Tempat Wisata di Sukabumi yang Menarik

Tempat Wisata di Sukabumi memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi para pecinta travelling yang ingin menikmati panorama alam terbaik
0
Tempat Wisata di Sukabumi yang Menarik
0 (0%) 0 votes
Pantai-Cimaja-Sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi banyak yang sudah populer di kalangan para pelancong, baik pelancong dari Tanah Air maupun pelancong dari berbagai Negara luar. Hal ini terbilang wajar mengingat Sukabumi memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi dengan keindahan alam yang tiada tara.

 

Daya Tarik Pariwisata Sukabumi

 

Wisata-Sukabumi1
Salah satu tempat wisata di Sukabumi via initempatwisata.com

 

Yang menjadi daya tarik atau magnet dari Pariwisata Sukabumi adalah keasrian serta keindahan alamnya. Tak heran jika wisata Sukabumi didominasi oleh wisata berbasis alam. Wisata Gunung, Wisata Goa bersejarah, serta wisata Pantai mudah sekali Kamu temui di salah satu Kota Jawa Barat yang terletak di bawah 2 Kaki Gunung besar ini, yakni Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Buat Traveler yang berniat menghilangkan penat akan rutinitas dan hiruk-pikuk Kota, rasanya Sukabumi adalah jawaban dari semua masalah tersebut. Berikut beberapa ulasan terkait wisata alam apa saja yang bisa Kamu kunjungi di Sukabumi:

 

Pantai Ujung Genteng

 

wisata-ujung-genteng1
Pantai Ujung Genteng via initempatwisata.com

 

Kendati terbilang cukup jauh dari Kota Sukabumi, yakni berjarak sekitar 120 km, Pantai Ujung Genteng yang terletak di Ujung Sukabumi tetap menjadi salah satu tempat wisata favorit para Wisatawan. Keindahan Pantai, pasir putih yang menghampar, serta ombak yang besar namun tetap aman untuk berenang, menjadi daya tarik yang sulit ditolak. Namun selain pesona-pesona yang disebutkan di atas, Pantai Ujung Genteng yang merupakan salah satu deretan Pantai Selatan juga memiliki magnet lain, yakni adanya Penyu Hijau. Jika beruntung, Kamu akan menemui Hewan imut nan langka itu di kawasan Pantai. Pasalnya, ada 4 jenis Penyu endemic di Pantai Ujung Genteng. Pantai Ujung Genteng juga sangat cocok buat Kamu pecinta travelling yang hobi berselancar. Pantai ini sangat terkenal dengan “ombak tujuh” yang sangat menantang.

 

 Alamat Pantai Ujung Genteng: Sukabumi, Jawa Barat.

 

Situ Gunung

 

situgunung
Situ Gunung via tempatwisatadijawabarat.com

 

Penat akan rutinitas sudah menjadi masalah umum dan sering terjadi. Solusinya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan berlibur ke tempat-tempat yang masih sangat asri nan sejuk. Nah, salah satu tempat yang cocok untuk Kamu sambangi sebagai pelepas penat adalah Situ Gunung, sebuah kawasan wisata alam yang terletak di Kaki Gunung Gede Pangrango. Di Situ Gunung, selain dimanjakan dengan alam indah dan hutan pinus yang teduh, Kamu juga bisa melakukan aktivitas alam seperti camping. Namun untuk Kamu yang tidak hobi bermalam di alam terbuka, Situ Gunung juga memiliki banyak penginapan sebagai alternatif.

 

Alamat Situ Gunung: Situ Gn. Sukamanis, Kudadampit, Sukabumi, Jawa Barat.

 

Geopark Ciletuh

 

GeoparkCiletuh
Geopark Ciletuh via phinemo.com

 

Pemandangan batu-batu purba dilengkapi air terjun bakal kamu dapatkan jika berkunjung ke salah satu tempat wisata favorit di Sukabumi, yakni Geopark Ciletuh. Berada di sana akan membuat Kamu merasakan sensasi berada di jaman Prasejarah. Selain bebatua Purba, di Geopark Ciletuh juga terdapat banyak curug, yakni: Curug Cimarinjung, Cikanteh, Sodong, Awang dan Ngelay.

 

Alamat Geopark Ciletuh: Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

 

Situ Sukarame

 

Situsukarame
Situ Sukarame via id.wikipedia.org

 

Pesona keindahan situ dilengkapi dengan rimbunnya hutan Pinus dan Damar bisa Kamu temukan di Situ Sukarame, sebuah Danau buatan yang dibuat pada masa penjajahan Belanda, dan terletak di Kaki Gunung Sakak. Tak hanya itu, pemandangan dari hamparan perkebunan teh juga akan semakin memanjakan mata Kamu. Selain tempat wisata, Situ Sukarame juga merupakan tempat pertemuan 7 buah Sungai, yakni: Cikahuripan, Cisalada, Citaman, Cisarandi, Cimaci, Cipangelah, dan Cisela.

 

Alamat Situ Sukarame: Parakansalak, Sukabumi, Jawa Barat.

 

Cikidang Resort

 

Berburu adalah satu aktivitas yang bisa meningkatkan adrenalin. Berburu bukanlah hoby yang murah namun berjibun manusia yang membuatnya selaku hoby menunjukkan kalau berburu mempunyai kemenarikan sendiri. Berburu di alam yang liar sudah tidak sering dikerjakan oleh karena aksi ini sudah menyebabkan mulai berkurang hingga ke ancaman satwa buruan akan punah. Tetapi, janganlah cemas untuk kamu yang hoby berburu, hoby ini tetap masih dapat disalurkan. Ini dikarenakan hadir tempat darmawisata berburu yang ada di Sukabumi untuk kamu yang hoby berburu. Nama tempatnya adalah Cikidang Hunting Resort.

 

Pada object darmawisata berburu ini kamu bisa berburu berbagai type satwa. Salah satunya ialah  ayam, babi utan,bebek, kelinci,  kalkun, kambing,hingga rusa. Peralatan bisa kamu sewa dari resort ini. Lokasi berburu ini cukup luas, jadi kamu mesti memakai mobil berburu. Mobil berburunya dapat disewa dari resort ini kala kamu tengah jelajahi lokasi berburu.

 

Alamat : Desa Pangkalan, Kecamatan Cikidang, Kabupatan Sukabumi, Propinsi Jawa Barat

 

Kemuning Resort

 

Ke Sukabumi janganlah lupakan rekreasi alamnya yang berbentuk offroad. Letak offroad yang asik berlokasi di area Kemuning resort yang tepatnya ada di kec. Nyalindung. Lokasinya +/- 10 km jika dihitung dari arah pusat kota Sukabumi. Di sini mobil yang dipakai ialah mobil spesial offroad-4wd.

 

Disini kamu bisa melepas capek di alam terbuka yang caranya adalah bermain offroad. Sarana yang hadir ditempat ini ialah rumah makan,  parkir mobil serta motor, dan wc umum.

 

Alamat : JL. PANGLIMA POLIM GG. MANGGA 3, Sukabumi

 

Goa Buniayu

 

Goa Buniayu adalah lokasi wisata yang  keseluruhannya ada 40 goa atas nama masing-masing yang maksudnya untuk dimudahkan. Keseluruhan goa disebut atas  Goa Buniayu. Lokasinya berada di alam Segaranten Buniayu, area Sukabumi.

 

Traveler sendiri lebih mengetahui hanya dua goa saja dari keseluruhan 40 goa yang ada di Buniayu. Nama goanya adalah Goa Horizontal  serta Goa Vertikal.

 

Demi menuju ke tempat wisata goa ini, lumayan dekat, yakni hanyajalan 500m dari arah gapura depan Goa Buniayu. Jika kamu ingin bermalam mengambil keputusan camping adalah lebih bijakoleh karena lebih hemat, meskipun disana hadir persewaan berupa saung serta tempat tinggal panggung yang lumayan luas atas sarana kasur serta selimut. Ada pun jumlah uang yang harus dibayar untuk saung adalah 150 ribu rupiah dengan isi 3 manusia, serta untuk tempat tinggal panggung bakal dikenakan cost 25 ribu-30 ribu/manusia, untuk camping sih cuman dikenakan cost 5 ribu/manusia.

 

Disini telah ada semuanya, andaikan tidak ingin ribet, hadir warung,   toilet,  penjual cilok, saung, air kran bersih, listrik, aula, outbond, dan kursi kayu yang ada di sebagian titik, juga ada tenda yang terpasang yang mana untuk disewakan atas kasur yang sudah ada di dalamnya.

 

Tempat wisata goa ini cukup nyaman untuk semua pelancong,  jadi gak usah bingung jika kamu kekurangan logistik. Warga sekeliling juga baik serta suka bergaul dan menyenangkan dalam pergaulan. Misalnya andaikan berlimpah waktu kalian, maka kalian dapat minta diantarkan ke goa yang lainnya andaikan ingin jelajahi goa yang ada di Buniayu lebih banyak lagi.

 

Goa Cipicung, atau Goa Horizontal, panjangnya cuma 250m saja. Di sinihadir tangga pijakan yang mengarah kedalam mulut goa. Janganlah heran jika kamuakan nemuin berjibun saklar lampu, lampu, serta sebagian kabel yang melilit di area dinding goa, serta meja kursi yang mana terbuat dari material batu oleh karena goa yang satu ini dulunya dipakai untuk shooting gambar hidup.

 

Goa ini ujungnya buntu. Di sinihadir air mengalir layaknya sungai kecil, maka dari itu tidaklah terlalu dalam goanya. Misalnya andaikan kamu ingin balik keluar lagi, maka kamu tinggal ngikutin jalan masuk sebelumnya. Sedikit diketemukan kelelawar di sini, namun di sini berjibun hewan laba-laba berukuran besar berwarna hitam yang buta. Jadiandaikan ingin duduk mendadak mending lihat keadaan sekitar terutama tempat yang ingin didudukin, soalnya jangan pernah mengganggu mereka. Bahaya!

 

Goa Vertikal, jaraknya kira-kira 2500m yang notabene memanglah jauh, umumnya estimasi perjalanan kira-kira 4-5 jam bergantung dari banyak atau tidaknya istirahat serta menanti peserta yang tertinggal di belakang.

 

Suhu goa tak panas serta tak dingin, oleh karena dindingnya tinggi jadi tak pengap. Ada jalan setapak berurutan di sini yang mana perlu kewaspadaan tinggi untuk menelusurinya, oleh karena trek yang akan di lewati hadir yang licin,  berair, sempit, becek, merayap, serta yang tentu berlumpur. Bisa dibilang tak hadir kata bersih di dalam menjelajah di kesempatan ini. Batu-batu goa yang ada di sini juga tajam jadi kamu haruslah hati-hati jangan pernah kena nanti terluka.

 

Alamat : Cipinang, Kerta Angsana, Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

 

Pantai Cibangban

 

Pantai Cibangban merupakan pantai yang sepi jika andaikan dibanding pantai lainnya. Kitatak tahu argumen nya mengapa yang pasti pantai ini amat cocok untuk Kamu yang mau menjadikannya tempat untuk menentramkan diri.

 

Selaku satu diantara destinasi darmawisata di Sukabumi yang menarik, wisata air yang satu ini memberi kesan yang amat indah untuk tiap-tiap manusia yang memandangnya.

 

Ombak yang hadir di sekeliling Pantai Cibangban ini tak sebesar yang ada di Pelabuhan Ratu. Pantai ini mendatangkan nuansa nan indah serta suhu dan perasaan yang benar benar adem.

 

Di pantai ini ada bebatuan karangnya. Karang yang menghiasi keindahan Pantai Cibangban. Pantai ini jaraknya kira-kira 10 km dari Pelabuhan Ratu. Pantai ini ada di area Desa Cisolok,  Berbatasan dengan Banten.

 

Ada hal menarik serta mengesankan untuk seseorang yang baru pernah bertandang ke pantai ini. Hal yang dimaksudialah  sampan nelayan yang adalah ikon yang memanglah jadi satu pelengkap keindahan dari pantai Sukabumi yang satu ini. nah andaikan kalian perlu tempat yang sepi serta memanglah tak sukai tempat yang sangat bising serta ramai, pantai ini amat pas jadikan sestinasi darmawisata Awak berlibur kelak.

 

Alamat : Indonesia, Jawa Barat, Sukabumi, Cisolok.

 

Danau Batu Bacan

 

Danau Bacan itu berada di alam Sukabumi. Lokasi tepatnya ada di Desa Bojongharja,. Uniknya danau  itu tak mempunyai air resapan yang mana biasanya keluar dari bebatuan yang hadir di sekellingnya. Ada pun air yang ada di danau itu ialah air hujan yang mana tertampung dari beberapa th. yang lalu.

 

Air yang ada di danau itu tampak hijau karena bebatuan di sekitar areal danau. Hal ini bikin danau yang sebenarnya di punyai oleh perusahaan swasta CV Bukit Alam Hijau menjadi disebut dengan sebutan Danau Bacan.

 

Air Danau ini tampak hijau karena Gradasi cahaya matahari atas dasar dari danau batuan Zeolit, hingga air yang hadir di ruang seluas 1000 mtr. itu bakal tampak hijau layaknya warna batu Bacan. Kamu perlu tahu, walau namanya adalah Danau Bacan bukanlah bermakna danau itu penghasil Batu Bacan.

 

Danau itu juga kerap di datangi oleh mahasiswa dari jurusan Geodesi yang berkuliah di  Institut Pertanian Bogor (IPB). Mereka datang untuk riset serta mengambil zeolit. Batuan ini  sendiri umumnya di pakai untuk peghias di aquarium.

 

Alamat : Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi.

 

Curug Awang Sukabumi

 

Curug Awang ialah satu diantara curug yang airnya berasal dari aliran air Sungai Ciletuh. Tidak cuman curug ini hadir 2 curug lain. Namanya adalah Curug Puncak Manik serta curug Tengah. Keduanya ada pada satu aliran dari Sungai Ciletuh.

 

Ketiga curug yang satu ini ada di lokasi desa Taman Jaya. Cara menuju ke posisi Curug Awang, dapat memakai mobil umum  oleh karena kondisi jalan yang masihlah lumayan bagus. Dari area Sekretariat PAPSI kamu tinggal jalan ke arah Selatan  yang mana memakan waktu +/- 10 menit, lantas hadir belokan yang ke arah kiri yang manaatas penunjuk bertuliskan ” Curug Awang “.

 

Jalanan yang satu ini agak berbatu serta melalui kebun pohon kelapa yang lumayan luas. Dari situ Lumayan lah ada 5 menit, kamu akan bertemu dengan pertigaan yang kecil yang mana adalah jalan setapak yang mana agak menurun.

 

Kamu bisa parkir dekat jalan yang dekat sama lokasi yang banyak lalu lalang kendaraan bermotor. Tak usah takut dimaling dan tergores karena warga yang ada di sini baik dan tak rese kepada pendatang.

 

Dari tempat parkir mobil kamu harus jalan kaki di jalanan yang berbatu yang menurun. Gak demikian jauh, gak sampai 5 menit, kamu akan tiba di sebuah pondok berukuran kecil punya Ibunda Masliyah, warga setempat pembuat gula aren.

 

Dari Pondok Bu Masliyah, Turunlah menuju sawah serta  kamu sekalianmesti melalui jembatan yang dari bahan batang pohon. Jembatan ini membuat kamu dapat melintas di atas kali kecil. Cukup 3 kali mengambil langkah dan kamu akan  sampai di seberang. Sesudah melalui jembatan mini kamu harus belok ke arah kiri. Gak jauh dari daerah situ, Curug Awang dapat dipandang dari atas.

 

Banyakyang katakan bahwa momen paling pas  untuk datang ke sini adalah musim hujan. jKarena curugnya bakal tampak seperti Niagara mini. Ini sebabnya karena air curugbakal turun dari seluruh sisi tebing.  Ada pun tinggi tebing sebesar 40 Mtr. serta lebarnya sebesar 60 Mtr.. Pas waktu kemarau bisa juga kamu datangi karena tak kalah bagusnya.

 

Curug Awang merupakan curug termudah yang bisa untuk di datangi kala ke Sukabumi, ini karena batu-batu yang ada di sungainya juga jaraknya deket satu sama lain. Hal ini jadi mempermudah pelancong untuk geser ke spot lain yang dimaksudkanuntuk mencari sudut photo yang bagus.

 

Alamat : Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Telephone : +62 815-1914-3390

Jam aktif : 08. 00–17. 00

 

Curug Cikaso Sukabumi

 

Air terjun Cikaso adalah satu diantara air terjun yang berada di area selatan dari Kabupaten Sukabumi. Tempat wisata air ini dikenal juga selaku Curug Luhur, tetapi nama tempat wisata air Curug Cikaso lebih di kenal orang-orang sekeliling karena aliran air dari air terjun ini datang dari anak sungai Cikaso.

 

Tempat wisata air ini terbentuk dari beberapa titik air terjun. Tepatnya tiga titik air terjun.

Ngomongin bagian bawah air terjun, dibagian bawahnya ada kolam yang warna airnya hijau kebiru-biruan.

 

Ke-2 titik air terjun bisa tampak secara jelas sedang yang satunya lagi agak tersembunyi yang mana tebingnya yang menghadap ke arah timur. Ketiga air terjun memiliki nama masing-masing. Air terjun yang kiri punya nama Curug Asepan, yang tengah punya nama Curug Meong serta yang kanan punya nama Curug Aki.

 

Ketiga tempat wisata air berupa curug ini mempunyai ketinggian kira-kira 80 mtr. atas lebar tebingnya kira-kira 100 m. Aliran air yang berasal dari sini berlanjut ke arah Muara Tegal Buleud. Kolam di bawah air terjun itu bisa dipakai untuk berenang, tetapi ada pengawasan penjaga, karena kedalaman kolam air terjun inimenjangkau 15 m.

 

Alamat : Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori