasakan oleh Try Sutrisno pada tahun 1947 saat dirinya masih menjadi ajudan Soeharto. Try pun mengisahkan kala itu Soeharto tiba-tiba memerintahkan dirinya untuk segera menyiapkan mobil dan pengamanan seperlunya.

 

Soeharto

 

soeharto

 

Source: nasional.kompas.com

 

“Siapkan kendaraan, sangat terbatas. Alat radio dan pengamanan seperlunya saja dan tidak perlu memberitahu siapa pun,”

 

Perintah Soeharto seperti yang dikenang Try Sutrisno dalam buku “Soeharto: The Untold Story”.

 

Perjalanan rahasia yang dilakukan oleh Soeharto ini berlangsung selama dua pekan. Di sana hanya ada Try, Dan Paspampres Koloner Munawar, Komandan Pengawal, satu ajudan, Dokter Mardjono dan mekanik Pak Biyanto yang mengurus kendaraan serta turut ikut dalam perjalanan.

 

Soeharto

 

harto

 

Source: batam.tribunnews.com

 

Di luar rombongan ini, hanya Ketua G-I/S Intel Hankam Mayjen TNI Benny Moerdani yang mengetahuinya. Panglima ABRI ketika itu bahkan tidak tahu bahwa presiden sedang berkeliling dengan pengamanan seadanya ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

 

Kala itu, dalam kenangan Try Sutrisno, Indonesia tengah memasuki tahap Pelita II. Sehingga, Soeharto merasa harus turun langsung guna memantau program-program pemerintah dilaksanakan. Dengan melakukan perjalanan rahasia seperti ini, Soeharto bisa melihat kondisi desa apa adanya dan mendapat masukan langsung dari masyarakat.

 

“Kami tidak pernah makan di restoran, menginap di rumah kepala desa atau rumah-rumah penduduk. Untuk urusan logistik, selain membawa beras dari Jakarta, Ibu Tien membekali sambal teri dan kering tempe. Benar-benar prihatin saat itu,” tutur Try.

 

Soeharto

 

hrto

 

Source: news.okezone.com

 

Biarpun perjalanan ini sudah ditutup rapat, kedatangan presiden pun akhirnya bocor sampai ke telinga pejabat setempat. Para pejabat daerah pun langsung geger hingga memarahi Try Sutrisno karena tidak diberi kesempatan untuk menyambut presiden. Try pun tidak bisa berbuat banyak karena perjalanan ini adalah kemauan Soeharto.

 

Try yang di kemudian hari menjadi Wakil Presiden ini pun melihat Soeharto yang begitu menikmati perjalanan keluar masuk desa. Semua hal yang ditemui di lapangan dicatat Soeharto untuk jadi bahan dalam rapat kabinet.

 

Bahkan saat ajudannya salah mengambil jalan hingga tersasar, Soeharto tidak marah. Padahal, ia mengetahui betul seluk beluk wilayah itu. Dalam ingatan Try, Soeharto kala itu hanya tersenyum.

 

Perjalanan incognito itu pun berakhir di Istana Cipanas dengan kondisi semua lelah. Try mengungkapkan, Soeharto mempersilakan para pembantunya untuk makan terlebih dulu daripada dirinya.

 

Di balik sikap otoriternya, rupanya Soeharto juga sangat murah hati ya! Bagaimana menurutmu?

 

Source: nasional.kompas.com

Hello Comment 20Sort by


user Anonim
2016/08/03 08:34

Andai pak Harto masih jadi presiden mungkin Indonesia lebih baik dari sekarang. Kangen jg dgn kepemimpinan beliau.

user Anonim
2016/07/16 12:37

Biar gimana tetap enakan jaman nya pak harto, biar kata orang pak harto bilang nya gak adil, tapi nyata nya pak harto bisa membuat masyarakat tentram, coba kalau gak ada pak Harto pulau jawa sudah penuh, dengan ada nya pak Harto ada transmigrasi, rakyat akhir nya sejahtera, maaf sekarang apa yang di dapat dari presiden sekarang, apa2 sekarang menjadi mahal kan.

user Anonim
2016/07/15 11:31

Ya..pak Soeharto tetep jadi idola saya...mikirin negara skrg ini bnr2 bikin kita pusing..udah semua harga naik setinggi langit..keamanan g stabil..utang negara smkin melambung...hadeeh..

user Anonim
2016/07/11 14:34

Pak Harto....kangen dengan kepemimpinanmu

user Anonim
2016/07/10 05:29

Pd intinya semua pemimpin[presiden] dr pakarno sampai p jokowi itu bagus.sy masyarakat sgt mendambakan sosok pemimpin p harto



Load more comment...
Load more all comment...

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori