4 Tips Dan Cara Mendapatkan Tempat Duduk Terbaik Di Pesawat

Jika ingin melakukan perjalanan dengan memakai pesawat, mungkin beberapa tips untuk mendapatkan tempat duduk terbaik di pesawat ini sangat Anda perlukan.
0
4 Tips Dan Cara Mendapatkan Tempat Duduk Terbaik Di Pesawat
0 (0%) 0 votes
Tips dan cara memilih tempat duduk terbaik di pesawat

Perjalanan melalui jalur udara dengan menggunakan maskapai penerbangan tentu akan memakan waktu mungkin paling sedikit yakni satu sampai lebih 12 jam. Dan dari waktu selama itu, maka aktivitas akan sangat dibatasi oleh tempat duduk di dalam kabin pesawat, walaupun mungkin sesekali dapat ke toilet. Sebab hampir 90% waktu di dalam pesawat tersebut kita pakai hanya untuk duduk, maka itu sudah sewajarnya apabila kita menginginkan tempat duduk yang nyaman serta aman bagi kita.

 

 

Nah, apabila anda ingin mendapatkan kursi yang nyaman serta aman, mungkin alangkah baiknya jika kita mencari tau informasi tempat duduk pesawat yang akan kita tumpangi sebanyak-banyaknya. Lalu apa-apa sajakah yang perlu menjadi perhatian serta pertimbangan kita dalam mendapatkan tempat duduk terbaik di pesawat? Simak ulasan lengkapnya yang akan Hello-Pet berikan berikut ini.

 

 

 

 

Informasi Tentang Tempat Duduk Di Kabin Pesawat

 

 

Tempat duduk di dalam pesawat terdapat 3 zona yaitu depan, tengah dan belakang. Petugas apron yang ada di bandara akan mengarahkan penumpang-penumpangnya berdasarkan dari nomer kursi ataupun seat yang terdapat pada boarding pass sebelum kita masuk ke dalam pesawat tersebut melalui pintu depan maupun belakang.

 

 

Pada maskapai penerbangan tertentu, kursi di bagian depan biasanya akan sangat diprioritaskan untuk para penumpang kelas bisnis. Lalu untuk kursi tengah hingga ke belakang itu diprioritaskan untuk penumpang yang mempunyai tiket kelas ekonomi. Antara ruang kelas bisnis dan juga ekonomi biasanya hanya dibatasi oleh sebuah tirai. Untuk masalah formasi, tempat duduk bagi kelas bisnis biasanya mempunyai formasi 2-2, tetapi untuk kelas ekonomi biasanya dibagi dalam formasi 3-3. Jadi, sudah jelas jika kelas bisnis akan membuat kita lebih leluasa serta nyaman apabila dibandingkan dengan kelas yang ekonomi, tetapi tentu saja akan merogoh kocek yang lebih dalam pada saat akan membeli tiket pesawat untuk kelas bisnis.

 

 
Tetapi untuk anda yang mempunyai tiket pesawat kelas bisnis jangan merasa senang dulu, sebab ada beberapa airlines yang tidak membedakan kursi mereka hanya berdasarkan kelas bisnis maupun kelas ekonomi. Dan secara otomatis penumpang yang mendapatkan posisi yang sama yakni pada formasi seat 3-3. Tetapi terdapat pengecualian bagi penumpang kelas bisnis untuk tetap mendapat prioritas utama dalam memilih kursi mereka.

 

 

 

 

Kelebihan Dan Kekurangan Tempat Duduk Pesawat

 

Pada setiap posisi tempat duduk pesawat mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Jadi kalau seperti itu kursi mana yang nyaman serta aman? Ada sebuah studi yang telah dilakukan oleh EasyJet pada tahun 2014 yang lalu telah menemukan jika kursi paling sempurna yakni kursi 7F. Alasannya yang diberikan sangat mudah, sebab kursi tersebut banyak sekali diminati pada saat penerbangan.

 

 

Tetapi, studi itu sangat berbeda dengan sebuah survei yang telah diadakan oleh Skyscanner. Melalui survei ini telah ditemukan jika kursi 6A merupakan kursi yang sangat baik di antara para travelers. Alasannya juga seperti sebuah lelucon, sebab 6A dipercaya sebagai lucky numbers.

 

 

Berikut ini beberapa kelebihan serta kekurangan tempat duduk pada pesawat menurut posisinya.

 

– Tempat Duduk Dekat Jendela
Apabila anda sangat ingin menikmati pemandangan dari atas pesawat setelah pesawat tersebut take off atau pada saat ingin landing, maka memilih tempat duduk di dekat jendela mungkin sangat cocok untuk anda. Tetapi apabila anda takut dengan ketinggian, kursi ini akan menjadi kursi yang paling menakutkan untuk anda.

 

 

– Tempat Duduk Di Kabin Tengah
Tempat duduk pada kabin tengah memang dirasa tidak mempunyai kelebihan apapun. Bahkan jika pesawat tersebut mempunyai banyak penumpang, mungkin sebagian orang akan menghindari tempat duduk pada bagian tengah ini. Pada saat anda ingin memutuskan untuk dapat mengambil kursi di tengah atau juga karena terpaksa mendapat kursi di tengah, kemungkinan besar anda akan menduduki kursi pada area pintu darurat.

 

 

– Tempat Duduk Dekat Pintu Darurat
Kursi yang pada posisi ini ada kaitannya juga dengan kursi di tengah pesawat tadi. Sebab kursi yang terdapat di pintu darurat memang biasanya lebih luas serta penumpang akan merasa lebih leluasa, tetapi ada akibat yang harus kita tanggung yakni pada saat terjadi hal yang buruk. Seperti pada saat pesawat harus mendarat ke dalam keadaan yang darurat misalnya pada perairan ataupun di laut.

 

Penumpang yang ada di posisi ini harus siap untuk membukakan pintu darurat kemudian mendahulukan para penumpang untuk dapat keluar melalui pintu tersebut. Biasanya para pramugari selalu meminta kesanggupan para penumpang yang duduk pada kursi tersebut jika terjadi keadaan yang darurat.

 

 

– Tempat Duduk Di Dekat Lorong
Biasanya tempat duduk yang berada di dekat lorong ini sangat mengganggu untuk para penumpang yang ingin beristirahat di dalam pesawat tersebut, sebab pramugari akan lalu lalang setiap saat pada sekitar lorong. Tetapi apabila anda tidak mempermasalahkan hal itu, mungkin tempat duduk di dekat lorong ini tidak mempunyai kelebihan maupun kekurangan yang khusus.

 

 

– Tempat Duduk Dekat Toilet
Kelebihan bagi penumpang yang duduk di dekat toilet ini biasanya dikhususkan untuk mereka yang lebih sering ke kamar mandi, atau jika mereka sedang membawa anak-anak. Tetapi, kekurangannya yaitu sangat berisik sebab duduk pada tempat ini akan sering mendengar langkah kaki orang yang keluar dan masuk toilet.

 

 

– Tempat Duduk Di Baris Paling Belakang
Bagi yang mendapatkan tempat duduk pada baris yang paling belakang ini akan merasa kurang nyaman dari sisi suasana serta suara. Semua ini disebabkan oleh mesin jet pada pesawat yang ada di bagian belakang pesawat ini cukup bising jika dibandingkan dengan bagian depan. Apalagi juga dengan getaran pada bagian belakangnya akan lebih terasa dibandingkan dengan yang di depan. Serta zona yang kurang nyaman memang duduk pada baris paling belakang, apalagi untuk penumpang yang mempunyai nomor seat di tengah.

 

 

– Tempat Duduk Di Baris Paling Depan
Untuk tempat duduk pada bagian depan pesawat ini memang cukup nyaman jika dibandingkan dengan yang di belakang. Kenyamanan pada posisi depan ini dapat anda rasakan dari sisi akustik ruangannya yang terasa lebih tenang dibandingkan dengan zona belakang. Dan juga getaran pada bagian depan tidak akan terlalu terasa apabila dibandingkan dengan tempat duduk di belakang.

 

 

 

 

Tips Mendapat Tempat Duduk Dalam Kabin Pesawat

 

– Lakukan Check-in Via Internet
Untuk bisa mendapatkan pilihan kursi yang sesuai dengan apa yang anda inginkan, anda dapat melakukan check in lebih awal di bandara tersebut. Tetapi kelemahan jika kita check in di bandara yakni belum pasti akan mendapatkan kursi yang kita inginkan. Namun apabila kita terbang dengan rombongan maupun keluarga mungkin saja kita akan terpisah satu dengan yang lainnya. Untuk dapat menghindari hal tersebut, cobalah untuk check in via internet yang umumnya dapat anda lakukan 24 jam sebelum keberangkatannya. check in via internet bisa memberikan kebebasan anda dalam memutuskan pilihan kursinya. Selain itu anda bisa melihat kursi mana saja yang bisa diambil.

 

 

– Jangan Tergoda Dengan Tiket Pesawat Murah Ataupun Mahal
Pada saat penerbangan ke luar negeri, anda tidak boleh hanya tergoda dengan harga tiket pesawat yang murah ataupun yang mahal. Biasanya jika anda mememesan tiket pesawat, terkadang situsnya hanya memperlihatkan berbagai pilihan mulai dari harga termurah sampai harga termahal. Maka dari itu periksalah dengan sangat teliti, apakah harga murah itu dapat menjamin anda akan mempunyai kursi yang nyaman atau tidak.

 

 

 

 

Memilih Tempat Duduk Di Pesawat Sesuai Dengan Keinginan

 

 

– Tidur Di Pesawat
Apabila anda tau dengan pasti jika jadwal anda begitu sangat padat serta anda hanya dapat beristirahat di dalam pesawat tersebut, maka dari itu anda harus mempunyai kursi yang dapat membuat anda itu nyaman untuk tidur. Jika anda menginginkan tempat duduk yang seperti ini, maka pilihlah kursi di dekat jendela yang berada pada sebelah kiri pesawat. Tetapi tidak boleh terlalu depan maupun terlalu belakang, maka dari itu ambillah kursi dengan jendela pada posisi yang hampir ke tengah. Karena pada posisi ini dapat memastikan anda untuk tidak merasa terganggu dengan berbagai aktivitas orang yang berjalan ke dapur maupun ke toilet. Sehingga anda dapat tidur dengan sangat lelap..

 

 

– Keamanan
Ini merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh semua orang, tetapi hanya ada beberapa penumpang saja yang benar-benar mendapatkan tempat yang cocok dengan keamanannya. Untuk dapat merasa aman maka pilihlah tempat duduk pada belakang sayap pesawat serta berada tepat di samping pada lorong atau gang pesawat.

 

 

Ada sebuah studi yang dilakukan Popular Mechanics menunjukkan jika 40% dari para penumpang yang duduk hampir dengan ekor pesawat, dapat survive pada saat kecelakaan pesawat dibandingkan dengan penumpang yang berada pada baris pertama. Serta jika kita memilih tempat duduk pada samping lorong atau gang pesawat ini dapat memudahkan kita untuk dapat segera dievakuasi pada saat ada emergency.

 

 

– Perlu Menyimpan Banyak Barang
Apabila anda memerlukan untuk dapat menyimpan banyak barang, maka pilihlah tempat duduk yang di belakang, sebab hampir keseluruhan maskapai mempunyai prosedur back to front loading.

 

 

– Keluar Lebih Dulu Selepas Landing
Ini berlaku untuk para penumpang yang sangat takut akan ketinggian serta ingin segera mengakhiri detik-detik menyeramkan di dalam pesawat tersebut. Apabila anda merupakan tipe orang yang ingin dapat segera keluar pesawat pada saat lepas landing, maka pilihlah kursi yang terdapat pada depan sebelah kiri. Dan biasanya kebanyakan maskapai penerbangan akan memberikan penumpang yang berada duduk di depan pada sebelah kiri lebih dulu untuk keluar, sebab pintu keluar pada pesawat kebanyakan hanya selalu berada pada sebelah kiri pesawat.

 

 

– Membawa Anak-anak
Apabila pada saat penerbangan anda membawa anak-anak, oleh karena itu pilihlah kursi di dekat sekat. Karena kursi ini biasanya mempunyai ruang lebih untuk gerak pada anak-anak. Dan pastikan juga jika baris pada kursi anda tidak berada di antara baris pintu keluar, sebab anak-anak tidak diizinkan untuk duduk pada area ini.

 

 

Selain itu, toilet pun sangat dekat dengan tempat duduk anda sebab anda berada pada bagian depan pesawat, sehingga jika anak-anak anda ingin ke toilet, anda tidak akan jalan terlalu jauh serta tidak akan merasa tergesa-gesa dan anda juga akan merasa aman untuk duduk di situ.

 

Keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan yaitu tidak akan ada kursi yang berada di depan anda sehingga anak-anak anda tidak akan mengganggu para penumpang serta juga para penumpang lainnya juga tidak akan merasa terganggu dengan anak-anak anda.

 

 

Sumber : http://travel.detik.com/ http://lifestyle.okezone.com/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori