Tempat Wisata Rafting Di Indonesia, Rafting Sungai Elo

Tempat wisata di Indonesia banyak menyediakan wisata rafting. Salah satunya yaitu tempat wisata Sungai Elo. Tempat ini bisa untuk siapa pun, termasuk pemula.
0
Tempat Wisata Rafting Di Indonesia, Rafting Sungai Elo
0 (0%) 0 votes
Fun Rafting Sungai Elo

Rafting adalah salah satu aktivitas yang hanya dilakukan oleh pecinta alam. Ini dikarenakan kegiatan ini lumayan membahayakan dan juga membutuhkan skill yang khusus untuk melakukannya. Oleh karena itu tak semua orang bisa dan juga akan berani untuk melakukannya. Belakangan ini anggapan itu mulai hilang. Ini terjadi seiring banyaknya kemunculan pelbagai biro wisata dan juga biro perjalanan yang dikelola pecinta alam. Mereka menyediakan paket berupa fun rafting. Kegiatan rafting yang umumnya membahayakan menjadi berubah bentuk. Rafting menjadi kegiatan yang fun serta menantang. Dan menjamurlah tempat-tempat wisata arung jeram.

 

 

Sekilas Rafting Sungai Elo

 

Banyak sungai yang dapat dijadikan kegiatan rafting. Salah satunya adalah hulu Sungai Elo. Sungai yang satu ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sungai Elo mengalir tidak jauh dari lokasi Candi Mendut dan juga Candu. Sungai ini memiliki jeram-jeram kelas II – III. Gradenya masuk ke dalam tingkatan sedang dan tingkat bahaya yang rendah. Oleh karenanya, Sungai Elo menjadi cocok untuk digunakan pemula yang ingin wisata arung jeram. Bahkan, cukup aman bagi Anda yang tak dapat berenang.

 

 

Jam Dan Waktu Rafting

 

Tempat wisata rafting di Indonesia yang bernama Sungai Elo ini dapat diarungi dalam waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Titik pemberangkatan rafting dimulai dari Desa Blondo dan titik pemberhentiannya di Desa Mendut. Rafting di Sungai Elo mulai ramai pada weekend. Rafting dapat dilakukan bersama operator. Namun, dengan operator hanya terdapat dua trip setiap harinya. Trip pertama biasa dimulai sekitar pukul 08.00. Trip kedua biasa dimulai pada pukul 14.00. Waktu yang paling tepat rafting di sini adalah pada awal dan atau akhir dari musim penghujan. Mengapa demikian? Ini dikarenakan volume air dari Sungai Elo telah mulai naik tetapi belum banjir. Ini menjadikan jeram-jeram yang ada menjadi sangat menyenangkan dan sekaligus menantang untuk diarungi.

 

 

Siapa Yang Bisa Ke Sini

 

Rafting di obyek wisata Sungai Elo dapat dilakukan oleh siapa pun. Pemula dan pro boleh melakukan arung jeram. Kegiatan ini biasanya akan ada penjelasan dan juga pelatihan singkat oleh pihak penyelenggara. Penjelasan ini mengupas teknik dasar rafting. Ketika rafting, satu perahu diisi 5 orang. Perahu akan dipandu oleh juru mudi. Akan ada perahu yang lain yang akan bertindak sebagai tim penyelamat ketika diperlukan.

 

 

Lokasi

 

Dari penjabaran sebelumnya kita tahu bahwa titik pemberangkatan rafting Sungai Elo berlokasi di Desa Blondo dan pada akhirnya berakhir di Desa Mendut. Dua desa yang mungkin akan masuk dalam rencana travelling anda ini berlokasi di Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

 

Akses

 

Desa Blondo berlokasi tidak jauh dari Jalan Raya Jogja – Magelang. Ini tentu memudahkan wisatawan yang menggunakan angkutan umum. Jika dari Yogyakarta bisa naik bis jalur Solo – Yogyakarta – Semarang yang berangkat dari Terminal Jombor dan atau Terminal Giwangan. Tarifnya Jogja – Magelang adalah Rp 8.000. Nanti Anda turun di Jembatan Blondo. Biasanya pengelola obyek wisatanya akan menjemput di tempat tersebut. Perjalanan dari Yogyakarta hingga sampai Jembatan Blondo memakan waktu lebih kurang 45 – 60 menit.

 

(Baca Juga : Tempat Wisata di Indonesia Buat Penyuka Diving di Bali)

 

 

Harga Tiket

 

Pengunjung bisa tidak membayar jika memiliki peralatan arung jeram seperti helm, perahu karet, dayung, dan pelampung. Namun, bagi Anda yang tidak punya dan pemula dalam mencoba arung jeram, maka anda bisa menghubungi pengelola yang biasa melakukan kegiatan ini. Biasanya tarif mereka Rp 100.000,00 – Rp 150.000,00 per orang. Data tarif adalah data pada September 2010.

 

 

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

 

Fasilitas akan didapatkan oleh pengunjung yang berkunjung ke Sungai Elo jika menggunakan jasa pengeloa. Fasilitasnya berupa perahu karet, helm, pelampung, tali yang mengapung di air, pemandu, tim penyelamat, asuransi, jasa penjemputan, foto kegiatan, snack, dan juga makan siang.

 

 

Sumber : Jogjatrip.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori