Tempat Wisata Waduk Di Jawa Tengah Yang Elok, Cacaban

Tempat wisata di Jawa Tengah ada yang berupa waduk nan elok. Direncanakan semenjak jaman kolonial Belanda, waduk ini menjadi wisata tirta utama bagi Kota Tegal.
0
Tempat Wisata Waduk Di Jawa Tengah Yang Elok, Cacaban
0 (0%) 0 votes
Sunrise Waduk Cacaban

Waduk identik dengan tempat untuk menampung air dengan fungsi pembangkit tenaga listrik dan juga irigasi. Memang waduk telah difungsikan menjadi tempat wisata. Namun, karena fungsi utamanya tersebut, maka keindahan dan keasriannya kurang terjaga. Di Jawa tengah, ada waduk yang terjaga keasrian dan keindahannya. Namanya Cacaban. Yuk lebih dekat mengenal waduk yang satu ini.

 

 

Sekilas Waduk Cacaban

 

Waduk Cacaban direncanakan dibuat sejak tahun 1914. Perencanaan detilnya dibuat pada tahun 1930. Pemerintah Kolonial Belanda pembuat rencana detailnya. Namun, waduk ini baru diresmikan di masa Presiden Soekarno. Peresmiannya pada tahun 1952. Letak tempat wisata di Jawa tengah yang satu ini tidak jauh dari Slawi. Berjarak lebih kurang 9 km. Waduk ini menjadi objek wisata andalan daerah Tegal. Tentunya, selain kawasan Wisata Guci dan juga Pantai Purwahamba Indah. Di sini pengunjung ditawarkan suasana santai dengan cara jalan di atas bendungan, memancing ikan, atau pun mengelilingi waduk dengan perahu bermotor. Luasnya ialah 928,7 hektar. Waduk ini berisi air sebanyak 90 juta m³. Waduk ini berlatarkan panorama hutan yang indah.

 

 

Lokasi Waduk Cacaban

 

Obyek wisata Waduk Cacaban berlokasi di Kedungbanteng, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Jika rumah kamu dekat, kamu bisa datang ke mari untuk sekedar hang out.

 

 

Akses Waduk Cacaban

 

Kamu yang ingin berkunjung ke Waduk Cacaban dapat melakukannya dengan dua cara. Cara pertama adalah lewat kota Tegal dengan rute Kramat-Pangkah- Waduk Cacaban. Jalur pertama ini bisa anda tempuh dalam kurun waktu 30-45 menit. Jarak dari rute ini adalah sekitar 20 km. Cara kedua adalah dengan cara lewat Kota Slawi dengan rute Slawi-Pangkah-Waduk Cacaban. Jalur kedua dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 15-20 menit. Jalur kedua berjarak sekitar 9 km. Tempat ini bisa diakses dengan kendaraan pribadi dan umum. Namun, akan lebih seru dengan naik angkutan umum yang hanya melewati jalur kedua. Ada angkutan umum pedesaan yang tersedia yang melewati Slawi-Cacaban sebanyak 25 armada.

 

(Baca Juga : Wisata Festival Di Jawa Tengah, Festival Lima Gunung)

 

 

Fasilitas Waduk Cacaban

 

Travelling ke sini tidak perlu bawa banyak barang. Ini karena di Waduk Cacaban memiliki fasilitas penunjang yang akan memberi kemudahan bagi para wisatawan. Contohnya antara lain : Arena pemancingan yang luas, Mushala,Toilet umum,Area parkir, Bumi perkemahan,Tempat bermain anak-anak, panggung hiburan, Kapal wisata, Warung apung, Road race, Hotel bintang melati, Rumah makan,dan Waking track di atas waduk. Nantinya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Tegal akan membuat agrowisata di tempat ini. Caranya adalah dengan menanami tanaman buah di sekitar waduk.

 

 

Harga Tiket Masuk Wisata Tirta Waduk Cacaban

 

Ada dua harga tiket masuk dari segi kategori umur dan kategori hari di wisata air Waduk Cacaban. Harga tiket masuk hari biasa bagi Dewasa   adalah sebesar Rp. 3.500 yang sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja dan tiket masuk Anak-anak adalah sebesar Rp. 2.500 yang sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja. Harga tiket masuk hari libur/tanggal merah untuk kategori Dewasa adalah sebesar Rp. 4.500 sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja dan untuk pengunjung Anak-anak adalah sebesar Rp. 3.500 yang sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja.

 

 

Sumber : wikipedia.org

 

 

Sumber : jalan2.com

 

 

Sumber : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori