Terancam Punah, Buah Kampung Ini Harganya Setengah Juta

Bagaimana tidak? Hal ini disebabkan karena harga untuk 1 kg buah ceplukan saja kini mencapai setengah juta rupiah lebih.
0
Terancam Punah, Buah Kampung Ini Harganya Setengah Juta
0 (0%) 0 votes
07012016 Buah Ciplukan

Kamu tahu buah ini? Ya, ini adalah buah ciplukan. Buah yang tumbuh liar di sawah dan ladang ini dulu bisa didapatkan dengan sangat mudah. Bahkan kamu bisa memperolehnya secara gratis.

 

Namun siapa sangka buah yang dulunya tak laku itu kini dijual dengan harga fantastis. Ceplukan atau ciplukan (physalis) Inilah sebutan atau nama dari tumbuhan yang buahnya lagi heboh naik daun dan menjadi perbincangan hangat di berbagai jejaring sosial karena harganya yang selangit.

 

Bagaimana tidak? Hal ini disebabkan karena harga untuk 1 kg buah ciplukan saja kini mencapai setengah juta rupiah lebih.

 

 

 

Ciplukan

 

 

 

manfaat buah ciplukanSource: Carasehat

 

 

Tak sekedar mahal, faktanya buah ini ternyata kaya akan nutrisi serta vitamin dan memiliki manfaat bagi tubuh yang sangat besar.

 

Ciplukan banyak mengandung zat-zat kimia yang banyak bermanfaat bagi tubuh kita diantaranya: C27H44O-H2O, asam sitrun, chlorogenik acid, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, saponin, flavonoid, polifenol, fisalin, withangulatin A, asam palmitat dan stearat, alkaloid, chlorogenik acid, kriptoxantin, vitamin C dan gula.

 

Tak hanya itu, seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai bahan obat. Berbagai penyakit seperti diabetes, epilepsi, hipertensi, borok, dan masih banyak lagi jenis penyakit yang dapat diobati dengan memanfaatkan ceplukan. Bahkan disebutkan pula bahwa ceplukan juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kanker.

 

Lantas kenapa harga buah ciplukan menjadi begitu mahal? Dilansir Eltelu, terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab mahalnya harga buah tersebut.

 

 

 

 

Buah kampung berharga fantastis

 

 

 

ciplukan-harganya-rp500-ribu-per-kg-2Source: Yudiweb

 

 

Salah satunya yaitu karena di beberapa tempat (terutama di daerah perkotaan) ceplukan telah menjadi tanaman langka sehingga untuk mendapatkan buahnya pun cukup sulit.

 

Oleh sebab itulah akhirnya mendorong terjadinya peningkatan harga karena buah ciplukan memang merupakan herba yang dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan ramuan obat tradisional.

 

Tak mengherankan lagi bila harganya terbilang tinggi karena ceplukan memang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan tidak mengherankan pula bila ada jenis ceplukan tertentu yang dijadikan sebagai tanaman budidaya yang buahnya diekspor ke berbagai negara.

 

Alangkah besar Kuasa Allah. Semua Ciptaan-Nya membawa manfaat. Namun sayangnya, kebanyak orang-orang awam seperti kita kurang paham akan hal ini, semoga ulasan tentang khasiat tumbuhan ciplukan ini bermanfaat buat kamu.

 

Mari share informasi bermanfaat ini dan jangan lupa berikan komentarmu.

 

 

Source : Eltelu

Hello Comment 1Sort by


user Anonim
2016/02/21 01:20

!S!WCRTESTTEXTAREA000000!E!

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori