Tempat Menarik di London Yang Wajib Kamu Datangi!

Berencana mengunjugi ibukota Inggris, London? Berikut adalah tempat menarik di London yang tidak boleh Anda lewatkan!
0
Tempat Menarik di London Yang Wajib Kamu Datangi!
0 (0%) 0 votes
tempat menarik di london

Tempat menarik di London memang tidak ada habisnya. Tak ayal, London merupakan salah satu destinasi favorit para traveler di kawasan Eropa. Ibukota Inggris ini menawarkan banyak pilihan tempat menarik yang harus kalian datangi apabila berkunjung kesini. Perpaduan antara sejarah dan budaya modern nampak jelas di setiap sudut kota ini. Terlihat dari arsitektur yang sudah dibangun sejak dahulu kala dan inovasi yang selaras. Perkembangan musik dunia juga bekembang di London. Dari grup legendaris, The Beatles, hingga boyband yang digandrungi oleh banyak anak muda, One Direction, berasal dari London. Kota ini juga terkenal sebagai salah satu kiblat fashion dunia. Pasti sudah terbayang dong, gaya ala London dengan sepatu boots dan coat-nya.

 

Membicarakan keseruan kota London memang tidak ada habisnya. Apabila Anda sedang berencana berlibur ke London, berikut 10 tempat menarik di London yang wajib Anda kunjungi!

 

1. Big Ben

 

 

Tempat menarik di London ini terkenal sebagai salah satu ikon dari kota ini. Sebuah menara dengan jam di atasnya ini, sebenarnya memiliki nama asli Elizabeth Tower. Namun sekarang monumen ini lebih dikenal dengan nama Big Ben. Ben sendiri sebenarnya adalah nama dari lonceng yang berada di dalam jam. Menara ini sudah dibangun sejak tahun 1858, lho! Dan artinya menara ini kini sudah berusia lebih dari 150 tahun! Di desain oleh Augustus Pugin, jam ini berukuran tujuh meter dan tinggi menaranya memiliki ketinggian 96 meter. Uniknya, jam yang memiliki empat sisi ini dilindungi oleh 312 kepingan kaca opal. Dan keseluruhan lonceng dilapisi oleh emas.

 

Karena ketinggiannya, Big Ben dapat dinikmati dari berbagai sudut kota London. Detak jam bahkan dapat didengar dan dirasakan oleh para wisatawan. Big Ben terdapat didalam kompleks bangunan Istana Wesminster. Tidak semua orang dapat masuk kedalam Istana Westminster. Hanya warga negara Inggris saja yang diperbolehkan. Namun, melihatnya saja, Big Ben dapat membuat semua orang berdecak kagum. Keindahan bangunan ala gothic-victorian sangat terlihat dari luar. Mencirikan arsitektur Kerajaan Inggris yang khas.

 

Big Ben dapat anda kunjungi sepanjang hari. Berjalan disekitar jembatan di depan menaraTapi, makin malam kecantikan Big Ben makin terasa. Saat menjelang sunset, dengan indahnya gradasi langit London, Big Ben terlihat sangat megah. Menjelang malam, lampu-lampu di sekitar Big Ben membuat menjadi makin mewah. Jangan lupa untuk berfoto di box telepon merah khas Inggris yang ada di depan Big Ben, ya!

 

Alamat : Elizabeth Tower – Houses of Parliament. Westminster, London SW1A 0AA, England (maps)

Akses : Cara menuju Big Ben Anda dapat menggunakan kereta bawah tanah dan turun di Stasiun Westminster Tube dan berjalan kaki 2 menit dari stasiun.

Website Resmi : www.parliament.uk

 

Baca juga : Tempat Menarik Di Paris Yang Wajib Untuk Di Kunjungi

 

2. National Gallery

 

 

 

Tempat menarik di London ini cocok bagi Anda yang menyukai seni. The National Gallery memiliki lebih dari 2300 lukisan khas Eropa yang dibuat sejak pertengahan abad 13 hingga tahun 1900-an. Jumlah koleksi ini membuat The National Gallery dinobatkan menjadi salah satu galeri seni terkaya di dunia. The National Gallery terletak di Trafalgar Square, London.  Arsitek dari museum ini adalah William Wilkins. Museum ini sudah didirikan sejak tahun 1824.

 

Berbeda dengan Louvre Museum di Paris, karya lukisan di The National Gallery bukan merupakan koleksi milik kerajaan. Lukisan di museum ini awalnya dibangun oleh Pemerintah Inggris ditahun 1824 yang membeli koleksi lukisan bankir John Julius Angerstein. Sekarang, dua pertiga lukisan merupakan sumbangan pribadi. Sebut saja beberapa nama pelukis kenamaan dunia seperti Hans Holbein, Michelangelo hingga Van Gogh, mahakaryanya ada di galeri ini. Disini anda juga dapat mengetahui sejarah seni dari masa ke masa. Lukisan terkenal karya maestro Leonardo da Vinci, The Virgin of the Rocks, juga dipamerkan disini!

 

Tidak hanya lukisan bersejarah, bangunan dari tempat wisata ini pun juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Anda akan dibuat takjub oleh lantai pintu masuk yang berupa karya mosaik karya Boris Anrep yang berjudul The Awakening of the Muses. Ruangan-ruangan, tangga bahkan kubah kaca di berbagai area museum juga merupakan karya sejarah modern yang menakjubkan. Asyiknya lagi, jika tidak ada event khusus, untuk masuk kedalam museum ini gratis!

 

Alamat : Trafalgar Square, London WC2N 5DN, United Kingdom (maps)

Akses : Cara menuju The National Gallery, Anda dapat menggunakan kereta bawah tanah dan keluar di stasiun Leicester Square Tube dan berjalan kaki sekitar 3 menit

Jam Buka : Setiap hari, 10.00 – 18.00 (Tutup 24-26 Desember dan 1 Januari)

Tiket Masuk : Gratis (Kecuali pada event khusus)

Website Resmi : https://www.nationalgallery.org.uk/

 

3. London Eye

 

 

Tempat menarik di London yang satu ini, kini juga menjadi salah satu ikon kota London. Dengan tajuk London Eye, tempat wisata ini merupakan sebuah bianglala raksasa. London Eye dibangun sejak tahun 2000 berada di sisi sungai Thames. Struktur bianglala ini sendiri memiliki tinggi 135 meter dan diameter 120 meter. Dengan ketinggian ini, Anda dapat melihat hampir seluruh penjuru London! Karena London Eye merupakan titik pengamatan tertinggi di London dan merupakan bianglala terbesar di Eropa.

 

Untuk melakukan satu putaran penuh, London Eye membutuhkan waktu 30 menit. Sehingga Anda dapat menikmati pemandangan spektakuler London dengan puas. Demi memudahkan pengunjung, terdapat tablet interaktif yang memberikan informasi tentang landmarks di London dalam enam bahasa di dunia. Terdapat 32 kapsul dalam London Eye yang akan membawa Anda. Setiap kapsulnya dapat diisi oleh 25 orang dan Anda dapat dengan bebas memilih spot untuk mengamati kota London karena badan kapsul dilapisi kaca yang luas dan besar.

 

Beberapa tips untuk Anda saat mengunjungi London Eye. Hindari musim liburan musim panas karena antrian akan lebih panjang. Selain itu, untuk menghemat harga tiket London Eye, pesanlah secara online. Tiket dapat anda pesan melalui link ini. Hindari juga berkunjung pada pukul 11.00 dan 15.00 karena saat itu adalah jam tersibuk di bianglala ini. Anda juga dapat menikmati London Eye ketika malam. Tentunya dengan taburan lampu-lampu di kota London yang menakjubkan.

 

Alamat :  South Bank of the River Thames, London SE1 7PB, England (maps)

Akses : Cara menuju London Eye dengan kereta bawah tanah, Anda dapat menggunakan kereta bawah tanah dan turun di stasiun Waterloo dan berjalan kaki sekitar lima menit

Tiket Masuk : Dewasa/Anak £21.50/15.50

Jam Buka : 10.00 – 20.00

Website Resmi : http://www.londoneye.com/

 

4. Buckingham Palace

 

 

 

Tempat menarik di London ini adalah kediaman resmi keluarga kerajaan Inggris. Disinilah Ratu Elizabeth tinggal dan menerima serta menyambut tamu negara. Pada acara khusus dan masa-masa penting, masyarakat Inggris berkumpul di pelataran Istana. Namun, para wisatawan juga sering berkumpul disini untuk sekedar berfoto dan melihat lebih dekat Istana Buckingham. Dibangun sejak tahun 1703, Buckingham Palace menggantikan istana sebelumnya yaitu St James’ Palace.

 

Sejak musim panas 2015, Istana Buckingham dibuka kembali untuk umum. Layaknya tamu negara, Anda dapat merasakan megahnya istana ini. Memasuki lobi utama Anda dapat menuju sebuah tangga yang membawa Anda ke sebuah ballroom. Di ruangan ini, biasanya Ratu Inggris menerima tamu kenegaraan di sebuah ruang makan lengkap dengan alat makan ala kerajaannya.

 

Ada hal unik yang bisa Anda tonton di Istana ini. Setiap siang hari, prajurit istana bergantian jadwal menjaga istana di garda depan. Tentunya Anda sudah terbayang tentara Inggris dengan topi bulu tinggi serta baju merah. Parade ini merupakan salah satu moment yang tidak boleh Anda lewatkan

 

Alamat : Buckingham Palace Road, London SW1A 1AA, England

Akses : Cara menuju Buckingham Palace, Anda dapat menggunakan kereta bawah tanah dan turun di stasiun St James’ Park.

Tiket Masuk : Dewasa/Anak £20.50/11.80

Jam Buka : 9.30 – 19.30 (Akhir Juli – Agustus : 9.30 – 18.30)

Website Resmi : www.royalcollection.org.uk

 

5. St James’s Park

 

 

Tempat menarik di London ini berada di dekat London Eye dan Buckingham Palace. Dengan luas 23 hektar, taman ini menjadi salah satu taman favorit warga London. St James’s Park memiliki danau yang ditempati oleh angsa bahkan pelikan. Tempat ini sangat cocok untuk melepas lelah setelah seharian wisata berjalan-jalan keliling London. Santai sejenak menikmati hijaunya pepohonan yang menjadi paru-paru kota. Berjalan sore juga dapat Anda lakukan untuk menikmati taman ini. Rasakan sensasi menjadi warga kota London, karena disinilah salah satu spot favorit mereka untuk beristirahat.

 

Anda dapat menyewa kursi agar santai sore Anda bisa lebih nyaman. Atau Anda dapat memberikan makanan bagi unggas di danau setiap harinya pada pukul 14.30. Di taman ini Anda juga dapat melihat pergantian prajurit seperti di Istana Buckingham.

 

Alamat : Horse Guards Road | The Storeyard, LondonSW1A 2BJ, England (maps)

Akses : Cara menuju St James’s Park, Anda dapat menggunakan kereta bawah tanah dan turun di St James’s Park dan langsung menuju taman.

Harga Sewa Kursi : Per Jam/ Per Hari £1.50/7

Jam Buka : 05.00 – 24.00

Website Resmi :  www.royalparks.org.uk

 

6. British Museum

 

 

tempat menarik di london

via: http://www.littleworld.party/british-museum/

Tempat menarik di London lainnya adalah sebuah museum yang dikenal sebagai British Museum. Lain dari National Gallery yang memfokuskan kepada seni lukis, museum ini dikembangkan untuk menjadi salah satu pusat sejarah, seni dan kebudayaan manusia. British Museum dibangun sejak tahun 1753 dan dimulai dengan koleksi fisikawan dan ilmuwan Sir Hans Sloane. Pada tahun 1759, British Museum resmi dibuka untuk umum.

 

Terletak di wilayah Bloomsbury, London, museum ini memiliki koleksi yang sangat beragam dari berbagai penjuru dunia. Peninggalan sejarah Timur Tengah hingga Yunani turut meramaikan British Museum. Bahkan, di museum ini Anda dapat melihat koleksi mumi yang berasal dari Mesir! Dari masa pra sejarah hingga koleksi koin juga ada disini. Dan lagi, museum ini tidak memungut biaya alias gratis!

 

Alamat : Great Russell StreetLondon WC1B 3DG England

Akses : Cara menuju British Museum Anda dapat menggunakan kereta bawah tanah dan turun di stasiun Russel Square.

Jam Buka : Sabtu-Kamis 10.00 – 17.30 Jumat hingga pukul 20.30

Website Resmi : www.britishmuseum.org

 

7. Madame Tussauds

 

 

Tempat menarik di London ini bisa membuat Anda berfoto dengan artis-artis international hingga Ratu Inggris! Betul sekali, ini adalah museum patung lilin terbesar di dunia! Walaupun sudah memiliki cabang di beberapa negara, Madame Tussauds di London merupakan museum pertamanya. Adalah Marie Tussaud yang awalnya asisten rumah tangga namun memiliki keahlian membuat patung sang pembuat museum ini pertama kali.

 

Di museum ini, Anda diperbolehkan berfoto dengan idola Anda. Deretan bintang film internasional seperti Tom Cruise dan Johnny Depp dengan gaya khas mereka siap berfoto dengan akrab bersama Anda. Penyanyi internasional seperti Taylor Swift dan John Lennon juga ada disini.  Patung-patung dibuat sangat detail hingga terlihat sangat mirip dengan aslinya. Ditambah dengan gaya yang mencerminkan si artis tersebut, Madame Tussauds dipastikan akan membuat Anda berdecak kagum (dan tidak ingin berhenti foto)

 

Alamat : Marylebone Road, London NW1 5LR, England

Akses : Cara menuju Madame Tussauds, Anda dapat menaiki kereta bawah tanah dan turun di staisun Baker Street.

Tiket Masuk : Dewasa/Anak £30/26

Jam Buka : 09.30 – 17.30

Website Resmi : www.madame-tussauds.com/london

 

8. Tower of London

 

 

 

Tempat menarik di London ini sebenarnya adalah kastil dengan 22 menara di dalamnya. Tower of London menawarkan wisata sejarah di London. Di tempat ini dua raja dan tiga ratu wafat. Terdapat juga penjara di dalam kastil ini sehingga kastil ini dikenal dengan julukan Bloody Tower. Anda juga dapat melihat mahkota yang betabur permata dan baju-baju raja dan ratu. Bangunan kastil bergaya arsitektur Norman. Di pintu masuk, Anda akan menjumpai baju yang pernah digunakan oleh Raja Henry VII. Di dalam kastil juga terdapat kapel St John’s yang dibangun sejak 1080. Menjadikannya sebagai gereja tertua di London

 

Pemandu wisata akan menjelaskan Anda dengan detail dan menarik tentang sejarah kastil ini. Jika tidak menggunakan pemandu, Anda dapat menggunakan perangkat audio yang menjelaskan tentang isi kastil. Tur berlangsung sekitar satu jam dalam tiga puluh menit sekali. Anda bisa menemukan informasi tur di jembatan dekat pintu masuk. Tips dari kamis, Anda bisa memesan tiket secara online untuk harga yang lebih murah

Alamat : Tower Hill, London EC3N 4AB, England

Akses : Cara menuju Tower of London, Anda dapat menggunakan kereta bawah tanah dan turun di stasiun Tower Hill.

Harga Tur : Dewasa/Anak £22/10, dengan audio saja £4/3

Jam Buka : Selasa-Sabtu 09.00 – 17.30, Minggu dan Senin 10.00 – 17.30

Website Resmi : www.hrp.org.uk/toweroflondon

 

9. Churchill War Rooms

 

 

 

Tempat menarik di London ini juga menyimpan banyak catatan sejarah. Dikenal juga sebagai Winston Churchill, bangunan ini merupakan salah satu markas perang dunia ke dua. Disinilah tempat militer bawah tanah melawan kelompok Nazi. Ruanan masih sama dan terjaga sama seperti dulu kala. Sehingga bangunan yang kini menjadi museum ini memamerkan banyak benda sejarah.

 

Winston Churchill masih terasa suasana saat jaman perang. Dikemas dengan multi media menarik, ruang pameran difokuskan pada masa perang dan pemerintahan kala itu. Yang akan seketika membuat Anda tertarik dengan sejarah. Rencanakan setidaknya dua jam untuk menikmat museum ini secara lengkap.

 

Alamat : Clive Steps King Charles Street, LondonSW1A 2AQ, England

Akses : Cara menuju museum ini, Anda dapat menggunakan kereta bawah tanah dan keluar di stasiun Westminster.

Harga Tiket : Dewasa/Anak £18/9

Jam Buka : 9.30 – 18.00 (Terakhir masuk pukul 17.00)

Website Resmi : www.iwm.org.uk

 

10. Portobello Road Market

 

 

Tempat menarik di London yang satu ini cocok untuk kalian yang gila belanja. Setelah seharian mengelilingi London, sekarang saatnya berbelanja untuk oleh-oleh atau hanya sekedar cuci mata. Portobello Road Market adalah salah satu ikon London berupa jalanan yang penuh dengan penjual makanan kaki lima, buah dan sayuran segar, fashion hinga barang-barang antik.

 

Pada hari Sabtu, pasar ini dipastikan ramai pengunjung. Namun, di antara Jalan Portobello dan Ladbroke, sepanjang jalanan akan dipenuhi penjual item-item fashion yang tentunya unik-unik. Anda bisa membeli barang yang masih baru atau secondhand. Barang secondhand yang dijual masih berkualitas bagus dan jika jeli, Anda dapat menemukan barang branded dengan harga miring! Anda juga dapat menemukan penjual CD dan vinyl musik yang langka disini. Harga barang di Portobello juga bisa ditawar, jadi siapkan keahlian tawar menawar Anda.

 

Alamat : Portobello Road, London W11 1LU, England

Akses : Cara menuju Madame Tussauds, Anda dapat menaiki kereta bawah tanah dan turun di staisun Nothing Hill Gate lalu berjalan kaki.

Jam Buka : 08.00 – 18.30

Website Resmi : http://www.portobellomarket.org/

 

Bagaimana? Sudah mendapat inspirasi tempat menarik di London yang akan Anda kunjungi? Selamat traveling, traveler sejati!

 

 

tempat menarik london

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori