Tempat Wisata di Sukabumi yang Paling Oke Banget!

Tempat wisata di Sukabumi bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata terbaik kamu, karena hawanya begitu sejuk dengan latar belakang pesona alam yang indah
0
Tempat Wisata di Sukabumi yang Paling Oke Banget!
0 (0%) 0 votes
pantaicimaja

Tempat wisata di Sukabumi tak pernah lepas dari pemandangan alamnya yang sangat indah. Inilah yang menjadikan Sukabumi banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dari dalam maupun luar negeri. Selain ini, udaranya yang sejuk juga menjadi nilai plus tersendiri untuk semua tempat wisata yang ada di Sukabumi. Terlebih jaraknya juga yang tak terlalu jauh dari Kota Jakarta, membuat Sukabumi menjadi incaran para pecinta travelling dari Jakarta dan sekitarnya.

 

Sukabumi Identik dengan Wisata Pantainya

 

surfing-pantai-cimaja
Seorang wanita asik surfing di Pantai Cimaja via wisataterbaikmu.blogspot.co.id

 

 

Bagi para traveler sejati, Sukabumi dianggap sangat identik dengan wisata pantainya. Yupz.. pandangan serta pemahaman para traveler mengenai Sukabumi yang identik dengan pantai itu memang benar adanya. Pesona alam di pantai-pantai yang ada di Sukabumi juga tak perlu diragukan lagi. Lelah, penat, pusing kepala kamu seketika akan hilang saat mengunjunginya. Nah, berikut beberapa pantai indah yang bisa kamu kunjungi di Sukabumi:

 

Pantai Cimaja

 

Pantai-Cimaja-Sukabumi
Pantai Cimaja via initempatwisata.com

 

Pantai Cimaja merupakan salah satu tempat wisata favorit di Sukabumi bagi mereka yang hobi berselancar. Dengan menghadirkan ombak pantai selatan, Pantai Cimaja sangat cocok banget buat kamu para penggemar surfing. Bahkan di pantai ini juga sering diadakan event atau kompetisi surfing berskala nasional lho. Jadi kamu enggak perlu jauh-jauh terbang ke Bali ya kalau cuma mau surfing doang mah. Hehee..

 

Alamat Pantai Cimaja: Desa Cimaja, Sukabumi, Jawa Barat.

 

Pantai Ujung Genteng

 

wisata-ujung-genteng1
Pantai Ujung Genteng via pegipegi.com

 

Pantai Ujung Genteng bisa dibilang sebagai surganya para traveler yang ingin menyaksikan keindahan alam luar biasa. Di pantai ini, kamu akan disuguhkan dengan keharmonisan alam yang bisa menjadi obat sakit kepala kamu dari beban hidup yang menumpuk. Pantai Ujung Genteng ini sangat cocok sekali buat kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan. Karena enggak cukup makan waktu satu hari saja ya. Kamu akan dibuat ketagihan dan betah untuk berlama-lama di tempat wisata yang satu ini.

 

Alamat Pantai Ujung Genteng: Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat.

 

Sungai Citarik

 

Sungai-Citarik
Pantai Ujung Genteng via pegipegi.com

 

Nah, Sungai Citarik ini sangat cocok banget nih buat kamu yang hobi dengan olahraga air arung jeram. Bukan cuma arung jeram saja sih yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke tempat wisata alam yang satu ini. Tapi kamu juga bisa memainkan banyak permainan seperti flying fox, team building, paint ball, dan masih banyak lagi. Biasanya sih, Sungai Citarik ini sering banget digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya yang membangun kerjasama tim.

 

Alamat Sungai Citarik: Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

 

Situ Sukarame

 

Situ Sukarame ialah satu situ yang berada di samping selatan dari kaki gunung Salak. Air yang ada di situ itu jernih. Situ ini dikelilingi rimba damar, rimba pinus, serta kebun teh.

 

Sukarame ialah tempat berjumpanya 7 sungai, yaitu sungai Cisalada, sungai Cikahuripan,  sungai Cisarandi,sungai Citaman,  sungai Cipangelah, sungai Cimaci,serta sungai Cisela.  Hola, adalah orang Belanda yang waktu itu memiliki ambisi untuk dapat membendung sungai-sungai itu yangdisebutnya untuk dijadikan telaga agar bisa berlayar.

 

Situ Sukarame adalah situ buatan yang  di bangun saat Pemerintahan Hindia Belanda. Sukarame juga adalah nama satu kampung yang hadir tidak jauh dari lokasi situ Sukarame itu.  awalannya lokasi itu cuma berbentuk rimba  tanpa ada masyarakat. Pertama kalinya tempati area itu adalah Ama Sadarina, seseorang pimpinan tentara yang berasal dari Kerajaan Mataram. Ia adalah seorang pelarianyang bersembunyi oleh karena diburu oleh tentara kolonial Belanda. Semenjak kehadiran Amma Sadarina itu,  tempat itu jadi ramai. Ini disebabkan oleh karena Ama Sadarina buka perguruan pengetahuan Kadigjayaan, sampai pada akhirnya tempat itu di kenal atas sebutan kampung Sukarame.

 

Alamat: Parakansalak, Parakan Salak, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

 

Situ Gunung

 

Situ Gunung mungkin saja ialah satu diantara tempat rekreasi di Sukabumi yang dapat bikin kalian terasa enjoy, sesudah berhari-hari berjuang di dalam hiruk-pikuk perkotaan. Atas hawa segarnya, Situ Gunung dapat jadi obat yang manjur untuk stress oleh karena pekerjaan yang menumpuk.

 

Untuk yang belum tahu akakehadiran wisata alam yang keren di Sukabumi ini, mungkin saja kalian butuh sesekali menengoknya. Oleh karena tempat yang satu ini bakal amat mengasyikkan untuk sebatas menghabiskan liburan berbarengan dengan family, atau beberapa orang terdekat.

 

Situ Gunung sesungguhnya ialah nama dari satu danau yang ada di dataran tinggi di Kota Sukabumi. Situ di Sukabumi ini ada di ketinggian kira-kira 850 mdpl. Lokasi tepatnya berada di areal kaki gunung Gede Pangrango. Memanglah, letak wisata situ di Sukabumi ini sendiri masihlah ada di area seputar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

 

Danau yang hadir di lereng Gunung Gede Pangrango ini kira-kira lebih kurang 16 km jaraknya dari pusat kota Sukabumi. Berjarak yang tidak terlampau jauh, untuk kalian yang menginginkan rasakan situasi alam yang masih fresh, jauh dari polusi udara.

 

kala baru sampai di  gerbang masuk Situ Gunung, situasi fresh bakal langsung menyongsong. Tak hadir deru kendaraan, tak hadir nada klakson kendaraan yang menggema liar di sini. Ditempat darmawisata Sukabumi yang satu ini cuma terdengar nada alam, serta sesekali cuitan burung yang masihlah terbang bebas.

 

Memanglah, Danau Situ Gunung ini masihlah dikelilingi oleh rimba pinus yang lebat. Hingga bakal bikin panorama sekeliling demikian hijau. Diluar itu, banyak pohon-pohon di sini yang bikin hawa senantiasa berasa fresh serta amat menyejukkan. Berbeda jauh sekali andaikan dibanding denganhawa di perkotaan yang panas serta pastinya penuh polusi.

 

Tidak sama atas tempat darmawisata danau yang lain, di sini kalian dapat nikmati sepuasnya, selama seharian. Bahkan juga andaikan kalian sukai atas aktivitas outdoor atau aktivitas alam bebas seperti berkemah, kalian dapat juga camping atau berkemah di Situ Gunung.

 

Akses : Dari Stasiun Bogor yang menuju ke Sukabumi. Kalian bisa naik KA Pangrango yang memiliki rute Bogor Paledang-Sukabumi-Cianjur.Turun di Stasiun Cisaat di Sukabumi. Setelah itu kalian baru mencari angkutan yang mengantarkan hingga sampai ke Situ Gunung.

Dengan kendaraan pribadi untuk menuju ke Danau Situ Gunung, kalian bisa kesana dengan melewati rute Jakarta – Bogor – Sukabumi atau dari Bandung – Cianjur – Sukabumi.

Alamat : Situ Gn., Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

 

Kawah Ratu Gunung Salak

 

Suka lakukan trekking? Lokasi Kawah Ratu di areal Gunung Salak, Jawa barat layak kamujadikan destinasi selanjutnya. Asiknya lagi, traveler bisa mengajak family untuk trekking disana. Hadir berjibun pengalaman serta cerita seru!

 

Lokasi Kawah Ratu ada di lereng Gunung Salak, Jawa Barat. Area ini bisa digapai lewat jalur Cidahu yang masuk Kabupaten SukabumI, bisa lewat Gunung Bunder, serta bisa lewat Gunung Salak Endah Bogor. Kamu dapat juga lakukan trekking di jalur lintas ke-2 pintu titik itu, yakni masuk lewat jalur Cidahu atau Gunung Bunder serta keluar lewat Gunung Salak Endah Bogor atau demikian sebaliknya.

 

Alamat : Gn. Salak, Pasawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

 

Curug Sawer

 

Tempat rekreasi Curug Sawer ini adalah satu diantara tempat rekreasi air terjun yang berada di desa Sukamaju. Untuk kamu yang memanglah tinggal di area ini, mungkin saja telah tak asing lagi atas object rekreasi Curug Sawer, namun tidak sama perihal untuk kamu yang tinggal diluar kota Sukabumi atau bahkan juga luar pulau yang mungkin saja masihlah amat asing atas kehadiran tempat darmawisata itu.

 

Untuk kamu yang menginginkan berencana berlibur berbarengan family atau rekanan kerja, amat dianjurkan untuk angkat kaki ke alam terbuka dimana hal semacam ini bisa dengan gampang kamu kerjakan di area Sukabumi. Oleh karena memanglah Sukabumi mempunyai aset berupa tempat rekreasi beraneka Curug, tidak hanya Bogor serta Paris van java.  satu diantara tempat rekreasi curug yang populer di Sukabumi ialah Curug Sawer.

 

Alamat :  Kawasan Wisata Situ Gunung, Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP)

 

Tempat Wisata Di Sukabumi Taman Rekreasi Salabintana

 

Bawalah Family Kamu Ke Taman Rekreasi Selabintana. Untuk masyarakat Sukabumi pasti telah tidak asing lagi dengan wisata ini : Selabintana. Tempat ini memanglah senantiasa jadi tujuan favorite pelancong lokal untuk menggunakan saat libur mereka bersama beberapa orang paling dekat. Taman rekreasi ini ada di lokasi utara dari kota Sukabumi serta tempatnya tak berjauhan dari pusat kota hingga amat gampang dijangkau. Dari pusat kota cuma diperlukan waktu kira-kira 15 menit untuk dapat sampai di pintu masuk Taman Rekreasi Selabintana ini.

 

Objek rekreasi ini ada di kaki Gunung Gede yang menghidangkan situasi hijau hingga bakal bikin siapa saja yang bertandang ke sini terasa kerasan serta menginginkan berlama-lama. Cobalah pikirkan sendiri, untuk menginjakkan kaki di Selabintana ini maka hamparan rumput yang hijau bakal langsung menyongsong kehadiran Kamu. Kamu juga dapat duduk sembari bersantai dibawah pohon pinus.  rasa-rasanya serasa seluruh capek hilang saat itu juga. Hembusan angin juga berasa beri kesegaran serta menyejukkan kalbu.

 

Harga : hanya membayar tiket sebesar Rp 5.000

Aksesibilitas : cara menuju kawasan objek wisata selabintana dari jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung maupun kota lainnya terbilang sangat mudah, cukup dua kali naik kendaraan umum pengunjung bisa sampai di depan pintu masuk. Rute pertama ialah menggunakan bus menuju terminal sukabumi, kemudian dilanjutkan dengan naik angkot no 15 yang langsung mengantarkan dan berhenti di pintu masuk selabintana.

Fasilitas yang disediakan : diantaranya adalah mushola, penginapan, tempat parkir serta WC Umum.

Alamat: Sudajaya Girang, Kec. Sukabumi, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

 

Geopark Ciletuh

 

Pulau Jawa ini sesungguhnya mempunyai berjibun tempat keren. Jadi, buat yang menginginkan rasakan ketenangan alam yang damai, tetapi tak miliki waktu  banyak, sesungguhnya tidak butuh bingung. Hadir yang namanya Geopark Ciletuh yang dapat kalian datangi kala akhir minggu tiba.

 

Geopark Ciletuh Sukabumi ini ialah satu diantara tempat berlibur keren yang pantas untuk kalian pertimbangan. Terlebih untuk kalian yang pingin berwisata alam penuh tantangan. Tempat wisata ini hadir di Ciletuh, Sukabumi, Jawa Bara. Tempat wisata Sukabumi ini ialah tempat tamasya alam yang sangat keren di Jawa Barat.

 

Katanya sih tempat ini dulunya  laut. Tetapi saat ini sudah terangkat dari bawah laut, serta lalu populer sebagai Geopark Ciletuh. Alam yang ada di Teluk Ciletuh ini memanglah menarik. Lansekap yang ada berupa mirip amfiteater raksasa yang serupa seperti tapal kuda. Lansekapnya menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

 

Idealnya, kala kalian berkunjung ke Geopark Ciletuh ini bakal membutuhkan waktu 3-4 hari bila menginginkan nikmati sebagian besar rekreasi alam yang hadir di geopark. Namun andaikan kalian mungkin saja cuma miliki waktu terbatas, kalian masihlah dapat berkunjung ke sebagian tempat paling utama di Geopark Ciletuh yang dapat dijangkau dalam kurun waktu sehari. Semisal   Pantai Palangpang, Panenjoan,  Curug Awang, Curug Cimarinjung, Curug Sodong, serta Puncak Darma.

 

Geopark Ciletuh ini memanglah tempat rekreasi keren di jawa yang tawarkan panorama hamparan berupa batu karang laut dan sebagian air terjun dari pegunungan yang cantik. Di geopark yang hadir di Sukabumi ini kalian dapat nikmati panorama alami yang di tawarkan. Komplit dari  air terjun, gunung, serta lansekap cantik berlatar belakang laut.

 

Alamat: Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: +62 816-1140-300

 

Wanawisata Cipelang

 

Berwisata ke wilayah Cipelang memanglah sangat asik. Area Cipelang ialah objek rekreasi yang ada di area sukabumi. Lokasi tepatnya di desa Gunung Pangrango. Wana wisata ini luasnya kira-kira 3 ha, serta dikelola oleh pengelola rimba yang berada di RPH Bacang BKPH Gede Barat KPH Sukabumi.

 

Cipelang berada di ketinggian 1025 m dpl. Lokasi ini memiliki curah hujan dengan besaran 2. 700mm/th., suhu udara ada diantara 12-290 C. DI Cipelang ada air terjun, sebagian anak sungai yang jernih serta bumi perkemahan, dan area outbond, di sana juga kita bisa memandang hutan alam yang indah, yakni di kaki gunung pangrango, umumnya beberapa pendaki dapat juga mendaki melalui jalur ini.

 

 

Jarak tempuh ke Cipelang dari Sukabumi kira-kira 15 km. Andaikan dari terminal sukabumi kita dapat naik yang berwarna putih ke arah mall merk Yogya, kemudian naik lagi angkot dengan warna merah yang ke arah salabintana, namun bertanya dahulu ya, apakah angkotnya hingga ke puncak atau enggak, kebanyakan suka hadir rombongan yang menuju ke sana, jadi dapat nebeng deh, cukup enak buat ngurangin biaya juga.

 

Alamat : Desa Gunung Gede Pangrango, RPH Bacang BKPH Gede Barat KPH Sukabumi.

 

Nah, dari tempat wisata di Sukabumi yang tadi sudah kita bahas, mana yang ingin kamu kunjungi dalam waktu dekat ini? Berikan komentar kamu ya. Jangan lupa juga untuk share artikelnya.

 

 

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori