Beberapa Tempat Wisata di Semarang yang Paling Pas Buat Bersenang-Senang

Kalau berkesempatan ke ibukota Jawa Tengah saat membutuhkan liburan, mampirlah di beberapa tempat wisata di Semarang yang paling pas buat bersenang-senang.
0
Beberapa Tempat Wisata di Semarang yang Paling Pas Buat Bersenang-Senang
0 (0%) 0 votes
semarang

Semarang selain Ibukota Jawa Tengah, kota ini juga salah satu kota besar di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

 

Objek wisata di kota yang terkenal dengan oleh-oleh lumpia dan wingko babat ini, beraneka ragam dan lengkap. Dari wisata sejarah sampai wisata alam pegunungan pun ada di sana.

 

Berikut tempat-tempat wisata di Semarang :

 

 

 

Lawang Sewu

 

Objek wisata yang satu ini pastinya sudah sangat terkenal di Semarang. Kalau kamu berlibur ke kota ini, belum sah kalau belum mengunjungi Lawang Sewu. Ya, Lawang Sewu adalah objek wisata sejarah berupa gedung kuno yang dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda dan digunakan sebagai kantor perusahaan kereta api yang dalam bahasa Belanda disebut Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS).

 

Lawang Sewu dalam bahasa Jawa artinya seribu pintu. Gedung ini diberi nama Lawang Sewu karena jumlah jendela dan pintunya banyak sekali. Jumlah pintu di sana ada 429 buah pintu dengan lebih dari 1.200 daun pintu.

 

Lawang Sewu sangat menarik untuk dikunjungi karena gedung ini memiliki bentuk dan arsitektur yang sangat khas, ada ruang bawah tanahnya yang dulu difungsikan sebagai penjara. Gedung ini pun punya berbagai cerita horor yang banyak beredar di masyarakat.

 

Kalau kamu berkunjung malam hari, suasana mistis yang memancar dari gedung ini akan sangat terasa dibandingkan kalau kamu datang di siang hari. Mungkin itu juga salah satunya yang membuat gedung bersejarah ini menarik minat wisatawan mengunjunginya.

 

Alamat : Komplek Tugu Muda, jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah

 

Telepon : (024) 3542015

 

Jam Buka : 06.00 pagi – 09.00 malam

 

 

 

Masjid Agung Jawa Tengah

 

Masjid ini termasuk dalam daftar masjid termegah di Indonesia. Selain sebagai tempat ibadah umat muslim, masjid ini juga mampu menyedot banyak wisatawan.

 

Dengan luas lebih dari 7.500 meter per segi, Masjid Agung Jawa Tengah yang diresmikan di tahun 2006 ini, mampu menampung lebih kurang 15.000 jamaah.

 

Selain bangunan utama, Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki fasilitas seperti; ruang akad nikah, auditorium, perpustakaan, penginapan, museum budaya Islam, kafe, toko cinderamata, arena bermain anak-anak dan lainnya.

 

Alamat : Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah

 

Telepon : (024) 6725411 atau 6725412

 

Jam Buka : 08.00 pagi – 09.00 malam

 

 

 

Kota Lama Semarang

 

Kawasan ini dulu konon adalah sentra perekonomian dan budaya masyarakat Jawa Tengah serta pusat pemerintahan di jaman Hindia Belanda. Buat kamu yang suka wisata sejarah, kawasan ini pas banget untuk kamu jelajahi.

 

Kota Lama Semarang pastinya sangat kental nilai historisnya. Sebagai salah satu kota besar di Pulau Jawa, Semarang memiliki jejak sejarah dan budaya seperti kota lainnya di Indonesia.

 

Di wilayah utara yang dilintasi kali Mberok adalah perkampungan Melayu dan juga basis agama Islam. Hal ini dibuktikan dengan adanya Masjid Layur atau Masjid Menara yang kokoh berdiri hingga kini. Sementara itu di bagian barat terdapat wilayah Jawa Islam dengan peninggalannya yaitu Masjid Kauman Semarang.

 

Nah, sedangkan di bagian selatan ada kawasan Pecinan Semarang. Dan yang tak ketinggalan, di bagian dalam Kota Lama berdiri bangunan dengan arsitektur menarik yaitu Gereja GPIB Immanuel atau yang terkenal dengan sebutan Gereja Blenduk.

 

Di Kota Lama ini juga terdapat beberapa pusat bisnis dan fasilitas umum yang sejak dulu sudah ada dan masih bisa kamu temui diantaranya Bank Mandiri, Asuransi Jiwa Sraya, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Stasiun Tawang dan Polder Air Tawang.

 

Alamat : Letjen Soeprapto, Semarang, Jawa Tengah.

 

Jam Buka : 24 Jam

 

 

 

Pagoda Buddhagaya Watugong

 

Ini adalah pagoda dengan ketinggian lebih dari 45 meter yang merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda Buddhagaya Watugong letaknya tak jauh dari pusat kota Semarang. Jalan yang menuju ke arah Ungaran, Yogya dan Solo. Daerah ini disebut Watugong karena di sini tempat ditemukannya batu yang bentuknya seperti gong.

 

Di areal seluas lebih kurang 2,25 hektare ini terdapat dua bangunan utama yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala yang dibangun tahun 1955. Di dalam komplek vihara ini juga terdapat Monumen Watugong, patung Dewi Kwan Im, patung Buddha di bawah pohon bodhi di pelataran vihara, patung Buddha tidur bewarna coklat dengan pakaian dan tubuh bewarna emas serta kolam teratai di sekitar pagoda.

 

Ikon paling terkenal dari Vihara Buddhagaya ini adalah Pagoda Avalokitesvara atau biasa disebut Pagoda Metakaruna yang berarti pagoda cinta dan kasih sayang. Pagoda ini didirikan untuk menghormati Dewi Kwan Sie Im Po Sat yang dipercaya oleh umat Buddha sebagai dewi kasih sayang.

 

Alamat : Jalan Pandanaran No.126 Semarang, Jawa Tengah.

 

Jam Buka : 07.00 pagi – 09.00 malam

 

 

 

Kelenteng Sam Po Kong

 

Berada di daerah Simongan, sebelah barat kota Semarang. Kelenteng Sam Po Kong adalah area bekas persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He atau Cheng Ho. Bangunan inti dari kelenteng adalah sebuah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika datang ke Pulau Jawa di tahun 1400-an.

 

Hampir seluruh bangunan di sini bernuansa merah khas bangunan Cina. Sekarang tempat ini dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah. Untuk keperluan tersebut, di dalam gua batu itu diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien.

 

Meskipun laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim, tetapi oleh masyarakat di anggap dewa. Hal ini dapat dimaklumi mengingat agama Kong Hu Cu atau Tau menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

 

Sekarang di dalam goa terdapat Patung Cheng Ho yang dilapisi emas dan digunakan untuk ruang sembahyang dalam memohon doa restu keselamatan, kesehatan dan rezeki. Selain bangunan inti goa batu tersebut, yang dindingnya dihiasi relief tentang perjalanan Cheng Ho dari daratan Cina sampa ke Jawa, di area ini juga terdapat satu kelenteng besar dan dua tempat sembahyang yang lebih kecil.

 

Tempat tempat sembahyang tersebut dinamai sesuai dengan peruntukannya, yaitu kelenteng Thao Tee Kong yang merupakan tempat pemujaan Dewa Bumi untuk memohon berkah dan keselamatan hidup. Sedangkan tempat pemujaan Kyai Juru Mudi berupa makam juru mudi kapal yang ditumpangi Laksamana Cheng Ho.

 

Alamat : Simongan Raya No. 129, Semarang, Jawa Tengah

Telepon : (024) 760 5277

Jam Buka : 06.00 pagi – 11.00 malam

 

 

 

Museum Ranggawarsita

 

Museum Ronggowarsito adalah objek wisata sejarah dan salah satu museum kebanggaan masyarakat Jawa Tengah. Museum ini juga merupakan salah satu tempat untuk melestarikan beragam aset budaya dari Jawa Tengah dan sarana pendidikan buat generasi penerus bangsa.

 

Berbagai koleksi peninggalan sejarah yang dimiliki Museum Ranggawarsita di antaranya adalah numismatika, arkeologi, geologi, keramik, koleksi seni dan lainnya. Selain banyak dikunjungi para pelajar, museum ini juga ramai didatangi wisatawan mancanegara.

 

Alamat : Jalan Abdul Rahman Saleh No.1 Semarang, Jawa Tengah

 

Telepon : (024) 7613506

 

Jam Buka : 08.00 pagi – 03.00 sore

 

Baca Juga: 10 Tempat Makan di Semarang Dengan View yang Killer Banget!

 

 

 

Gereja Blenduk

 

Ini adalah salah satu landmark Kota Lama, Semarang. Gereja yang nama sebenarnya GPIB Immanuel ini dibangun tahun 1753. Bangunan gereja Blenduk memang sangat menonjol dibandingkan gedung-gedung yang ada di sekitarnya. Bangunan gereja yang terdiri dari dua lantai ini sampai saat ini juga masih berfungsi sebagai gereja.

 

Gereja Blenduk selalu ramai dikunjungi wisatawan dan sering dipakai sebagai tempat untuk pemotretan pre-wedding. Di samping gereja terdapat taman yang biasa digunakan sebagai sudut pengambilan gambar dan tempat bersantai sambil memandang arsitektur gereja yang unik serta menikmati aneka jajanan yang ada di sekitar taman.

 

Alamat : Jalan Letjend. Suprapto No.32, Jawa Tengah

 

Telepon : (024) 3554 2718

 

Jam Buka : 09.00 pagi – 04.00 sore

 

 

 

Museum MURI

 

Sangat berbeda dari museum-museum lainnya yang ada di Semarang, bahkan juga di Indonesia. Ya, museum ini banyak mencatat berbagai prestasi yang ada di Indonesia. Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), didirikan 27 Januari 1990 di kawasan perindustrian Jamu Jago, Srondol, Semarang Selatan.

 

MURI atau Museum Rekor Indonesia didirikan Jaya Suprana untuk menegakkan pilar-pilar kebanggaan nasional, agar Indonesia lebih mampu dan mau menghargai karsa dan karya yang dimiliki bangsa sendiri.

 

Pendirian MURI sepenuhnya didukung oleh kelompok perusahaan Jamu Jago sebagai ungkapan semangat pengabdian kebudayaan perusahaan jamu tertua di nusantara. Dalam perjalanan waktu, ternyata sambutan masyarakat luar biasa, sehingga terciptalah rekor-rekor yang bukan hanya terbatas lingkup Indonesia namun juga rekor-rekor dunia.

 

Dari situlah kemudian nama MURI berkembang menjadi Museum Rekor-Dunia Indonesia. Langkah pendirian MURI sebagai lembaga pencatat rekor kemudian menjadi inspirasi bagi negara-negara lain yang juga mendirikan lembaga pencatat rekor nasional masing-masing.

 

Alamat : JalanPerintis Kemerdekaan No. 275 Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah

 

Telepon : (024) 747 5172

 

Jam Buka : 09.00 pagi – 03.00 sore

 

Baca Juga: Kamu Nggak Akan Nyangka Di Mana Jersey Timnas Inggris Dibuat

 

 

 

Candi Gedong Songo

 

Objek wisata ini berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang. Komplek candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi.

 

Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” yang berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi arti Gedong Songo adalah sembilan (kelompok) bangunan.

 

Lokasi ke-9 candi ini tersebar di lereng Gunung Ungaran. Dengan pemandangan alam yang indah dan di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang. Di sini juga kabut tipis sering turun dari atas gunung dan mengakibatkan jarak pandang terganggu.

 

Komplek candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut sehingga suhu udara di sini cukup dingin. Untuk menuju ke Candi Gedong I, kamu harus berjalan sejauh 200 meter melalui jalan setapak yang menanjak.

 

Tapi jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan jasa transportasi kuda untuk berwisata mengelilingi objek wisata Candi Gedongsongo. Di komplek candi ini, tepatnya di sela-sela antara Candi Gedong III dan Gedong IV terdapat sebuah kepunden gunung sebagai sumber air panas dengan kandungan belerang cukup tinggi.

 

Para wisatawan bisa mandi dan menghangatkan tubuh di pemandian yang dibangun di dekat kepunden tersebut. Mandi dan menikmati keindahan alam di sini pasti asyik. Karena keindahannya, Candi Gedong Songo sering dijadikan tempat untuk foto pra-nikah.

 

Alamat : Desa Candi, Bandungan, Jawa Tengah

 

Telepon : 0896-1948-9054

 

Jam Buka : 06.00 pagi – 05.00 sore

 

 

Baca juga: Coba Deh Sate Ayam Ini!

 

 

Kampung Wisata Taman Lele

 

Adalah salah satu objek wisata alam sekaligus taman hiburan keluarga. Kampung Wisata ini luasnya lebih dari 2 hektare, dan di sini juga terdapat aneka permainan untuk keluarga, baik permainan air atau darat.

 

Beberapa wahana di tempat ini diantaranya; becak air, taman nan asri, aneka binatang dan kolam bermain air bagi anak-anak. Buat wisatawan yang ingin menginap, tak perlu khawatir, di sini juga tersedia penginapan.

 

Nama taman ini memang unik. Ya, nama Lele itu awalnya karena sebelum dijadikan taman, tempat ini adalah kebun jambu dengan sumber mata air yang dipenuhi ratusan ikan lele.

 

Untuk kamu yang mau duduk-duduk santai di taman bermain atau danau buatan juga bisa. Di kedua tempat tersebut, kamu juga bisa menggelar tikar dan menikmati santap siang bersama.

 

Alamat : Jalan Siliwangi, Semarang, Jawa Tengah

 

Telepon : (024) 8664094

 

Jam Buka : 08.00 pagi – 06.00 sore

 

 

Tempat wisata di Semarang bukan hanya yang Hello Pet sebutkan di atas, namun petualanganmu bisa dimulai dari sana.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori