Kamu Harus Tahu 6 Hal Penting Tentang Batik Tulis

Anda ingin tahu lebih banyak mengenai batik tulis? Kami mempunyai beberapa informasi yang harus anda ketahui tentang kelebihan serta kekurangan batik tulis ini.
0
Kamu Harus Tahu 6 Hal Penting Tentang Batik Tulis
0 (0%) 0 votes
batik tulis

Kesenian batik memang sudah selalu menjadi budaya bagi setiap masyarakat di daerah Indonesia. Di mulai sejak zaman kerajaan dulu, batik sudah sangat terkenal akan keindahan dan coraknya yang menawan. Pakaian yang mempunyai suatu corak serta motif unik tertentu sering digunakan oleh masyarakat bangsawan pada saat itu.

 

 
Seiring dengan berkembangnya waktu, batik menjadi semakin disukai oleh setiap masyarakat di Indonesia. Batik telah menjadi sebuah warisan budaya dunia yang telah diresmikan oleh UNESCO sejak tanggal 2 oktober 2009 yang telah membuat seluruh masyarakat Indonesia semakin bangga dengan adanya keberadaan kain batik tersebut.

 

 
Selain keunikan dan juga detail dari setiap corak kain batik, ternyata cara pembuatan batik tidak semudah seperti yang kalian kira. Karena dalam membuat sebuah kain batik itu membutuhkan sebuah ketelitian serta kesabaran. Salah satu cara membuat kain batik adalah dengan menggunakan batik tulis, yang sampai saat ini proses pengerjaan batik tulis masih terus dilakukan.

 

 
Batik Tulis merupakan cara menghasilkan proses pembuatan batik yang secara teknis pembuatan motifnya ditulis secara langsung atau manual.

 

 

 

 

Kelebihan Menggunakan Batik Tulis

 

 

– Menggunakan batik tulis itu sangat eksklusif karena dapat terkesan elegan serta terasa beda feelnya bagi yang memakainya.
– Batik tulis menggunakan motif yang sangat khas dan juga unik, walaupun mempunyai motif yang sama, tetapi tidak mungkin terdapat batik tulis yang kembar sebab sifat batik tulis ini digambar secara satu persatu dengan memakai tangan.
– Permukaan di kedua sisi kain mempunyai kualitas warna yang tetap sama sebab teknik pewarnaannya dengan menggunakan pencelupan.
– Mempunyai nilai seni yang sangat tinggi dikarenakan proses pengerjaannya sangat rumit serta juga sangat detail yakni membuat desainnya, lalu memindahkan desain tersebut ke kain, kemudian menyanting, lalu mulailah pewarnaan.

 

 

 

 

Kekurangan Menggunakan Batik Tulis

 

 

– Menggunakan batik tulis umumnya motif-motif yang dibuat bisa dikatakan rumit serta membutuhkan suatu ketelatenan yang sangat ekstra.
– Dalam membuat batik tulis yang pasti menggunakan cating itu membutuhkan waktu yang bisa dibilang cukup lama, yaitu bisa mencapai 3 sampai 4 minggu untuk proses pembuatannya.

 

 

 

 

 

Alat Dan Bahan Untuk Membuat Batik Tulis

 

 

– Kain Mori
Kain mori adalah bahan utama dalam membuat batik tulis yang bagus, kain ini terbuat dari bahan kapas yang telah memiliki klasifikasi khusus serta melalui proses pemutihan. Kain yang dapat dipakai dalam membuat bahan batik yang pasti merupakan kain yang sangat mudah menyerap zat-zat pewarna dalam batik.

 

Misalnya kain mori primisima, yaitu salah satu jenis kain yang mempunyai kualitas paling tertinggi, meskipun daya serap kain tersebut kurang. Selain itu dapat juga memakai kain mori yang mempunyai jenis prima tetapi mempunyai kualitas sedang dengan benang yang mungkin sedikit kasar. Untuk dapat menghemat biaya, kita juga dapat memakai kain mori biru yaitu kain dengan kualitas yang relatif rendah serta mempunyai tekstur kasar.

 
Selain ketiga jenis kain mori tersebut, untuk bahan batik tulis kita juga dapat memakai kain kapas grey, kain rayon, kain kapas serta dapat juga memakai kain sutera.

 

 

– Malam/Lilin
Malam atau bisa dibilang lilin batik ini berfungsi sebagai penahan warna pada batik sehingga dapat menimbulkan pola. Terdapat beberapa jenis malam yang dapat anda gunakan pada saat membatik, yaitu malam klowong, malam tembok serta malam bironi.

 

Malam klowong biasanya dipakai untuk nglowongi dan pelekatan yang pertama oleh motif yang telah dibuat. Jika malam tembok dipakai untuk nemboki atau ngeblok serta mengisi bidang-bidang yang luas pada sebuah pola. Dan sedangkan untuk malam bironi ini dipakai untuk menutupi warna biru dan juga isen-sen.

 

 

– Zat Pewarna
Dalam membuat batik ada terdapat 2 jenis zat pewarna yang dapat anda pilih, yaitu zat pewarna alami serta zat pewarna sintetis atau buatan. Untuk masing-masing zat pewarna itu terdapat keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Tetapi untuk industri batik pada saat ini sebagian besar pengrajin lebih suka memakai zat pewarna yang sintetis sebab lebih praktis, bahan juga mudah didapat, serta murah dan terdapat banyak pilihan warna.

 

 

– Canting
Canting adalah alat batik yang mempunyai fungsi sebagai melukis motif batik dengan menggunakan malam. Jenis-jenis canting juga beragam yang dapat anda gunakan, dan masing-masing dari setiap jenis tersebut mempunyai berbagai fungsi yang berbeda-beda, ada yang mempunyai fungsi untuk pembentuk pola, serta ada juga yang mempunyai fungsi untuk isen atau yang lainnya.

 

 

– Wajan dan kompor kecil
Alat ini sendiri mempunyai fungsi sebagai tempat untuk memanasi malam yang telah diletakkan di atas kompor tersebut. wajan kecil yang dipakai pada saat membatik umumnya terbuat dari alumunium maupun tembaga.

 
Kompor kecil adalah suatu alat yang mempunyai fungsi untuk sumber panas yang dapat melelehkan malam batik. Dan kompor kecil ini pun terdapat pengaturan yang dapat dipakai untuk dapat mengontrol besar atau kecilnya api. Yang biasanya para perajin memakai jenis kompor minyak biasa.

 

 

– Gawangan
Gawangan adalah salah satu alat batik yang mempunyai fungsi untuk penyangga kain pada saat proses membatik. Biasanya gawangan batik ini dibuat dari bahan kayu maupun bambu. Untuk juragan batik pada jaman dulu umumnya mempunyai gawangan yang sudah dibuat motif hiasan di bagian atasnya. Dan biasanya itu berupa ukiran kayu yang mempunyai motif tertentu misalnya naga maupun motif lung-lungan atau tumbuh-tumbuhan.

 

 

– Dingklik
Dingklik adalah kursi kecil yang terbuat dari bahan kayu, plastik atau yang lainnya yakni sebagai tempat duduk bagi si pembatik. Biasanya proses menggambar batik tulis memang dilakukan dengan cara duduk di bawah atau lantai, dan tidak dilakukan dengan cara berdiri tidak seperti yang dilakukan pengrajin pada saat membuat batik cap.

 

 

– Bandul
Bandul merupakan alat pemberat yang biasa dipakai sebagai penahan kain batik supaya tidak mudah untuk bergeser pada saat sedang dilukis dengan menggunakan malam. Bandul ini dapat terbuat dari bahan kayu, besi maupun yang dapat berfungsi sebagai pemberat.

 

 

– Taplak
Taplak adalah selembar kain yang dipakai untuk alas pada saat membatik. Dan alas ini diletakkan di antara paha dan juga kain batik supaya tidak mengotori pembatik.

 

 

– Meja kayu
Meja kayu biasanya berfungsi untuk meluruskan ataupun meratakan permukaan kain pada saat sebelum membatik. Selain daripada itu meja kayu juga dapat dipakai sebagai menggambar motif batik di atas kain dengan memakai pensil.

 

 

 

 

Cara Membuat Batik Tulis

 

– Siapkanlah kain mori lalu bentangkanlah
– Gambarkan sketsa motif batik yang akan anda buat dengan memakai pensil
– Letakkan cairan malam maupun warna dengan memakai canting tulis dan harus secara teliti
– Jika yang anda dipakai adalah cairan malam serta sudah siap semuanya untuk membuat satu bahan pakaian, lalu proses selanjutnya yaitu pewarnaan, lorot malam, bilas soda, jemur, dan jangan lupa juga setrika
– Jika yang dipakai merupakan zat pewarna serta sudah siap semuanya untuk membuat satu bahan, lalu proses selanjutnya yaitu klerak yang mempunyai tujuan sebagai memperkuat serta mengkilapkan warna.

 

 

 

 

Perbedaan Antara Batik Tulis Dengan Batik Cap Dan Batik Printing

 

Batik Tulis

Untuk cara pembuatan batik dengan menggunakan teknik ini ialah teknik yang bisa dikatakan cukup sulit. Karena proses pembuatan batiknya harus menggunakan tangan, atau manual. Serta alat tradisionalnya juga harus dipakai misalnya canting, gawangan, wajan, kompor kecil, lilin, bahan pewarna, serta yang lainnya.

 

Langkah awal untuk proses pengerjaannya, yaitu dengan menggunakan bahan dasarnya yaitu kain mori yang berwarna putih. Lalu, cairan lilin tersebut diteteskan dengan menggunakan alat yang disebut canting atau dapat juga memakai kuas untuk bagian motif batik yang berukuran besar.

 

Pada saat cairan tersebut meresap hingga ke dalam serat kain, lalu celuplah dengan menggunakan warna yang kalian inginkan, biasanya diawali dengan warna-warna yang muda. Kelebihan dari menggunakan batik tulis ialah batik ini sangat ekslusif. Sebab satu kain batik yang dibuat oleh pengrajin batik tentunya akan berbeda pula dari yang lainnya, serta juga mempunyai karya seni yang alami. Kain batik ini tidak akan cepat untuk memudar sebab memakai tinta yang sangat berkualitas. Untuk proses pengerjaan batik tulis ini memang relatif cukup lama. Karena membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 sampai dengan 4 minggu.

 

 

Batik Cap

Batik cap sendiri dikerjakan dengan memakai alat yang khusus yaitu cap dengan berukuran 20cm x 20cm, atau seperti stempel yang biasanya mempunyai motif-motif batik tertentu. Sama seperti halnya batik tulis, proses pengerjaan batik cap ini pun masih manual atau bisa dikatakan memakai tenaga manusia.

 

Dilihat dari sisi pembuatannya, kelebihan yang bisa kita dapat dari batik cap ini ialah lebih mudah digunakan, cepat, dan juga praktis. Bahan-bahan dasar yang dipakai juga sama seperti layaknya batik tulis, warna serta corak batik tidak akan cepat memudar. Tetapi, kekurangan dari batik yang dikerjakan dengan teknik cap ini akan nampak sama dengan motif yang lainnya, dan sangat berbeda dengan menggunakan batik tulis yang lebih menampilkan keberagaman.

 

 

Printing / Sablon

Dalam proses pembuatan batik sablon ataupun printing ini dapat dikatakan merupakan teknik membatik yang paling modern. Karena pembuatan batik printing tidak ada bedanya dengan proses menyablon manual ataupun printing mesin pabrik pada kaus maupun bahan pakaian yang lainnya. Dan adapun kekurangannya yaitu, motif yang terdapat pada pakaian akan cepat memudar. Serta kelebihannya yaitu proses pembuatannya yang relatif lebih cepat.

 

 

 

 

Cara Memilih Kain Batik Berkualitas

 

– Perhatikan jenis kain batik
Sebelum anda membeli kain batik, sebaiknya anda menentukan terlebih dulu jenis kain batik yang akan anda beli, batik cetak atau batik tulis. Karena biasanya, kain batik tulis mempunyai kualitas yang lebih bagus daripada batik cetak maupun batik cap. Selain itu, harga batik tulis juga jauh lebih mahal daripada yang lain. Hal ini dikarenakan pada saat pengerjaannya membutuhkan suatu keterampilan tingkat tinggi serta memakai alat khusus yaitu berupa canting. Proses pencantingan sendiri merupakan cara yang paling utama dalam pembuatan kain batik, sehingga batik tulis dianggap lebih tradisional serta mempunyai nilai historis tersendiri yang dapat menaikan harga kainnya.

 

 

– Lihat jenis bahan
Pada saat hendak membeli kain batik, anda jangan lupa untuk memilih jenis-jenis kainnya. Dikarenakan kain batik tersebut akan anda dipakai dalam keseharian, maka dari itu pilihlah kain batik yang berbahan katun. Sebab kain yang berbahan dasar katun dapat menyerap keringat serta akan memberikan rasa nyaman bagi anda karena kain katun anti gerah. Apabila anda membeli kain batik untuk acara spesial misalnya pesta, bahan sutra dapat menjadi pilihan yang sangat sempurna. Karena kedua bahan itu merupakan bahan-bahan yang terbaik untuk berbagai jenis kegiatan yang biasa anda lakukan.

 

 

– Raba cetakan warnanya
Anda dapat meraba terlebih dahulu warna cat yang terdapat pada kain batik tersebut. Dan pastikan warna yang terdapat di sana tidak menempel di tangan anda. Apabila warna cat berbekas di tangan anda itu artinya pewarna kain yang dipakai mempunyai kualitas yang relatif rendah. Hal ini dapat menyebabkan kain tersebut cepat luntur sehingga semakin lama kain batik anda tersebut menjadi pudar.

 

 

Sumber : https://rennytha.wordpress.com/ http://papasemar.com/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori