Ternyata Manusia Dulu Kanibal! Fosil 100 Ribu Tahun Ini Buktinya!!!

0
Ternyata Manusia Dulu Kanibal! Fosil 100 Ribu Tahun Ini Buktinya!!!
0 (0%) 0 votes
Ternyata Manusia Dulu Kanibal! Fosil 100 Ribu Tahun Ini Buktinya!!!

Sebenarnya teori tentang bahwa manusia dulunya bersifat kanibal telah kita dengar sejak lama. Dan sekali lagi, ada bukti yang menunjukkan bawha seorang anak manusia purba yang hidup 100.000 tahun yang lalu mungkin telah menjadi korban kanibalisme.

Jadi, baru-baru ini para peneliti menggali dua potong tulang paha, yang diduga milik sebuah spesies manusia yang sudah punah yang hidup di tempat yang sekarang sebagai Cina modern, menunjukkan adanya bekas gigitan.
Tulang yang diduga milik sebuah spesies awal manusia yang telah dijuluki “Xuchang Man” setelah ditemukan di situs 9 mil (15km) dari kota Xuchang di provinsi Henan China. Sisa-sisa diperkirakan sesuai mengisi “missing link” evolusi antara sisa-sisa yang disebut Peking Man dan Homo sapiens modern di Cina.

2 potong tulang paha “Xuchang Man” yang hidup sekitar 100ribu tahun yang lalu yang punya bekas gigitan [source: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3180365/]

2 potong tulang paha “Xuchang Man” yang hidup sekitar 100ribu tahun yang lalu yang punya bekas gigitan [source: http://www.dailymail.co.uk]

Menurut South China Morning Post, Li Zhanyang, seorang arkeolog yg memimpin penelitian telah meneliti tulang-tulang, mengatakan ada “tanda-tanda menggigit dan menggerogoti pada tulang.

Sementara bekas gigitan bisa saja ditinggalkan oleh hewan karnivora, mereka mungkin juga telah ditinggalkan oleh manusia purba lainnya. Berbicara kepada harian Guangming, Mr Zhanyang menambahkan: “Kemungkinan sesama Homonid makan kandungan gizi dari tulang, tidak bisa dikesampingkan.”

source: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3180365/

Tulang tengkorak XuChang Man[source: http://www.dailymail.co.uk]

Fragmen tulang paha yang ditemukan di tempat yang sama dengan enam belas buah tengkorak yang ditemukan pada tahun 2008. Tulang-tulang tersebut mengandung jejak dari fosil membran yang mengelilingi otak.

Arkeolog saat itu mengatakan tengkorak tersebut memiliki alis yang menonjol dan dahi kecil. Tengkorak kepala itu diduga milik laki-laki muda, mungkin seorang anak. Alat-alat batu kuno dan fosil hewan juga ditemukan di situs yang sama.

pecahan tulang xuchang man digali 2012[source: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3180365/]

pecahan tulang XuChang man digali 2012 [source: http://www.dailymail.co.uk]


Penemuan memberikan bukti penting dalam perdebatan kontroversial tentang apakah banyak penduduk China berkembang ada atau keturunan dari Homo sapien dunia yang bermigrasi di sana. Pandangan yang berlaku adalah bahwa semua manusia modern adalah hasil keturunan dari Homo sapiens yang bermigrasi keluar dari Afrika sekitar 70.000 tahun yang lalu.

Bukti DNA baru-baru ini juga telah menyarankan ada perkawinan awal antara manusia modern dan spesies punah seperti Neanderthal di Eropa dan Denisovans di Asia.

Missing link yang mengisi antara Peking Man dan manusia modern [source: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3180365/]

Missing link yang mengisi antara Peking Man dan manusia modern [source: http://www.dailymail.co.uk]

Bukti untuk kanibalisme di antara manusia purba telah ditemukan sebelumnya oleh arkeolog dan manusia purba yang diperkirakan mendapat banyak sumber daging dengan memanfaatkan tubuh manusia yang mati. Mungkin semacam cara bertahan hidup pada saat kekurangan makanan di musim dingin.

Apapun itu, manusia sebagai makhluk cerdas berakal-budi tak lagi mengijinkan praktek kanibalisme terjadi lagi dijaman sekarang ini.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori