Ternyata Pabrik Mobil Esemka Sedang Dibangun Lho

Ini sudah mulai tahap pemasangan rangka baja. Proyek ini sudah berjalan sejak Januari lalu. Owner proyek ini adalah PT Adiperkasa Citra Esemka Hero dari Jakarta
0
Ternyata Pabrik Mobil Esemka Sedang Dibangun Lho
0 (0%) 0 votes
thumb-esemka

Jika selama ini banyak masyarakat yang kecewa akan nasib mobil Esemka yang menurut sebagian orang hanyalah hasil dari kedustaan Jokowi, nampaknya kekecewaan itu akan segera sirna dan tergantikan dengan harapan baru yang lebih baik.

 

Bagaimana tidak, belakangan tanpa banyak diketahui orang, diam-diam mobil Esemka mulai membangun parbik otomotif nasional. Dilansir Solopos, pabrik mobil Esemka mulai dibangun di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali.

 

 

 

Jokowi pamerkan mobil Esemka

 

 

 

167882_mobil-esemka-dikirab_663_382Source: Kaskus

 

 

Deketahui, pembangunan pabrik sudah dimulai sejak Januari lalu. Pabrik Esemka akan dibangun dengan luas tanah total mencapai 11,4 hektare. Tanah yang digunakan adalah tanah kas desa Demangan dengan status sewa selama 30 tahun.

 

Puluhan pekerja tampak sibuk membangun pabrik, Rabu (2/3). Material bangunan seperti baja juga mulai didatangkan. Peta proyek dengan judul Project Esemka Solo juga sudah terpasang di di kantor pelaksana proyek yang ada di lokasi. Diketahui, investor pabrik Esemka adalah PT Adiperkasa Citra Esemka Hero dengan pelaksana proyek adalah PT Ghewantika Konstruksi.

 

“Ini sudah mulai tahap pemasangan rangka baja. Proyek ini sudah berjalan sejak Januari lalu. Owner proyek ini adalah PT Adiperkasa Citra Esemka Hero yang berbasis di Jakarta,” kata penanggung jawab proyek, Budiyanto, Rabu (2/3/2016).

 

Pembangunan pabrik mobil Esemka akan dilakukan bertahap. Tahap pertama adalah pembangunan show room seluas 15 meter x 30 meter persegi dan assembly hall stage atau gedung perakitan seluas 60 meter x 100 meter persegi.

 

 

 

Pabrik mobil Esemka mulai dibangun

 

 

 

Pabrik-mobil-Esemka-di-Desa-DemanganSambidalam-proses-pembangunan-595x340Source: Timlo

 

 

“Sebenarnya masih ada beberapa gedung lagi yandg akan dibangun tetapi tahap pertama ini kami dikontrak untuk membangun dua gedung dulu,” kata Budiyanto, tanpa bersedia menyebut nilai proyek.

 

Belum diketahui secara pasti rencana kapasitas produksi mobil Esemka tersebut karena penanggung jawab dari PT Adiperkasa Citra Esemka Hero tidak berada di lokasi.

 

Saat ini, proyek tahap pertama sudah berjalan 20%. Pertengahan bulan ini bentuk bangunan show room diperkirakan sudah mulai berdiri. “Untuk pembangunan show room dan gedung perakitan ditarget selesai Mei.”

 

Sekretaris Desa (Sekdes) Demangan, Suyamto, berharap setelah pabrik mobil Esemka didirikan di Demangan, warga Demangan bisa bekerja di pabrik tersebut. Suyamto mengaku tidak paham betul siapa yang berinvestasi di pabrik tersebut.

 

 

 

Dibangun dengan luas 11,4 hektare

 

 

 

wpid-pabrik-esemka.jpgSource: Metrojateng

 

 

 

“Kami tahunya itu pabrik mobil Esemka-nya Pak Jokowi. Tapi beliau belum pernah ke sini, yang sudah pernah ke Demangan melihat pembangunan pabrik Esemka Pak Bupati (Seno Samodro),” kata Suyamto.

 

Suyamto juga membenarkan tanah yang dipakai untuk pabrik Esemka adalah tanah kas desa seluas 11,4 hektare dengan masa sewa 30 tahun. Biasanya, tanah kas desa itu menjadi sumber pendapatan desa untuk gaji perangkat. Saat ini pun, perangkat masih bisa menerima gaji dari pendapatan sewa tanah itu.

 

“Pembayaran sewa per tahun. Untuk tahun pertama ini, nilai sewanya Rp1.000/meter persegi jadi satu tahun pendapatan desa sekitar Rp114 juta,” kata Suyamto. Nilai sewa itu akan dievaluasi setiap tiga tahun sekali.

 

Menurut Suyamto, warga Demangan menyambut baik pendirian pabrik Esemka di wilayah yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Kantor Kecamatan Sambi, 20 kilometer dari kantor kabupaten dan 8 kilometer dari Bandara Adi Soemarmo. Demangan berada di wilayah Sambi paling timur berbatasan dengan Nogosari dan Ngemplak.

 

Bupati Seno Samodro membenarkan jalan Bangak-Sambi-Mangu akan jadi jalan nasional karena berkaitan dengan pembangunan pabrik Esemka yang berlokasi di Jl.Sambi-Mangu.

 

“Sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Kami sudah usulkan pembangunan nasional itu ke Pak Jokowi dan disetujui. Bagaimana tidak disetujui, hla itu jalan menuju pabrik Esemka punya Jokowi,” kata Seno.

 

 

Jika selama ini keberadaan mobil Esemka selalu dikonotasikan sebagai pencitraan dan kebohongan Jokowi, dengan dibangunnya pabrik mobnas ini adakah yang masih berani menyebut mobil Esemka hanya tipuan Jokowi belaka? Bagaimana menurutmu?

 

Silakan bagikan dan jangan lupa berikan komentarmu.

 

 

Source : Solopos

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori