Tempat Wisata Semarang Puri Maerakaca, Jawa Tengah Mini

Tempat Wisata Semarang Puri Maerakaca sudah berdiri lama dengan konsep yang mirip TMII di Jakarta. Di sini kamu bisa menemui miniatur tiap daerah Jawa Tengah.
0
Tempat Wisata Semarang Puri Maerakaca, Jawa Tengah Mini
0 (0%) 0 votes
Puri Maerakaca

Nama Taman Mini Jawa Tengah Puri Maerakaca pastinya sudah nggak asing lagi di telinga warga Semarang, terutama di tahun 90-an dimana tempat rekreasi belum menjamur seperti sekarang. Puri Maerakaca ialah tempat wisata Semarang yang menjanjikan, sayang nama objek wisata itu kini meredup cuma nggak ada salahnya loh main-main ke Puri Maerakaca. Ayok kita mengelilingi miniatur Jawa Tengah dalam sehari saja.

 

 

Puri Maerakaca

 

 

 

Puri Maerakaca ialah salah satu objek wisata andalan Semarang yang terdapat di kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah, komplek Tawang Mas Semarang Barat, tak jauh dari Pantai Marina. Taman rekreasi tersebut diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah aktif tahun 1980-an. Puri Maerakaca yang merupakan Pusat Rekreasi Taman Budaya Jawa Tengah tersebut diibaratkan seperti versi kecilnya TMII hanya saja dengan daerah-daerah di Jawa Tengah karena di dalamnya terdapat 35 anjungan yang menjadi cerminan dari 35 kabupaten dan kotamadya yang tersebar di wilayah Jawa Tengah.

 

 

Wahana Rekreasi

 

 

 

Selain anjungan tersebut, ada juga miniatur peninggalan sejarah dan obyek wisata yang populer di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Benteng Pendhem, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak dan lain-lain. Buat melengkapi pengalaman rekreasi di sana Puri Maerakaca juga punya sarana rekreasi seperti becak air, perahu unik yang atapnya berbentuk daun, area permainan anak hingga outbond yang menjadikannya cocok buat obyek liburan keluarga.

 

 

Asal-usul Maerakaca

 

 

 

Nama Maerakaca (disebut Maerokoco dalam pelafalan Bahasa Jawa) diambil dari cerita pewayangan di salah satu epos klasik Mahabarata. Di situ dikisahkan jika taman terindah yang berisikan seluruh keindahan taman yang ada di muka bumi, yaitu Taman Maerakaca.

 

 

Maerakaca Kini

 

 

 

Bermula sebagai tempat rekreasi keluarga yang menarik dan disertai berbagai fasilitas yang lengkap yang membuatnya jadi primadona wisata di tahun 90-an ternyata tidak menjamin Puri Maerakaca mampu bersaing dengan menjamurnya lokasi wisata baru di Semarang dan sekitarnya.

 

Pengelola Puri Maerakaca sepertinya kurang mempromosikan taman rekreasi kebanggan Kota Semarang dulu, namun bukan berarti warganya juga cuma diam membatu. Netizen dan warga Kota Semarang yang menyayangkan kondisi Puri Maerakaca tergugah untuk kembali menghidupkannya. Beberapa waktu lalu 9 mahasiswa FISIP UNDIP merancang program yang bertujuan untuk memperkenalkan kembali Puri Maerokoco: Plesir Maerokoco. Program itu mengajak 100 mahasiswa piknik menyusuri Jawa Tengah Mini dan mengenal Puri Maerakaca dalam sehari.

 

 

Event

 

 

 

Salah satu upaya mengembalikan kejayaan Puri Maerakaca adalah dengan bergulirnya pergelaran Loenpia Jazz yang diadakan komunitas Jazz Ngisoringin, Menjadikannya venue untuk Loenpia Jazz diharapkan mampu mempromosikan dan mengembalikan eksistensi Puri Maerakaca sebagai rujukan wisata di Semarang bahkan Jawa Tengah nomor satu.

 

Nggak cuma musisi jazz dari kota Semarang saja, musisi jazz kawakan seperti Barry Likumahuwa, Endah & Rhesa dan lainnya pernah memeriahkan pesta Jazz itu. Sambil mendengarkan merdunya tiupan terompet jazz dan dentum iramanya diadakan juga pesta kuliner Semarang pada event ini. Eventnya gratis loh, cuma makanannya saja yang bayar. Hehe.

 

 

Itu tadi alasan kenapa kamu harus berkunjung ke obyek wisata lawas ini. Selain jadi alternatif rekreasi keluarga banyak juga pasangan yang memilih Puri Maerakaca untuk lokasi foto pre-weddingnya. Misal mau menikmati Loenpia Jazz, cek dulu kira-kira akan diadakan tanggal berapa. Have fun!

 

 

source: hellosemarang

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori