Tempat Wisata Di Garut Paduan Pantai, Tebing, Dan Gua

Tempat wisata di Garut ada yang memadukan keindahan pantai,tebing dan gua loh! Namanya Pantai Puncak Guha. Nah baca ulasan tuntas tentang pantai ini ya!
0
Tempat Wisata Di Garut Paduan Pantai, Tebing, Dan Gua
0 (0%) 0 votes
Rekreasi Wisata Garut Pantai Puncak Guha

Tempat wisata di Garut Selatan yang bernama Pantai Puncak Guha tidak kalah indah jika dibandingkan dengan Batu Hiu yang berada di Pangandaran. Di tempat ini panoramanya dapat kita nikmati dari puncak tebing. Di lokasi ini terdapat gua yang bernama Gua Lawar. Gua dan pemandangan dari tebing tersebut membuat pantai yang satu ini dinamakan Puncak Guha.

 

 

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

 

Kita sudah tahu bahwa pantai sangat panas. Maksudnya ketika siang hari dan cuaca cerah, tempat wisata yang satu ini sangat panas dikarenakan tidak adanya pohon-pohon untuk sekedar tempat berteduh. Namun, di tempat ini ada gazebo kecil jika anda lelah dan ingin beristirahat sejenak. Jadi saat terbaik ke obyek wisata Pantai Puncak Guha adalah menjelang sore atau sunset time. Saat itu udara sudah dingin dan anda bisa menyaksikan saat matahari terbenam di pantai. Rekomendasi bulan yang disarankan untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada bulan April. Kenapa? Karena rumputnya tumbuh dan menambah pesona pantai tersebut.

 

 

Cara menuju lokasi

 

Tempat wisata ini ada di Garut Selatan. Pantai ini berjarak lebih kurang 8 km jika dihitung dari Pantai Ranca Buaya. Pantai ini ada di arah timur yang menuju ke arah Santolo. Belum ada papan nama penunjuk tempat wisata di tempat ini. Para traveler sering melewati tempat ini begitu saja dikarenakan hal ini. Penanda yang menandakan bahwa tempat ini adalah pantai wisata hanyalah sebuah gapura kecil.

 

Bagi yang ingin ke tempat ini dengan kendaraan pribadi via Garut atau Pengalengan Bandung Selatan dapat ambil rute yang menuju ke Pantai Rancabuaya. Rutenya melalui jalan lintas selatan atau Jalan Cilaut Eureun. Carilah gapura yang berwarna merah. Ada petunjuk wisata ke Pantai Puncak Guha yang tidak jauh dari perempatan Pantai Rancabuaya yang ada alfamart dan juga indomaret.

 

Bagi yang ingin ke tempat ini dengan kendaraan umum via garut dapat menggunakan bus 3/4 dengan trayek Pameungpeuk dan turunlah di pertigaan jalan Pantai Santolo. Di sana ada alfamart Pantai Santolo. Dari alfamart tersebut lanjut dengan ojeg yang menuju wisata Pantai Puncak Guha. Sebenarnya bisa tetap pakai bus hingga gapura merah Pantai Puncak Guha. Namun, tidak disarankan untuk para wisatawan. Ini disebabkan bus 3/4 tersebut suka ngetem, sehingga memakan waktu lama untuk sampai ke sana.

 

 

Harga Tiket Masuk

 

Jalan masuk ke tempat ini diportal. Maksudnya untuk membayar tiket. Akses jalan ke pantai ini sangat jelek. Bagi anda yang travelling ke tempat ini dengan sedan, sebaiknya jalan kaki saja karena tidak terlalu jauh juga. Harga tiket masuk ke wisata ini adalah Rp.20.000 per mobil.

 

 

Akomodasi Dan Fasilitas

 

Fasilitas di area wisata Pantai Puncak Guha ada satu warung kecil. Akomodasi di sana berkisar rp.100-250rb per malam yang tempatnya berlokasi di Pantai Rancabuaya yang tidak jauh dari wisata Pantai Puncak Guha.

 

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Berkunjung

 

Di pinggiran tebing, dahulu kala, ada pagar pembatas yang ditujukan untuk menjaga keamanan. Namun, tahun 2012 tidak ada pagar sama sekali. Di sana hanya terdapat bekas tiangnya saja yang berjumlah beberapa buah. Ketika berkunjung ke tempat ini perlu berhati-hati, terutama bagi yang penasaran ingin melihat ke bawah.

 

 

Sumber : hannasantiago.wordpress.com

Sumber : facebook.com

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori