Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Paling Oke

Tempat Wisata di Jawa Tengah memang selalu menjadi incaran para wisatawan yang ingin melihat keindahan alam disana
0
Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Paling Oke
0 (0%) 0 votes
kampung-wisata

Tempat Wisata di Jawa Tengah sudah sangat familiar di kalangan Wisatawan, baik yang berasal dari Dalam Negeri maupun yang berasal dari Negara luar. Segudang destinasi wisata dari berbagai basis tersaji lengkap di Provinsi yang terletak di tengah-tengah Pulau Jawa itu.

 

Jateng Punya Banyak Jenis Wisata

 

Borobudur1
Candi Borobudur via daftartempat.com

 

Jawa Tengah tak hanya dikenal dengan satu basis atau jenis wisata saja. Dengan luas wilayah 32.548 km, atau sekitar 28,94 % dari luas Pulau Jawa, Jateng yang dikenal sebagai jantungnya budaya Jawa itu menyuguhkan beragam jenis wisata menarik, seperti: wisata alam, wisata budaya dan sejarah, wisata kuliner hingga wisata modern (buatan). Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi para Pelancong, sebab mereka bisa bertandang dengan tidak hanya berfokus pada satu jenis wisata saja. Nah, Traveler, berikut beberapa ulasan terkait objek-objek wisata menarik yang ada di Jawa Tengah.

 

Liburan Bareng Keluarga di Puri Maerokoco

 

Puri-Maerokoco
Puri Maerokoco via sobatpetualang.com

 

Kalau di Jakarta ada yang namanya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), maka di Jawa Tengah, tepatnya di Kota Semarang, ada taman rekreasi yang boleh dibilang serupa, yakni Puri Maerokoco. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan rekreasi budaya Jawa Tengah, seperti Rumah Adat, Pakaian Adat, dan lain sebagainya. Selain menghibur, di sini Kamu bisa sembari mengenalkan pada generasi-generasi muda mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kejawatengahan. Tak hanya itu, masih sama dengan TMII yang ada di Jakarta, Puri Maerokoco juga menyuguhkan aneka macam permainan menarik yang cocok untuk dinikmati bersama Keluarga, seperti: Sepeda Air, Kereta, Perahu, dan lain sebagainya. Sedari dulu, tempat ini tidak pernah sepi dari Pengunjung.

 

Alamat Puri Maerokoco: Komplek Maerokoco PRPP, Jl. Puri Anjasmoro, Semarang, Jawa Tengah.

 

Wisata Alam Unik di Ketep Pass

 

ketep_pass_magelang
Ketep Pass via njogja.com

 

Ketep Pass adalah salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah, tepatnya di Bukit Sawangan, jalur Boyolali – Selo – Magelang, yang menawarkan wisata alam unik. Objek wisata yang satu ini juga menjadi salah satu tempat favorit Wisatawan kala bertandang ke Jawa Tengah. Di Ketep Pass, Kamu bakal disuguhkan pemandangan alam yang teramat indah. Hamparan Pertanian di lereng Gunung Merbabu dan Merapi bisa Kamu jumpai di sini. Tak hanya itu, Kamu bahkan bisa melihat aktivitas Merapi secara live dari gardu pandang dengan menggunakan media Teropong. Saat bertandang ke Ketep Pass, Travelling kamu bakal makin lengkap dengan suguhan film dokumenter mengenai aktivitas Gunung Merapi yang merupakan Gunung Api paling aktif di dunia, dan juga film dokumenter yang mengabadikan letusan-letusan terdahsyat Merapi yang sempat mengganggu aktivitas Warga sekitar.

 

Alamat Ketep Pass: Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

 

Liburan ke Candi Borobudur

 

borobudur
Candi Borobudur via makassar.tribunnews.com

 

Berwisata ke Jawa Tengah rasanya tak lengkap jika tak menginjakkan kaki ke salah satu landmark-nya yang paling populer, yakni Candi Borobudur, sebuah situs bernilai seni tinggi yang telah dinyatakan dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO. Di Kompleks Candi Borobudur Kamu bakal disuguhkan pemandangan dari 1460 relief dan 504 stupa Budha. Untuk bisa masuk ke sana, Kamu hanya harus membayar harga tiket sebesar Rp30.000/orang (dewasa), dan Rp12.500/orang (anak-anak). Sementara untuk Turis mancanegara, tiket masuk dibanderol dengan harga USD20 (dewasa) dan USD10 (anak-anak).

 

 Alamat Candi Borobudur: Magelang, Jawa Tengah | Telepon: (0274) 496402.

 

Melihat Kera Liar di Grojogan Sewu

 

grojogan-sewu
Grojogan Sewu via republika.co.id

 

Destinasi wisata ini adalah tempat wisata air terjun di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat ini adalah salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi Wisatawan dari berbagai penjuru di Tanah Air, terutama pada musim libur dan weekend. Tak hanya Air terjun serta pemandangan alam indah dan asri saja yang bisa Kamu temui di sana, tetapi Kera-kera liar yang menggemaskan. Lengah sedikit, barang bawaan Kamu bisa raip diembat para gerombolan Kera nakal. Jadi tetap harus hati-hati ya kalau berkunjung ke Grojogan Sewu.

 

Alamat Grojongan Sewu Tawangmangu: Tawangmangu, Kec. Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Museum Kailasa

 

Museum ini adalah satu museum yang berlokasi di area  Dieng, Jawa Tengah. Tempat wisata ini diresmikan oleh pejabat tinggi negara yang menjabat Menteri Kebudayaan serta Pariwisata RI. Tempat ini diresmikan tanggal hari 28 bulan Juli tahun 2008. Tempat ini dibuat selaku pelebaran dari yang namanya Gedung Arca yang mana sudah hadir terlebih dulu. Museum ini dinamakan Kailasa, sesuai sama nama salah satu gunung yang merupakan rumah dari Dewa Syiwa.

 

Tempat ini mengambil nama tersebut oleh karena wisata sejarah Dieng diwarnai atas pemujaan pada Dewa Syiwa. Ini dapatdi ketahui dari percandian ataupun prasasti yang ditemukan di Dieng. Museum ini diisi artefak serta panil info mengenai alam, orang-orang Dieng dan warisan arkeologis yang berasal dari lokasi Dieng. Tempat wisata inimempunyai teater untuk memandang gambar hidup , ada juga panggung terbuka, dan tempat makan.

 

Alamat :  di seberang Candi Gatotkaca, Dieng, Kecamatan Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

 

Sangiran

 

Tempat Wisata Di Jawa Tengah

via: http://oldlook.indonesia.travel/id/destination/422/sangiran

Sangiran ialah situs arkeologi yang berada di area Jawa, Indonesia. Berdasar laporan dari UNESCO pada tahun 1995 , Sangiran disadari oleh beberapa ilmuwan untuk jadi satu diantara situs yang paling utama di dunia prihaluntuk pelajari fosil manusia. Tempat ini disejajarkan berbarengan situs Zhoukoudian yang ada di Cina, Willandra Lakes yang ada di Australia, Olduvai Gorge yang ada di Tanzania, serta Sterkfontein yang ada di Afrika Selatan, serta dalam penemuan prihal arkeologi lebih baik dari pada situs yang lain.

 

Area terbagi dalam kira-kira 56 km² . Tempat ini berada di Jawa Tengah, kira-kira 15 km. samping utara dari Surakarta . Berdasar administratif, lokasi Sangiran masuk dalam 2 kabupaten yakni Kabupaten Sragen   serta Kabupaten Karanganyar. Feature utama dari situs yang satu ini ialah geologi daerah. Awalannya kubah di sini terbentuk jutaan th. waktu lalu lewat peristiwa kenaikan tektonik. Kemudian kubah itu  terkikis yang maa setelahnya mengungkapkan isi dalam kubah yang tentunyakaya catatan arkeologi.

 

Alamat : Kalijambe, Sragen, Kec. Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia

 

Water Blaster Semarang

 

Water Blaster Semarang adalah wahana wisata air yang pertama kalinya berdiri di Semarang serta jadi andalan rekreasi family dari warga kota Semarang. Keseluruhan wahana air yang dipunyai tempat ini berjumlah 25 Unit. Wisata air ini fasilitas utamanya ialah mempunyai slide luncur arus yang berketinggian 25 mtr. diatas permukaan tanah.

 

Kamu bisa meluncur dengan cepat serta berputar sepanjang kurang lebih 230 mtr.. Hadir juga wahana permainan lainnya. Contohnya seperti flying fox. Lajur yang digunakan permainan ada diatas wahana airnya atas ketinggian 23 mtr. serta panjang 105 mtr.. Setting lingkungan bertopik air ini adalah tempat yang pas untuk photo Pre Wedding.

 

Tempat rekreasi air ini dipenuhi atas wahana paling lengkap serta paling besar yang ada di Semarang, komplitnya boleh dikatakan atas wahana permainan air  seru plusatas sarana yang mensupport acara berlibur family sampai gathering massal.

 

Tantangan meluncur itu seru banget karena punya lintasan paling tinggi serta terpanjang, berbelok serta berputar, serta nikmati akselerasinya ketika sampai di lintasan datar yang panjang serta menurun juga menimpa air di setiap belokannya. Ini semua bisa kamu dapatkancuma di water blaster lokasinya.

 

Buat yang hobby photo, tentu banyak lokasi di tempat yang berkesan ini. Foto kamu pastinya siap jadi photo yang unik dan tidak terlupakan.

 

Saat Aktif : Senin TUTUP (Maintenance), Selasa sd Sabtu : 10. 00 – 17. 30 WIB, Minggu serta Hari Libur : 07. 00 – 17. 30 WIB

Ticket Masuk : Senin sd Jumat Rp. 50. 000, -, Sabtu, Minggu serta Hari Libur Rp. 65. 000, -, Hari Besar Jumlah uang yang harus dibayar Menyesuaikan

Sarana : Gratis nikmati seluruh wahana Water Blaster terkecuali Flying Fox, Gratis pinjam Pelampung dan atau juga Ban permainan sepanjang persediaan masihlah ada

Sarana Penambahan : Loker area untuk menyimpan barang bawaan : Plaza Paling utama yang bernama Star Plaza untuk Acara, ada juga Noah Ship untuk Acara, Ruangan yang lain :  Family Gazebo, Gazebo,  VIP Jebby atau Fubby, VIP Court, VIP Wubby, Menambahkan Games atau permainan untuk Acara? ( Untuk tahu Jumlah uang yang harus dibayarkan untuk sewa dapat kontak orang yang bertanggung jawab dalam pengelolaannya)

 

Situs Purba Patiayam

 

Situs Purbakala Patiayam ialah situs purba yang berlokasi di areal Pegunungan Patiayam. Kira-kira 1. 500 fosil diketemukan di Patiayam serta saat ini disimpan di beberapa tempat tinggal masyarakat. Beberapa gading gajah diletakkan di Museum yang bernama  Ronggowarsito yang mana berlokasi di Semarang.

 

Situs Patiayam adalah bagian dari Gunung Muria. Ada pun luasnya adalah sebesar 2. 902, 2 hektar yang mana  mencakup lokasi Kudus serta sebagian kecamatan di Pati. Di gunung ini ada makam serta Masjid yang bernama Sunan Muria, ada juga air terjun, motel serta penginapan pun ada, beberapa villa, serta warung makan. Jaraknya cuma 18 km. dari kota Kudus.

 

Situs  Patiayam mempunyai kesamaan atas website purba  Trinil, Sangiran,Mojokerto, serta Nganjuk. Kelebihan komparatif dari situs Patiayam ialah fosilnya  utuh karena peimbunan  abu vulkanik halus serta pembentukan fosil yang berjalan baik. Di sekitarannya tak ada sungai besar hingga fosil ini tak geser kedudukan oleh karena erosi. Kondisi ini tidak sama atas situs purbakala yang lain di mana fosil diketemukan di endapan sungai.

 

Situs Patiayam adalah satu diantara situs terlengkap. Hal semacam ini dibuktikan atas diketemukannya manusia purba bernama latin Homo erectus, ada juga fauna vertebrata serta juga fauna invertabrata.

 

Di sini Hadir juga alat  manusia dari batu yang merupakan hasil budaya dari para manusia purba yang diketemukan dalam satu daerah pelapisan tanah yg tidak terputus mulai sejak minimum satu juta th. waktu lalu.

 

Alamat Situs Purbakala Patiayam : Jalan Raya Kudus-Pati

 

Pulau Cemara Besar

 

Cemara Besar adalah pulau yang berada dekat dengan Karimun Jawa, tepatnya berada di sisi timur dari Karimunjawa. Pulau ini adalah pulau tidak berpenghuni atas pasir putih nan indahserta air laut yang biru yang ada disekeliling Pulau Cemara Besar. andaikan kamu bertandang ke pulau ini, kamu bakal memandang demikian indahnya pulau atas pasir putih serta dangkalnya air laut di sekitar pulau, sampan umumnya bersandar di karang dekat pulau, oleh karena posisi seputar bibir pulau yang amat dangkal, janganlah takut oleh karena kamu bakal  mengagumi akan  jernihnya air serta kamu juga dapat memandang pasir putih nan luas secaraterang benderangdibawah jernihnya air laut.

 

Cemara Besar jadi satu diantara destinasi pulau rekreasi yang ada di Taman Nasional Karimunjawa, seandainya angin timur datang ke arah pulau ini , maka pulau akanamat ramai di datangi para pelancong baik pelancong lokal ataupun luar negeri, jernihnya air laut serta pasir putih nan eksotis jadi daya pikat  sendiri untuk beberapa pelancong yang datang ke sini.

 

Cemara Besar : Ada di areal sisi Timur dari Karimunjawa, perjalanan ke tempat ini dengan cara memakai kapal lebih kurang kira-kira 30 hingga 45 meni. Cemara Besar ini ada di bagian utara Cemara Kecil dengan ukuran tentunya lebih besar jika dibandingkan daripada Cemara Kecil, hingga beberapa masyarakat setempat menamai  pulaunya menjadi cemara besar, diluar itu faktanya di pulau ini terdapat berjibun pohon cemara.

 

Alamat : Karimunjawa, Jawa Tengah

 

Pulau Tengah

 

Keindahan Pulau Tengah telah jadi  amatdi kenal beberapa penggemar pantai, terlebih mereka yang pernah bertandang ke Karimunjawa. Pastinya iya dong, pulau tengah adalah satu diantara pulau yang senantiasa jadi destinasi beberapa pelancong. Dipulau ini kamu dapat mancing ikan, terkadang dapat juga memancing cumi.

 

Tempat wisata berupa pulau ini ialah satu diantara pulau yang pertama kalinya di buat resort untuk pelancong. Andaikan pulau-pulau yang lain mungkin saja di th. 2000an baru dikelola, maka tidak dengan pulau ini. Kalau pulau ini sudah dari th. 1990an. Pulau ini telah jadi  semacam tempat yang dipakai untuk tempat rekreasi. Cuma saja, kira-kira th. 2000an pulau yang satu ini kembali tidak terurus tanpa ada  yang menjaga sedikit pun. Bangunan tempat tinggal dan yang lain yang ada di sini ialah peninggalan dari mereka yang memiliki  tanah dan properti di tempat ini terlebih dulu. Panorama yang dapat terlihat dari sini adalah kamu dapat melihat langsung Karimunjawa. Kamu dapat Memandang pulau yang ada satu bukitnya yang  menjulang tinggi. kamudapat juga memandang lebih jelas Pulau Gudul serta Pulau Kecil.

 

Dari sebagian tempat tinggal yang di bangun di atas pulau ini kita dapat memandang dengan cara langsung ke terumbu karang. Kita dapat juga memandang gerombolan ikan ukuran kecil yang berlalu-lalang secara mata telanjang. Pulau Tengah memanglah amat eksotik untuk manusia yang mengujunginya.

 

Alamat : Kecamatan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah

 

Sumur Jalatunda

 

Sumur Jalatunda ada akibat dari aktivitas letusan kawah gunung vulkanis di waktu beratus th. lalu. Sumur ini mempunyai diameter  sampai 90 mtr. serta kedalaman kian lebih 150 mtr.. Sumur ini masuk lokasi   zonaRekreasi dieng. Tepatnya ada di Desa Pekasiran Batur.

 

Alamat Sumur Jalatunda : Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori